Jangan Sampai Ketinggalan Info, Ini Daftar Beasiswa Jepang 2022!

Menurut ALL in, Jepang menjadi negara destinasi studi luar negeri yang paling sering dipilih pelajar Indonesia. Dengan tingginya peminat, pemerintah Jepang terus mengupayakan program inisiasi yang bisa menjadi layanan dukungan bagi para pelajar internasional seperti program beasiswa Jepang.

Salah satu alasan kerap dipilihnya Jepang menjadi negara favorit untuk melanjutkan studi di luar negeri telah dibahas sebelumnya pada artikel sistem pendidikan terbaik di dunia, karena Jepang merupakan satu dari 18 negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia.

Tetapi selain itu juga karena Jepang adalah negara teraman untuk ditinggali, memiliki sistem kesehatan yang baik, dan merupakan tempat tinggal yang ramah bagi orang yang mempunyai kebudayaan yang berbeda.

Selanjutnya untuk mengetahui lebih jauh tentang rekomendasi beasiswa kuliah S1 dan S2 Jepang 2022 yang tersedia bagi para pelajar Indonesia beserta informasi lengkapnya, simak ulasan berikut.

beasiswa-jepang

Beasiswa Jepang dari Pemerintah Indonesia

1. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Beasiswa LPDP merupakan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Indonesia untuk para pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi S2 atau S3 ke universitas di dalam maupun di luar negeri.

Kabar baiknya, beasiswa LPDP tersedia juga untuk banyak instansi pendidikan di Jepang. Terdapat tiga macam program yang ditawarkan setiap tahunnya seperti program beasiswa reguler (umum), program beasiswa targeted group, dan program beasiswa afirmasi.

Beasiswa LPDP akan membayar tanggungan biaya pendaftaran, biaya kuliah, tunjangan buku (10 juta rupiah), biaya penelitian (30-50 juta rupiah), biaya seminar internasional (5-15 juta rupiah), biaya publikasi jurnal internasional (15-25 juta rupiah), biaya transportasi, biaya aplikasi visa, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan (11,5-36,1 juta rupiah), tunjangan keluarga khusus Doktor (25% dari biaya hidup bulanan).

2. Beasiswa DIKTI

Beasiswa DIKTI adalah beasiswa dari program Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI) yang ditujukan untuk calon dosen dan dosen yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan di dalam maupun di luar negeri.

Terdapat tiga jenis program beasiswa DIKTI yang ditawarkan seperti program beasiswa dalam negeri, program beasiswa luar negeri, dan program sandwich. Bisa digunakan untuk menempuh pendidikan S2 dan S3, beasiswa DIKTI dapat menunjang biaya kuliah, biaya hidup, biaya perjalanan, tunjangan buku, biaya penelitian, asuransi kesehatan, dan tunjangan keluarga untuk program beasiswa luar negeri.

Beasiswa Pendidikan dari Pemerintah Jepang

1. Beasiswa Monbukagakusho (MEXT)

Beasiswa Monbukagakusho adalah beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Sains, dan Teknologi Jepang (yang mana sering dirujuk sebagai MEXT) kepada para pelajar internasional untuk melanjutkan studinya ke institusi pendidikan Jepang.

Tidak hanya diberikan kepada pelajar Indonesia setiap tahunnya, beasiswa Monbukagakusho juga terbuka untuk pelajar dari negara yang ditunjuk oleh kedutaan besar Jepang.

Terdapat 6 program yang ditawarkan kepada pelajar Indonesia yaitu program College of Technology, Professional Training College (untuk lulusan SMA), Undergraduate, Teacher Training (untuk guru), Japanese Studies (untuk mahasiswa program studi Jepang), dan Research Student (untuk S2 atau S3).

Keuntungan beasiswa MEXT dapat mencakup tanggungan biaya kuliah, ujian masuk universitas, biaya matrikulasi, biaya hidup bulanan (senilai 117,000 JPY untuk mahasiswa S1, 144,000 JPY untuk mahasiswa S2, dan 145,000 JPY untuk mahasiswa S3), tunjangan kedatangan (2,000-3,000 JPY untuk area tertentu), dan biaya transportasi PP satu kali (ditanggung MEXT atau universitas).

2. Beasiswa Aichi

Beasiswa Aichi diberikan oleh pemerintah prefektur Aichi di Jepang kepada mahasiswa dari negara Asia yang ingin melanjutkan S2 dengan program studi manufaktur industri di universitas prefektur Aichi.

Adapun universitas yang terletak di prefektur Aichi Jepang adalah Universitas Nagoya, Universitas Aichi, Universitas Chukyo, dan Universitas Teknologi Toyohashi.

Beasiswa yang diberikan mencakup biaya hidup per bulan (senilai 150,000 JPY), biaya transportasi, biaya pendidikan (termasuk biaya kuliah, biaya pendaftaran, dan biaya ujian masuk universitas).

Beasiswa dari Yayasan dan Perusahaan Jepang

1. Beasiswa Mitsui Bussan

Telah ada di Indonesia sejak tahun 1992, beasiswa Mitsui Bussan diberikan oleh yayasan Mitsui kepada pelajar di negara Asia selama 5,5 tahun mulai dari program bahasa Jepang hingga untuk lulus S1 dari universitas di Jepang.

Terdapat dua bidang studi yang bisa dipilih oleh pelamar beasiswa Mitsui Bussan yaitu program studi Sains dan Teknik, dan program studi Ilmu Sosial, Bisnis, dan Perdagangan untuk masa studi 4 tahun.

Tahapan seleksi beasiswa Mitsui Bussan terdiri dari tahap pertama (tes tulis bahasa Inggris dan matematika), tahap kedua (tes bakat dan tes kesehatan), dan tahap ketiga (tes wawancara).

Cakupan biaya yang ditanggung oleh beasiswa Mitsui Bussan adalah biaya hidup bulanan (senilai 145,000 JPY), biaya perjalanan PP (di awal dan akhir masa beasiswa), tunjangan kedatangan (50,000 JPY), biaya kuliah (termasuk biaya pendidikan bahasa Jepang dan biaya pendaftaran), biaya tempat tinggal (5,000 JPY saat tinggal di asrama Japanese Language Center dan 25,000 JPY untuk tinggal di tempat yang telah ditentukan oleh pihak pemberi beasiswa), tunjangan kesehatan, dan tunjangan buku.

2. Beasiswa Panasonic

Telah aktif diberikan kepada negara-negara di Asia sejak 1998, beasiswa Panasonic diberikan oleh Panasonic Corporation kepada mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi S2 di universitas Jepang.

Pilihan jurusan yang diprioritaskan oleh beasiswa Panasonic adalah Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Bioteknologi, Pertanian, dan Teknologi Informasi. Tunjangan biaya yang ditanggung oleh yayasan terkenal cukup besar setiap tahunnya karena bisa mencapai 48 juta rupiah. Tunjangan tersebut mencakup biaya kuliah, tunjangan penelitian, biaya hidup, dan juga biaya transportasi.

3. Beasiswa INPEX

Beasiswa INPEX diberikan oleh INPEX Foundation untuk pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi S2 di universitas Jepang selama tiga tahun masa studi. Biasanya setiap tahun terdapat 3 penerima beasiswa INPEX.

Para penerima beasiswa akan diberikan beasiswa yang mencakup biaya kuliah, biaya ujian masuk, biaya masuk kuliah, biaya hidup bulanan (senilai 160,000 JPY), tiket pesawat PP (hanya satu kali), dan biaya transportasi selama masa studi di Jepang. Adapun jurusan yang bisa dipilih oleh pelamar beasiswa INPEX adalah yang termasuk ke dalam program studi Ilmu Pengetahuan Alam.

4. Beasiswa Ajinomoto

Beasiswa Ajinomoto diberikan oleh PT. Ajinomoto Indonesia melalui Ajinomoto Foundation untuk diberikan kepada pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 ke universitas di Jepang.

Jurusan yang diprioritaskan beasiswa Ajinomoto adalah yang tergabung ke dalam program studi Biologi, Ilmu Kimia, Teknologi, Pangan, dan Kesehatan Masyarakat. Telah ada 7 universitas yang bekerja sama dengan beasiswa Ajinomoto seperti Universitas Tokyo, Universitas Kyoto, Universitas Nagoya, Institut Teknologi Tokyo, Universitas Ochanomizu, Universitas Waseda, dan Kagawa Nutrition University.

Tunjangan biaya yang bisa didapatkan dari beasiswa Ajinomoto adalah biaya kuliah dan biaya hidup bulanan (senilai 150,000 JPY untuk mahasiswa S2 dan 180,000 JPY untuk mahasiswa S3).

5. Beasiswa Hitachi

Beasiswa Hitachi adalah program beasiswa yang diberikan oleh The Hitachi Scholarship Foundation kepada dosen dan calon dosen dari empat perguruan tinggi negeri di Indonesia seperti UI, ITB, UGM, dan ITS yang mau melanjutkan studi S2 dan S3 pada bidang Sains dan Teknologi di Jepang.

Cakupan biaya yang akan ditanggung oleh pihak yayasan beasiswa Hitachi adalah biaya kuliah, biaya pendaftaran, biaya kegiatan seminar, biaya hidup bulanan (senilai 180,000 JPY), tiket pesawat PP, biaya tempat tinggal (40,000 JPY per bulan), biaya penelitian (50,000 JPY untuk penelitian domestik dan 200,000 JPY untuk penelitian internasional).

6. Beasiswa ADB-JSP

Beasiswa ADB-JSP (Asian Development Bank-Japan Scholarship Program) diberikan oleh Asian Development Bank (ADB) kepada pelajar internasional dari 40 negara di dunia yang ingin melanjutkan kuliah S2 di Jepang.

Para pelamar beasiswa ADB-JSP bisa mengambil jurusan dari program studi Sains, Teknologi, Ekonomi, Bisnis, Manajemen, Studi Pengembangan, Hukum, dan Kebijakan Publik. Adapun persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh pelamar beasiswa ADB-JSP adalah setidaknya harus memiliki pengalaman kerja profesional minimal 2 tahun.

Cakupan beasiswa yang akan ditanggung yayasan termasuk biaya kuliah, biaya hidup bulanan (termasuk biaya tempat tinggal), tunjangan buku dan kegiatan pendidikan lain, tunjangan kesehatan, dan biaya transportasi.

Punya Dokumen yang Ingin Diterjemahkan untuk Daftar Beasiswa?

Mediamaz TS bisa membantu Anda dengan layanan penerjemah tersumpah dan legalisasi yang tersedia. Layanan penerjemah tersumpah kami telah berpengalaman membantu pelajar yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri dengan menerjemahkan dokumen pendidikan ke lebih dari 12 bahasa asing.

Dokumen yang telah diterjemahkan pun bisa langsung dilegalisasi ke instansi pemerintah terkait. Sehingga cukup dari rumah dan tidak perlu repot, legalisir dokumen pun selesai! Segera konsultasikan kebutuhan Anda melalui kontak yang tersedia sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *