Wajib Datang Ke Sini! Ini 5 Tempat Wisata Populer di China

Melakukan perjalanan lintas negara selalu menjadi hal yang mengasyikkan, terutama saat melakukan wisata ke negara yang kaya akan budaya peninggalan sejarah seperti China. Karena selain bisa menikmati langsung suasana bermasyarakatnya, Anda pun berkesempatan untuk menikmati keindahan budaya dan sejarah pada setiap sudut kota.

Saat membahas tempat wisata terbaik di China, apa yang pertama kali terlintas di benak Anda? Wisata tembok besar China? Ya, tentu tembok besar China termasuk salah satunya. Tetapi apakah masih ada tempat populer lain yang wajib dikunjungi oleh wisatawan asing saat mengunjungi China? Jawabannya sangatlah banyak!

Jika Anda adalah seseorang yang sedang mencari rekomendasi tempat wisata bersejarah di China, artikel ini adalah ulasan yang tepat. Karena rekomendasi berikut akan membahas secara rinci seputar destinasi wisata populer di China. Sehingga waktu bersama keluarga atau orang terkasih yang Anda habiskan nantinya bisa semakin berharga.

Yuk, simak 5 rekomendasi tempat wisata di China yang paling terkenal!

wisata-populer-di-china

Tempat Wisata Bersejarah di China

1. Palace Museum, The Forbidden City

palace-museum

Lokasi: Beijing, China

Hari Operasional: Selasa – Minggu

Jam Operasional: 8.30 – 17.00

Harga Tiket Masuk: 40 yuan – 60 yuan

Museum istana adalah tempat wisata bersejarah di China yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan asing. Dulunya, kaisar Yongle dari dinasti Ming mendirikan museum istana dari tahun 1406-1420 dengan tekad untuk memindahkan ibu kota dari Nanjing ke Beijing.

Selain banyak yang menyebut dengan nama museum istana, bangunan bersejarah ini juga mempunyai nama lain yaitu kota terlarang. Banyak yang menyebut demikian, alasannya adalah karena akses masuk ke dalam istana sangatlah terbatas.

Bangunan yang dulunya menjadi istana kekaisaran dinasti Ming (1368-1644) dan Qing (1644-1911) ini terkenal sebagai museum paling bergengsi di China. Karena di dalamnya menyimpan banyak mahakarya sejarah seperti koleksi besar lukisan, kaligrafi, keramik, dan barang antik lain peninggalan kekaisaran China.

Dilansir dari laman resmi museum istana, saat melakukan kunjungan wisata para turis dihimbau untuk menaati peraturan berikut:

  • Tidak merokok di dalam museum istana;
  • Dilarang menggaruk permukaan dan grafiti;
  • Tidak diperbolehkan membawa hewan peliharaan ke dalam kawasan museum istana.

Selain bisa menikmati situs bersejarah dari arsitektur bangunan, pengunjung museum istana juga bisa menikmati keindahan taman, pusat perbelanjaan, dan teater di sekitar situs.

BACA JUGA: Punya Festival Seru Setiap Musim, Lihat Rekomendasi Festival Populer di Jepang

2. The Terracotta Army

the-terracotta-army

Lokasi: Shaanxi, China

Hari Operasional: Setiap hari

Jam Operasional: 8.30 – 17.00

Harga Tiket Masuk: 150 yuan (untuk dewasa) dan 60 yuan (untuk anak-anak)

Tempat wisata the terracotta army atau pasukan terakota adalah destinasi wisata bersejarah paling terkenal di China. Karena bangunan ini menyimpan lebih dari 8.000 patung tembikar tentara terakota dan kuda di dalam lubang seluas 22.790 meter persegi. Selain itu juga lubang ini menyimpan lebih 10.000 senjata perunggu peninggalan kekaisaran China.

Sejarah penemuan lokasi bersejarah ini berawal pada tahun 1974 saat Yang Zhifa, seorang petani lokal sedang menggali tanah untuk membangun sumur dan menemukan pecahan tembikar. Selanjutnya setelah Yang Zhifa dan sekumpulan petani lainnya melaporkan hasil temuannya, arkeolog Zhao Kangmin menyatakan bahwa itu adalah temuan bersejarah penting untuk Dinasti Qin.

Terkubur selama hampir lebih dari 2.000 tahun, seluruh patung tembikar pasukan terakota dibuat menghadap ke timur menuju musuh kaisar Qin (475-221 SM). Selain itu, fakta menarik lainnya adalah setiap figur patung tembikar memiliki postur, penampilan, dan gaya rambut yang berbeda.

Kemudian dari tahun 1979 hingga saat ini, situs sejarah pasukan terakota terbuka untuk publik dan wisatawan asing yang ingin melihat langsung peninggalan sejarah China. Adapun para pengunjung biasanya membutuhkan waktu selama 2-3 jam untuk mengamati patung pasukan terakota, sehingga rekomendasi waktu terbaik untuk mengunjungi situs adalah sebelum pukul 10.00 dan saat makan siang.

Karena situs bersejarah pasukan terakota berada pada lahan yang luas, Anda mungkin bisa menggunakan tips berikut:

  • Berjalan kaki hingga pintu masuk sekitar 15 menit, untuk menghindari antrian panjang untuk menaiki kereta golf;
  • Pembelian tiket masuk situs the terracotta army akan sepaket dengan tiket masuk Mausoleum Qin Shi Huang. Sehingga agar tidak melewatkan kunjungan, terdapat shuttle bis gratis untuk mengunjungi monumen makam kaisar pertama Tiongkok tersebut.

3. Tian Tan (Temple of Heaven)

tian-tan

Lokasi: Beijing, China

Hari Operasional: Setiap hari

Jam Operasional: 6.00 – 21.00

Harga Tiket Masuk: 25 yuan – 44 yuan

Tian tan atau kuil surga adalah wisata di Beijing China yang berupa tempat peribadatan bersejarah. Teknis pembangunan kuil surga mengikuti prinsip agama tradisional Tiongkok. Kaisar Yongle membangun kuil surga selama dinasti Ming sebagai tempat beribadah kaisar.

Kuil surga menjadi destinasi wisata populer yang sering dikunjungi oleh wisatawan karena terkenal dengan tata letak simbolis yang ketat, struktur yang aneh, dan dekorasi bangunan yang megah. Biasanya wisatawan yang berkunjung menikmati keindahan the echo wall (tembok gema) dan the triple sound stones (batu tiga suara) pada kuil.

Selanjutnya untuk bisa mengunjungi seluruh bagian kuil, pastikan membeli tiket masuk yang sudah termasuk akses ke taman dan aula kuil. Adapun kuil surga yang berfungsi sebagai tempat untuk menyembah langit dibagi kedalam 2 bagian. Altar bagian luar sebagai aula do’a untuk panen yang baik dan the echo wall pada altar dalam.

Sering menjadi destinasi para wisatawan, berikut beberapa tips saat mengunjungi kuil surga:

  • Siapkan buku panduan perjalanan atau menyewa pemandu wisata;
  • Pilih pintu masuk yang tepat dari 4 pilihan yang tersedia (timur, selatan, barat, dan utara);
  • Lakukan perjalanan ke seluruh bagian kuil agar mendapat pengalaman yang seru, seperti aula berdo’a (the hall of prayer), kubah kekaisaran kuil surga (the imperial vault of heaven), dan altar gundukan melingkar (circular mound altar);
  • Jangan lupa juga untuk mengunjungi hutan cemara di sekitar kuil yang berusia lebih dari 600 tahun.

4. Longmen Grottoes

longmen-grottoes

Lokasi: Luoyang, China

Hari Operasional: Sabtu – Minggu

Jam Operasional: 8.00 – 22.30

Harga Tiket Masuk: 45 yuan – 120 yuan

Longmen grottoes atau gua Longmen adalah satu dari lima tempat wisata gua paling terkenal di China. Gua Longmen menyimpan puluhan ribu patung Buddha Sakyamuni dan murid-muridnya. Patung tersebut merupakan mahakarya seni Buddha China terbaik yang pernah ada.

Mahakarya yang ada dalam gua Longmen adalah peninggalan dari Dinasti Wei dan Tang terakhir (316-907). Memiliki arti sebagai gerbang naga, para ahli memperkirakan bahwa gua Longmen telah ada selama 1400 tahun lamanya. Selanjutnya, fungsi dari gua ini adalah untuk mencatat silsilah leluhur, mewariskan agama Buddha, menegaskan kedaulatan, dan kekuasaan.

Di dalam gua longmen, terdapat sekitar 25% dari 100.000 patung yang tidak rusak. Sehingga turis yang mengunjungi situs wisata bersejarah China ini masih bisa menikmati keindahannya yang orisinil. Adapun, waktu terbaik untuk mengunjungi situs adalah di pagi hari. Banyak yang menyarankan hal ini karena saat matahari terbenam, patung-patung menjadi gelap.

BACA JUGA: Mengenal Ragam Budaya Jepang Yang Unik

5. Shaolin Temple

shaolin-temple

Lokasi: Dengfeng, China

Hari Operasional: Setiap hari

Jam Operasional: 8.00 – 17.30

Harga Tiket Masuk: 110 yuan

Kuil Shaolin terkenal sebagai tempat kelahiran seni bela diri China dan aliran Zen. Selanjutnya, kuil Shaolin juga menjadi tempat untuk mempelajari sejarah seni bela diri kungfu dan bagaimana aliran Zen menyebar ke China.

Struktur bangunan kuil Shaolin terdiri dari beberapa bangunan dan halaman. Bangunan tersebut diantaranya adalah pusat pelatihan, aula pertunjukan, dan hutan pagoda.

Selanjutnya, kuil juga terbuka untuk pengunjung laki-laki maupun perempuan walaupun biksu yang mengajar adalah laki-laki. Kuil yang terletak di gunung Song ini menjadi tempat bagi para biksu untuk mengabdikan diri, melakukan penelitian, menciptakan, dan mengembangkan kungfu Shaolin.

Bagi para turis yang mengunjungi kuil dan ingin ikut mendapatkan pelajaran melatih bela diri kungfu, maka bisa mendaftar diri mengikuti pelatihan di kuil. Harga untuk mengikuti program pelatihan kungfu Shaolin pun beragam tergantung pada lama pelatihan yang akan berjalan.

Ingin Cepat Berangkat ke China dan Mengunjungi Tempat Wisata Di Atas?

Segera siapkan visa dan paspor sesuai dengan kebutuhan perjalanan. Jika Anda membutuhkan jasa penerjemah dokumen ke dalam 12 bahasa asing, tim penerjemah tersumpah dari Mediamaz TS siap membantu.

Tidak perlu khawatir akan keabsahan hasil terjemahan yang akan sampai pada tangan Anda, karena tim penerjemah kami terdiri dari para profesional berpengalaman.

Selain itu juga semua penerjemah tersumpah Mediamaz TS telah memiliki izin dari pemerintah negara dan kedutaan besar negara asing, sehingga dokumen hasil terjemahan nantinya akan dapat diakui secara hukum.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan terkait jasa penerjemah tersumpah kami, maka segera hubungi kami dan dapatkan juga paket potongan harga khusus sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *