Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Syarat dan Beasiswa Kuliah di Sejong University untuk Para Pelajar Internasional

Sejong University merupakan salah satu universitas swasta yang terletak di Neungdong-ro, Wangjin-gu, Seoul. Telah berdiri sejak Mei tahun 1940, universitas ini menempati peringkat ke-25 sebagai salah satu universitas terbaik di Korea Selatan. Banyak mencetak para alumni ternama, kampus satu ini masih menyimpan informasi menarik lain di baliknya.

Penasaran akan fakta menarik lain terkait dengan Sejong University? Yuk, simak artikel di bawah ini sampai selesai!

Sejong University

sumber: Sejong University

Sejong University

Sejong University merupakan universitas swasta tertua yang berada di Seoul, Korea Selatan. Pada awalnya, universitas ini bernama Kyung Sung Humanities Institute. Kemudian berganti nama menjadi Sejong University pada tahun 1978 untuk menghormati Raja Keempat Dinasti Joseon yaitu Raja Sejong.

Memiliki motto “Kreativitas, Aksi, Kebajikan, dan Pelayanan”. Universitas satu ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan pendidikan yang membangun para pelajar untuk memiliki pemikiran kreatif, berkarakter profesional, berkebudayaan, dan berdedikasi untuk membangun bangsa.

Demi mencapai tujuan tersebut tentunya Sejong University menyiapkan berbagai sarana kepada para mahasiswanya. Salah satu hal tersebut tentu adalah pengajaran bermutu dan kelengkapan yang diberikan. Di mana perguruan tinggi satu ini memiliki 6 fakultas di dalamnya yang bisa Anda pilih, yaitu  Fakultas Ilmu Liberal, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Administrasi Bisnis, Fakultas Perhotelan dan Pariwisata, Fakultas Teknik, dan Fakultas Seni dan Pendidikan Jasmani. Bahkan universitas satu ini juga menyediakan program sarjana, magister, dan doktor dalam beberapa bidang. Serta studi internasional juga tersedia di sini, sehingga universitas ini cocok untuk para pelajar asing yang ingin berkuliah di Korea.

Baca Juga: “10 Fakta Unik dan Destinasi Wisata Favorit di Kota New York

Mengapa Harus Memilih Sejong University?

Terdapat beberapa alasan mengapa Anda harus memilih Sejong University jika ingin berkuliah pada salah satu universitas di Korea. Berikut adalah alasan dibalik hal tersebut:

1. Memiliki kesempatan menempuh Dual Degree Program 

Sejong University memiliki kerja sama dengan universitas mitra di beberapa belahan dunia yaitu, San Diego State University, Shanghai Jiao Tong University, Yokohama National University dan beberapa universitas lain untuk Anda bisa melakukan program dual degree. Program satu ini tidak banyak diadakan oleh universitas yang ada di Korea Selatan, sehingga bagi Anda yang tertarik untuk mengambil program tersebut Sejong University bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. 

2. Seoul = Kota pelajar terbaik di dunia

Sejong University yang terletak di Seoul membuat tempat ini memiliki kelebihan tersendiri. Di mana Seoul menduduki peringkat ke-3 dunia sebagai kota ramah pelajar. Membuat Anda akan merasa aman serta nyaman berkuliah di daerah Seoul karena minimnya tingkat kriminalitas. Selain itu, sebagai ibu kota dari Korea Selatan banyak sekali hal yang bisa Anda explore di tempat ini. Sehingga pengalaman baru akan tercipta terutama bagi Anda yang merupakan pelajar internasional.

3. Harga terjangkau

Membandingkan dengan biaya kuliah di negara lain, berkuliah di Korea Selatan termasuk yang terjangkau baik itu dari biaya hidup maupun biaya pendidikannya. Di mana untuk biaya hidup sendiri apalagi jika berada di Kota Seoul, Anda hanya  perlu mengeluarkan kurang lebih 15 Juta per bulannya yang di mana hal ini merupakan terjangkau untuk biaya hidup di luar negeri saat sedang berkuliah. Selain itu, untuk biaya pendidikannya sendiri mereka tidak membedakan biaya untuk mahasiswa internasional. Sehingga membuat universitas Korea menjadi pilihan terbaik untuk Anda jika ingin berkuliah di luar negeri termasuk di Sejong University.

Baca Juga: “Jenewa: Wisata indah di Jenewa Swiss

Syarat Pendaftaran di Sejong University Korea

Bagi para pelajar Internasional yang tertarik untuk berkuliah di Sejong University berikut persyaratan yang harus Anda perhatikan lebih lanjut sebelum mendaftar. Di mana persyaratan masuk tersebut terbagi menjadi persyaratan umum serta khusus sebagai berikut:

Persyaratan Umum

1. Kemahiran berbahasa Inggris

Sejong University menerapkan beberapa standar penilaian untuk kemahiran berbahasa Inggris yang harus dimiliki oleh para pelajar Internasional. Berikut beberapa standar penilaian tersebut:

  • IELTS Akademik – Minimum nilai 5.5 dalam semua aspek (membaca, menulis, mendengar, dan berbicara)
  • TEPS – Minimum nilai 600
  • PTE Akademik – Nilai total 53
  • TOEFL IBT – Minimum nilai 80 
  • TOEFL PBT – Minimum nilai 550 
  • TOEFL CBT – Minimum nilai 210

2. Kemahiran berbahasa Korea

Kemahiran berbahasa Korea menjadi hal penting dan salah satu syarat umum untuk Anda berkuliah di Korea yang mana bahasa utama mereka bukanlah bahasa Inggris. Dalam hal ini, kategori penilaian bahasa Korea yang dibutuhkan oleh Anda agar dapat berkuliah di Sejong University sangat tergantung dengan jurusan yang akan Anda pilih. Berikut beberapa kategori penilaian bahasa Korea yang perlu Anda lewati jika ingin menempuh pendidikan di Universitas Sejong.

  • Level 2 – Jurusan Tari dan Musik
  • Level 3 – Jurusan Seni lain
  • Level 4 – Jurusan lainnya

Persyaratan Khusus

Setelah persyaratan umum, berikut persyaratan khusus yang Anda harus penuhi jika ingin berkuliah di Sejong University.

  1. Program Sarjana Lulus masa pendidikan formal setidaknya 12 tahun sebelum masa pendaftaran masuk di Sejong University, atau telah menyelesaikan seluruh program pendidikan tingkat menengah yang diakui oleh Kementerian Pendidikan Korea.

  2. Program PascasarjanaTelah bekerja atau berpenghasilan sebelum pendaftaran masuk dan merupakan lulusan program sarjana atau master dari masa perkuliah 4 tahun.

Baca Juga: Times Square: 4 Fakta Menarik dan Mengejutkan untuk Anda

Beasiswa Sejong University 

Sejong University menawarkan berbagai beasiswa bagi para mahasiswa Internasional yang ingin berkuliah di sana baik untuk sarjana dan juga pascasarjana. Penghargaan dan beasiswa ini biasa mencakup banyak hal namun bervariasi tergantung pada tahun, program, dan penghargaan itu sendiri. Berikut beberapa beasiswa yang Sejong University tawarkan untuk mahasiswa Internasional.

Program Undergraduate Scholarships

1. Sejong International Scholarship A (First Semester)

Beasiswa satu ini diberikan kepada siswa yang dapat memenuhi salah satu persyaratan umum bahasa yang telah ditentukan. Bagi jalur bahasa Inggris, persentase beasiswa yang akan Anda dapatkan tergantung dengan skor yang didapat.

  • Jumlah beasiswa untuk English Track: 20%, 30%, 50%, dan 80%
  • Jumlah beasiswa untuk Korean Track (TOPIK): 30%, 50%, 70%, dan 100

2. Sejong International Scholarship Outstanding Academic 

Beasiswa satu ini bisa didapat jika Anda terdaftar dan memiliki nilai akademik luar biasa dan merupakan siswa pindahan. Jumlah beasiswa yang bisa Anda dapatkan adalah sekitar 80% – 100%. 

Program Graduate Scholarship 

1. Research Scholarship 

Beasiswa ini diberikan kepada para pelajar yang direkomendasikan sebagai peneliti oleh seorang profesor. Di mana untuk hal ini, Anda bisa mendapatkan beasiswa sebesar 100% untuk biaya masuk dan biaya kuliah selama berkuliah di Sejong University.

2. Language Proficiency Scholarship 

Jika Anda memenuhi persyaratan umum akan bahasa, Anda akan diberi beasiswa sebesar 30% dari biaya kuliah. Persyaratan akan bahasa tersebut bisa Anda baca di atas.

Baca Juga: “Tembok Besar China, Wisata Ikonik China”

Siap untuk Kuliah di Sejong University?

Sebelum pendaftaran, pastikan terlebih dahulu bahwa dokumen persiapan Anda sudah lengkap. Jika saat mempersiapkan dokumen, banyak dokumen yang butuh untuk dilegalisasikan ke lembaga pemerintahan, Mediamaz Translation Service menjadi solusinya.

Mediamaz TS merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penerjemahan dan legalisasi dokumen dan masih banyak lainnya. Kami menjadi solusi tepat untuk Anda yang ingin bersekolah atau berkuliah di luar negeri karena mampu membantu melakukan penerjemahan  serta legalisasi dokumen tersebut. Sehingga Anda akan lebih mudah dalam melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.

Dengan menggunakan jasa Mediamaz, Anda tidak perlu khawatir akan hasil dari jasa penerjemahan serta legalisasi kami. Penerjemah kami adalah mereka yang profesional di bidangnya dan sudah memiliki sertifikasi. Sehingga tentu dokumen Anda akan aman dan biaya yang Anda keluarkan pun terjamin dengan baik. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi tim Mediamaz TS, atau cek di website resmi Mediamaz dan klik link di sini.

Baca Juga: “Yokohama Wisata Menarik di Jepang

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *