Set Skill yang dibutuhkan Saat Kerja Jadi Penerjemah Bahasa

Set Skill yang dibutuhkan Saat Kerja Jadi Penerjemah Bahasa

Kamu ingin bekerja secara online atau fleksibel dengan mendapatkan potensi range gaji yang tinggi? Atau kamu ingin mendapatkan pekerjaan yang dapat membawamu keluar negeri secara gratis tapi tetap mendapat bayaran tinggi? Kerja jadi penerjemah adalah solusinya! Dengan menjadi penerjemah, kamu bisa mendapatkan keduanya secara bersamaan. Profesi penerjemah bahasa merupakan salah satu karir yang akan selalu dibutuhkan hampir disegala bidang pekerjaan.

Bukan hanya pandai dalam menerjemahkan teks dari bahasa asal ke bahasa sasaran, seorang penerjemah juga harus menguasai kemampuan lainnya. Kemampuan tersebut terdiri dari memahami penulisan struktur kata yang benar, menggunakan kosa kata yang baik, mengetahui peristilahan yang ada, dan sebagainya. Tentunya hal ini juga harus sejalan dengan memahami dengan betul adat istiadat, budaya, dan kebiasaan yang ada dari setiap bahasa. Dengan begitu, hal ini akan memudahkanmu dalam menghasilkan

Yang tertarik yuk pelajari lebih dalam apa itu penerjemah bahasa.

kerja jadi penerjemah

Source: IStock

Baca juga: Saling Menerjemahkan Bahasa, Namun Inilah Perbedaan Translator dan Interpreter

Pengertian Profesi Penerjemah Bahasa

Penerjemah bahasa adalah salah satu dari profesi ahli bahasa. Menurut Roger Chriss, penerjemah bahasa atau translator adalah ahli bahasa yang professional dan termasuk kedalam ahli bahasa terapan, penulis kompeten, diplomat, dan cendekiawan. Dalam bidang ahli bahasa, penerjemah bahasa adalah orang yang mampu membedakan tone, dialek, serta terminologi dan bahasa sehari-hari.

Penerjemah bahasa memiliki desk job yang hampir sama dengan seorang penulis. Dimana mereka terbiasa bekerja berjam-jam dalam topik tertentu dan dengan bahasa yang mungkin hanya diketahui sebagian kecil masyarakat.

Di bidang diplomasi, penerjemah bahasa atau translator dalah orang yang berperan untuk menerjemahkan perbedaan bahasa, budaya, dan sosial antar kedua negara. Translator harus tahu hal-hal mendasar tentang klien yang dibantu terjemah bahasa. Jika ada istilah atau frasa tertentu yang tidak kamu mengerti, seorang penerjemah dapat bertanya langsung kepada kliennya.

Tidak hanya itu saja, penerjemah bahasa juga bisa mengubah kata-kata tertulis dari satu bahasa ke bahasa lain. Bukan hanya bahasa komunikasi antar negara, tetapi juga bahasa isyarat, maupun bahasa pemrograman komputer.

Set Skill untuk Menjadi Penerjemah Bahasa

Menjadi penerjemah bahasa kamu tidak hanya harus menguasai beberapa bahasa saja sebagai skill. Terdapat beberapa skill lainnya yang harus kamu kuasai agar hasil penerjemahan yang kamu hasilkan dapat sempurna.  Berikut set skill untuk menjadi penerjemah bahasa:

1. Mendengarkan (Listening)

Meskipun sering berbicara, tetapi salah satu skill penting translator adalah kemampuan mendengar yang sangat baik. Sebab sebelum menerjemahkan bahasa, ia tentu harus mendengarkan terlebih dulu apa kalimat atau pokok pembahasan yang akan sampaikan.

2. Menulis (Writing)

Selain menerjemahkan, menulis adalah skill yang harus kamu miliki. Kemampuan ini biasanya akan berguna ketika kamu mengerjakan terjemahan yang berupa dokumen, berkas, surat perjanjian, atau tulisan apapun ke bahasa sasaran.

3. Keahlian Menggunakan Komputer

Di era digital, hampir semua karier membutuhkan skill penguasaan komputer. Tak terkecuali, translator yang juga terkadang menguasai bahasa pemrograman komputer.

4. Public Speaking

Dalam menjalankan tugasnya, terkadang fungsi seorang penerjemah juga dibutuhkan untuk berbicara di depan umum. Meskipun tidak selalu dibutuhkan, namun namun tidak ada salahnya jika kamu melatih skill public speaking yang kamu miliki. Misalnya kemampuan ini akan berguna pada saat kamu menjadi penjembatan antara artis luar negeri saat mereka sedang melakukan jumpa fans, atau saat berada di acara kedutaan.

5. Jalani dengan Tekun dan Percaya Diri

Tidak ada pekerjaan yang mudah, semua pasti ada kesulitannya masing-masing. Begitu juga dengan penerjemah bahasa. Mampu membiasakan diri, terus meningkatkan diri dan time management yang baik, baik karir sebagai penerjemah bahasa atau karir lainnya pasti bisa membantumu untuk mendapatkan kesusksesan lebih cepat. Jadi jangan pernah berhenti untuk meningkatkan kemampuan diri yah!

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Jasa Translate Ijazah dan Cara Memilihnya

Ingin Menjadi Penerjemah Profesional? Yuk Ikuti Bootcamp Penerjemah di Mediamaz!

Banyak sekali keuntungan yang akan kamu dapatkan jika mengikuti bootcamp penerjemah online di Mediamaz! Karena bukan hanya sekedar materi, nantinya kamu akan terlibat pada projek klien secara langsung. Dengan demikian kamu akan mengetahui bagaimana alur seorang penerjemah dalam menjalankan tanggung jawabnya dengan baik.

Mediamaz memiliki prinsip bahwa kepuasan pelanggan adalah tujuan utama kami, sehingga Mediamaz akan memberikan pelayanan terbaik bagi kalian para calon translator yang akan belajar di bootcamp penerjemah Mediamaz. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi tim kami, atau cek di website resmi Mediamaz dan klik link di sini.

pelatihan untuk penerjemah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.