Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Sejarah Dibalik Big Ben dan 10 Fakta yang Jarang Diketahui

big ben

Sumber: Pinterest

Big Ben telah menjadi salah satu landmark paling ikonik di kota London selama hampir dua abad. Dengan suaranya yang khas dan arsitektur yang megah, menara jam ini telah menjadi simbol penting bagi Inggris dan dikenal di seluruh dunia. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sejarah dan fakta menarik tentang Big Ben.

Baca Juga: 10 Fakta Unik Tentang Menara Eiffel Paris dan Sejarahnya

Apa itu Big Ben?

Big Ben adalah sebuah menara jam yang terletak di atas gedung parlemen Inggris yang bernama Palace of Westminster. Menara jam ini berdiri setinggi 96 meter dan memiliki empat wajah jam setiap sisi dengan diameter 7 meter. Nama “Big Ben” sebenarnya merujuk pada lonceng besar yang berada di dalam menara jam tersebut, tetapi seiring berjalannya waktu, nama tersebut juga sering dipakai untuk merujuk pada keseluruhan menara jam.

Lonceng yang ada di dalam menara jam Big Ben memiliki berat sekitar 15,1 ton dan dibuat pada 31 Mei 1859. Nama “Big Ben” sebenarnya berasal dari nama orang yang bertanggung jawab atas pembuatan lonceng tersebut, yaitu Augustus Pugin. Lonceng ini menghasilkan bunyi yang sangat khas dan sering digunakan sebagai simbol London maupun Inggris secara keseluruhan.

Big Ben telah menjadi salah satu ikon terkenal London dan menjadi destinasi wisata populer bagi wisatawan yang berkunjung ke kota tersebut. Menara jam ini juga menjadi bagian penting dari sejarah dan kebudayaan Inggris, karena telah menjadi saksi bisu atas berbagai peristiwa penting dalam sejarah Inggris.

Baca Juga: 11 Stadion Sepak Bola Terindah dan Venue Piala Dunia

Sejarah dari Menara Jam Big Ben

Sejarah Big Ben pertama kali pada tahun 1834 ketika gedung Parlemen yang lama terbakar habis. Kemudian pada tahun 1844, arsitek Charles Barry mulai merancang bangunan baru untuk gedung Parlemen yang lebih besar dan lebih indah.

Pada saat yang sama, perusahaan pembuat jam asal Inggris, Gillett & Johnston, mulai merancang dan membangun mekanisme jam untuk menara jam baru itu. Mekanisme jam tersebut berguna agar dapat menggerakkan jarum jam seberat 4 ton di atas menara jam setinggi 96 meter.

Pada tahun 1856, proyek pembangunan menara jam tersebut berjalan. Menara jam tersebut hasil karya dari arsitek Augustus Pugin dan awalnya nama tersebut adalah Clock Tower (Menara Jam). Pada awalnya, rencana pembangunan menara jam tersebut tidak termasuk adanya lonceng besar di dalamnya.

Namun, pada tahun 1858, pembuat lonceng John Warner & Sons memenangkan kontrak untuk membuat lonceng besar yang akan dipasang di menara jam tersebut. Lonceng itu awalnya diberi nama “Great Bell of Westminster“, tetapi kemudian dinamai Big Ben, menurut nama Sir Benjamin Hall, seorang politisi Inggris yang bertanggung jawab atas pembangunan menara jam tersebut.

Big Ben akhirnya ada di menara jam pada tanggal 10 April 1858. Namun, ketika dicoba untuk dipukul pertama kali, lonceng tersebut retak dan harus diperbaiki. Setelah diperbaiki, Big Ben akhirnya resmi dipukul untuk pertama kalinya pada tanggal 31 Mei 1859.

Sejak itu, Big Ben telah menjadi salah satu simbol terkenal dari London dan Inggris. Meskipun menara jam tersebut pernah mengalami kerusakan akibat serangan udara pada Perang Dunia II, namun Big Ben selalu dapat dipulihkan dan berfungsi kembali sebagai salah satu menara jam terkenal di dunia hingga saat ini.

Baca Juga: Napak Tilas Lokasi Asli di Beberapa Anime Jepang Terbaik

10 Fakta Unik Mengenai Big Ben

Berikut adalah beberapa fakta unik mengenai Big Ben:

1. Nama “Big Ben” sebenarnya merujuk pada lonceng yang terdapat di dalam menara jam, bukan menara jam itu sendiri.

2. Lonceng Big Ben memiliki berat sekitar 15,1 ton dengan tinggi 7 kaki (2,1 meter) dan diameter 9 kaki (2,7 meter).

3. Pada awalnya, lonceng Big Ben untuk di katedral St. Paul’s, namun tidak jadi dan akhirnya untuk di menara jam Westminster.

4. Menara jam Elizabeth Tower, tempat Big Ben berada, memiliki enam tingkat dan tingginya mencapai 96 meter.

5. Mekanisme jam di dalam menara jam Elizabeth Tower memiliki keakuratan yang sangat tinggi, hanya terlambat kurang dari satu detik dalam setahun.

6. Big Ben sering kali menjadi tempat yang populer untuk melakukan konser, acara amal, dan acara televisi khusus.

7. Saat ini, lonceng Big Ben hanya terdapat pada acara-acara khusus, seperti pada malam tahun baru atau saat terjadi peristiwa penting di Inggris.

8. Menara jam Elizabeth Tower pernah mengalami perubahan warna dari putih menjadi hitam pada tahun 1930-an untuk menghindari serangan udara selama Perang Dunia II.

9. Sebelum penamaan resmi Elizabeth Tower pada tahun 2012, menara jam tersebut secara resmi dikenal sebagai Clock Tower (Menara Jam).

10. Menara jam tempat Big Ben berada, yaitu Elizabeth Tower, termasuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1987.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Korea Selatan yang Menarik untuk Dikunjungi

Apakah Anda Ingin Mengunjungi Big Ben?

Setiap manusia di dunia ini pasti memiliki keinginan untuk pergi keluar negeri setidaknya sekali dalam seumur hidupnya, dan setiap orang memiliki negara tujuan favorit yang berbeda-beda. Kebanyakan negara tujuan favorit masyarakat Indonesia ada di Eropa atau Amerika.

Salah satu contoh negara di Eropa yang menjadi destinasi untuk liburan adalah Inggris, ada banyak alasan kenapa masyarakat Indonesia menyukai negara Inggris sebagai tujuan wisata mereka. Seperti, ingin menonton pertandingan klub favorit mereka, hingga hanya sekedar menikmati sejumlah destinasi wisata yang ada di Inggris.

Salah satu destinasi wisata yang paling terkenal di Inggris adalah menara jam Big Ben. Menara jam ini terkenal di seluruh dunia karena sudah menjadi ikonik dari kota London khususnya negara Inggris. Lalu bagaimana cara mengunjungi Inggris secara resmi dan legal agar liburan Anda terasa nyaman dan aman. Mari simak terus artikel ini sampai selesai.

Baca Juga: Mengenal Tempat Wisata Myeongdong Korea Yang Terkenal

Kami Siap Membantu Anda

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Inggris dan bingung bagaimana cara mempersiapkan segala dokumen untuk kepergian liburan Anda. Di sini kami siap untuk membantu untuk menyelesaikan masalah Anda. Kami merupakan Mediamaz Translation Service yang sudah berdiri sejak tahun 1998.

Perusahaan kami bergerak di bidang penyedia jasa penerjemah tersumpah & interpreter profesional yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun. Ada berbagai macam layanan yang tersedia di Mediamaz Translation Service, salah satunya adalah legalisasi dokumen.

Layanan legalisasi dokumen dapat membantu Anda untuk mengurus segala macam keperluan dokumen seperti Paspor dan Visa. Tidak perlu khawatir, layanan kami sudah memiliki izin dari Kementrian & Kedutaan asing di Indonesia. Jadi sudah dapat hasil dari dokumen yang kami kerjakan bisa digunakan untuk kepergian liburan Anda.

Tunggu apalagi! Segera daftarkan dokumen Anda kepada kami melalui website kami di sini dan dapat juga melalui layanan telepon kami melalui nomor berikut 021 55787254.

Baca Juga: Rekomendasi Makanan Jepang Halal dan Cara Membedakannya

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *