Sejarah dan Fakta Tentang Patung Liberty di Amerika Serikat

Sejarah dan Fakta Tentang Patung Liberty di Amerika Serikat

Siapa yang tidak mengenal patung Liberty, patung  yang mengingatkan tentang negara Amerika Serikat. Dengan sosok wanita yang sedang membawa obor dan buku patung Liberty ini menjadi sebuah ikon untuk Amerika di mata dunia. Simak sejarah dan fakta tentang patung liberty yang harus Anda ketahui sebelum Anda melihat patung Liberty secara langsung.

patung liberty

sumber: istock

Sejarah Singkat Tentang Patung Liberty

Awal mulanya, patung Liberty di bangun sebagai monumen untuk mengingatkan adanya aliansi yang pernah terjadi antara Perancis dan Amerika saat terjadinya Revolusi Amerika pada tahun 1775-1783. Patung ini di desain oleh pemahat asal Perancis yang bernama Frédéric-Auguste Bartholdi. Proyek ini di selesaikan pada bulan Juli tahun 1884. Selain itu, Bartholdi juga di bantu oleh Gustave Eiffel yaitu seorang perancang menara Eiffel dalam merancang kerangka besi untuk patung Liberty.

Selain Bartholdi dan Gustave Eiffel  yang membantu merancang patung Liberty para rakyat Perancis juga turut menyumbangkan uangnya untuk membangun patung ini. Sementara itu, pemerintah Amerika Serikat membangun landasan untuk patung ini dari dana yang di himpun oleh pengusaha surat kabar yang bernama Joseph Pulitzer. Pada awalnya patung ini pertama kali di pamerkan di kota Paris. Kemudian, patung ini di bongkar dan di kirimkan ke New York untuk di pasang ulang seperti yang di ketahui pada masa kini. Patung ini merupakan hadiah ulang tahun dari rakyat Prancis kepada rakyat Amerika untuk memperingati kemerdekaan Amerika Serikat yang ke-100 tahun.

Arti dari Patung Liberty

Sebenarnya patung Liberty awalnya bernama “Liberty Enlightening the World” yang memiliki arti Liberty yang menyinari dunia. Patung ini di gambarkan sebagai seorang wanita yang sedang membebaskan diri dari belenggu tirani dengan tangan kanan yang memegang sebuah obor dengan api yang menyala, dan ini melambangkan  sebuah kebebasan. Sementara itu, tangan kirinya memegang sebuah buku dengan tulisan “July 4, 1776” dengan angka Romawi, yakni merupakan hari kemerdekaan Amerika Serikat. Liberty mengenakan jubah yang menjuntai dan 7 bayangan dari paku besar pada mahkotanya yang melambangkan 7 samudra dan benua. Selain itu, ada banyak rumor yang mengatakan bahwa wajah Lady Liberty di ukir sesuai dengan wajah ibu dari pembuatnya yaitu Frederic Auguste Bartholdi. Hal tersebut menunjukkan kasih sayang Bartholdi kepada ibunya.

Fakta-Fakta Patung Liberty

Selain memiliki arti yang dalam patung Liberty juga memiliki fakta-fakta yang jarang di ketahui oleh banyak orang, berikut adalah fakta tentang patung Liberty:

1. Merupakan Simbol Kebebasan

Seperti penjelasan di atas, patung Liberty merupakan hadiah rakyat Perancis bagi rakyat Amerika yang menyimbolkan sebuah kebebasan untuk Amerika. Hal tersebut  dapat terlihat dari bentuk patung pada pergelangan kakinya, ada rantai belenggu yang putus. Itu adalah sebuah tanda terlepasnya belenggu perbudakan oleh tirani. Lady Liberty juga memegang buku yang bertuliskan hari kemerdekaan Amerika dalam angka Romawi, yaitu 4 Juli 1776.

2. Patung Dengan Perjalanan Jauh

Patung Liberty di buat di Perancis selama hampir 10 tahun. Seperti di sebut sebelumnya, patung ini kemudian dikirim ke Amerika pada tahun 1885. Proses pemindahan patung ini di kirim dalam bentuk potongan sebanyak 350 buah. Semua potongan itu di kemas dalam 214 peti dan di kirim dengan kapal Fregat Isere.

3. Bentuk Kasih Sayang Kepada Ibu

Patung Liberty merupakan bentuk seorang perempuan dengan jubah dan juga obor. Wajah Lady Liberty tersebut di ukir dari wajah ibu dari seorang Frederic Auguste Bartholdi. Hal itu di sebut sebagai bentuk kasih sayang Bartholdi kepada ibunya.

4. Warna Asli Liberty

Anda pasti mengira warna dari Patung Liberty adalah hijau kebiruan. Sebenarnya warna asli Liberty bukanlah hijau kebiruan melainkan warna coklat mengkilat. Permukaan Patung terbuat dari lembaran tipis tembaga yang berwarna coklat mengkilat. Namun seiring berjalannya waktu, lapisan Patung Liberty mengalami reduksi dan oksidasi yang membuatnya mengalami perubahan warna.

5. Berbahan Dasar Yang Kuat

Patung Liberty yang berdiri di ruang terbuka ini sudah pernah tersambar petir setidaknya 600 kali dalam setahun. Ia juga sering diterpa angin besar dari pelabuhan. Namun, monumen ini masih berdiri kokoh hingga sekarang. Liberty telah dibangun dengan sangat seksama dan bahan-bahan pembangunan yang digunakan pun juga semua sudah dipilih dengan seksama sebelum proses pembangunan.

Dengan tinggi 46 meter dan berat 204 ton, Patung Liberty berdiri di atas landasan setinggi 46 meter. Bagian dalam dari landasannya di isi oleh rangka baja, sementara itu pada bagian luarnya terbuat dari plat tembaga. Yang merancang rangka baja Patung ini adalah Gustave Eiffel, orang yang juga merancang dan membangun Menara Eiffel. Kemudian, alas dari patung ini di desain menggunakan besi beton dan granit oleh arsitek Amerika yang bernama Richard Morris Hunt. Patung ini juga memiliki dinding berbentuk bintang yang mengelilingi alas. Tinggi dari dinding tersebut adalah 47 meter. Dinding ini adalah bagian dari Fort Wood, tembok yang di bangun pada awal abad 19 untuk mempertahankan kota New York selama berlangsungnya perang 1812 pada tahun 1812-1815.

6. Awalnya Bukan Untuk Amerika

Pada awalnya, Patung Liberty akan diletakan di Terusan Suez yang berada di Mesir. Pada tahun 1850-an, Frederic-Auguste Bartholdi mengusulkan membuat patung berupa sosok yang monumental berupa perempuan berjubah yang mewakili Mesir. Lalu pada tahun 1869-an, Bartholdi mencoba meyakinkan pemerintah Mesir dan Ferdinand de Lesseps perancang Terusan Suez untuk meletakan patung rancangannya di ‘pintu masuk’ kanal.

Bartholdi juga sudah membuat gambaran patung dengan tinggi 27 meter, sebagai seorang perempuan berjubah petani dengan memegang obor besar. Patung itu akan difungsikan sebagai pemandu kapal menuju kanal. Namun tawaran tersebut ditolak oleh pemerintah Mesir dengan beberapa alasan, termasuk harga yang terlalu mahal. Lalu desain tersebut diganti dengan konsep ‘dewi kolosal’. Tetapi pada dasarnya, desain Patung Liberty mengusung konsep ‘Egypt Carrying the Light to Asia‘ atau Mesir Menerangi Asia.

Setelah Anda melihat sejarah dan juga fakta tentang Patung Liberty apakah Anda tertarik untuk berlibur ke Amerika Serikat dan melihat secara langsung Patung Liberty di sana? Mediamaz Translation Service adalah solusinya.

Jasa Penerjemah Mediamaz Translation Service

Jika Anda ingin berlibur ke Amerika Serikat  namun Anda tidak tahu apa saja dokumen yang harus diterjemahkan secara legal? Tenang saja kami memiliki solusinya! Mediamaz Translation Service adalah perusahaan penyedia jasa penerjemah tersumpah, penerjemah profesional, interpreter bahasa & legalisasi dokumen yang berdiri sejak tahun 1998 di Indonesia. Dengan berbentuk badan hukum di bawah PT Mediamaz Solusindo Nusantara, saat ini Mediamaz Translation Service berkembang dengan pesat menjadi salah satu perusahaan penerjemah terbesar di Indonesia.

Mengapa Harus Kami?

Mediamaz Translation Service telah melayani berbagai jenis klien lebih dari 20 tahun. Dengan pengalaman dan konsistensi Kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada klien, sampai saat ini Kami dipercaya dan diakui sebagai penyedia jasa penerjemah tersumpah/non-tersumpah dan legalisasi terbaik di Indonesia.

4 langkah mudah order terjemahan di Mediamaz

1. Konsultasi

Anda dapat berkonsultasi segala kebutuhan Anda dengan tim ahli Kami Gratis

2. Penawaran

Kami akan memberikan penawaran terbaik untuk kebutuhan Anda

3. Pengerjaan

Tim Penerjemah Kami memproses penerjemahan dokumen Anda

4. Selesai

Pengecekan hasil akhir sebelum dikirimkan ke alamat Anda

Pesan Sekarang!

Mediamaz TS memiliki prinsip bahwa kepuasan pelanggan adalah tujuan utama kami, sehingga Mediamaz TS akan memberikan pelayanan terbaik bagi Anda. Untuk informasi lengkap hubungi  02155787254 atau cek website kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *