Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Sejarah dan Perkembangan Hanbok, Baju Tradisional Korea Yang Cantik

Jika Anda penggemar drama Korea pasti Anda sudah tidak asing dengan baju tradisional Korea yang sering di gunakan dalam serial bertema kerajaan Korea atau biasa di sebut drama Saeguk. Hanbok, merupakan sebutan untuk baju tradisional Korea yang sering di gunakan dalam perayaan-perayaan hari besar di Korea. Mari simak sejarah tentang baju tradisional korea yang perlu Anda ketahui.

baju tradisional korea

sumber: istock

Sejarah Baju Tradisional Korea

hanbok merupakan baju tradisional Korea yang sudah ada sejak 37-668 M, melalui sebuah penemuan catatan sejarah berbentuk mural yang di lukis pada periode masa Kerajaan Goguryeo sekitar 37-668 M. Namun, hanbok ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Jika di pahami lebih dalam, pakaian Hanbok yang saat ini sering terlihat sangat berbeda dari masa sebelum hanbok diubah menjadi begitu modis. Sebab, hanbok ini di pakai para pria ataupun wanita dengan mengenakan baju pendek atau trousers dan waist-length jacket.

Kemudian, seiring berjalannya waktu, selama bertahun-tahun, hanbok pun di pengaruhi oleh berbagai budaya, seperti kekaisaran Mongolia dan tren mode internal. Sehingga, hanbok mengalami perubahan. Contoh perubahannya adalah saat di akhir era Tiga Kerajaan, para wanita mulai mengenakan rok panjang dan jaket pendek yang dipasang di bagian pinggang. Sedangkan, pria juga mengikuti tren ini dengan mengenakan celana longgar dan jaket yang terikat di pinggang.

Perkembangan Baju Tradisional Korea

Sebelum memasuki era modern desain dan struktur dari Hanbok terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Hal tersebut terlihat dari berubahnya desain hanbok pada setiap era kerajaan Korea Selatan.

1. Masa Tiga Kerajaan (57 SM-668 SM)

Pada periode tiga kerajaan yakni Kerajaan Baekje, Silla, dan Goguryeo di Korea, diketahui bahwa  elemen dasar Hanbok, seperti jeogori (baju), baji (celana), dan chima (rok), di duga sudah lama di kenakan.

Meskipun begitu, pada masa Tiga Kerajaan inilah pakaian hanbok mulai mengalami perkembangan. Di mana yang awalnya laki-laki dan perempuan memakai baju berukuran sepinggang dan celana panjang yang ketat, pada akhir periode Tiga Kerajaan, perempuan yang berasal dari kalangan bangsawan mulai memakai rok panjang, baju berukuran sepinggang yang diikat di bagian pinggang, dan celana yang tidak ketat.

2. Masa Dinasti Goryeo (918-1392)

Perubahan Hanbok pada masa dinasti Goryeo terjadi ketika adanya perjanjuan damai dengan Kerajaan Mongol, di mana di lakukan perikahan antara Raja Goryeo dan Ratu Mongol.  Hal ini yang menjadikan pakaian para pegawai kerajaan Goryeo mulai mengikuti gaya berpakaian Kerajaan Mongol. Karena pengaruh ini pada bagian rok dari hanbok mengalami perubahan menjadi lebih pendek, begitu pula pada bagian baju yang berubah menjadi di ikat ke bagian dada dengan pita yang lebar, serta lengan baju di desain lebih ramping.

3. Masa Dinasti Joseon (11397-1897)

Ketika Dinasti Joseon berkuasa, bagian baju (jeogori) dari Hanbok secara perlahan mulai berubah menjadi ketat dan pendek. Di abad ke-16, bagian tersebut kembali di buat agak menggelembung dan panjangnya hingga di bagian bawah pinggang. Pada akhir abad ke-19, mulai di perkenalkan magoja, yaitu jaket bergaya Manchu yang masih sering di gunakan orang Korea hingga kini. Pada akhir masa Dinasti Joseon, model rok (chima) di buat panjang, lalu bagian jeogori menjadi pendek dan ketat. Dan juga terdapat tambahan heoritti atau heorimari, yang terbuat dari kain linen sebagai korset, karena sangat pendeknya jeogori.

4. Hanbok Masa Kini

Karena adanya modernisasi seperti saat ini Hanbok pun mengalami dampak sehingga mengalami perubahan pada desainnya. Pembaruan tersebut meleburkan pengaruh dari Barat namun tetap mengambil elemen dasar dari hanbok tradisional seperti panjang rok dan celana, bahan kain, pola, warna, dan hiasan atau aksesoris. Meski begitu, baju  tradisional Korea ini di buat tetap memegang nilai-nilai, pesan, dan semangat tradisional Korea. Selain itu, jika dahulu warna hanbok menjadi penanda untuk status sosial dan status perkawinan seseorang pada masa ini hal tersebut sudah tidak begitu di perhatikan.

Tata Cara Menggunakan Baju Tradisional Korea

Berikut adalah tata cara mengunakan baju tradisional Korea yaitu:

1. Memakai sokbaji atau dalaman untuk chima yang berbentuk seperti celana.

2. Memakai sokchima yang berbentuk seperti kaos dalam dengan bagian bawah mengembang seperti gaun.

3. Menggunakan beoseon sebagai kaos kaki yang biasa di gunakan saat mengenakan hanbok. Beoseon ini terbuat dari rajutan kain katun untuk menghangatkan kaki.

4. Kemudian memakai chima atau bagian rok pada hanbok. Pada bagian belakang chima terdapat tali yang bisa di putar ke sebelah kiri dan sebaliknya. Lalu tali tersebut nantinya akan bertemu di bagian depan kemudian di ikat simpul di depan.

5. Langkah selanjutnya memakai jeogori atau bagian atas hanbok yang di gunakan untuk menutupi bagian atas tubuh si perempuan.

6. Gunakan sepatu untuk melindungi kaki

Demikian tata cara menggunakan baju tradisional Korea

Jasa Penerjemah Mediamaz Translation Service

Jika Anda ingin pergi ke Korea namun Anda tidak mengerti bahasanya atau ada dokumen yang harus di terjemahkan namun Anda tidak mengerti? Tenang saja kami memiliki solusinya! Mediamaz Translation Service adalah perusahaan penyedia jasa penerjemah tersumpah, penerjemah profesional, interpreter bahasa & legalisasi dokumen yang berdiri sejak tahun 1998 di Indonesia. Dengan berbentuk badan hukum dibawah PT Mediamaz Solusindo Nusantara, saat ini Mediamaz Translation Service berkembang dengan pesat menjadi salah satu perusahaan penerjemah terbesar di Indonesia.

Mengapa Harus Kami?

Mediamaz Translation Service telah melayani berbagai jenis klien lebih dari 20 tahun. Dengan pengalaman dan konsistensi Kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada klien, sampai saat ini Kami dipercaya dan diakui sebagai penyedia jasa penerjemah tersumpah/non-tersumpah dan legalisasi terbaik di Indonesia.

4 langkah mudah order terjemahan di Mediamaz

1. Konsultasi

Anda dapat berkonsultasi segala kebutuhan Anda dengan tim ahli Kami Gratis

2. Penawaran

Kami akan memberikan penawaran terbaik untuk kebutuhan Anda

3. Pengerjaan

Tim Penerjemah Kami memproses penerjemahan dokumen Anda

4. Selesai

Pengecekan hasil akhir sebelum dikirimkan ke alamat Anda

 

Pesan Sekarang!

Mediamaz TS memiliki prinsip bahwa kepuasan pelanggan adalah tujuan utama kami, sehingga Mediamaz TS akan memberikan pelayanan terbaik bagi Anda. Untuk informasi lengkap hubungi  02155787254 atau cek website kami di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Whatsapp 24 Jam