Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Cara Praktis Buat Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Inggris

Cara Praktis Buat Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Inggris

Melamar pekerjaan adalah langkah penting dalam mencari karier yang anda inginkan. Salah satu aspek yang tidak boleh anda anggap remeh dalam proses melamar pekerjaan adalah surat lamaran pekerjaan. Surat lamaran adalah dokumen yang memberikan kesan pertama kepada perusahaan yang anda lamar, dan hal ini sangat penting dalam menjadikan diri Anda sebagai kandidat yang menonjol.

Jika Anda sedang mencari pekerjaan internasional atau berusaha untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa kerja. Maka penting untuk memiliki surat lamaran dalam Bahasa Inggris yang baik. Beberapa tips berikut ini, mungkin akan membantu anda dalam mendapatkan pekerjaan impian anda.

Cara Menulis Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris

surat lamaran pekerjaan dalam bahasa inggris

Belum banyak yang menyadari bahwa menulis lamaran kerja dalam bahasa Inggris memiliki tantangan tersendiri. Kesalahan-kesalahan kecil yang tidak terdeteksi bisa berakibat pada penolakan dari perusahaan. Anda perlu memahami beberapa tips berikut demi kesempurnaan lamaran kerja yang ingin anda buat.

Bagian Pembuka Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris

Pada bagian pertama surat lamaran, tuliskan informasi pribadi Anda, termasuk nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat surel (email). Pastikan informasi ini ditulis dengan jelas dan akurat. Kesalahan dalam penulisan informasi pribadi anda bisa berdampak pada penolakan.

Kemudian, sebelum anda memulai isi surat lamaran, tambahkan informasi kontak perusahaan yang Anda lamar. Ini mencakup nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Pastikan Anda mencantumkan nama penerima lamaran jika Anda mengetahuinya. Jika tidak, Anda dapat menggunakan salam umum seperti “To Whom It May Concern.”

Penulisan alamat perusahan yang jelas akan berdampak pada pribadi anda sebelum memasuki tahapan selanjutnya. Penulisan ini memberikan kesan keseriusan anda terhadap perusahaan yang ingin anda lamar. Minat tinggi pada diri anda terbukti ketika anda melakukan riset tentang perusahaan yang ingin anda lamar tersebut.

Bagian Isi Surat Lamaran

Di awal surat, tuliskan salam pembuka yang sopan, seperti “Dear [Nama Penerima Lamaran],” atau jika Anda tidak mengetahui namanya, “Dear Hiring Manager,”. Selalu pastikan untuk mencantumkan titel atau gelar yang sesuai, misalnya “Mr.” atau “Ms.” Akan lebih baik jika pada bagian ini anda personalisasikan sesuai penerima lamaran kerja anda nantinya. Karena akan menimbulkan kesan bahwa anda baru menulisnya dan bukan mengandalkan template.

Kemudian pada bagian paragraf pembuka surat lamaran, Anda harus memberikan informasi tentang pekerjaan yang Anda lamar, serta sumber informasi tentang lowongan pekerjaan tersebut. Jelaskan dengan singkat mengapa Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Setelahnya kita akan memasukin bagian inti dari surat lamaran kerja dalam bahasa inggris. Pada bagian ini adalah inti dari surat lamaran Anda. Jelaskan mengapa Anda adalah kandidat yang cocok untuk posisi yang Anda lamar. Sebutkan pengalaman, keterampilan, dan prestasi Anda yang relevan dengan pekerjaan tersebut.

Berikan contoh konkret tentang bagaimana Anda dapat berkontribusi pada perusahaan. Banyak perusahaan yang menilai dampak yang pernah anda berikan pada pekerjaan sebelumnya. Sehingga perusahaan akan mempertimbangkan anda dengan serius. Apakah anda adalah kandidat yang tepat untuk mengisi posisi yang kosong di perusahan atau tidak.

Bagian Penutup Surat Lamaran

Pada paragraf penutup, ungkapkan keinginan Anda untuk diberi kesempatan wawancara. Sampaikan rasa terima kasih atas perhatiannya terhadap lamaran Anda dan tunjukkan antusiasme Anda untuk bergabung dengan perusahaan. Tutup surat dengan kalimat penutup yang sopan, seperti “Sincerely,” atau “Yours faithfully,” dan tanda tangan di bawahnya jika Anda mencetak surat lamaran Anda.

Jika anda kebingungan dengan format penulisannya seperti apa, anda bisa mengakses link berikut: https://bit.ly/ContohSuratLamaranKerjaTS

Yang harus Anda Lakukan Setelah Menulis Surat Lamaran

Persiapkan diri anda untuk tahap wawancara kerja

Selamat! Sekarang anda telah memiliki surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris. Perjuangan anda untuk mendapatkan kerja tidak berhenti disini. Masih ada tahapan yang lain sebelum anda mengirimkan surat lamaran anda tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang harus anda lakukan.

1. Perhatikan Penulisan dan Informasi yang Anda Berikan

Saat ini, kejujuran adalah komoditas yang cukup mahal dan jarang ditemukan. Sebelum anda mengirimkan surat lamaran anda, ada baiknya untuk mengkoreksi kembali penulisan dan informasi yang anda berikan. Jangan sampai ada kesalahan dalam penulisan lamaran kerja atau typo. Karena akan mempengaruhi proses recruitmen yang akan anda jalani.

Anda juga harus memastikan bahwa informasi yang anda berikan dalam surat lamaran benar adanya. Karena hal tersebut menjadi standarisasi bagi anda jika lolos dalam sesi interview. Misalnya ketika anda menuliskan mampu membuat Bussines Model Canvas (BMC) dalam surat lamaran kerja. Namun ketika anda diminta untuk memberikan analogi bagaimana pembuatan BMC dan point penting apa saja yang harus ada. Anda malah kebingungan. Jika kondisi tersebut sampai terjadi, maka sudah dipastikan anda tidak akan di recrut oleh perusahaan.

2. Mempersiapkan Diri untuk Proses Wawancara

Setelah anda memastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan dan informasi, anda bisa mulai mempersiapkan diri untuk tahapan wawancara. Meskipun belum tahu anda lolos atau tidak, namun tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri bukan? Dengan mempersiapkan diri sedini mungkin, memungkinkan anda bisa menjawab segala pertanyaan saat wawancara nanti.

Dengan begitu, anda bisa memaksimalkan kesempatan yang telah diberikan. Karena untuk bisa sampai pada tahapan wawancara bukanlah hal yang mudah. Sehingga tidak ada penyesalan nantinya jika anda gagal dalam tahapan wawancara ini. Apabila terjadi kegagalan, bisa anda jadikan sebagai pembelajaran. Sehingga kedepannya anda terus berkembang dan menjadi lebih baik. Dan memiliki value yang tinggi bagi perusahaan anda kelak.

Itulah Cara Praktis membuat Surat Lamaran dalam Bahasa Inggris

Bagaimana? Mudah bukan. Yang terpenting dalam pembuatan surat lamaran adalah kebenaran informasi yang anda cantumkan dan pastikan tidak ada kesalahan penulisan. Untuk meminamilisir kesalahan penulisan, anda bisa menggunakan berbagai macam tools gratis di internet. Salah satu yang paling direkomendasikan adalah Grammarly. Namun anda juga memiliki pilihan yang lain, sesuai dengan preferensi anda sendiri.

Jika anda memiliki cara yang lain, anda bisa beritahu kami. Dengan informasi yang anda berikan akan menambahkan value bagi orang banyak. Sebab saat ini, banyak orang yang membutuhkan pekerjaan dan harus memenangkan persaingan. Oleh sebab itu, informasi anda yang anda berikan sangat berharga!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *