Prospek Kerja Teknik Sipil, Tugas, dan Kisaran Gajinya

via unsplash.com

Mengingat Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang masih pada tahap pembangunan infrastruktur dan penambahan fasilitas di sektor publik seperti jalan, kereta api, pelabuhan, termasuk sekolah dan rumah sakit untuk mendorong perekonomian agar berjalan lebih baik serta  memberikan kemudahan kepada masyarakat. Oleh sebab itu Indonesia masih membutuhkan banyak tenaga ahli dibidang teknik sipil. Jurusan teknik sipil juga tidak bisa dianggap sebelah mata karena masih sangat dibutuhkan di Indonesia dan memiliki banyak prospek kerja teknik sipil itu sendiri.

Karena pembangunan infrastruktur Indonesia yang kian masif maka dari itu jurusan teknik sipil masih sangat dibutuhkan untuk membahas mengenai ilmu teknik sipil itu sendiri. Sekilas “apa itu teknik sipil ?”, Teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang cara merancang bangunan dan infrastruktur untuk memenuhi keperluan manusia di sektor publik. Ilmu teknik sipil menggabungkan pengetahuan matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, lingkungan hingga komputer. Perlu diketahui bahwa teknik sipil berbeda dengan arsitektur namun dalam pelaksanaannya saling berkaitan khususnya pada proses perencanaan dan desain bangunan.

Anda sedang bingung memilih kampus dengan program studi teknik sipil yang telah terakreditasi di Indonesia ?, Berikut 5 referensi kampus yang mengadakan program studi teknik sipil dengan akreditasi A dan unggul yang bisa Anda pilih salah satunya, yaitu ;

  1. IPB, dengan program studi sarjana teknik sipil dan lingkungan IPB yang terakreditasi A,
  2. UNDIP, dengan program studi S1 teknik sipil UNDIP yang terakreditasi A,
  3. UGM, dengan jurusan teknik sipil UGM yang sudah terakreditasi unggul,
  4. ITB, dengan jurusan teknik sipil ITB yang terakreditasi unggul,
  5. 5, Dan UI, dengan jurusan teknik sipil UI yang telah terakreditasi unggul.

Adapun rekomendasi dari universitas-universitas terbaik di luar negeri dengan program studi teknik sipil terbaik seperti ; Oxford University, Stanford University, Massachusetts Institute of Technology, ETH Zurich, dan Princeton University.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut prospek kerja teknik sipil dan kisaran gajinya ;

1. Surveyor Bangunan

Prospek kerja jurusan teknik yang pertama adalah Surveyor Bangunan. Profesi ini umumnya identik dengan bidang properti, seperti proyek atau konstruksi bangunan. Kini hampir semua sektor pekerjaan memiliki posisi surveyor.

Tugas Surveyor Bangunan adalah melakukan pemeriksaan atau peninjauan di lapangan, mulai dari kunjungan lokasi, wawancara pihak terkait, hingga membuat laporan hasil. Namun bukan cuma itu, dalam dunia properti, surveyor juga memiliki fungsi dan tugas lain sesuai dengan bidangnya, seperti ;

  • Menetapkan titik batas area proyek yang dikerjakan
  • Membaca gambar desain dan mengaplikasikannya di lapangan
  • Menentukan titik as bangunan sehingga tiang pancang berada di posisi tepat
  • Cek verticality atau mengecek ketegaklurusan kolom menggunakan waterpass
  • Membuat tanda start point pemasangan keramik atau marking
  • Menentukan elevasi kedalaman galian pondasi, tinggi plafon serta berbagai elevasi lainnya

Penasaran dengan kisaran gaji surveyor di Indonesia ?

Perlu diketahui bahwa kisaran gaji surveyor di Indonesia mulai dari 34,800,000 per tahun hingga 60,000,000 per tahun dan bagi yang memiliki pengalaman bisa mencapai 120,000,000 per tahun. Untuk masalah gaji kita kembalikan kepada masing-masing perusahaan.

Sebagai seorang surveyor setidaknya perlu memiliki keterampilan teknis, pengetahuan akademis, serta berkarakter. Keterampilan teknis yang dibutuhkan surveyor bangunan terkait dengan penggunaan alat-alat ukur, seperti kompas, theodolite, total station, waterpass, dan sebagainya. Selanjutnya, surveyor juga wajib memiliki kompetensi pengetahuan akademis. Hal ini sangatlah penting mengingat tugas surveyor adalah melakukan pengukuran seperti geometri, aljabar, trigonometri, hingga hitungan-hitungan khusus yang tentunya lebih rumit dari survey biasa. Terakhir, hal yang tak boleh dilewatkan dari kompetensi surveyor adalah kemampuan fisiknya. Ya, surveyor harus mampu bekerja di bawah tekanan dan kelelahan fisik. Di samping itu, keselamatan kerja serta alat-alat survey juga perlu diperhatikan.

2. Civil Drafter

Prospek kerja teknik sipil yang kedua yaitu Civil Drafter. Civil Drafter umumnya adalah seseorang yang akan membuat gambar topografi, peta, kontur, dan berbagai gambar untuk pekerjaan proyek sipil, misalnya jembatan, jalan, bendungan, dan lain-lain.

Sebagai seorang Civil Drafter dibutuhkan pula kemampuan-kemampuan khusus seperti ; mengetahui dasar-dasar pembangunan dan konstruksi, matematika mulai dari aljabar, kalkulus, geometri dan aplikasi yang digunakan. Selain itu kamu juga harus mengerti teknik dan prinsip desain serta menggunakan berbagai jenis perangkat komputer. Misalnya saja Corel Draw, AutoCad 2D, 3d max, dan lain-lain.

Membahas tentang gaji sebagai Civil Drafter. Menurut berbagai portal lowongan kerja kisaran gaji Drafter dari mulai yang junior hingga senior. Gaji Junior Drafter berkisar antara 46,800,000 per tahun hingga 60,000,000 per tahun sedangkan Senior Drafter bisa mencapai 120,000,000 per tahun. Namun perlu diingat permasalahan gaji akan berbeda pada tiap perusahaan.

Adapun tugas Civil Drafter, sebagai berikut :

  • Menganalisa bagaimana aturan bangunan, peraturan hukum, kebutuhan ruangan maupun tempat, serta berbagai dokumen teknis dan laporan lainnya untuk membantu menentukan efeknya pada sebuah desain arsitektur
  • Mengatur tata letak bangunan dan merencanakan peraturan interior ruangan.
  • Menggunakan program Computer Aided-Drafting (CAD) maupun pos drafting konvensional untuk menghasilkan berbagai desain, bentuk, bagan, gambar pengukuran maupun catatan.
  • Mendesain sebuah perencanaan kasar dan mendetail untuk struktur pondasi, denah lantai, dan gambar lainnya berdasarkan konsep, sketsa, lembar spesifikasi, kalkulasi teknik, dan berbagai data lainnya yang sudah ada.
  • Membantu Mengkoordinasikan sebuah desain struktur bangunan dan Mechanical Electrical (ME), serta menentukan metode untuk presentasi yang bisa mewakili perencanaan bangunan secara visual. Sehingga gambar tersebut bisa dengan jelas dimengerti oleh orang lain.

Selain memiliki beberapa tugas diatas,  seorang Civil Drafter juga memiliki tanggung jawab sebagai berikut :

  • Memberikan konsultasi tentang bentuk dekorasi ruangan.
  • Melakukan kontrol pelaksanaan dekorasi dalam ruangan agar semua berjalan sesuai yang telah direncanakan.
  • Melakukan perencanaan dekorasi dalam ruangan mulai dari penerangan, pemilihan motif wallpaper rumah, dan berbagai hal lainnya sesuai permintaan klien.

3. Project Manager

Prospek kerja jurusan teknik sipil yang akan kita bahas terakhir adalah Project Manager. Project Manager punya peranan penting atas stabilitas pengerjaan sebuah proyek. Project Manager merupakan seorang pemimpin sebuah proyek terutama proyek pembangunan dan memiliki tugas, sebagai berikut ;

  • Membuat rencana proyek
  • Mengalokasikan unit tugas kepada tim
  • Membentuk komunikasi tim yang efektif
  • Melakukan kalkulasi anggaran
  • Mitigasi masalah krisis
  • Monitoring perkembangan proyek berdasarkan blueprint
  • Dan membuat laporan untuk stakeholder

Kemampuan yang dibutuhkan Project Manager, diantaranya ; paham dengan metode project management yaitu harus memiliki kemampuan untuk menerapkan semua kerangka kerja dan metodologi project management. Seperti, kapan waktu yang tepat menggunakan SCRUM, agile, kanban, lean, dan sebagainya. Memiliki kemampuan manajemen konflik, komunikasi, berpikir kritis, negosiasi, manajemen tim dan waktu, manajemen resiko, riset, penyelesaian masalah, mengelola biaya, serta kemampuan kepemimpinan.

Berbicara soal gaji Project Manager, di Indonesia sendiri, gaji awal untuk posisi Project Manager dimulai di kisaran 48.000.000 per tahun, sedangkan gaji untuk karyawan tingkat senior berada di kisaran 228,000,000 per tahun.

Dan untuk menjadi seorang yang ahli pada bidangnya pastilah tidak mudah dan harus melalui perjalanan yang cukup panjang, skill yang harus terus diasah serta banyaknya pengalaman yang dimiliki. Dengan kemauan untuk terus belajar dan keberanian untuk menerima tantangan, kamu pasti bisa mencapai hal tersebut.

Itulah beberapa pembahasan mengenai prospek kerja teknik sipil, kemampuan yang harus dimiliki, tugas serta gajinya untuk Anda ketahui. Jadi jangan khawatir mengenai prospek kerja jurusan teknik sipil lagi ya ! Oh iya, bukan berarti prospek kerja jurusan teknik sipil hanya itu saja ya, melainkan masih banyak lagi prospek kerja jurusan teknik sipil yang tidak disebutkan serta tidak kalah menarik dari jurusan teknik sipil yang bisa kalian cari tau sendiri ya.

Tertarik untuk Kuliah Jurusan Teknik Sipil ?

Ingin cepat menyelesaikan dokumen persiapan untuk kuliah jurusan teknik sipil di luar negeri ? Gunakan layanan penerjemah bahasa dan legalisasi dokumen dari Mediamaz Translation Service sekarang !

Dokumen persiapan kuliah di luar negeri milik Anda akan bisa diterjemahkan ke dalam bahasa asing dengan cepat dan akurat oleh tim kami. Menjadi layanan one stop solution, jasa legalisasi kami juga akan bisa membantu Anda untuk melegalisir dokumen di lembaga pemerintahan terkait. Sehingga dokumen Anda pun nantinya akan langsung bisa digunakan sebagaimana tujuannya dengan resmi. Yuk, cek selengkapnya di website Mediamaz TS sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *