Sistem Perkuliahan S2 di Jepang | Mediamaz Translation Service

Sistem Perkuliahan S2 di Jepang | Mediamaz Translation Service

Sistem Perkuliahan S2 di Jepang | Mediamaz Translation Service

Jepang merupakan salah satu negara di dunia yang maju baik dari segi teknologi, ekonomi industri, bahkan dalam segi pendidikan. Selain merupakan negara yang menjunjung tinggi nilai norma dan budaya, Jepang juga mengutamakan kebutuhan pendidikan bagi masyarakatnya. Hal tersebut dapat dilihat dari bagaimana mereka menanamkan sikap sopan santun, rajin dan pantang menyerah kepada anak-anak semenjak usia dini. Kali ini, Meddy akan membahas mengenai sistem perkuliahan S2 di Jepang, yuk di simak.

Studi Internasional di Jepang

Semenjak tahun 2020 negara yang dijuluki negeri sakura ini telah membuka studi internasional untuk lebih dari 130.000 mahasiswa asing. Seiring berjalannya waktu pemerintah jepang berniat untuk terus menambahkan jumlah mahasiswa asing sekitar dua kali lipat dari yang sebelumnya. Perlu diketahui bahwa di Jepang terdapat  618 perguruan tinggi dengan program sarjana dan terbagi menjadi tiga kategori yaitu: 86 perguruan tinggi nasional, 75 perguruan tinggi negeri ditetapkan oleh entitas lokal, dan 457 perguruan tinggi swasta.

Maka bukan hal yang aneh apabila Jepang disebut sebagai negara dengan pendidikan terbaik di dunia yang telah banyak melahirkan individu kualitas unggul dan mampu bersaing dalam memberikan prestasi serta berkontribusi untuk meningkatkan ekonomi negara. Bagi kalian khususnya yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan S2 ke jepang, adakalanya untuk mengenali terlebih dahulu bagaimana sistem kuliah disana. Berikut adalah hal yang perlu kalian ketahui.

 

Biaya di Jepang

Berbicara mengenai biaya, perlu diketahui bahwa biaya kuliah di Jepang jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan negara besar lainnya seperti Amerika dan Inggris. Di Jepang sendiri besaran biaya kuliah yang dibutuhkan tergantung program studi dan universitas yang kamu pilih. Untuk universitas negeri dan nasional biaya yang dibutuhkan biasanya sekitar ¥540,000 per tahun dan ¥280,000 untuk pendaftaran sarjana dan pascasarjana.

Sementara untuk universitas swasta secara umum membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan  yang negeri atau nasional. Biaya yang dibutuhkan yaitu berkisar antara ¥875,000 hingga ¥3,700,000, dengan biaya pendaftaran ¥235,000 hingga ¥1,300,000 untuk program sarjana. Namun untuk program studi pasca sarjana lebih murah yaitu berkisar antara ¥515,000 hingga ¥1,250,000 per tahun, dengan biaya pendaftaran ¥190,000 hingga ¥225,000. Selain biaya kuliah yang telah disebutkan, ada baiknya kita juga menyiapkan dan mengantisipasi biaya-biaya lainnya.

Fokus Kuliah

Hampir kita semua ketahui bahwa sistem pendidikan S1 dan S2 itu berbeda. Apabila dilihat dari aspek lingkup pengetahuan, mahasiswa S1 akan memiliki lingkup pengetahuan yang lebih umum, sedangkan mahasiswa S2 akan fokus pada penelitian dan menemukan pengetahuan baru yang lebih spesifik dalam skala nasional. Lama waktu pendidikan S2 di Jepang berlangsung selama 2 tahun.

Selain itu, yang unik di sini adalah sebelum masuk ke jenjang S2 kita harus terlebih dahulu mencari atau mendapatkan pembimbing untuk mendapatkan persetujuan lebih lanjut. Jika tidak, kita tidak bisa mendapatkan posisi dalam program studi yang kita inginkan.

Peluang Kerja

Berdasarkan informasi yang didapat berdasarkan minat perusahaan di Jepang, tingkatan jenjang atau sistem perkuliahan S2 di Jepang memberikan pengaruh yang sangat signifikan pada ketertarikan perusahaan dalam merekrut karyawan atau pekerja. Sebagai contoh, peluang kerja untuk staf R&D pada suatu perusahaan dikhususkan bagi lulusan S2 dan S3. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa jenjang S2 & S3 akan lebih memiliki peluang kerja yang lebih baik dibandingkan jenjang sarjana/S1.

Mediamaz Translation Service

Nah sobat meddy, bagi kalian yang berminat untuk melanjutkan jenjang studi S2 ke Jepang, jangan lupa perhatikan ketentuan dan persyaratannya. Perlu diingat bahwa segala dokumen diharuskan menggunakan bahasa internasional atau negara kampus yang dituju (Inggris/Jepang). Meddy menyediakan jasa layanan penerjemah tersumpah dan terpercaya siap membantu anda dalam melengkapi dokumen yang diperlukan. Tidak perlu khawatir! konsultasikan kebutuhan lainnya kapan pun di mana pun dan layanan kami siap 24 jam untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.