Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

7 Hal yang Bisa Anda Tonton Saat Musim Gugur di Jepang

Pembagian musim di Jepang berbeda dengan Indonesia yang merupakan negara dengan dua musim. Sedangkan Jepang, merupakan negara yang memiliki pembagian empat musim dalam satu tahun. Setiap musim tersebut tentu menawarkan pemandangan indah dan pengalaman unik masing-masing. Terdapat banyak sekali hal yang bisa Anda lakukan di setiap musimnya, termasuk saat musim gugur tiba. Mari simak berikut terkait dengan musim gugur di Jepang untuk informasi lebih lengkapnya.

Musim Gugur di Jepang

iStock

Musim Gugur di Jepang

Musim gugur biasanya berlangsung dari bulan September hingga November setiap tahunnya. Dikarenakan masa peralihan dari musim panas yang akan berlanjut ke musim dingin di bulan Desember hingga Februari. Suhu panas di musim ini akan mulai menurun secara perlahan. Lalu digantikan dengan cuaca yang sejuk serta paling nyaman dan menyenangkan untuk olahraga serta rekreasi.

Daun yang mulai berubah warna menjadi oranye serta kuning akan menghiasi pemandangan kota Jepang kala ini. Umumnya puncak dedaunan berubah warna itu akan berlangsung dari Oktober hingga akhir November. Sehingga jika Anda sebagai wisatawan ingin berfoto dengan indahnya musim gugur disertai dengan daun berwarna oranye dan kuning di Jepang. Pastikan untuk melancong ke negeri matahari tersebut di bulan Oktober hingga akhir November agar mendapatkan momen paling indah dari musim gugur di Jepang.

Baca Juga: “Info Lengkap Musim Semi di Jepang yang Wajib Anda Ketahui

Festival Musim Gugur di Jepang

Suhu udara yang mulai sejuk dengan dedaunan yang menguning membuat musim gugur menjadi waktu yang tepat untuk mengadakan sebuah acara atau festival tradisional. Hampir semua wilayah di Jepang memiliki tradisinya masing-masing untuk menyambut hadirnya musim gugur di Jepang. Berikut adalah beberapa perayaan lokal yang diadakan oleh masyarakat Jepang:

1. Festival Nagasaki Kunchi

Festival Nagasaki Kunchi

Perayaan ini merupakan festival musim gugur yang terjadi di kota Nagasaki, Jepang tepatnya di Kuil Suwa. Biasanya festival ini akan berlangsung selama 3 hari dan menampilkan berbagai atraksi kesenian seperti arak-arakan dan tarian. Atraksi yang ada dalam festival ini menceritakan sejarah dan juga pengaruh dari budaya asing di kota Nagasaki.

Terdapat tarian persembahan seperti Jaodori (Tarian Naga), Kujira no Shiofuki (Paus Menyemburkan Air), Kokkodesho (Taiko) dan juga Tari Oranda Mazai yang merupakan tarian campuran dari pengaruh budaya China, Portugal dan juga Belanda. Fakta akan matsuri (perayaan) ini adalah telah ditetapkan sebagai warisan budaya non benda sejak tahun 1979 oleh pemerintahan Jepang dan menjadi salah satu festival musim gugur terbesar di Kyushu.

2. Festival Aki no Taisai

Festival Aki no Taisai

Festival Aki no Taisai atau Festival Musim Gugur Besar yang berada di Shibuya-ko Tokyo merupakan perayaan yang merayakan kelahirannya Kaisar Meiji. Matsuri ini merupakan hal paling penting dari serangkaian acara dan juga ritual di Kuil Meiji Jingu. Selama festival ini berlangsung, pengunjung dapat menyaksikan seni pertunjukan tradisional Jepang di sini. Biasanya perayaan ini terjadi di awal November.

Sehingga bagi para turis yang ingin melihat akan budaya Jepang lebih dalam, dapat datang ke perayaan ini untuk menonton. Beberapa pertunjukan tersebut antara lain adalah Noh (Drama musikal Jepang klasik), Kyogen (Teater komik tradisional Jepang), dan juga Bugaku (Tarian dan musik istana).

3. Festival Jidai

Festival Jidai

Jidai Matsuri merupakan salah satu perayaan yang terjadi saat musim gugur di Jepang tepatnya di kota Kyoto. Festival yang berlangsung setiap tanggal 22 Oktober setiap tahunnya ini merupakan perayaan untuk berdirinya kota Kyoto. Matsuri yang merupakan parade besar ini terdiri dari sekitar 2000 peserta. Di mana mereka biasanya akan berjalan kaki dari Istana Kekaisaran hingga Kuil Heian.

Dalam parade ini akan banyak menampilkan berbagai karakter dan kostum dari para tokoh terkenal bersejarah di Jepang. Prosesi ini terbagi menjadi per bagian sejarah dan kemudian terpisahkan lagi menjadi beberapa tema dengan jumlah dua puluh bagian. Sehingga bagi Anda yang ingin menonton parade ini secara keseluruhan, membutuhkan waktu kurang lebih dua jam untuk menyelesaikannya.

4. Festival Takayama

Festival Takayama

Setelah membahas beberapa perayaan di kota-kota lainnya, hadir Festival Takayama yang merupakan perayaan musim gugur di kota Gifu. Festival ini selalu diadakan di Kuil Sakurayama Hachiman di Gifu, Jepang. Perayaan ini bahkan masyarakat Jepang sebut sebagai festival paling indah dan menakjubkan yang ada di Jepang. Mengapa demikian?

Hal tersebut karena wahana pawai ini merupakan buatan tangan dan dirancang dengan rumit serta indah untuk menyerupai Gerbang Yomeimon di Kuil Shinto Nikko Toshogu. Di mana dalam beberapa wahana parade tersebut terdapat boneka Karakuri Ningyo yang bisa bergerak dan melakukan tarian tradisional. Bahkan saat malam hari, parade ini bermula dari 100 arak-arakan yatai berhias lentera yang menyala menghiasi sekeliling kota. Sehingga dapat terbayangkan seberapa indahnya kota Gifu saat perayaan ini berlangsung.

Baca Juga: “Rumah Tradisional Jepang, Yuk Kenali Elemen dan Keunikannya!

Olahraga dan Rekreasi

Suhu sejuk dengan curah hujan yang rendah menjadikan musim gugur menjadi waktu yang ideal untuk acara olahraga serta rekreasi di luar ruangan. Terdapat beberapa acara olahraga yang biasanya terjadi saat musim gugur di Jepang berlangsung. Berikut beberapa kegiatan olahraga tersebut:

1. Grand Prix Jepang

Grand Prix Jepang

Pertandingan balap Formula 1 ini biasanya diselenggarakan di Sirkuit Suzuka, Prefektur Mie, Jepang. Pertandingan yang telah ada sejak tahun 1963 ini berlangsung setiap tahunnya. Sehingga bagi penggemar mobil atau balap mobil bisa menonton pertandingan ini saat musim gugur tiba.

2. Festival Balon Udara International Saga

Festival Balon Udara International Saga

Perayaan yang terjadi di pulau selatan Kyushu ini menarik orang untuk datang melepas bersama 100 balon udara ke langit. Balon warna-warni yang melayang di langit pedesaan menjadi hal wajib yang harus Anda saksikan ketika berkunjung kesana. Selain dari acara pelepasan balon tersebut pula banyak acara lainnya untuk anak kecil serta orang dewasa yang bisa Anda ikuti. Maka dari itu, acara ini wajib Anda datangi ketika berada di Kyushu dan biasanya terjadi di awal bulan November.

3. Maraton Kobe

Maraton Kobe

Dari daerah Kobe, terdapat sebuah acara lari dengan kurang lebih 20.000 pelari dan 600.000 suporter yang mengikuti acara ini. Rute maraton yang mengelilingi kota dari balai kota hingga pelabuhan Kobe ini menyajikan pemandangan teluk yang cantik dan jalanan kota yang Indah. Sehingga selama Anda berlari atau sekedar menjadi suporter acara ini, Anda akan melihat pemandangan yang memanjakan mata sehingga tidak akan membuat Anda bosan.

Baca Juga: “Info Lengkap Musim Semi di Jepang yang Wajib Anda Ketahui

Jasa Permohonan Visa Mediamaz TS

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Jepang saat musim gugur untuk melihat indahnya kota Jepang yang berwarna oranye serta kuning dengan daun berguguran. Serta melakukan aktivitas dan mengikuti festival saat musim gugur di Jepang. Tentu Anda membutuhkan paspor beserta visa agar dapat berangkat ke negara tersebut. 

Jika Anda merasa kesulitan dalam pengurusan dokumen perjalanan tersebut, Mediamaz Translation Service hadir untuk membantu Anda. Tepatnya kami membuka jasa permohonan visa untuk membantu Anda mengurus hal tersebut. Pembuatan visa lebih mudah dan cepat hanya dengan layanan visa Mediamaz. 

Kami menyediakan pengurusan berbagai visa dari business visa, visa on arrival, single visit visa, multiple visit visa, dan juga Indonesia spouse visa. Mediamaz dapat membantu Anda untuk membuat permohonan visa ke beberapa negara lainnya juga seperti Korea, Inggris, Amerika, dan masih banyak lain. 

Sehingga tunggu apalagi? Jika ada hal yang cepat dan mudah mengapa tidak? Segera hubungi kami di nomor Whatsapp 082123335003 atau mengunjungi website kami di sini untuk informasi lebih lanjut. 

Baca Juga: “Shibuya! Ini Informasi Traveling ke Shibuya Yang Wajib Diketahui

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *