Sistem Pendidikan di China, Seberapa Ketatnya Dengan Indonesia?

Sistem Pendidikan di China, Seberapa Ketatnya Dengan Indonesia?

Negara China merupakan negara dengan peringkat nomor satu di dunia sebagai negara yang memiliki populasi paling banyak. Oleh karena itu, karena memiliki populasi paling banyak sehingga menjadikan China sebagai salah satu negara yang ikut menyumbang banyak tingkat Pendidikan dunia. Sistem Pendidikan di China memiliki perbedaan dengan sistem Pendidikan di dunia, terlebih lagi sistem Pendidikan mereka sekarang sudah menyesuaikan standar kurikulum internasional.

sistem pendidikan di China

Via flickr.com

Banyak pelajar hingga mahasiswa dunia tertarik untuk belajar di China karena teknologinya yang sudah maju. Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai sistem Pendidikan yang ada di China, mengingat hal ini perlu anda ketahui sebelum anda memutuskan untuk melanjutkan studi ke negara tersebut.

SEJARAH PENDIDIKAN di CHINA

Pendidikan di China memiliki sejarah yang panjang jauh sebelum ditemukannya sekolah dan universitas seperti sekarang ini. sistem Pendidikan di China pada saat itu masih bergaya kekaisaran dimana rakyat nya pada saat itu dilatih untuk menjadi pegawai negeri.

Pada tahun 2000 SM, Pendidikan di China telah berkembang menjadi ke tingkat atau Lembaga yang secara khusus didirikan untuk tujuan pembelajaran. Pada tahun 800 SM, sekolah di China terdiri dari Guoxue (sekolah pemerintahan) dan Xiangxue (sekolah lokal).

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, Pendidikan di China pada saat itu masih bersifat tradisional dimana rakyat dilatih untuk menjadi pegawa negeri atau yang dikenal dengan istilah Keju pada dinasti Tang.

Dalam sejarah mengatakan bahwa Pendidikan di China pada saat itu hanya berlaku bagi orang kaya atau bangsawan saja. Karena pada saat itu Pendidikan masih dianggap sulit, sehingga pada zaman itu banyak sekali rakyat China yang buta huruf.

Hingga pada 1901 dan 1905 pendidikan di China akhirnya mengalami serangkaian perubahan. Dimana dikeluarkannya peraturan baru mengenai Pendidikan oleh pengadilan Qing. Peraturan yang dibuat pengadilan Qing mencakup sekolah-sekolah yang ada di China seperti tingkat SD, SMP, hingga SMA dan juga perguruan tinggi.

Pada tahun 1905, sistem ujian Keju kemudian dihapuskan dan tahun tersebut juga menjadi tanda berakhirnya Pendidikan tradisional yang ada di China yang semula hanya fokus pada pegawa negeri saja. Hingga saat ini sistem Pendidikan di China terus mengalami perkembangan dengan didukunng oleh antusias peserta didik dalam mengejar Pendidikan.

SISTEM PENDIDIKAN DI CHINA

KURIKULUM PENDIDIKAN DI CHINA

Kurikulum yang menjadi standar di China untuk sekolah dasar adalah terdapat sejumlah penambahan mata pelajaran seperti sejarahm biologi, geografi, fisika dan kimia. Pelajaran bahasa asing untuk SMP di China biasanya diajarkan bahasa Inggris, meskipun terkadang sekolah juga memberikan pelajaran bahasa Rusia atau Jepang. Tidak ada ujian yang diadakan untuk tingkat SMP.

WAKTU DAN JAM SEKOLAH DI CHINA

Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari open.edu mengenai waktu dan jam sekolah yang ada di China adalah sebagian besar jam pelajaran dimulai pagi hari yaitu pada pukul 07:30 pagi hingga jam pelajaran selesai pada sore hari atau sekitar 18:00. Istirahat dan makan siang biasanya diberikan waktu sekitar 2 jam.

Kelas tambahan juga menjadi hal yang umum di China. Sekolah malam di China dilakukan sepulang sekolah atau sekitar pukul 19:00-21:00 yang dimana siswa diberi kesempatan untuk melakukan pekerjaan rumah dan persiapan ujian akhir di Sekolah.

Kelas tambahan ini bersifat tidak wajib, namun jika ada siswa yang tidak mengikuti kelas tambahan pada malak hari, siswa tetap harus mengerjakan pekerjaan rumah mereka. Rata-rata siswa sekolah dasar menghabiskan waktu sekitar 8 jam di sekolah sedangan untuk siswa menengah menghabiskan waktu 12 hingga 14 jam di sekolah.

JENJANG PENDIDIKAN

Di China, Pendidikan dibagi kedalam tiga kategori yang terdiri dari Pendidikan dasar (SD), Pendidikan tinggi (SMP-SMA) dan juga perguruan tinggi. Sama halnya dengan di Indonesia, sistem Pendidikan di China umumnya setiap anak diharuskan mengambil Sembilan tahun wajib belajar dimana enam tahun pertama untuk sekolah dasar dan tiga tahun selanjutnya adalah Pendidikan menengah.

Berikut merupakan tingkat Pendidikan di China yang perlu anda ketahui :

  1. Pendidikan Pra-SD di China

Umumnya, sebelum anak memasuki jenjang sekolah dasar, terlebih dahulu akan dimasukan ke Pendidikan pra-SD yang tersedia untuk anak-anak usia 2 tahun ke atas. Pendidikan di jenjang ini bertujuan untuk Pendidikan usia dini dan juga sebagai program pengasuhan anak.

  1. Pendidikan SD di China

Pada usia 6-7 tahun anak sudah mulai masuk Pendidikan dasar. Dalam sistem belajarnya, secara keseluruhan anak-anak sekolah dasar di China diajarkan matematika dan pelajaran bahasa China yang wajib diikuti oleh para murid.

Beberapa sekolah di China sekarang ini sudah mulai mengajarkan bahasa asing untuk jenjang sekolah  dasar yang didalamnya terdapat kegiatan ekstrakulikuler. Para orang tua di China sangat antusias sehingga banyak dari mereka memasukan anak-anaknya dalam kegiatan di luar jam sekolah tersebut.

Pendidikan dasar di China biasanya lebih muda yaitu sekitar usia 5 tahun mereka sudah mulai bersekolah. Namun berbeda halnya dengan di kota besar yang menjadi kota Pendidikan di China seperti Beijing atau Shanghai, dimana anak masuk sekolah ketika sudah mencapai umur 6 hingga 7 tahun.

  1. Pendidikan SMP di China

Sama seperti halnya dengan di Indonesia, Pendidikan menengah pertama di China juga wajib diikuti selama kurang lebih tiga tahun. Setelah menyelesaikan sekolah menengah pertama, siswa kemudian memilih apakah mereka ingin melanjutkan ke tingkat SMA umum, kejuruan atau professional atau bahkan tidak melanjutkan sekolah.

  1. Pendidikan SMA di China

Menurut informasi dari wenr.wes.org mengenai Pendidikan SMA di China, SMA di China mengalami peningkatan sekitar 60% yang terjadi pada tahun 2017. Untuk masuk ke jenjang Pendidikan SMA, sebelumnya para siswa diwajibkan lulus ujian masuk yang disebut dengan Zhongkao yang diadakan setiap akhir kelulusan SMP.

Ujian yang diberikan merupakan ujian tertulis berupa pengetahuan umum yang dipelajari selama SMP dengan mencakup mata pelajaran bahasa China, matematika,  bahasa asing, Pendidikan politik, fisika dan kimia.

Ujian Zhongkao merupakan tolak ukur Pendidikan dalam sistem Pendidikan di China. Bagi mereka yang memiliki nilai rendah biasanya akan dimasukan ke sekolah kejuruan atau SMK. Setelah diterima biasanya siswa harus memilih jurusan umum yang ada di SMA seperti sains, sosial atau seni ketika mereka kelas 11.

Sistem penilaian di China meggunakan skala penilaian dengan skor nilai 0-100 dengan syarat wajib mata pelajaran bahasa China, matematika dan bahasa Inggris harus lulus.

Berikut merupakan skor yang harus dicapai oleh siswa di China jika ingin lulus nilai ujian sekolah :

100-85 (A) = Luar Biasa

84-75 (B) = Baik

74-61 C = Nilai Rata-Rata

60 (D) = Lulus

59 (F) = Gagal

GAOKAO : UJIAN KELULUSAN SMA TERBERAT DI CHINA!

Selain memiliki jam sekolah yang panjang dan lama, di China juga memiliki ujian kelulusan yang bisa dibilang sangat sulit untuk dilewati! Tujuan dari ujian gaokao ini antara lain adalah untuk mempersiapkan para siswa yang berada di jenjang SMA untuk selanjutnya masuk ke perguruan tinggi.

Karena China memiliki populasi yang banyak sehingga hal ini lah yang membuat persaingan untuk masuk ke perguruan tinggi sangat ketat sebab perguruan tinggi di China membatasi jumlah pelamar. Ujian gaokao diadakan selama 9 jam yang ditempuh dalam kurun waktu 3 hari dimana hanya 40% siswa saja yang dapat lulus.

Ada banyak sekali sekolah hingga perguruan tinggi di China yang memiliki akreditasi baik. Tidak ada salahnya jika anda mencoba peruntungan ke luar negeri untuk menggapai cita-cita anda, namun sebelum memiliki plan ke negara tujuan anda, ada baiknya untuk melihat tips-tips masuk Universitas dengan jurusan pilihan anda agar anda dapat mengetahui hal apa sajakah yang menjadi syarat untuk dapat masuk dan diterima di Universitas tersebut.

Kami Mediamaz Translation Service siap membantu anda dalam mengurus berbagai macam Legalisasi dokumen bahasa asing hingga paspor untuk anda yang ingin berbisnis atau studi Pendidikan ke luar negeri, kami juga tentunya membantu anda terkait legalisir ijazah untuk keperluan Pendidikan anda sehingga anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan jasa legalisasi segala jenis dokumen kepada kami.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.