Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Mau Kerja di Jepang? Simak Beberapa Syarat Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Berangkat

Mau Kerja di Jepang? Simak Beberapa Syarat Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Berangkat

Syarat kerja di Jepang bagi sebagian orang terbilang sulit, namun sesulit apapun bisa bekerja di jepang juga menjadi dambaan banyak orang. Bukan tanpa alasan Negeri Sakura dikenal sebagai salah satu pusat perekonomian dunia dengan tingkat transaksi ekonomi dan kemakmuran yang tinggi.

Hal ini tentunya menjadikan Jepang sebagai negara incaran para pencari kerja di seluruh dunia. Indonesia sendiri diketahui telah mengirimkan sekitar 7.000 tenaga kerja ke Jepang pada tahun 2021, menurut data Bank Indonesia dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

Peluang bekerja di Jepang bagi Warga Negara Indonesia (WNI) masih terbuka. Perjanjian ini merupakan bagian dari perjanjian ekonomi bilateral antara Indonesia dan Jepang yang disebut Perjanjian Kemitraan Ekonomi Indonesia-Jepang (IJEPA). Lalu bagaimana cara mendaftar kerja di Jepang? Berikut penjelasan mengenai budaya kerja, persyaratan, dan cara melamar.

Budaya Kerja di Jepang 

Untuk bisa bekerja di Jepang, anda wajib tahu bagaimana budaya kerja di negeri matahari terbit ini. Semua orang pasti tahu kalau Jepang identik dengan etos kerja dan disiplin yang tinggi. Dalam dunia kerja, masyarakat Jepang tidak melakukan diskriminasi terhadap karyawan. Bahkan tenaga kerja asing pun tetap dituntut untuk bekerja keras dan meningkatkan kualitas kerjanya agar posisinya tidak dapat digantikan oleh orang lain.

Disiplin pun sama. Seluruh pekerja harus mengedepankan ketepatan waktu dan cara kerja yang efisien dan efektif. Dengan cara ini, mereka dapat fokus pada inovasi dan perbaikan.

Bisa dibilang budaya kerja yang agak ketat ini worth it. Di Jepang, pekerja biasanya dibayar per jam. Sebagai gambaran, pekerja di Kota Hyogo dibayar 899 yen (Rp 119.000) per jam, di Kota Kyoto 909 yen (Rp 120.000), di Osaka 964 yen (Rp 127.000). , di Kanagawa 1.011 yen (Rp 133.700), dan di Tokyo 1.013 yen (Rp 134.000). Sangat menarik, bukan?

syarat kerja di jepang

                          Source : NY Post

 

Syarat Kerja di Jepang

Jika anda  ingin bekerja di Jepang, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya adalah:

1. Bisa berbahasa Jepang

Walaupun tempat ini banyak menerima tenaga kerja asing dari seluruh dunia, namun kenyataannya hanya sedikit orang Jepang yang bisa berbahasa Inggris dengan baik. Mereka cenderung menggunakan bahasa Jepang untuk berkomunikasi dan bekerja. Oleh karena itu, pekerja asing juga harus fasih berbahasa Jepang.

Bahasa Jepang sendiri bisa dipelajari dengan banyak cara, seperti mengikuti kelas, menonton video pembelajaran, atau belajar di jurusan Bahasa Jepang. Kemudian, Anda harus mengikuti tes kemampuan bahasa Jepang resmi yang disebut Japanese Language Proficiency Test (JLPT).

Berbeda dengan TOEFL atau IELTS yang hanya memiliki satu tes, JLPT dibagi menjadi lima kategori. Setiap level tentunya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Level Ujian  JLPT :
1. N5: Memahami penggunaan dasar bahasa Jepang.
2. N4 : Memahami cara menggunakan bahasa Jepang dasar.
3. N3 : Memahami penggunaan bahasa Jepang sehari-hari sampai tingkat tertentu.
4. N2 : Memahami penggunaan bahasa Jepang sehari-hari dan dalam situasi tertentu.
5. N1: Memahami cara menggunakan bahasa Jepang dalam berbagai situasi kontekstual.

Untuk dapat bekerja di Jepang, Anda harus memiliki level minimal N4. Namun, akan lebih baik jika Anda mahir berbahasa Jepang pada level N2 dan N1.

2. Tingkat Pendidikan

Tidak ada tingkat pendidikan minimum untuk bekerja di Jepang. Namun tingkat pendidikan dapat menentukan jenis pekerjaan yang akan dilakukan. Misalnya, lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat akan mengisi posisi yang tidak memerlukan pendidikan khusus, seperti pelayan restoran atau pekerja perkebunan.

Sedangkan yang memiliki Sertifikat Keahlian Khusus atau Sarjana (S1) dapat bekerja sebagai tenaga profesional di suatu industri, seperti software engineer, programmer, mekanik, peneliti, dan lain-lain.

3. Pemeriksaan kesehatan

Dalam menyeleksi calon pekerja, Jepang sangat sensitif terhadap masalah kesehatan fisik dan mental. Oleh karena itu, siapapun yang ingin bekerja di Jepang harus melengkapi lamaran dengan pemeriksaan kesehatan akhir.

Cara melamar kerja di Jepang

ada dua cara untuk anda bisa bekerja di Jepang, salah satunya adalah:

1. Program Pemerintah

Dengan adanya perjanjian IJEPA, Indonesia mempunyai peluang untuk mengirimkan tenaga kerjanya ke Jepang setiap tahunnya. Stafnya mencakup para profesional dan peserta magang yang dapat mengikuti sekolah menengah atas/sederajat dan lulusan baru.

Cara mengikuti program magang adalah dengan menghubungi layanan ketenagakerjaan setempat dan melengkapi prosedur administrasi. Peraturan administratif meliputi:
1. Usia antara 18 dan 26 tahun.
2. Memiliki minimal ijazah SMA/sederajat.
3. Memiliki berat badan seimbang.
4. Memiliki tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 150 cm untuk wanita.
5. Tidak bertato, tidak melakukan tindik telinga bagian luar, tidak memiliki gangguan penglihatan

2. Jalan Pribadi

Selain mengikuti program pemerintah, mereka yang mencari lapangan kerja di Jepang juga dapat memperoleh dukungan dari Perusahaan Pengenalan Tenaga Kerja Indonesia (P3MI) di Jepang.

P3MI menjadi jembatan antara pencari kerja di Indonesia dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Tak hanya menjadi jembatan, fasilitas swasta ini juga memfasilitasi pelatihan untuk mempersiapkan pekerja masa depan.

Sayangnya, anda harus membayar biaya untuk menggunakan layanan P3MI. Nominalnya pun beragam, mulai dari beberapa juta hingga puluhan juta rupiah. Semoga informasi tentang syarat kerja di jepang dapat membantu anda yang ingin bekerja di Jepang!

Apa yang Dapat Kami Bantu?

Jasa Penerjemah Tersumpah

 

Bagi Anda yang ingin bekerja di Jepang.Tentu ada hal-hal yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu. Seperti paspor dan juga visa yang merupakan syarat utama perjalanan Anda ke Jepang. 

Mediamaz TS selaku perusahaan penerjemah, siap membantu Anda dalam hal legalisasi dokumen yang wajib ada agar dapat mengunjungi Jepang. Tidak perlu khawatir akan hasil legalisasi dokumen dari kami, karena layanan kami sudah bersertifikat dengan mendapatkan SK Gubernur dan Kemenkumham. Sehingga menjamin bahwa layanan yang kami beri bersifat resmi. 

Sehingga tunggu apalagi? Segera lakukan legalisasi dokumen perjalanan Anda kepada kami agar bisa segera mengunjungi Jepang. Anda dapat mengunjungi layanan kami di sini untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *