Apa Saja Penyedia Layanan Sertifikasi Penerjemah? Cek di Sini!

Apa Saja Penyedia Layanan Sertifikasi Penerjemah? Cek di Sini!

sertifikasi penerjemah

freepik.com

Sebagai seorang penerjemah, memiliki sertifikasi penerjemah dapat memperlengkap karier. Sertifikasi dapat menjadi bukti yang tepat untuk menunjukkan bahwa kamu adalah penerjemah yang berkualitas dan profesional. Jika kamu merupakan penerjemah yang bersertifikasi, orang-orang akan lebih percaya atas kemampuanmu sebagai seorang penerjemah. Berikut ini penyedia sertifikasi penerjemah yang ada di Indonesia.

Apa Itu Sertifikasi Penerjemah?

Pasti kamu pernah mendengar tentang sertifikat, namun apakah istilah sertifikasi sama familiarnya dengan kata sertifikat? Ternyata sertifikat dengan sertifikasi adalah dua hal yang berbeda. Sertifikat bisa kamu dapatkan setelah menghadiri training tertentu, menyelesaikan kursus yang spesifik, atau seminar. Sedangkan sertifikasi akan kamu dapatkan setelah menyelesaikan ujian sesuai dengan keahlian.

Pihak yang nantinya akan memberikan sertifikasi profesi adalah LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) yang BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) tunjuk. Standar dalam ujian sertifikasi adalah standar yang dibuat berdasarkan soal-soal ujian yang sistematis dengan keahlian. Kalau sertifikat berlaku untuk seumur hidup, sertifikasi keahlian justru hanya berlaku untuk 3 tahun.

Manfaat Mengikuti Ujian Sertifikasi Penerjemah

Clever boy with an exam

freepik.com

Eksistensi dari mengikuti ujian sertifikasi penerjemah bukan tidak ada manfaatnya. Terdapat begitu banyak manfaat dalam mengikuti tes profesi ini, terutama dalam meningkatkan karier kamu pada bidang penerjemahan. Sejumlah manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengikuti ujian profesi ini adalah sebagai berikut:

1. Berpeluang mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi

Siapa saja bisa menjadi penerjemah asalkan memiliki kemampuan dalam menyajikan suatu bahasa menggunakan bahasa yang lainnya. Akan tetapi, jika kamu ingin berfokus menjadi penerjemah, tentu saja kamu membutuhkan validasi atas kemampuanmu. Sehingga, jika kamu sudah lulus ujian sertifikasi penerjemah maka kamu akan berpeluang mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi. Hal ini karena orang akan lebih percaya pada penerjemah yang telah tersertifikasi.

2. Memiliki peluang pekerjaan yang lebih luas

Jika kamu sudah memiliki sertifikasi penerjemah, maka kamu akan mendapatkan peluang pekerjaan yang lebih banyak lagi. Umumnya, para klien akan lebih mempercayakan dokumen mereka kepada pennerjemah yang tersertifikasi dan terpercaya untuk menerjemahkan dokumen mereka. Sehingga, rajin-rajinlah memasarkan kemampuan dan profesi kamu dalam bidang penerjemah, ya!

3. Lebih Unggul dari Penerjemah Lainnya

Jika ada sejumlah penerjemah yang mumpuni termasuk kamu, ujian ini bisa membantu kamu menjadi translator yang lebih unggul daripada yang lain, lho! Namun, kamu juga harus memperbanyak pengalamanmu di bidang translation sehingga kamu bisa jadi penerjemah yang profesional.

4. Menunjang karier yang lebih baik dan profesional

Sertifikasi penerjemah dapat membantu kamu untuk menunjang karier yang lebih baik dan profesional. Kamu dapat menambahkannya ke dalam cv maupun portofoliomu sehingga klien lebih tertarik menggunakan jasamu.

Apa Sajakah Penyedia Layanan Ujian Sertifikasi Penerjemah di Indonesia?

Di Indonesia, terdapat beberapa tempat di mana kamu dapat mengikuti ujian sertifikasi penerjemah. Tempat-tempat ini berupa lembaga, organisasi, hingga agensi penerjemahan. Berikut ini daftar penyedia layanan ujian sertifikasi penerjemah yang ada di Indonesia.

1. HPI

Sertifikasi – Himpunan Penerjemah Indonesia

Himpunan Penerjemah Indonesia

Kalau kamu sudah familiar dengan dunia penerjemahan, pasti kamu juga telah mengenal organisasi yang satu ini. HPI merupakan singkatan dari Himpunan Penerjemah Indonesia. HPI adalah organisasi profesi bagi penerjemah dan juru bahasa di Indonesia. Organisasi ini adalah tempat berkumpulnya para penerjemah Indonesia dari penerjemah junior hingga senior dan dari penerjemah tulisan hingga penerjemah lisan.

HPI merupakan organisasi profesi yang telah diakui oleh Federasi Penerjemah Internasional (FIT) sejak tahun 1974 dalam menyelenggarakan sertifikasi penerjemah untuk meningkatkan kualitas para anggotanya. Organisasi ini menyediakan Tes Sertifikasi Nasional untuk translator dan interpreter. Jika kamu mengikuti sertifikasi penerjemah di HPI, nantinya sertifikasi yang kamu dapatkan akan berlaku selama 5 tahun. Lewat dari itu, maka kamu harus mengikuti ujian sertifikasinya lagi.

2. LBI FIB UI (Lembaga Bahasa Internasional di FIB UI)

sertifikasi penerjemah

LBI UI

Lembaga ini adalah lembaga venture di bawah naungan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya di Universitas Indonesia. LBI menyediakan berbagai program yang terkait dengan bahasa. Lembaga ini telah berkecimpung di dunia bahasa sejak tahun 1960 dan terus berkembang mengikuti pergerakan kebutuhan akan bahasa. Ujian Kualifikasi Penerjemah adalah ujian sertifikasi yang diadakan oleh LBI FIB UI. Ujian sertifikasi ini juga diperuntukkan untuk penerjemah (translator) dan juru bahasa (interpreter).

3. Bootcamp Penerjemah Mediamaz

sertifikasi penerjemah

Bootcamp Mediamaz

Tidak hanya dari organisasi dan lembaga, agensi penerjemah seperti Mediamaz Translation Service juga menyediakan ujian sertifikasi untuk para penerjemah. Bootcamp Penerjemah di Mediamaz TS menyediakan sebuah program bernama Certificate Translator. Program ini memungkinkan kamu untuk mendapat sertifikat kelayakan menjadi seorang penerjemah profesional melalui tes sertifikasi. Pada program ini, terdapat 4 level yang dapat kamu pilih sesuai dengan latar belakang atau background kamu sebagai seorang penerjemah.

Jika kamu adalah seseorang yang berminat untuk menjadi junior translator sesuai keahlian bahasa, kamu dapat memilih level 1. Level 2 tersedia untuk kamu yang senior penerjemah yang sudah terbiasa menerjemahkan beberapa jenis dokumen resmi sesuai keahlian industri. Jika kebutuhan penerjemah kamu adalah untuk melayani klien dari luar negeri pada suatu industri, level 3 dapat menjadi pilihan yang tepat karena berfokus pada pelokalan dan lokalisasi bahasa. Level 4 diperuntukkan jika kamu memiliki klien di berbagai industri bisnis sehingga nantinya kamu dapat menjadi penerjemah dengan penguasaan tata bahasa yang luas dan lebih khusus. Selain itu, level 4 juga untuk menguji kelayakan penerjemah profesional.

Ikuti Ujian Sertifikasi Penerjemah di Bootcamp Penerjemah Mediamaz!

Jika kamu berminat untuk mengikuti tes sertifikasi penerjemah di Bootcamp Mediamaz, alur pendaftaran programnya sangat mudah, lho! Cara daftar ujian sertifikasi adalah sebagai berikut:

  1. Konsultasi – Kamu dapat berkonsultasi secara gratis mengenai kebutuhan kamu.
  2. Isi Form – Setelah mantap mendaftar, staf sertifikasi akan mengarahkan kamu untuk mengisi formulir pendaftaran.
  3. Pembayaran – Selesaikan proses pembayarannya untuk segera melakukan tes sertifikasi.
  4. Selesai – Pihak Mediamaz akan menghubungi kamu untuk penjadwalan ujiannya.

Dalam bootcamp penerjemah, perusahaan Mediamaz TS bekerja sama dengan beberapa kursus ternama seperti EF dan LIA. Masa pelatihanmu hanya akan berlangsung selama 3 bulan, masa yang relatif singkat untuk hasil yang menjanjikan. Di akhir pelatihan, kamu akan mendapatkan sertifikasi yang akan membantu kamu untuk lebih berkembang dalam karier penerjemah. Bootcamp penerjemah yang Mediamaz TS sediakan terdiri dari dua bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang. Selain itu, Mediamaz TS sedang membuka Batch 1 pada periode 1-31 Agustus 2022. Apabila kamu berminat, kunjungilah situs resmi Mediamaz Bootcamp di sini untuk informasi lebih lengkap!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.