Surat Referensi Beasiswa, Begini Cara Membuat Isinya!

Surat Referensi Beasiswa, Begini Cara Membuat Isinya!

Surat Referensi Beasiswa, Begini Cara Membuat Isinya!

Dalam suatu proses pendaftaran pada program beasiswa, surat rekomendasi merupakan salah satu syarat dokumen yang penting untuk dipenuhi. Bagi Anda yang kali pertama mendaftar beasiswa ke luar negeri, mungkin akan bertanya-tanya apa itu surat rekomendasi (letter of recommendation) dan bagaimana cara membuatnya. Secara umum, surat rekomendasi berisikan tentang kualifikasi yang Anda miliki, dan bagaimana penilaian si pemberi referensi pada kualifikasi yang kamu miliki. Sebelum membuat surat rekomendasi, sebaiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu tips dan trik dalam membuat surat referensi beasiswa yang baik dan benar. 

 

Tips 1: Personal Advantage

Tips atau cara yang Pertama, yaitu personal advantage atau keunggulan pribadi.  Dalam membuat surat referensi, setidaknya Anda harus mengenal kemampuan diri sendiri. Selain menonjolkan kemampuan kamu dalam hal akademik maupun non-akademik, dalam bagian kualifikasi ini kamu juga bisa menonjolkan kemampuan pribadi kamu yang menjadi keunggulan apabila dibandingkan dengan yang lain. Kamu juga bisa mendeskripsikan sebesar dan sejauh mana keinginan atau motivasi yang dimiliki untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

 

Tip 2: Experience and Results

Tips kedua, yaitu experience and results atau pengalaman dan hasil akademik. Tidak semua informasi tentang diri kamu dapat dicantumkan dalam surat referensi. Maka dari itu, kamu bisa melampirkan hasil penilaian yang dimiliki atas pengalaman dalam kegiatan organisasi, ekstrakurikuler, atau proyek-proyek yang telah kamu laksanakan. Mengapa demikian, karena dengan melampirkan pengalaman dan hasil nilai atas pengalaman tersebut dapat memberikan nilai lebih dan penunjang yang bisa di pertimbangkan.

 

Tips 3: Good Relationship

Selanjutnya, good relationship atau hubungan yang baik. Maksud dari hubungan yang baik di sini adalah hubungan antara kamu dan pemberi referensi.  Ungkapan dari si pemberi referensi bahwa ia mengenal kamu dengan baik dilihat dari cara penyampaian mengenai deskripsi diri kamu.

Untuk itu, perlu dituliskan tentang sejak kapan pemberi referensi tersebut telah mengenal Anda dan sebagai apa. Misalnya sebagai dosen, mahasiswa, pembimbing, dan sebagainya.

 

Tips 4: Simple Writing

Tips keempat, yakni simple writing atau penulisan yang simple. Terkadang surat rekomendasi yang ditulis secara panjang lebar dan menghabiskan banyak kata belum tentu bernilai dan berpengaruh pada penilaian. Baiknya, penulisan pada surat referensi menggunakan 200 hingga 600 kata saja, namun dengan jumlah tersebut telah mencakup semuanya dengan jelas.

Bayangkan apabila pihak penyelenggara beasiswa harus menerima ribuan surat rekomendasi, dan surat yang Anda lampirkan berisikan dengan kata yang sangat panjang. Hal tersebut cenderung membuat tidak menarik dan bertele-tele dan berakibat pada penolakan beasiswa.

 

Tips 5: Interesting to Read

Tips yang terakhir, yaitu interesting to read atau menarik untuk dibaca. Surat referensi yang menarik atau eye-catching akan lebih menarik minat pembaca sehingga memungkinkan dapat memberikan Anda hasil penilaian yang jauh lebih proporsional. Surat yang ditulis secara eye-catching maksudnya adalah dapat menarik perhatian baik dari segi tampilan juga dari segi konten. Disarankan, surat rekomendasi jangan dituliskan lebih dari satu halaman. 

Ketika mendaftar beasiswa khususnya ke luar negeri, kalian diharuskan untuk membaca persyaratan dokumen secara cermat. Biasanya, kampus luar negeri meminta agar dokumen yang diminta ditulis dengan bahasa mereka. Namun, faktanya dokumen seperti ijazah asli dan transkrip nilai kita menggunakan bahasa Indonesia, sehingga kita disarankan untuk menggunakan layanan jasa penerjemah tersumpah. Lalu bagaimana solusi mengatasi hal tersebut? Berikut solusinya!

 

Mediamaz Translation Service

Demikian, informasi mengenai tips atau cara membuat surat referensi beasiswa yang bisa kamu jadikan acuan sahabat Meddy! Nah kalau sudah memiliki surat referensi, langkah selanjutnya jangan lupa untuk terjemahkan semua dokumen kamu. Tenang, kamu bisa menggunakan layanan jasa dari Meddy loh! Kamu tinggal konsultasikan saja kebutuhanmu dengan tim marketing kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.