Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Rekomendasi Tempat Terbaik Untuk Merasakan Experience Melihat Aurora Borealis

Seperti yang kita tau, terdapat 2 kutub yang ada di dunia, yakni kutub utara dan kutub selatan. Menariknya, pada bagian paling utara bumi dan paling selatan bumi terdapat sebuah fenomena unik dan cantik yang bernama Aurora. Aurora sendiri merupakan sebuah cahaya yang terbentuk akibat adanya interaksi antara medan magnetik bumi, dengan partikel yang dipancarkan oleh matahari. Interaksi yang terjadi ini kemudian menghasilkan cahaya yang sangat indah di langit. Bahkan di luar angkasa, cahaya ini dapat terlihat sangat jelas. Aurora yang ada di langit bagian selatan bumi disebut Aurora Astralis, sedangkan Aurora yang ada di langit bagian utara bumi disebut Aurora Borealis.

Parts of the Northern United States might see the aurora this weekend

Source: WVNS

Diantara keduanya, Aurora Borealis adalah yang paling terkenal. Walaupun sama-sama memiliki cahaya yang sama cantiknya, namun medan untuk melihat Aurora Borealis cenderung lebih mudah ditempuh. Aurora Astralis yang berada di kutub selatan, memiliki medan yang cukup sulit untuk dijangkau. Selain itu, tak sedikit masyarakat yang ada di berbagai belahan dunia ikut mengagumi keindahan yang ada dari fenomena ini. Bagaimana tidak? Cahaya unik nan cantik ini bersinar terang di langit dengan warna yang beragam, serta bentuk pola yang berbeda-beda. Karena berada di lapisan ionosfer, fenomena Aurora Borealis hanya bisa dinikmati di negara yang lokasinya jauh dengan garis khatulistiwa. Indonesia, negara yang terletak pada garis khatulistiwa tentu tidak akan bisa memiliki fenomena Aurora Borealis ini.

Lantas negara apa sajakah yang memiliki “privilege” untuk bisa menyaksikan Aurora Borealis? Cari tahu jawabannya di bawah ini yuk!

jerome polin

Baca juga: Negara Eropa Penghasil Parfum Luxury Kelas Dunia! Sudah tau?

Tempat Terbaik Untuk Merasakan Experience Melihat Aurora Borealis

1. Greenland

Aurora Borealis

Source: Natural World Safaris

Daftar pertama daerah yang bisa menjadi opsi kamu untuk melihat Aurora Borealis adalah Greenland. Pulau dengan luas mencapai 2 juta km2 ini adalah salah satu pulau terbesar yang ada di dunia. Meskipun begitu, Greenland memiliki jumlah penduduk yang sangat sedikit yaitu sekitar 57ribu jiwa. Itulah mengapa Greenland bisa menjadi tempat yang sempurna untuk melihat fenimena ini. Sebab dengan populasi penduduk yang sedikit, otomatis turis yang ada juga tidak terlalu banyak. Dengan begitu, kamu bisa menikmati Aurora Borealis atau Cahaya Kutub dengan intim.

Untuk menuju Greenland, kamu bisa menggunakan akses transportasi pesawat dan kapal. Selain tentunya Aurora Borealis, Greenland juga memiliki berbagai jenis gunung yang tentunya tidak semua terjamah manusia. Sehingga. kombinasi antara pegunungan dan Aurora Borealis bisa menjadi opsi pilihan liburan kamu. Nah, untuk spot terbaik melihat Aurora Borealis di Greenland, ada dua daerah yaitu bernama Ilulissat dan Nuuk. Kedua daerah ini, mengakomodasi tur Aurora yang sangat unik.

2. Norwegia

Aurora Borealis

Source: Dewi Magazine

Lokasi lain yang bisa kamu maksimalkan untuk melihat Aurora Borealis atau Cahaya kutub adalah Norwegia. Negara ini dianggap sebagai salah satu negara paling damai dan makmur di dunia. Mengapa? Karena pada tahun 2017 atau tepatnya empat tahun lalu, Norwegia masuk peringkat pertama sebagai negara paling bahagia di dunia. Posisinya bersandingan dengan negara Skandinavia lainnya seperti Swiss, Islandia dan Denmark. Dengan fakta tersebut, maka menyaksikan Aurora Borealis di di Norwegia bisa masuk ke dalam daftar impian kamu. Menjadikan Norwegia sebagai destinasi untuk melihat Aurora Borealis merupakan keputusan yang tepat karena negara ini terletak di bagian bumi atas sehingga posisinya nyaman untuk melihat Aurora Borealis.

Beberapa spot yang ditawarkan di sini adalah Kepulauan Lofoten, Bodo dan juga Andoya. Untuk rekomendasi waktu terbaik, kamu bisa mengunjunginya pada bulan Oktober sampai maret. Selain itu, apabila kamu telah puas melihat fenomena tersebut, kamu juga bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata alam yang ada di Norwegia. Salah satu yang mencengangkan adalah pemandangan Teluk Fjord yang sudah menjadi lokasi langganan para wisatawan di seluruh dunia.

3. Kanada Utara

Aurora Borealis

Source: travel.usnews.com

Setelah puas berjalan-jalan di benua Eropa, destinasi wisata untuk melihat Aurora Borealis selanjutnya berada di benua Amerika, tepatnya Kanada bagian utara. Bukan hanya para penduduk Kanada di bagian utara yang dapat menikmati fenomena ini, wisatawan internasional pun juga bisa. Apabila kamu tertarik mengunjunginya, waktu terbaik yang bisa kamu pilih untuk mendatangi tempat ini ialah akhir bulan Agustus hingga pertengahan April.

4. Rusia 

Northern Lights in Russia — Best Time to See Aurora Borealis | RussiaDiscovery.com

Source: Russia Discovery

Salah satu alasan kenapa Rusia masuk menjadi rekomendasi lokasi untuk melihat Aurora Borealis sebenarnya cukup simpel, yaitu karena Rusia terletak di dalam Lingkaran Arktik. Keberadaan Lingkaran Arktik berdampak cukup besar kepada fenomena cantik ini. Sehingga dengan begitu, Rusia menjadi salah satu lokasi terbaik untuk melihat Aurora Borealis.

Dua lokasi yang sangat populer untuk menyaksikan fenomena ini di Rusia adalah adalah kota Murmansk dan juga Semenanjung Kola. Dua lokasi ini dapat kamu akses dari St. Petersburg, salah satu kota terbesar yang ada di Rusia. Sementara itu, waktu terbaik untuk melihat Aurora Borealis di Rusia adalah bulan September sampai Maret. Kamu juga bisa puas melihat Aurora Borealis pada bulan-bulan tertentu seperti bulan Desember dan Januari. Pada waktu ini, negara Rusia sangat jarang terkana sinar matahari. Karena itulah di utara Rusia durasi dari fenomena ini terjadi sangat lama.

5. Finlandia

The 13 Best Places to See the Northern Lights in Finland This Winter (2022-2023)

Source: Space Tourism Guide

Hampir setiap malam pada bulan September hingga Maret, Aurora Borealis menampilkan wajahnya yang sangat cantik di bagian utara Finlandia. Inilah yang membuat lokasi ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk melihat Aurora Borealis. Namun bagi kamu wisatawan Asia yang ingin menikmati fenomena unik ini di Finlandia, kamu harus lebih waspada. Sebab, suhu yang ada di Finlandia bagian utara ini sangatlah dingin. Dengan alasan ini, sebaiknya kamu mempertimbangkan untuk menyewa rumah iglo kaca yang yang di dalamnya menyediakan tempat tidur yang sangat hangat.

6. Swedia

Seeing the Northern Lights in Sweden – Routes North

Source: Routes North

Kali ini rekomendasi destinasi untuk melihat Aurora Borealis adalah tetangga dari Norwegia yaitu Swedia. Bagi wisatawan yang datang dari negara-negara Asia, yang tidak terlalu tahan terhadap cuaca dingin, maka Swedia adalah salah satu lokasi yang cocok bagi kamu. Jika dibandingkan dengan Kanada dan Rusia, Swedia memiliki suhu yang lebih nyaman bagi para wisatawan dari Asia.

Bukan hanya itu, Swedia juga merupakan salah satu negara Eropa yang penerbangannya mudah diakses. Pastikan kamu memesan tiket pada periode September hingga Maret karena dalam bulan-bulan tersebut, Aurora Borealis menampilkan warna dan keindahan yang sangat mencengangkan.

7. Islandia

What Are the Northern Lights? | Guide to Iceland

Source: Guide to Iceland

Dari semua negara, Islandia mungkin merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler untuk melihat fenomena ini. Mengapa? Karena bukan hanya Aurora Borealis yang cantik, kamu bisa menikmatinya dengan berendam di kolam air panas alami atau jika kamu mempunyai anggaran lebih, bisa juga melihatnya dari atap mobil kamu. Hampir semua sudut Islandia bisa menjadi lokasi untuk melihat fenomena ini. Beberapa rekomendasi tempat yang bisa kamu kunjungi adalah Reykjavik dan Djupavik.

Semua destinasi wisata untuk melihat Aurora Borealis atau Cahaya Kutub ini tentunya menawarkan berbagai keunggulan baik dari segi fasilitas hingga aspek lain seperti cuaca. Selain itu, tersebarnya destinasi wisata untuk melihat Aurora Borealis juga memberikan opsi kepada para wisatawan untuk memilih waktu yang tepat, dalam hal ini pemilihan bulan untuk mengunjungi dan melihat Aurora Borealis.

Tertarik Untuk Memiliki Experience Melihat Aurora Borealis Secara langsung? Yuk Datengin Kesana Bareng Mediamaz!

Itulah beberapa rekomendasi tempat terbaik untuk menikmati fenomena Aurora Borealis yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat pilihan untuk liburan. Apakah kamu tertarik untuk mengunjunginya langsung? Sebelum itu, terjemahkan dulu yuk berkas dan dokumen untuk keperluan kamu selama di negara sana. Kamu perlu menerjemahkan dokumen seperti Passport, KTP, Visa, dan hal-hal lain yang memang kamu butuhkan untuk menetap sementara di luar negeri. Jadi tunggu apa lagi? Segera terjemahkan serta legalisasikan dokumen kamu di Mediamaz Translation Services biar bisa langsung terbang kesana!

jerome polin

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Jepang yang Cocok Dikunjungi Bareng Pasangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *