Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

8 Fakta Unik dan Tempat Terbaik Untuk Menikmati Bunga Sakura Jepang

bunga sakura jepang

Foto: Pinterest

Musim semi di Jepang tidak hanya menandai awal tahun akademik dan kegiatan bisnis baru, tetapi juga waktu untuk merayakan keindahan bunga sakura yang mekar di seluruh negeri. Setiap tahunnya, orang-orang berkumpul di taman dan tempat-tempat indah lainnya untuk mengagumi keindahan bunga sakura yang memikat hati. Namun, keindahan bunga sakura tidak hanya sekedar menarik perhatian dan menimbulkan kekaguman semata. Ada makna budaya yang mendalam yang terkait dengan bunga ini, dan dalam artikel ini kita akan mengeksplorasi lebih jauh tentang makna dan nilai-nilai budaya yang diwakili oleh bunga ini di Jepang.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Wisata Jepang yang Indah

Pengertian dari Bunga Sakura

Bunga sakura merupakan jenis bunga yang tumbuh dari pohon sakura atau cherry blossom tree, yang sangat populer di Jepang dan beberapa negara Asia lainnya. Tanaman ini memiliki ciri khas kelopak bunga yang lebar dengan warna yang cerah, biasanya berwarna merah muda, putih atau merah. Bunga ini mekar secara bersamaan dalam waktu yang singkat setiap tahunnya di musim semi, biasanya pada bulan Maret hingga April. Keindahan bunga sakura yang memikat hati dan keunikan budaya yang terkait dengannya telah membuatnya menjadi simbol penting dalam budaya Jepang dan juga menjadi daya tarik wisata yang sangat populer.

Baca Juga: Informasi Mengenai Biaya Hidup di Jepang per Bulan

Makna Bunga Sakura bagi Masyarakat Jepang

Di Jepang, keindahan bunga ini sangat dihargai dan dianggap sebagai simbol awal musim semi dan kehidupan yang baru. Bunga sakura memiliki makna budaya yang penting bagi masyarakat Jepang, karena keindahan dan keseimbangan yang terkandung di dalamnya. Karena bunga sakura mekar hanya dalam waktu yang singkat setiap tahunnya, maka orang Jepang menganggapnya sebagai simbol dari keindahan yang tidak bertahan lama dan keseimbangan antara keindahan dan kehidupan yang singkat. Bunga sakura juga sering dikaitkan dengan konsep mono no aware, yaitu suatu kesadaran bahwa segala sesuatu dalam hidup adalah sementara dan akan hilang pada akhirnya, dan rasa bersyukur atas keindahan dan kenikmatan dalam hidup.

Baca Juga: 7 Baju Tradisional Jepang yang Paling Terkenal

8 Fakta Menarik Tentang Bunga Sakura Jepang

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang bunga sakura Jepang:

1. Tidak hanya di Jepang, tetapi bunga sakura juga populer di negara-negara Asia lainnya seperti Korea, China, dan Taiwan.

2. Ada lebih dari 200 jenis pohon sakura yang berbeda di Jepang, dengan berbagai warna dan bentuk kelopak bunga.

3. Bunga ini biasanya mekar selama 7-10 hari setiap tahunnya, tetapi kondisi cuaca seperti hujan atau angin kencang dapat membuat bunga sakura layu lebih cepat.

4. Bunga sakura dipercaya berasal dari Himalaya dan kemudian menyebar ke Jepang dan negara-negara Asia lainnya.

5. Orang Jepang menyebut musim sakura sebagai “hanami”, yang berarti melihat bunga. Tradisi hanami sering melibatkan berkumpul dengan teman dan keluarga di bawah pohon sakura sambil menikmati makanan dan minuman.

6. Di Jepang, ada festival bunga sakura yang disebut “sakura matsuri” yang diadakan di berbagai tempat di seluruh negeri selama musim sakura.

7. Bunga sakura menjadi simbol penting dalam seni dan budaya Jepang, dan sering digunakan dalam seni tradisional seperti lukisan, kain tenun, dan ukiran kayu.

8. Bunga sakura juga menjadi simbol perdamaian dan persatuan, dan pohon sakura sering ditanam di seluruh dunia sebagai tanda persahabatan antara negara-negara. Salah satu contohnya adalah Taman Persahabatan Jepang-Amerika di Washington D.C., AS.

Itulah beberapa fakta menarik tentang bunga sakura yang dapat menambah wawasan tentang keindahan dan makna budaya yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga: 5 Seragam Sekolah Jepang yang Sering Muncul di Anime

8 Tempat Terbaik untuk Menikmati Bunga Sakura Jepang

Berikut adalah 8 tempat terbaik untuk melihat bunga sakura di Jepang:

1. Taman Ueno, Tokyo

bunga sakura jepang

Foto: Pinterest

Taman terbesar di Tokyo yang terkenal dengan keindahan bunga sakura yang mekar di sekitar danau.

2. Kastil Himeji, Hyogo

kastil himeji

Foto: Tripadvisor

Kastil abad ke-17 dengan latar belakang pegunungan yang indah, menjadi tempat yang ideal untuk menikmati keindahan bunga sakura.

3. Kuil Daigo-ji, Kyoto

Kuil Daigo-ji

Foto: Darumanihongokoshu

Salah satu tempat terbaik di Kyoto untuk melihat bunga sakura dengan latar belakang pemandangan kota Kyoto yang indah.

4. Taman Kenrokuen, Kanazawa

bunga sakura jepang

Foto: Info Jepang

Taman tradisional yang terkenal dengan keindahan pohon sakura yang berusia ratusan tahun.

5. Sungai Meguro, Tokyo

bunga sakura jepang

Foto: Info Jepang

Area yang ramai dikunjungi pada musim sakura karena keindahan bunga sakura yang mekar di sepanjang tepian sungai.

6. Gunung Yoshino, Nara

bunga sakura jepang

Foto: Pinterest

Tempat yang ideal untuk melihat bunga sakura di dataran tinggi, dengan keindahan pemandangan Gunung Yoshino yang menakjubkan.

7. Taman Maruyama, Kyoto

Taman Maruyama

Foto: Pinterest

Taman yang populer untuk melihat bunga sakura di Kyoto, dengan pohon sakura yang besar dan beberapa festival yang menarik.

8. Taman Takato Joshi, Nagano

Taman Takato Joshi

Foto: Pinterest

Taman yang terkenal dengan keindahan bunga sakura yang mekar di dataran tinggi dengan latar belakang pegunungan dan danau yang indah.

Itulah 8 tempat terbaik untuk melihat bunga ini di Jepang yang dapat menjadi pilihan untuk para wisatawan yang ingin menikmati keindahan tersebut di musim semi.

Namun, perlu diingat bahwa tanggal mekarnya bunga ini setiap tahunnya dapat berbeda-beda dan tergantung pada kondisi cuaca.  Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa jadwal mekar bunga sakura di masing-masing tempat sebelum melakukan perjalanan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Anime Jepang Terbaik dan Terpopuler

Anda Ingin Melihat Bunga Sakura Secara Langsung?

Bagi setiap orang di dunia ini terkadang membutuhkan waktu untuk rehat sejenak dari aktivitas sehari-hari. Dan dalam waktu liburan setiap orang mempunyai destinasi wisata yang berbeda-beda, salah satunya adalah berlibur ke Jepang. Bagi Anda yang ingin berlibur ke Jepang dan sengaja memiliki tujuan untuk menikmati keindahan dari Bunga Sakura sangat disarankan untuk berlibur saat Jepang memasuki musim semi antara bulan Maret-April.

Namun, perlu diingat untuk Anda dan sekeluarga dapat mengunjungi Jepang. Harus mempersiapkan beberapa hal salah satunya adalah mempersiapkan dokumen perizinan berlibur di Jepang seperti Visa dan Paspor. Karena kalau tanpa dua dokumen tersebut Anda dan sekeluarga tidak memiliki izin untuk dapat pergi keluar negeri dalam hal ini yaitu negara Jepang.

Tetapi tidak perlu khawatir, kami memiliki solusi untuk Anda dan sekeluarga agar tetap dapat pergi berlibur ke Jepang dengan resmi dan legal. Kebetulan kami memiliki layanan legalisasi dokumen, yang dimana pada layanan tersebut kami bisa memperpanjang atau membuat Visa dan Paspor untuk Anda dan sekeluarga.

Layanan kami tentunya sudah berizin dari Kementerian dan Kedutaan asing di Indonesia. Jadi tunggu apalagi! Segera daftarkan dokumen Anda kepada kami melalui website kami di sini dan juga dapat menghubungi layanan kami melalui nomor telepon sebagai berikut 021 55787254.

Baca Juga: Kerja di Jepang: Syarat, Gaji, dan Caranya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Whatsapp 24 Jam