Rekomendasi Makanan Khas India Yang Bisa Kamu Coba!

Rekomendasi Makanan Khas India Yang Bisa Kamu Coba!

India merupakan negara terbesar sekaligus terpadat kedua di dunia. Karenanya, negara ini terkenal akan keanekaragaman budaya dan tradisi masyarakatnya yang masih terbilang kental. Hal ini bahkan dapat kita temui dengan mudah dari film-film bollywood yang diproduksinya. Berbagai unsur budaya yang selalu diperlihatkan diantaranya pakaian adat, upacara keagamaan, arsitektur bangunan, musik, tarian, dan yang tak ketinggalan adalah makanan khasnya.

8 Rekomendasi Makanan Khas India

Sama halnya seperti Indonesia, makanan khas India terkenal memiliki cita rasa yang kaya akan rempah-rempah serta bumbu yang melimpah. Sehingga inilah yang kemudian membuat makanan khas India memiliki cita rasa yang otentik dan berbeda dari makanan lain. Salah satu bumbu khas yang selalu digunakan pada masakan India adalah garam masala, yaitu bumbu yang terdiri dari kapulaga, kayu manis, dan cengkeh. Jika kamu belum pernah mencicipi seberapa otentiknya makanan khas India, kamu sepertinya wajib mencicipi cita rasa makanan khas India terpopuler. Berikut rekomendasi makanan khas india yang paling populer dan wajib kamu cicipi!

1. Ayam Tandoori

makanan khas india

Source: Pinterest

Ayam Tandoori termasuk kedalam makanan khas India yang populer di negara lain. Sajian tersebut memiliki rasa yang lezat karena menggunakan berbagai bumbu dan rempah pilihan, seperti garam masala, garam bubuk, minyak mustard, bubuk cabai, bubuk jinten, bubuk ketumbar, yoghurt dan kasoori methi (bumbu khas India). Dibalik penamaannya, terdapat filosofi unik yang mendasari penamaan dari makanan ini. Hidangan ini dimasak melalui proses yang dinamakan tandoori, yakni cara memasak bahan dengan membuat bumbunya meresap dengan sempurna. Setelah bahan diberikan bumbu secara merata, bahan tersebut dipanggang menggunakan oven bertemperatur tinggi. Untuk menjamin kematangannya, biasanya cara ayam yang dimasak akan ditusukkan besi panjang guna mempercepat waktu pematangan hingga ke dalam.

2. Pani Puri

makanan khas india

Source: Pinterest

Pani Puri merupakan sebuah hidangan khas India yang bentuknya menyerupai bola tenis dan didalamnya diberikan isian, mulai dari kacang-kacangan, kentang rebus serta bumbu rempah sebagai pemerkuat rasa. Biasanya makanan ini disajikan bersama kuah yang terbuat dari campuran cabai hijau, daun mint, jintan bubuk, daun ketumbar, jahe, gula pasir, air asam jawa, jeruk nipis dan garam. Untuk menyantapnya, Pani Puri yang telah diberikan isian ini harus dicelupkan kedalam kuah tersebut. Perpaduan dari rempah inilah yang kemudian menciptakan rasa yang nikmat.

3. Rajma Masala

makanan khas india

Source: Pinterest

Rajma Masala, makanan khas India yang cocok untuk dikonsumsi apabila kamu sedang menjalani program diet. Makanan ini terbuat dari bahan dasar kacang merah, sehingga tidak heran bahwa makanan ini kaya akan serat yang baik untuk membantu kenyang lebih lama. Untuk membuat makanan ini, kalian hanya memerlukan bahan dasar kacang merah yang ditumis dengan berbagai bumbu, seperti jinten, garam masala, bubuk cabai dan kunyit.

4. Samosa

Source: Pinterest

Samosa menjadi salah satu makanan khas India yang cukup terkenal dan mendunia. Makanan ini telah  populer di kawasan Asia Selatan sebelum abad ke-10. Nama Samosa diambil dari Bahasa Persia “Sanbosag” yang berarti bentuk bulan sabit. Isian dari Samosa biasanya terbuat dari sayur-sayuran. Makanan ringan ini dimasak dengan cara digoreng, sehingga tidak heran tekstur dari makanan ini sangatlah renyah.

5. Chana Masala

Source: Pinterest

Chana Masala yang sering disebut dengan Channay atau Chole merupakan makanan khas India bagian utara. Makanan ini terbuat dari bahan dasar buncis chana yang berukuran dua kali lipat dari buncis pada umumnya. Uniknya, buncis chana ini akan mengeluarkan rasa yang kuat dengan tekstur yang lebih kencang setelah dimasak. Karena keunikannya ini, biasanya Chana Masala disantap bersama dengan puri atau roti India.

6. Kheer

Source: Pinterest

Kheer merupakan salah satu makanan penutup yang terbuat dari bahan dasar beras, tepung tapioka, tepung gandum, gula dan susu. Pemberian rempah seperti kunyit dan kapulaga membuat makanan ini memiliki aroma yang khas. Hidangan yang berarti puding beras itu biasanya disantap bersama topping kismis, almond dan kacang mete.

7. Laddu

Source: Pinterest

Penggemar kisah Mahabharata pasti mengetahui makanan ini. Pasalnya Bhima, salah satu tokoh dalam kisah tersebut menyukai hidangan ini. Laddu atau Laddoo merupakan makanan khas India yang dihidangkan sebagai makanan penutup di acara perayaan atau keagamaan. Makanan ini terbuat dari bahan utama tepung dan gula. Sebelum adonan dibentuk dan di goreng, biasanya adonan diolesi ghee (mentega khas India).

8. Kulfi

makanan khas india

Source: Pinterest

Jika kamu penggemar es krim, kamu mungkin menyukai makanan khas India ini. Makanan ini terbuat dari bahan dasar susu dan karamel yang dibekukan. Sekilas tekstur dari Kulfi ini terlihat padat dan keras. Namun kenyataannya, tekstur dari Khulfi ini sangatlah lembut dan berbeda dari es krim pada umumnya.

Tertarik Sama Rasa Makanan diatas? Yuk Cobain Langsung ke Negara Asalnya Bareng Mediamaz!

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas India, mulai dari makanan berat hingga makanan penutup. Ngiler banget gak sih? Apakah kamu tertarik untuk mencicipinya langsung ke negara asalnya? Sebelum itu, terjemahkan dulu yuk berkas dan dokumen untuk keperluan kamu selama di India.

Kamu perlu menerjemahkan dokumen seperti passport, KTP, sertikat, dan hal-hal lain yang memang kamu butuhkan untuk menetap sementara di luar negeri. Tunggu apa lagi? Segera terjemahkan serta legalisasikan dokumen kamu di Mediamaz Translation Services biar bisa langsung terbang ke India!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.