Wajib Banget Dikunjungi! Ini 10 Tempat Wisata Populer Jepang

Bukan hanya menjadi negara maju di Asia, Jepang juga merupakan salah satu negara paling maju di dunia. Jepang sangat terkenal dengan kemajuan teknologi dan pendidikannya. Tetapi selain itu, Negeri Matahari Terbit ini juga sangat terkenal karena memiliki banyak tempat wisata populer di Jepang.

Mempunyai banyak hal unik di negaranya, Jepang telah lama menarik perhatian masyarakat di dunia. Mulai dari kecanggihan teknologi yang terus berkembang, budaya etis, hingga jagat hiburannya seperti anime. Hal seperti inilah yang membuat banyak turis di berbagai belahan dunia ingin mengunjungi Jepang.

Selanjutnya, kehidupan di Jepang saat ini sangatlah kontras tetapi harmonis. Dalam artian dengan terus berkembang pesatnya kemajuan teknologi yang modern, tradisi lama di Jepang masihlah berlangsung tak lekang oleh perubahan zaman.

Maka dari itu, yuk simak ulasan berikut agar Anda bisa mengetahui lebih banyak tentang tempat wisata di Jepang. Karena banyak diantaranya adalah tempat wisata yang unik karena sejarahnya dan keindahan yang meliputinya.

Inilah 15 tempat wisata di Jepang yang jadi favorit turis!

tempat-wisata-di-jepang

Tempat Wisata Bersejarah di Jepang

1. Kuil Itsukushima

kuil-itsukushima-tempat-wisata-jepang

Lokasi: Miyajima, Hiroshima, Jepang.

Hari Operasional: Setiap hari

Jam Operasional: 06.30 – 18.00

Harga Tiket: 150 yen – 500 yen

Melakukan renovasi besar-besaran pada tahun 2019, kuil Itsukushima sudah boleh kembali dikunjungi oleh wisatawan. Terletak di teluk pulau Miyajima, Jepang, kuil Itsukushima adalah salah satu warisan dunia yang terdaftar di UNESCO World Heritage Site.

Konon katanya, Kuil Itsukushima adalah bangunan untuk mendedikasikan anak perempuan dari putri dewa angin Susanoo. Selanjutnya, yang terkenal dari kuil Itsukushima adalah gerbang O-Torii yang terapung. Gerbang O-Torii ini terkenal sebagai gerbang tradisional Jepang untuk pintu masuk ke kuil Shinto, dimana secara simbolis menandai transisi ke dunia suci.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke kuil Itsukushima, mereka bisa menikmati keindahan bangunan kuil khususnya gerbang magis O-Torii. Tetapi selain itu juga, pengunjung bisa menikmati keindahan lainnya seperti Honden (aula utama), Heiden (aula persembahan), Haiden (aula do’a), dan Senjokaku (aula seribu tikar).

Adapun rekomendasi waktu terbaik untuk mengunjungi kuil Itsukushima adalah pada siang hari. Sehingga nantinya pengunjung bisa menyaksikan kuil pada saat pasang naik maupun surut.

BACA JUGA: Punya Festival Seru Setiap Musim, Lihat Rekomendasi Festival Populer di Jepang

2. Bangunan Bersejarah di Kota Kuno Nara

bangunan-bersejarah-di-kota-kuno-nara-jepang

Lokasi: Prefektur Nara, Kansai, Jepang

Status: Tutup sementara karena renovasi

Harga Tiket: 700 yen – 2.500 yen

Pada tahun 2008, pemerintah Jepang pertama kali membuka situs bangunan bersejarah di kota kuno. Pemerintah bermaksud untuk melestarikan dan memanfaatkan situs istana Nara sebagai aset bersejarah negara dan memperkenalkan warisan budaya Jepang.

Tempat wisata ini selanjutnya juga terkenal dengan Historic Monuments of Ancient Nara. Menurut informasi, untuk saat ini situs Nara belum kembali menerima kedatangan wisatawan karena masih dalam tahap renovasi pengembangan fasilitas.

Menjadi tempat wisata di Jepang yang wajib dikunjungi, para turis bisa menikmati keindahan suasana Jepang kuno di istana Nara. Selain itu, para turis juga bisa menikmati keindahan banyak bangunan bersejarah dan artefak Buddhis Jepang kuno di sekitar kota Nara seperti 7 kuil di kota kuno Nara.

3. Istana Osaka

istana-osaka-tempat-wisata-jepang

Lokasi: Osaka, Jepang.

Hari Operasional: Setiap hari

Jam Operasional: 09.00 – 17.00

Harga Tiket: Gratis

Terletak di sebelah barat Osaka, para wisatawan bisa mengunjungi istana Osaka secara gratis. Tetapi, pengunjung hanya membutuhkan tiket jika ingin memasuki menara utama, museum istana Osaka, dan taman Nishinomaru.

Terdaftar sebagai situs warisan dunia UNESCO, istana Osaka adalah landmark paling terkenal di Jepang. Bangunan di kota Osaka ini terkenal bersejarah karena memainkan peran utama dalam penyatuan Jepang selama abad ke-16 periode Azuchi-Momoyama.

Bagi para turis yang mengunjungi istana Osaka biasanya menikmati keindahan bangunan dan keindahan alam sekitar di lokasi yang cantik. Kemudian jika ingin lebih banyak melihat artefak peninggalan istana seperti samurai kaisar, para turis biasanya mengunjungi museum istana Osaka.

Adapun untuk bisa menikmati keindahan istana Osaka di waktu terbaik, rekomendasi waktu untuk mengunjunginya adalah pada musim gugur dan musim semi Jepang.

4. Kuil Atsuta

kuil-atsuta-tempat-wisata-jepang

Lokasi: Prefektur Aichi, Nagoya, Jepang.

Hari Operasional: Setiap hari

Jam Operasional: 24 jam

Harga Tiket: Gratis

Kuil Atsuta terkenal sebagai kuil Shinto paling penting di Jepang. Berdiri indah di taman hutan Selatan Nagoya, kuil Atsuta adalah rumah dari pedang suci Kusanagi-no-Tsurugi legendaris dari tiga kerajaan Jepang.

Pemerintahan Kaisar Keik (71-130) pertama membangun kuil 1.900 tahun yang lalu. Lalu kemudian pada periode Meiji,  kuil direnovasi menggunakan gaya arsitektur murni Jepang shinmei-zukuri.

Saat mengunjungi kuil Atsuta, para wisatawan biasanya mengunjungi situs untuk melihat-lihat keindahan bangunan bersejarah kuno Jepang. Tetapi selain itu juga, para wisatawan biasanya mengunjungi kedai mi kishimen versi kuil Atsuta. Adapun, mi kishimen adalah salah satu makanan khas lokal Nagoya.

5. Kastil Fukuoka

kastil-fukuoka-tempat-wisata-jepang

Lokasi: Chūō-ku, Fukuoka, Jepang.

Hari Operasional: Setiap hari

Jam Operasional: 09.00 – 17.00

Harga Tiket: 220 yen – 250 yen

Pada awal abad ke-17, Kuroda Nagamasa pertama membangun kastil Fukuoka untuk mendukung Tokugawa Ieyasu di perang Sekigahara. Di dalam situs bersejarah ini, beberapa gerbang kastil dan menaranya dikenal sebagai yagura.

Pemerintah Jepang kemudian meletakkan artefak bersejarah tersebut di dalam taman dan ditandai sebagai warisan penting yang harus dijaga. Yang menarik dari kastil Fukuoka adalah terdapat beberapa gerbang dan menara penjaga yang tersebar di seluruh halaman kastil.

Bagi turis yang ingin mengunjungi kastil Fukuoka, waktu terbaiknya direkomendasikan antara akhir Maret dan awal April. Karena pada saat itu, taman Maizuru mempersembahkan pemandangan terbaik dari bunga sakura.

Tempat Wisata Belanja di Jepang

1. Shinjuku

shinjuku-tempat-wisata-jepang

Menurut Guinness Book of World Records, Shinjuku adalah stasiun tersibuk di dunia. Terkenal sebagai tempat perbelanjaan populer di jepang, para wisatawan yang mengunjungi Shinjuku akan dengan mudah menemukan deretan butik dan gerai di sepanjang jalan.

Akses menuju gerai-gerai tersebut pun bisa dilalui dengan mudah dari bawah tanah ketika cuaca tidak begitu mendukung. Adapun, barang yang dijual sangatlah beragam. Mulai dari merek mewah hingga pusat perbelanjaan untuk anak muda, semua tersedia di pusat perbelanjaan Shinjuku.

Selanjutnya, berikut adalah rekomendasi tempat perbelanjaan di Shinjuku:

  • Isetan, untuk membeli barang merek mewah;
  • Takashimaya, untuk mencari produk fashion kelas atas;
  • Keio Department Store, untuk berburu produk fashion dan suvenir unik;
  • Lumine EST, untuk tempat berbelanja anak muda;
  • OIOI, untuk membeli fashion trendi dengan harga terjangkau.

2. Ikebukuro

ikebukuro-tempat-wisata-jepang

Ikebukuro menjadi tempat menarik untuk dikunjungi para turis karena menawarkan tempat wisata unik di Jepang. Seperti spot ramen terbaik, tempat populer toko fashion, hingga kafe hewan.

Di Ikebukuro, wisatawan yang datang bisa menikmati waktu belanja terbaik. Karena mereka bisa membeli pakaian berkualitas tinggi dan trendi dengan harga terjangkau. Selain itu juga, Ikebukuro juga terkenal sebagai area berbelanja produk elektronik terbaik di Jepang.

Adapun, gunakan rekomendasi tempat perbelanjaan di Ikebukuro berikut:

  • Yamada Denki LABI, toko ritel elektronik yang menawarkan harga terjangkau;
  • BIC CAMERA, untuk membeli produk PC terbaik dan periferal;
  • Seibu Ikebukuro, untuk mencari produk fashion ternama;
  • Sunshine City, sebagai tempat belanja fashion anak muda.

BACA JUGA: Wajib Datang Ke Sini! Ini 5 Tempat Wisata Populer di China

3. Ginza

ginza-tempat-wisata-jepang

Sangat populer di kalangan turis dan masyarakat lokal, Ginza adalah tempat perbelanjaan terkenal di Jepang. Awal mula nama Ginza adalah dari nama sebuah organisasi yang pendirinya adalah Keshogunan Edo. Selanjutnya, organisasi yang berurusan dengan perdagangan dan industri dagang itu disebut “za” (serikat dagang).

Berikut adalah rekomendasi tempat wisata di Ginza, Jepang:

  • Ginza Wako, untuk memberi merek mewah;
  •  Matsuya Ginza, department store untuk membeli produk ternama;
  • Tokyu Plaza Ginza, pilihan terbaik untuk belanja fashion kelas menengah;
  • Don Quijote, toko yang menawarkan banyak diskon untuk berbagai macam produk;
  • The Ginza, tempat perbelanjaan, makan, dan hiburan kelas atas.

4. Shibuya

shibuya-tempat-wisata-jepang

Shibuya adalah tempat wisata belanja turis terkenal di Jepang selanjutnya. Bersamaan dengan Harajuku, Shibuya juga telah lama menjadi rumah dan pusat tren bagi budaya pop dan budaya kawaii.

Adapun, untuk rekomendasi tempat wisata belanja di Shibuya diantaranya adalah:

  • Centre Gay, shopping street terbaik karena banyak toko ritel ternama;
  • Shibuya 109, pusat perbelanjaan para remaja untuk produk trendi;
  • Department Store Hikarie, tempat perbelanjaan mewah di Shibuya.

5. Akihabara

akihabara-tempat-wisata-jepang

Akihabara merupakan kawasan perbelanjaan di Tokyo yang sangat terkenal dengan banyaknya toko elektronik. Untuk menuju Akihabara, para wisatawan bisa mengakses layanan transportasi dari stasiun Tokyo dan Ginza.

Toko-toko di Akihabara mayoritasnya menjual suku cadang peralatan elektronik, gadget, komputer, game, ponsel, hingga DVD. Di kawasan ini, pengunjung akan bisa menemukan banyak barang langka dari game, manga, anime, dan lain sebagainya.

Untuk bisa lebih leluasa dan tepat dalam memilih toko, ini daftar rekomendasinya:

  • Yodobashi-Akiba, untuk mendapatkan produk elektronik seperti PC, kamera, hingga buku, dan;
  • Mandarake, untuk mendapatkan produk anime dan manga yang langka.

Ingin Cepat Berangkat ke Jepang dan Mengunjungi Tempat Wisata Di Atas?

Segera siapkan visa dan paspor sesuai dengan kebutuhan perjalanan. Jika Anda membutuhkan jasa penerjemah dokumen ke dalam 12 bahasa asing, tim penerjemah tersumpah dari Mediamaz TS siap membantu.

Tidak perlu khawatir akan keabsahan hasil terjemahan yang akan sampai pada tangan Anda, karena tim penerjemah kami terdiri dari para profesional berpengalaman.

Selain itu juga semua penerjemah tersumpah Mediamaz TS telah memiliki izin dari pemerintah negara dan kedutaan besar negara asing, sehingga dokumen hasil terjemahan nantinya akan dapat diakui secara hukum.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan terkait jasa penerjemah tersumpah kami, maka segera hubungi kami dan dapatkan juga paket potongan harga khusus sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *