Galat basis data WordPress: [Table 'medg6566_wp818.wp8e_trustindex_google_reviews' doesn't exist]
SHOW COLUMNS FROM `wp8e_trustindex_google_reviews` LIKE "highlight"

Galat basis data WordPress: [Table 'medg6566_wp818.wp8e_trustindex_google_reviews' doesn't exist]
ALTER TABLE `wp8e_trustindex_google_reviews` ADD highlight VARCHAR(11) NULL AFTER rating

Anti Gempa & Desainnya Yang Futuristik | Fakta Unik Shinkansen

Shinkansen Sebagai Transportasi Umum Paling Aman di Dunia

Shinkansen Sebagai Transportasi Umum Paling Aman di Dunia

Negara Jepang merupakan salah satu bagian dari Asia Timur yang dikategorikan sebagai salah satu negara maju. Ketika berbicara mengenai negara Jepang memang tidak ada habisnya, selain memiliki tempat wisata yang unik, Jepang juga tentunya memiliki budaya yang beragam. Teknologi Jepang sering kali mendapat perhatian dunia karena Jepang selalu bisa melakukan inovasi terhadap teknologi dunia. Banyak wisatawan mancanegara yang datang mengunjungi Jepang untuk menikmati pengalaman akan dunia teknologinya, dan yang menjadi ikon unik akan bidang teknologi transportasi di Jepang adalah shinkansen (kereta cepat). Siapa yang tidak mengenal transportasi umum yang satu itu? Jepang menjadi pionir bagi dunia karena teknologi transportasi nya yang sekarang ini banyak ditiru oleh negara lainnya di dunia. 

shinkansen

Berkat adanya teknologi Jepang yang satu ini, banyak menginspirasi negara di dunia untuk melakukan sejumlah perubahan demi memajukan negara mereka masing-masing. Salah satu usaha pemerintah dalam memajukan negara adalah dengan mengandalkan kemajuan infrastrukturnya, ketika infrastruktur mengalami perubahan, maka warga negaranya juga akan semakin semangat dalam melakukan kegiatan. Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda seputar shinkansen Jepang mulai dari jenis-jenis kereta cepat yang ada di Jepang hingga jalur kereta yang harus anda ketahui sebelum anda memulai berlibur ke Jepang.

PENGERTIAN KERETA CEPAT

Kereta cepat adalah salah satu jenis transportasi modern yang beroperasi dengan kecepatan diatas 220 Km/jam. Kereta cepat dibuat dengan tujuan utama mengurangi kemacetan akibat penggunaan kendaraan pribadi dan juga memiliki efisiensi waktu dibandingkan dengan transportasi lainnya. Kereta cepat ditentukan oleh jalur khusus dan perlintasan tanjakan yang terpisah sehingga secara langsung mengurangi delay yang biasa terjadi pada kereta api / kereta listrik biasa. 

SHINKANSEN JEPANG

Sistem kereta api berkecepatan tinggi pertama mulai beroperasi di Jepang pada tahun 1964, yang dikenal sebagai Shinkansen, atau “kereta peluru” dengan desain futuristik. Saat ini, Jepang memiliki Sembilan jaringan dari  jalur rel dengan kecepatan tinggi yang melayani 22 kota besar yang ada di Jepang. Membentang di tiga pulau utamanya, dengan tiga jalur lagi dalam pengembangan. Ini adalah layanan kereta api berkecepatan tinggi tersibuk di dunia, membawa lebih dari 420.000 penumpang pada hari kerja biasa. Keretanya melaju hingga kecepatan 320 km/jam (200 mph), dan yang membanggakan dari kereta api ini adalah bahwa, dalam lebih dari 50 tahun beroperasi, tidak ada korban jiwa atau cedera penumpang akibat kecelakaan. Negara Jepang membawa era baru sekaligus kelahiran kereta cepat yang ada di dunia. 

Berikut ini merupakan timeline / perjalanan shinkansen dari masa ke masa:

  • Peresmian tahun 1964, proyek kereta shinkansen sudah berjalan pada tahun 1959 dan hanya dalam kurun waktu 5 tahun, jalur kereta pun akhirnya rampung pada 1 Oktober 1964. Aktivitas dibuka pada jam 6 pagi.
  • Sanyo Shinkansen tahun 1975, Kereta peluru yang diberi nama Sanyo Shinkansen yang menghubungkan dua kota terbesar di bagian Jepang barat, Osaka dan Fukuoka. Jalur ini memperpanjang Jalur Tokaido dari Tokyo
  • Kereta Nozomi, 1992. Kata Nozomi berarti “harapan” atau “keinginan” dan kereta baru ini – awalnya adalah seri 300 Shinkansen, tetapi berubah menjadi Seri N700 – yang membawa serta keinginan desainer mereka. 
  • Shinkansen Akita dan Nagano, 1997. Akita adalah kereta mini-shinkansen Seri E6. Pembuatan jalur shinkansen mini mencakup kebutuhan untuk mengubah jalur sempit yang ada, yang digunakan oleh kereta non-shinkansen, menjadi rel yang lebih sempit.

Pada tahun 2006, kereta mini-shinkansen telah melayani lebih dari dua puluh juta penumpang. Nagano Shinkansen selanjutnya menghubungkan area di Prefektur Nagano. Kedua kereta ini beroperasi pada waktunya untuk Olimpiade musim dingin 1998.

TIPE KERETA SHINKANSEN

  • Seri 16 N700

Seri kereta cepat ini terdiri dari 16 gerbong yang menghubungkan jalur Tokaido dan kereta cepat Sanyo. Kecepatan yang dimiliki oleh N700 adalah 300 km/jam dengan kemampuan miring yang sempurna saat berada di lintasan yang berbelok. 

  • Seri E2, E4 dan E5

Jalur yang menggunakan seri ini adalah jalur Tohoku, Joetsu, dan Hokuriku. Menurut informasi dari https://www.japanstation.com/shinkansen-high-speed-train-network-in-japan/ seri E4 kerta cepat Jepang memiliki dua gerbong tingkat dan seri tercepat kereta dimiliki oleh seri E5. Ada beberapa layanan khusus yang ditawarkan jika anda menggunakan jalur Tohoku dan Hokuriku yang diantaranya adalah kelas “Gran Class”. Kelas pada kereta tersebut bertujuan untuk memberikan fasilitas unggulan dan mewah lebih dari golongan kelas “Green Class”. Fasilitas yang anda dapatkan seperti kotak makan ala Jepang atau bento, kursi yang nyaman, dan juga stop kontak. Tentu saja dalam hal ini anda diharuskan untuk membayar lebih jika ingin menikmati fasilitas unggulan, biaya yang diperlukan untuk menikmati fasilitas tersebut adalah sekitar 10.000 yen atau sekitar 1.251.917 Rupiah. 

ERA KERETA MAGLEV

Setelah sukses dengan seri shinkansen lainnya, kini Jepang tengah mengincar kereta cepat dengan seri terbaru yaitu seri Maglev. Maglev merupakan singkatan dari Magnetic Levitation merupakan jenis shinkansen jenis paling baru dimana kereta tersebut digerakkan secara magnetic. Kereta Maglev Jepang direncanakan akan dibangun jalur khusus yang menghubungkan Tokyo dan Osaka dengan kecepatan kereta 505 km/jam atau sama dengan mengurangi perjalanan sekitar 67 menit, menakjubkan bukan!

RUTE KERETA CEPAT DI JEPANG

Setiap jalur kereta terdiri dari 3 layanan utama yang diantaranya adalah :

  1. Kereta cepat yang hanya dapat berhenti di jalur utama mereka 
  2. Kereta semi cepat yang memiliki banyak jalur pemberhentian
  3. Kereta lokal yang berhenti di semua stasiun

Kami merangkum informasi dari jrpass.com mengenai jalur lalu lintas kereta cepat yang ada di jepang, berikut lintasan jalur kereta di Jepang:

TOKAIDO 

Jalur kereta ini merupakan jalur yang paling dan paling terkenal di kalangan wisatawan asing maupun Jepang karena merupakan jalur yang langsung menghubungkan kota-kota besar di Jepang seperti Tokyo, Kyoto dan Osaka. Jalur Tokaido terkadang disebut juga dengan Tokaido Sanyo karena jalurnya berbagi dengan jalur kereta Sanyo. Jalur Tokaido memiliki 3 layanan utama seperti Nozomi (Harapan), Hikari (Sinar cahaya), Kodama (gema). Pada layanan kereta Hikari, anda dapat melihat pemandangan gunung Fuji ketika cuaca cerah dengan memilih urutan kursi D atau E. 

SANYO 

Selain jalur Tokaido yang menjadi jalur populer, jalur Sanyo juga populer di kalangan wisatawan lainnya. Jalur ini melakukan perjalanan dari stasiun Shin-Osaka hingga ke stasiun Hakata di Fukuoka. Jalur layanan yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan di Tokaido namun ada 2 penambahan jalur lainnya yang diantaranya adalah layanan Mizuho (Cepat) dan Sakura (kereta semi cepat). Yang menjadi keunikan jalur sanyo adalah jalur ini khusus dilalui oleh kereta dengan desain Hello Kitty yang tentunya akan memberikan pengalaman perjalanan anda menjadi lebih menyenangkan. 

TOHOKU

Jalur shinkansen ini menghubungkan seluruh jalur kereta yang menghubungkan Tokyo dengan Aomori. Ada 6 layanan rute untuk Tohoku, diantaranya adalah Hayabusa (cepat), hayate (semi cepat), Yamabiko (semi cepat), Nasuno (kereta lokal), Komachi (feminim), Tsubasa (sayap). Kereta seri Komachi atau E6 mulai beroperasi pada tahun 1997 dengan rute Tokyo hingga Morioka. Dikatakan kereta feminism karena desain dan warna nya yang elegan dan feminism namun kereta ini dapat ditumpangi oleh berbagai gender ya! 

HOKKAIDO 

jalur shinkansen Hokkaido dimulai dari daerah Kota Aomori hingga Hakodate yang berada di pulau Hokkaido dengan menggunakan jalur terowongan Seikan. Hanya ada 2 layanan kereta jika anda menggunakan rute Hokkaido yang diantaranya adalah Hayabusa (cepat) dan Hayate (semi cepat). 

FAKTA MENARIK SEPUTAR SHINKANSEN

Ada beberapa hal menarik mengenai dunia kereta peluru Jepang yang jarang anda ketahui, kami akan memberikan informasi tersebut kepada anda berdasarkan laman timeout.com

  1. Kereta cepat merupakan transportasi yang paling aman untuk saat ini, selama kurun waktu 57 tahun semenjak kereta cepat beroperasi, Jepang memiliki 0 kasus kematian yang diakibatkan oleh tabrakan antar kereta atau kejadian lainnya
  2. Kereta cepat di desain anti gempa karena dapat otomatis berjalan perlahan sekalipun melewati terowongan anda akan aman selama perjalanan berlangsung
  3. Jepang masih menetapkan standar kereta cepat mereka meskipun kini kereta cepat memiliki persaingan di seluruh dunia
  4. Shinkansen menjadi kendaraan umum paling ramah lingkungan untuk kebutuhan traveling, kereta cepat tercatat lebih ramah lingkungan 92 persen daripada menggunakan pesawat karena hanya membutuhkan sedikit emisi karbon.

Dengan adanya informasi dari artikel yang kami berikan, tentunya anda menjadi semakin tahu adanya kereta cepat. Kereta cepat lahir karena adanya dukungan dari teknologi masa kini yang semakin maju dan berkembang pesat. Di Jepang terkenal karena kereta cepatnya, tahukah anda hal apalagi yang cepat selain kereta cepat? Tentu saja penerjemah bahasa asing dari Mediamaz Translation Service. Kami merupakan perusahaan penerjemah yang mengerjakan segala jenis dokumen berbahasa asing sesuai kebutuhan anda dengan cepat dan tepat. Kami dijuluki sebagai perusahaan penerjemah cepat di Indonesia dan sesuai dengan Visi Misi kami yaitu express. Tidak usah ragu lagi dalam menggunakan jasa penerjemah di perusahaan kami yang terbukti cepat, akurat dengan harga paling kompetitif di Indonesia.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.