Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Makanan Arab: Cita Rasa Unik Ala Timur Tengah

Bulan Ramadan merupakan bulan di mana umat muslim menjalankan kewajiban untuk berpuasa, saat bulan Ramadan tiba selalu identik dengan budaya-budaya timur yaitu Arab. Makanan Arab memiliki keunikan tersendiri pada makanannya dan jarang sekali menjumpai restoran yang menjual makanan Arab. Simak rekomendasi makanan Arab yang cocok untuk menemani Anda berbuka puasa.

sumber: istock

Sejarah Dari Budaya Makanan Arab

Arab Saudi merupakan negara terbesar ketiga di Asia. Wilayahnya mencakup empat per lima bagian dari semenanjung Arab. Negara lain yang bertetangga dengan Arab Saudi, sekaligus menempati dataran semenanjung yang sama adalah Yaman, Oman, UEA, Qatar, Bahrain, dan Kuwait. Negara-negara tersebut memiliki wilayah yang jauh lebih kecil jika di bandingkan dengan Arab Saudi. Suku Badui atau Bedouin Merupakan Nenek Moyang Masyarakat Arab Saudi, orang-orang di Arab Saudi merupakan keturunan dari penggembala domba dan kambing yang hidupnya nomaden atau berpindah-pindah. Sekelompok orang ini di sebut dengan Bedouin atau Suku Badui.

Makanan masyarakat Badui, suku yang hidup dengan berpindah-pindah ini, bisa di bilang sederhana di bandingkan dengan makanan yang di konsumsi masyarakat Arab yang hidup menetap di kota. Bahan pokok makanan mereka hampir selalu sama, yaitu kacang fava, gandum, beras, yoghurt, kurma, dan ayam.

Bagi masyarakat Bedouin atau Badui, makanan pokok yang biasa mereka konsumsi adalah roti pipih yang di sebut Fatir dan Kimaje. Roti ini di buat dengan memipihkan adonan di panci besi yang telah di panaskan. Roti ini di gunakan dalam setiap waktu makan. Bentuk roti yang pipih membuat roti ini tidak memerlukan sendok dan garpu untuk memakannya. Bahkan roti ini di gunakan sebagai sendok untuk mengambil makanan lain.

Tradisi Makan Orang Arab Saudi

Cara makan orang Arab Saudi banyak di lakukan dengan duduk di lantai. Biasanya mereka menikmati hidangan sabil duduk bersila bersama-sama. Makanan akan di ambil dengan menggunakan tangan atau dengan bantuan roti pipih. Sesuai dengan ajaran Islam, kebanyakan masyarakat Arab SAudi makan dengan tangan kanan. Makan dengan tangan kiri di anggap tidak sopan dan tidak higienis. Di Arab Saudi juga kita bisa menemukan makanan asing dari franchise asal luar negeri. Akan tetapi, kebanyakan penikmat makanan tersebut adalah para pendatang. Masyarakat lokal di Arab Saudi masih menyukai makanan  tradisional negaranya.

Rekomendasi Makanan Arab Untuk Berbuka Puasa

Berikut adalah rekomendasi makanan Arab yang dapat Anda coba untuk berbuka puasa:

1. Harees

Harees adalah sebuah hidangan berkalori dari daging domba atau ayam serta gandum. Proses pembuatan sajian ini dengan merendam gandum selamalan sebelum di bumbui dan di olah perlahan dengan daging bertulang selama empat jam atau lebih. Daging tersebut kemudian di ambil, di parut dan di aduk kembali dengan gandum. Sekarang, harees sering di olah dengan cara modern untuk mempersingkat waktu dan biasanya di beri ghee atau mentega juga bawang goreng.

2. Sobyah

Sobyah ini merupakan minuman lokal yang di buat khusus di bulan Ramadhan, khususnya oleh masyarakat Arab di bagian barat. Minuman ini merupakan minuman berwarna krem dengan campuran bahan bubuk beras yang direndam semalaman dan bubuk kelapa, susu serta gula. Selain itu, sobyah ini juga bisa di buat dari bahan lain, seperti roti gandum, gula, kayu manis, gandum dan kapulaga. Tak perlu jauh pergi ke Arab, kamu pun bisa membuat sobyah ini sendiri di rumah.

3. Tabouleh

Makanan Arab yang wajib untuk kamu cicipi berikutnya adalah Tabouleh. Tabouleh ini merupakan salad khas Timur Tengah yang terdiri dari campuran bulgur atau durum di dalamnya. Terbuat dari potongan parsley, daun mint, bawang bombay, bulgur dan dilumuri dengan saus lemon juga olive oil. Tabouleh akan semakin nikmat bila di santap dengan hummus, roti pita dan beberapa jenis makanan khas Timur Tengah lainnya.

4. Sambusa

Sambusa atau yang juga di kenal sebagai Samosa merupakan salah satu menu buka puasa khas Arab yang cukup populer. Kudapan berbentuk segitiga ini biasanya di beri isian kentang tumbuk atau daging cincang kemudian di bumbui dengan jintan, ketumbar dan garam masala.

Sambusa ini biasanya di sajikan dengan sambal ketumbar mint dan chutney asam manis yang sangat populer selama bulan Ramadhan. Menariknya, sambusa ini bisa di olah dengan cara di goreng atau di panggang. Sebagai tambahan rasa, sambusa bisa di beri isian feta, bayam atau daging sapi cincang. Sambusa sangat cocok di nikmati sebagai menu berbuka puasa setelah menikmati kurma.

5. Mansaf

Mansaf merupakan sajian favorit masyarakat Yordania dan biasanya di sajikan saat perayaan dan pertemuan sosial. Makanan ini di buat dari daging domba yang lembut kemudian di masak perlahan dengan rasa tajang yang unik karena menggunakan jameed, yaitu bola yoghurt kering yang di fermentasi. Daging domba dan saus biasanya di sajikan di atas nasi kunyit dengan roti shark tipis di bawahnya serta hiasan kacang pinus, almond dan peterseli.

6. Kofta

Kofta juga menjadi salah satu menu buka puasa khas Arab yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Sajian yang satu ini mungkin bentuknya cukup familiar karena berbentuk bulat seperti bakso. Bahan dasar untuk membuatnya juga sama, yaitu dengan daging. Namun, kofta lebih sering menggunakan daging kambing dan domba, tapi ada juga yang menggunakan daging sapi. Bedanya lagi dengan bakso, kofta menggunakan kuah kari, bukan kuah kaldu. Hal ini memang sesuai dengan kultur Timur Tengah yang suka dengan kari.

Jasa Penerjemah Mediamaz Translation Service

Jika Anda ingin mencoba langsung makanan Arab ke Negaranya namun Anda tidak tahu apa saja dokumen yang harus di terjemahkan secara legal? Tenang saja kami memiliki solusinya! Mediamaz Translation Service adalah perusahaan penyedia jasa penerjemah tersumpah, penerjemah profesional, interpreter bahasa & legalisasi dokumen yang berdiri sejak tahun 1998 di Indonesia. Dengan berbentuk badan hukum di bawah PT Mediamaz Solusindo Nusantara, saat ini Mediamaz Translation Service berkembang dengan pesat menjadi salah satu perusahaan penerjemah terbesar di Indonesia.

Mengapa Harus Kami?

Mediamaz Translation Service telah melayani berbagai jenis klien lebih dari 20 tahun. Dengan pengalaman dan konsistensi Kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada klien, sampai saat ini Kami di percaya dan di akui sebagai penyedia jasa penerjemah tersumpah/non-tersumpah dan legalisasi terbaik di Indonesia.

4 langkah mudah order terjemahan di Mediamaz

1. Konsultasi

Anda dapat berkonsultasi segala kebutuhan Anda dengan tim ahli Kami Gratis

2. Penawaran

Kami akan memberikan penawaran terbaik untuk kebutuhan Anda

3. Pengerjaan

Tim Penerjemah Kami memproses penerjemahan dokumen Anda

4. Selesai

Pengecekan hasil akhir sebelum dikirimkan ke alamat Anda

Pesan Sekarang!

Mediamaz TS memiliki prinsip bahwa kepuasan pelanggan adalah tujuan utama kami, sehingga Mediamaz TS akan memberikan pelayanan terbaik bagi Anda. Untuk informasi lengkap hubungi  02155787254 atau cek website kami di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Whatsapp 24 Jam