Rekomendasi Akomodasi Terbaik Saat Kuliah di Luar Negeri

Rekomendasi Akomodasi Terbaik Saat Kuliah di Luar Negeri

Rekomendasi Akomodasi Terbaik Saat Kuliah di Luar Negeri

Kuliah di luar negeri tampaknya menjadi bahasan menarik terutama bagi Anda yang baru lulus kuliah S1 maupun yang baru saja lulus SMA. Meski tampak menggiurkan, kuliah di luar negeri ternyata membutuhkan dana tak sedikit. Namun, bukan berarti tak memungkinkan, Anda tetap bisa kuliah di luar negeri dan lulus dengan baik apabila memiliki alasan kuat dan melakukan persiapan yang matang. Nah, kali ini Meddy akan membahas mengenai rekomendasi akomodasi terbaik nih selama kamu kuliah di luar negeri.

 

5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Kuliah di Luar Negeri

Berbeda dengan persiapan untuk berkuliah di dalam negeri, persiapan kuliah di luar negeri memiliki proses dan akan memakan waktu yang jauh lebih panjang. Usaha yang dikerjakan pun pastinya juga nggak boleh setengah – setengah. Karena itulah, keputusan untuk kuliah di luar negeri pun juga bukan sesuatu yang bisa kamu lakukan secara instan. 

Agar dapat berkuliah di universitas impian di negara tujuan, kamu harus memiliki komitmen yang kuat untuk mempersiapkan diri semaksimal mungkin dari sekarang. Persiapannya apa saja, nih?

  1. Memilih negara tujuan, jurusan, dan universitas yang diinginkan
  2. Nilai tes kemampuan bahasa
  3. Mempersiapkan biaya
  4. Dokumen perjalanan
  5. Kesehatan fisik dan mental

Nah, selain 5 hal di atas. Kita juga sudah harus mempersiapkan akomodasi atau tempat dimana kita akan menetap loh. Yuk, kita bahas rekomendasi akomodasi terbaik selama di luar negeri untuk pelajar.

 

Akomodasi Asrama Kampus (Dormitory)

Kebanyakan institusi pendidikan seperti universitas atau college memiliki asrama atau dormitory. Keuntungan tinggal di asrama kampus adalah letaknya yang berada di dalam kampus, sehingga mahasiswa tidak perlu menggunakan transportasi lagi untuk ke kampus.

Sama seperti tipe akomodasi lainnya, biasanya terdapat beberapa jenis kamar yang bisa dipilih oleh mahasiswa. Mulai dari single atau satu kamar untuk satu orang, sharing satu kamar dua orang atau lebih. Kamar mandi pun ada yang sudah menyatu di dalam kamar, ada yang sharing dengan penghuni kamar lain.

Selain tipe kamarnya, asrama juga biasanya terbagi menjadi asrama dengan atau tanpa catering. Hal ini juga menentukan biaya sewanya. Namun meskipun tanpa katering, mahasiswa yang tinggal di dalam kampus bisa dengan mudah menemukan makanan di kantin kampus yang harganya sesuai standar kantong mahasiswa. Asrama kampus pada umumnya lebih diprioritaskan untuk mahasiswa tahun pertama. Banyak fasilitas asrama yang harus digunakan bersama-sama seperti dapur, ruang duduk, dan berbagai fasilitas lainnya.

 

Homestay

Homestay menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan untuk tinggal bersama keluarga lokal. Hal ini memiliki banyak keuntungan terutama dalam mengenal budaya lebih cepat. Bagi Anda yang merasa membutuhkan lebih banyak waktu untuk berlatih bahasa mereka pun, homestay bisa jadi pilihan yang tepat.

Tidak sedikit akomodasi jenis ini yang lokasinya sedikit lebih jauh dari kampus atau pusat kota. Selain itu, Anda juga akan terikat dengan peraturan rumah pemilik. Yang penting untuk diingat adalah mengenai apa-apa yang sudah termasuk dalam biaya yang Anda bayarkan, seperti listrik, makan, laundry, dan lain – lain.

 

Flat / Apartment

Bagi pelajar yang memilih untuk tinggal di luar kampus, apartemen atau flat adalah salah satu pilihan yang populer. Dalam satu apartment biasanya terdapat 2 atau 3 kamar, dengan ruang tamu dan dapur yang digunakan bersama.

Akomodasi jenis ini biasanya lebih luas dan lebih banyak pilihannya. Selain itu lokasinya pun bisa dipilih yang tidak jauh dari pusat kota, tetapi juga tidak sulit untuk menjangkau kampus. Tinggal di apartemen bisa jadi kesempatan bagus untuk Anda banyak memasak sendiri. Meski demikian, tentu Anda boleh memilih untuk makan di luar.

 

Layanan Mediamaz Translation Service

Nah, itulah beberapa rekomendasi akomodasi terbaik selama kamu kuliah di luar negeri. Memang persiapan untuk studi di luar negeri butuh waktu yang cukup lama alias tidak bisa instant guys, apalagi perihal dokumen. Tenang! Kamu bisa serahkan atau konsultasikan kepada kami, dalam hal menerjemahkan hingga legalisasi jika dibutuhkan. Kami akan membantu kamu selama 24 jam. Lebih lanjut, langsung hubungi kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.