8 Rekomendasi Pekerjaan untuk Kamu yang Memiliki Kemampuan Menulis!

8 Rekomendasi Pekerjaan untuk Kamu yang Memiliki Kemampuan Menulis!

Tanpa kalian sadari, menulis telah menjadi bagian dari kehidupan manusia sehari-hari. Mulai dari sekedar mengerjakan PR, membuat makalah laporan, menulis catatan meeting, atau bahkan hanya sekedar menulis caption di media sosial. Lalu bagaimana jika kemampuan menulis yang kamu miliki ini, kamu jadikan sebuah hobi atau bahkan pekerjaan yang menjanjikan? Namun perlu kamu ketahui, kemampuan menulis sehari-hari sangat berbeda halnya dengan melakukan penulisan professional. Jika kamu ingin memulai karirmu di bidang penulisan, berarti secara tidak langsung kamu dapat memanfaatkan kemampuan menulis yang kamu miliki ini sebagai penunjang dalam mencari mata pencaharianmu. Lalu pekerjaan apa saja sih yang membutuhkan kemampuan menulis? Simak penjelasan selengkapnya.

kemampuan menulis

Source: Unsplash

Baca juga: Keuntungan Menguasai Bahasa Asing di Era Digitalisasi

Pekerjaan yang Memerlukan Kemampuan Menulis

Jika kamu memiliki kemampuan menulis, beberapa pekerjaan ini akan cocok untukmu! Berikut rekomendasinya:

1. Creative Writing

kemampuan menulis

Source: Unsplash

Creative writing merupakan salah satu jenis penulisan profesional yang paling menarik dan penuh dengan keberagaman. Pasalnya, pada bidang ini kamu dapat melebihi batas dalam meluapkan ide orisinil dan  kreativitas yang kamu miliki. Salah satu faktor yang membedakan dengan pekerjaan penulis yang lain adalah, di saat tujuan menulis biasanya berbasis akan fakta, menulis kreatif bersifat lebih subyektif pada mengekspresikan pemikiran, perasaan dan opini sang penulis.

2. Screen Writer

kemampuan menulis

Source: Unsplash

Kamu pernah menonton film ataupun drama sinetron di TV? Screen writer adalah salah satu orang yang berkontribusi dalam memberikan ide dan pemikiran kreatifnya. Selain itu jika kamu memiliki kemampuan menulis, kamu bisa mengadaptasi dari novel ke film layar besar, menulis sebuah episode dari sebuah acara, atau membuat skrip film baru dari nol. Namun sebelum itu, kamu harus terlebih dahulu memahami cara membuat struktur dasar screenplay dan cara membuat karakter yang menarik dan dialog yang engaging. Terakhir, kamu juga tentunya harus siap dalam menghadapi kritik. Sebab kritik ini akan berguna untuk merevisi atau memperbaiki hasil penulisanmu agar terlihat lebih sempurna.

3.  Editor

Tampilan close up mahasiswa perempuan muda mengetik di laptop di kedai kopi foto stok

Source: Istock

Seperti yang kita tau, dalam menyarankan perubahan dan perbaikan untuk manuskrip yang dibuat oleh penulis memerlukan taktik dan diplomasi yang kuat beserta skill editing. Pada kondisi ini, seorang editor lah yang bertanggung jawab dalam pembentukan dan pembuatan manuskrip yang siap akan publikasi. Pekerjaanmu akan memberi pencerahan baru ke hasil teks dan memperkuat struktur cerita. Biasanya seorang editor bekerja sama dengan publishing house. Namun dalam hal ini kamu juga bisa bekerja sebagai freelancer, sehingga pekerjaanmu menjadi fleksibel untuk dilakukan dimana saja.

4.  Marketing Communication Specialist

black smartphone near person

Source: Unsplash

Sebagai communications officer, pekerjaan yang dilakukan pada bidang ini ialah membuat konten yang bertujuan untuk memperbesar marketing organisasi. Selain itu pekerjaan ini juga berhubungan dengan memastikan bahwa semua konten yang tertulis mengikuti guideline branding dan menggunakan gaya bicara dan intonasi perusahaan yang sudah sebelumnya ditetapkan. Kamu memerlukan pengetahuan dalam bisnis, marketing dan juga komunikasi dalam bidang ini.

5. Jurnalis

Reporter wanita di konferensi pers, menulis catatan, memegang mikrofon foto stok

Source: Unsplash

Mau berfokus pada TV, radio, print atau Web (atau kemungkinan adanya kombinasi antar masing-masing), kamu akan mengeluarkan banyak waktu sebagai jurnalis yang mencari tahu informasi yang cocok untuk dijadikan berita dan memutar hasil pencarianmu itu ke dalam bentuk artikel, skrip dan podcast. Kebanyakan jurnalis memulai dengan pekerjaan menulis seperti reporter umum. Tapi, dengan banyaknya pengalaman, kamu bisa bekerja ke industri yang lebih fokus lagi, seperti olahraga, bisnis, sains atau seni.

6. Content Writer

Source: Unsplash

Content strategist menggabungkan skill menulis dan komunikasi yang kuat bersama dengan skill menganalisa dan perencanaan cara melakukan marketing, dan mengelola konten online yang bertujuan untuk mencapai goal perusahaan yang spesifik. Pekerjaan ini mengaplikasikan prinsip dari Search Engine Optimization (SEO) dan analisa untuk mengetahui konten seperti apa yang bisa menghasilkan tujuan yang sesuai dengan target marketing. Training dalam bidang jurnalistik, komunikasi, atau technical writing bisa menjadi langkah yang baik untuk mengawali karir ini.

7. Social Media Specialist

Wanita muda Asia dengan pakaian kasual pintar bekerja di kantor rumah. Praktik jarak sosial mencegah virus corona COVID-19. foto stok

Source: Unsplash

Era digitalisasi seperti saat ini telah membuat siapa pun sangat erat dengan adanya perkembangan media sosial. Hal ini membuat banyak perusahaan yang mulai merasa memiliki kebutuhan dalam mempertahankan keberadaannya di media sosial untuk lebih menjangkau target khalayak. Dengan begitu, maka akan ada banyak kesempatan bagi para penulis untuk mengetahui bagaimana cara dalam merancang pesan kepada demografis dengan style konten dan batas teks dalam platform seperti Facebook atau Twitter.

8. Translator/Penerjemah

Wanita Kantor berdiskusi dengan rekan setimnya tentang laporan penjualan

Source: Unsplash

Apakah kamu memiliki kemampuan menulis dan fasih dalam lebih dari 1 bahasa?  Jika iya, maka kamu bisa bekerja sebagai penerjemah/translator. Jangan khawatir, profesi pada bidang ini merupakan salah satu profesi yang menjanjikan loh. Keberadaannya pun masih sangat dicari dan digunakan. Selain itu, kamu bisa mendapatkan pekerjaan di area seperti hukum, kesehatan, publishing, dan pendidikan. Namun, dalam menjalankan pekerjaan ini, kamu memerlukan keahlian untuk menjadi teliti dan detail. Sebab, kamu harus bertanggung jawab untuk menerjemahkan teks dari bahasa asal ke bahasa sumber, namun tidak mengurangi makna dan maksud yang ingin dituju.

Jika kamu tertarik

Baca juga: Freelancer: Pekerja Fleksibel yang Bisa Dilakukan Dimana Aja!

Ingin Menjadi Penerjemah Profesional? Yuk Ikuti Bootcamp Penerjemah di Mediamaz!

Banyak sekali keuntungan yang akan kamu dapatkan jika mengikuti bootcamp penerjemah online di Mediamaz! Karena bukan hanya sekedar materi, nantinya kamu akan terlibat pada projek klien secara langsung. Dengan demikian kamu akan mengetahui bagaimana alur seorang penerjemah dalam menjalankan tanggung jawabnya dengan baik.

Mediamaz memiliki prinsip bahwa kepuasan pelanggan adalah tujuan utama kami, sehingga Mediamaz akan memberikan pelayanan terbaik bagi kalian para calon translator yang akan belajar di bootcamp penerjemah Mediamaz. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi tim kami, atau cek di website resmi Mediamaz dan klik link di sini.

pelatihan untuk penerjemah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.