Penuh dengan Cerita Sejarah, Ini Dia Situs Bersejarah Perang Dunia

Penuh dengan Cerita Sejarah, Ini Dia Situs Bersejarah Perang Dunia

Hal-Hal yang Berkaitan dengan Perang Dunia I dan II, Sejarah, Penyebab, Serta Situs Bersejarah

Perang dunia memang masih menjadi perbincangan yang sangat menarik bagi sebagian orang. Terlebih lagi bagi para penyuka sejarah yang masih mengulik dengan detail dan jelas tentang bagaimana perang dunia terjadi dan apa dampaknya bagi dunia di zaman sekarang. Pada dasarnya, perang dunia I dimulai tidak lama setelah peristiwa pembunuhan Archduke Austria. Selain dari faktor pembunuhan tersebut, ternyata masih banyak sekali faktor yang mempengaruhi terjadinya perang dunia pertama dan akan Mediamaz jelaskan di bawah ini.

woman in black long sleeve shirt sitting on floor

Pic by Unsplash

Penyebab Terjadinya Perang Dunia I

Perang Dunia I terjadi pada 28 Juli 1914 sampai 11 November 1918. Seperti yang dikutip dari Alfi Arifian dalam bukunya yang berjudul Sejarah Lengkap Perang Dunia I. Setiap peristiwa pasti ada faktor pemicunya. Tidak berbeda dengan peristiwa The Great War (Perang Besar) atau yang biasa kita kenal sebagai World War I atau Perang Dunia Pertama. Dikatakan seperti itu, karena perang ini menghabiskan seluruh sumber daya yang ada. Perang ini terjadi dengan taruhan siapapun pihak yang kalah akan bertanggung jawab atas segala kerugian dalam bentuk apapun. Sementara pihak yang menang dapat mengakuisisi wilayah pihak yang kalah. Berikut ini ada beberapa faktor yang memicu terjadinya perang dunia pertama:

1. Bangsa Eropa yang Ingin Memperluas Wilayah Kekuasaan

Pada tahun 1900-an, banyak negara Eropa yang berbentuk kerajaan. Ini menjadikan kerajaan-kerajaan tersebut menjadi kerajaan yang memiliki kekuasaan yang kuat serta kepemilikan wilayah yang luas. Sebelum terjadinya Perang Dunia I, kerajaan Inggris dan Perancis adalah kerajaan yang memiliki kekuasaan terkuat saat itu dan menguasai India, Vietnam, dan Afrika Utara serta Barat. Perang Dunia I terjadi karena pada saat itu kerajaan Inggris dan Perancis melakukan ekspansi wilayah kekuasaan yang menggebu-gebu. Ini menjadikan negara-negara Eropa lain memiliki kekhawatiran satu dengan yang lainnya.

Kekhawatiran tersebut terjadi karena apabila suatu negara yang menjadi target ekspansi dan telah ditaklukan harus tunduk dan diperintah oleh negara yang menaklukannya. Pada saat itu banyak sekali negara kolonial yang diekspolitasi oleh negara induknya. Sehingga, rasa ketidakpuasan dan kebencian menjadi hal yang sudah biasa.

Ketika kegiatan ekspansi wilayah Inggris dan Perancis berlangsung, ketegangan antara banyak negara Eropa seperti Jerman, Austria Hongaria, serta Kekaisaran Ottoman meningkat dan akibatnya membentuk dua kubu yang berlawanan antara Kekuatan Sekutu (Inggris-Perancis) dan Blok Sentral (Jerman, Austria-Hongaria, dan Kekaisaran Ottoman) dan kubu ini berlangsung selama Perang Dunia I.

2. Pembunuhan Franz Ferdinand

Faktor kedua pemicu terjadinya Perang Dunia Pertama adalah peristiwa pembunuhan Franz Ferdinand. Archduke Franz Ferdinand dari Austria dibunuh oleh Gavrilo Princip karena pada saat itu, Ferdinand terpilih sebagai pewaris takhta Kekaisaran Austria-Hongaria. Saat Franz Ferdinand tengah bepergian ke Sarajevo menggunakan mobil terbuka, Princip menembak Ferdinand serta istrinya yang bernama Sophie.

Setelah kasus pembunuhan tersebut, akhirnya Austria-Hongaria mengeluarkan ultimatum kepada Serbia dan ditolak. Ini menyebabkan Austria-Hongaria menyatakan perang kepada Serbia yang didukung oleh Jerman. Lalu, Rusia-pun datang ke pertahanan Serbi. Oleh sebab itu, kedua kubu tersebut akhirnya melakukan perang.

3. Konflik Aliansi

Sebelum terjadinya Perang Dunia 1, negara-negara Eropa sudah memiliki aliansi masing-masing yang meliputi Aliansi Serbia; Prancis dan Rusia; Jerman, Italia dan Austria-Hongaria; Inggris, Prancis dan Belgia; Prancis, Inggris dan Rusia; dan Jepang dan Inggris. Aliansi-aliansi yang tersebut sebelumnya berada di tempat yang kuat. Aliansi ini memiliki perjanjian bahwa akan selalu mendukung jika negara-negara itu pecah ataupun ada kekuatan besar yang akan menghancurkan.

Jerman yang mengetahui bahwa aliansi antara Perancis, Inggris, dan Rusia adalah aliansi yang bergesekan dengan kuat dan merasa bahwa aliansi tersebut adalah sebuah ancaman besar bagi Jerman entah dari kekuatan maupun keberadaannya. Ketika ketegangan dan kekhawatiran tersebut terus berlanjut, negara-negara yang telah masuk ke dalam aliansi malah masuk ke dalam negara-negara lain yang telah menyatakan perang. Karena konflik atas aliansi ini, menjadikan pembentukan dua kubu yang disebut sebagai Sekutu dan Blok Sentral.

Pada awal perang dunia, negara Amerika dan Italia masuk ke kubu Sekutu yang terdiri dari Rusia, Prancis, dan Inggris Raya. Sementara itu, Blok Sentral terdiri dari Jerman, Austria-Hongaria, Kekaisaran Ottoman, dan Bulgaria.

Penyebab Terjadinya Perang Dunia II

World War II atau Perang Dunia 2 adalah sebuah peristiwa bersejarah yang terjadi pada tahun 1939 sampai dengan 1945. Perang ini terjadi akibat adanya konflik ideologi antara negara-negara Eropa, Timur Tengah, Amerika, dan Asia. Akibat Perang Dunia II, kedudukan politik, sosial, ekonomi, serta budaya menjadi tidak stabil. Peristiwa perang ini terjadi dengan tujuan ekspansi wilayah kekuasaan di beberapa negara. Setelah mengetahui beberapa penyebab terjadinya Perang Dunia Pertama, kamu pasti ingin mengetahui apakah penyebab terjadinya Perang Dunia Kedua, yuk baca sama-sama!

1. Adanya Politik Aliansi

Hampir sama seperti salah satu penyebab terjadinya Perang Dunia I, Perang Dunia II juga memiliki penyebab politik aliansi. Ini dikarenakan masih tersisanya kekhawatiran antara banyak negara akan terjadinya perang besar. Sehingga membuat negara-negara tersebut mencari dan bergabung dengan aliansi dan melahirkan dua blok besar.

2. Jerman Menyerbu Kota Danzig

Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya Perang Dunia 2 adalah karena Jerman menyerang Kota Danzid, Polandia pada 1 September 1939 dan Polandia adalah salah satu negara yang LBB (Liga Bangsa-Bangsa) awasi. Pasukan Jerman yang saat itu dipimpin oleh Adolf Hitler dan Hitler menuntut Danzig karena masyarakat yang tinggal di sana adalah bangsa Jerman namun dibantah oleh Polandia.

3. Negara Pendukung LBB Menyatakan Perang Terhadap Jerman

Pada September tahun 1939, negara-negara yang mendukung LBB terutama Inggris dan Perancis mengumumkan perang terhadap Jerman, dan kemudia perang tersebut diikuti oleh sekutu-sekutunya. Perang ini terjadi karena berkaitan dengan penyerangan yang terjadi di Danzig, Polandia. Karena sebagaimana yang telah disebutkan di atas, bahwa Polandia adalah salah satu negara yang berada di abwah pengawasan LBB. Sehingga, para pendukung LBB yang mengetahui penyerbuan Jerman terhadap salah satu kota di Polandia tersebut menyatakan perang untuk membela Danzig.

Situs Bersejarah Perang Dunia

Setelah berakhirnya Perang Dunia II, tentunya banyak sekali situs-situs bersejarah bekas peperangan tersebut. Ini menjadikan banyak sekali turis-turis yang tertarik untuk berkunjung ke situs bersejarah peninggalan Perang Dunia. Berikut ini Mediamaz akan menyebutkan situs-situs bersejarah yang mungkin kamu tertarik untuk berkunjung ke sana.

Baca Juga: Tempat Wisata yang Berlokasi di Pulau Okinawa, Jepang

1. Oświęcim (Owicim), Polandia

perang dunia

Pic by Wikipedia

Owicim adalah sebuah kota yang terletak di Negara Polandia. Kota ini disebut-sebut sebagai situs perang dunia paling penting di dunia. Owicim dulunya adalah markas konsenstrasi Nazi. Setelah sekian lama perang dunia selesai, tempat ini dijadikan sebagai monumen serta museum yang bertujuan untuk menghormati para korban. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang ingin berjalan-jalan serta belajar lebih dalam tentang sejarah perang dunia.

2. Pearl Harbor, Hawaii

Pic by Wikipedia

Situs bersejarah yang bertempat di Hawaii, Amerika Serikat dulunya adalah tempat Jepang menjatuhkan bom. Alasan inilah yang menjadikan Amerika bergabung dengan sekutu dalam Perang Dunia II. Serangan bom yang Jepang lakukan memakan cukup banyak korban jiwa. Korbannya adalah tentara, perawat hingga keluarga mereka yang tinggal di sana. Sekarang, Pearl Harbor menjadi tempat untuk penghromatan bagi para korban yang tewas akibat serangan bom. Jika kamu berminat untuk datang ke Pearl Harbor, kamu bisa menaiki perahu dan kamu juga akan menemukan tempat peperangan paling bersejarah di dunia.

3. Monumen Vel D’Hiv, Perancis

perang dunia

Pic by Wikipedia

Bangunan ini berada tidak terlalu jauh dari Menara Eiffel. Monumen ini adalah minumen bersejarah karena pada tahun 1942, Nazi merebut Kota Paris dan menangkap semua orang Yahudi yang berada di kota tersebut. Kejadian tersebut terkenal sebagai Operation Spring Breeze dan motif utama di balik peristiwa ini adalah untuk membasmi orang-orang Yahudi sepenuhnya dari Perancis. Seperti kedua situs bersejarah perang dunia di atas, monumen ini juga dibangun sebagai bentuk penghormatan bagi para korban.

Tertarik untuk Mengunjungi Salah Satu Situs Bersejarah Perang Dunia di Atas? Terjemahin Dulu Dokumennya di Mediamaz Translation Services!

Setelah melihat 3 daftar situs bersejarah peninggalan World War I dan II, mungkin ada dari kalian yang ingin sekali mengunjungi tempat-tempat bersejarah tersebut. Selain jalan-jalan, manfaat mengunjungi situs sejarah juga bisa membuat kamu memperluas pengetahuan dalam bidang sejarah. Lantas, apa hubungannya dengan penerjemahan dan mengunjungi situs bersejarah? Tentu ada, dong!

Untuk bisa mengunjungi situs tersebut, kamu memang memerlukan biaya dan tentunya dokumen yang telah diterjemahkan. Dokumen seperti passport, KTP, dan berkas-berkas lainnya yang telah diterjemahkan berguna untuk proses administrasi. Karena berkas-berkas dan dokumen tersebut berguna agar kamu tidak menjadi turis ilegal di negara asing dan berfungsi sebagai identitas selama di negara orang.

Mediamaz bisa membantu kamu agar kamu bisa cepat berangkat ke situs bersejarah perang dunia yang kamu inginkan, ataupun negara lainnya. Mediamaz menyediakan beberapa layanan jasa, sebagai berikut:

Baca Juga: Dokumen Penting untuk Daftar Beasiswa

1. Penerjemah Tersumpah

Mediamaz menawarkan pelayanan jasa penerjemah tersumpah dan jasa ini sangat cocok bagi kamu yang akan menerjemahkan dokumen resmi yang didasari oleh kekuatan hukum, seperti:

  • Passport
  • Kartu Keluarga
  • Sertifikat
  • Dan lain sebagainya

2. Penerjemah Non-Tersumpah

Selain penerjemah tersumpah, Mediamaz juga menyediakan pelayanan penerjemah non-tersumpah. Kamu juga bisa menggunakan jasa ini untuk menerjemahkan beberapa dokumen atau paper, misalnya:

  • Jurnal
  • Novel
  • Buku
  • Dan lain-lain

3. Jasa Legalisasi

Tidak hanya jasa penerjemah, Mediamaz juga menyediakan jasa legalisasi yang bisa kamu gunakan untuk melegalisasikan dokumen, seperti dokumen:

  • Passport
  • KTP
  • Akta Kelahiran
  • Ijazah
  • Akta Kematian
  • Dan lainnya

Banyak sekali bukan pelayanan yang tersedia di Mediamaz? Tentunya, ini untuk membantu kamu agar bisa cepat terbang ke negara yang kamu inginkan. Tunggu apalagi? Segeralah serahkan dokumen serta berkas kamu ke Mediamaz Translation Services sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.