Simak Cara Legalisasi Dokumen di DIKTI Terbaru 2022!

Simak Cara Legalisasi Dokumen di DIKTI Terbaru 2022!

Legalisasi ijazah atau transkrip nilai untuk keperluan ke luar negeri dapat anda lakukan melalui lembaga resmi terkait yaitu Kemenristek DIKTI. Apa saja syarat-syarat dokumen yang harus anda siapkan? Serta Bagaimana proses pengajuan legalisasinya? Simak artikel berikut ini!

legalisasi dikti

source freepik

Legalisasi

Legalisasi adalah proses pengesahan terhadap dokumen yang hanya terkait dengan tanda tangan pejabat yang berwenang, sticker, dan/atau stempel resmi dan tidak mencakup kebenaran isi dokumen. Sehingga proses legalisasi hanya berhubungan dengan pengesahan atas tanda tangan dan stempel, bukan atas isi dari dokumen tersebut. Maka dari itu, semua yang berkaitan dengan kebenaran dari dokumen tersebut bukan tanggung jawab dari lembaga yang bersangkutan.

Jenis-jenis dokumen yang memerlukan legalisasi pun bermacam-macam, mulai dari akta kelahiran, perijinan nikah, buku nikah, surat pernyataan, ijazah sampai transkrip nilai. Biasanya penggunaan dokumen tersebut untuk kepentingan bekerja, tinggal, atau meneruskan pendidikan di luar negeri.

Proses Legalisasi Dokumen di DIKTI

source dikti.kemendikbud.go.id 

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi merupakan salah satu unit utama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud. Dalam melaksanakan fungsinya seperti halnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 45 Tahun 2019. Oleh sebab itu, beberapa fungsinya seperti berikut ini :

  1. Perumusan kebijakan di bidang pendidikan tinggi akademik
  2. Melaksanakan kebijakan di bidang pembelajaran, kemahasiswaan, kelembagaan, dan sumber daya pendidikan tinggi akademik
  3. Perumusan pemberian izin penyelenggaraan perguruan tinggi swasta
  4. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang pendidikan tinggi akademik
  5. Pelaksanaan administrasi

Dalam pelaksanakan proses administrasi, DIKTI memiliki layanan untuk legalisasi dokumen seperti ijazah atau transkrip nilai yang merupakan dokumen untuk keperlukan melanjutkan sekolah, atau bekerja di luar negeri. Sebelum anda hendak melanjutkan sekolah atau bekerja di luar negeri, anda wajib melakukan legalisasi atas dokumen-dokumen yang anda butuhkan tersebut.

Syarat-Syarat yang Anda Perlukan dalam Proses Legalisasi :

  1. Ijazah dan Transkrip Nilai Asli
  2. Fotocopy Ijazah dan Transkrip Nilai yang sudah terlegalisir oleh Perguruan Tinggi
  3. Print Out Data PDPT (untuk lulusan di atas tahun 2003), klik di sini
  4. Surat Keterangan Lulus dari Kampus
  5. Fotocopy KTP dan Paspor

Proses Legalisasi Dikti yang Harus anda Ikuti adalah Sebagai Berikut :

  1. Pertama, pemohon menyerahkan berkas dokumen ke petugas Unit Layanan Terkait (ULT) untuk proses registrasi,
  2. Selanjutnya ULT menyerahkan ke bagian Akademik untuk memeriksa berkas sesuai persyaratan untuk selanjutnya memberikan cap stempel legalisasi,
  3. Kemudian legalisasi Ijazah atau Transkrip Nilai akan di tanda tangani oleh Sekretaris,
  4. Selanjutnya menyerahkan hasil legalisasi ke ULT untuk penyerahan kepada yang bersangkutan.

(sumber lldikti10.ristekdikti.go.id)

Legalisasi DIKTI Dengan Mudah Hanya di Mediamaz Translation Service

legalisasi dikti

Apabila anda membutuhkan legalisasi dokumen di DIKTI seperti ijazah atau transkrip nilai untuk keperluan melanjutkan sekolah atau bekerja di luar negeri, anda harus mengikuti proses-proses di atas. Sementara itu, tidak semua orang mempunyai waktu luang dan harus membutuhkan dokumen terkait untuk waktu yang cepat. Oleh karena itu, Mediamaz TS hadir untuk membantu menyelesaikan masalah anda !

Mediamaz TS merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penerjemahan terbesar di Indonesia. Mediamaz TS menyediakan berbagai layanan di antaranya adalah Penerjemah tersumpah, Legalisasi Kementerian dan Kedutaan dan Intepreter. Sehingga, kami dapat membantu anda untuk melegalisasi dokumen anda dengan aman, cepat, mudah dan terpercaya.

Legalisasi dengan Mudah dan Anti Ribet di Mediamaz

  1. Layanan legalisasi di Mediamaz memudahkan anda untuk proses legalisasi dokumen yang anda perlukan. Perusahaan kami telah terdaftar di Kementerian, Kedutaan, serta instansi terkait lainnya.
  2. Staf kami akan menginformasikan mengenai persyaratan yang anda perlukan secara jelas dan lengkap.
  3. Kami menawarkan harga yang terjangkau untuk semua kalangan.
  4. Proses pengerjaan yang cepat dan tepat waktu karena kami memiliki tim yang telah profesional dalam melayani legalisasi dokumen.
  5. Tim legalisasi kami akan selalu menjaga privasi dan rahasia dokumen anda sehingga anda tidak perlu khawatir akan kebocoran terkait data pribadi anda.

Bagaimana Alur Proses Legalisasinya?

Tim legalisasi dokumen di Mediamaz TS melakukan proses legalisasi secara profesional dan sebelum dokumen tersebut anda terima, dokumen anda telah melewati proses Quality Control yang ketat sehingga meminimalisir kesalahan dokumen sebelum anda terima!

Setelah proses legalisasi selesai, maka anda akan menerima 2 bentuk dokumen yaitu:

1. Hard Copy (Dokumen fisik, serta tanda tangan, cap atau stempel basah hasil legalisasi)

2. Soft Copy (Berupa dokumen file yang telah mendapatkan stempel berbentuk scan)

Bagaimana Cara Ordernya?

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara order jasa legalisasi kami, anda dapat mengkonsultasikaannya terlebih dahulu dengan tim kami, disini.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.