Terbaru! 10 Stadion Terbesar Di Dunia Berdasarkan Kapasitas Penonton

Terbaru! 10 Stadion Terbesar Di Dunia Berdasarkan Kapasitas Penonton

Stadion terbesar di dunia ialah yang diukur berdasarkan jumlah kapasitas yang dapat memuat ribuan bahkan hingga ratusan ribu penonton. Semakin banyak jumlah penonton, maka semakin besar pula ukuran stadion tersebut. Lalu, Stadion manakah yang berhasil mendapat predikat stadion terbesar di dunia? Simak artikel selengkapnya di bawah ini!

stadion terbesar di dunia

source freepik

Apa Itu Stadion?

Stadion adalah sebuah bangunan yang umumnya sebagai tempat untuk menyelenggarkan acara olahraga. Yang mana di dalamnya terdapat lapangan serta tempat duduk penonton yang mengelilingi. Selain untuk menyelenggarakan acara olahraga, serta mendapat pemasukan tambahan, biasanya stadion juga dapat disewakan sebagai tempat penyelenggaraan acara lain. Banyak stadion modern di Indonesia bahkan di Dunia yang menjadikan stadion sebagai tur stadion, museum kesebelasan, atau acara konser musik, festival, bahkan resepsi pernikahan.

Melansir laman web sport.detik.com, sesuai standar yang telah FIFA tetapkan melalui “Football Stadiums: Technical recommendations and requirements”, ada standar tertentu dalam setiap pembangunan atau penyewaan stadion untuk dipakai dalam sebuah pertandingan sepakbola. Dengan jelas, FIFA menyarankan stadion untuk bisa mengadakan acara olahraga lain dan juga acara hiburan. Itu bertujuan untuk meningkatkan tingkat pemakaian dan juga keuangan bagi pihak menejemen (misalnya untuk parkir atau disewakan untuk acara lain). Hal tersebut juga berdasarkan dengan tujuan awal berdirinya stadion sebagai penyediaan lahan pekerjaan baru bagi masyarakat yang ada di sekitar. Sehingga semakin sering stadion mengadakan acara, maka semakin besar juga pemasukan untuk masyarakat dan juga peningkatan pemeliharaan stadion tersebut.

Sebagai fungsi utamanya adalah sebagai penyelenggaraan acara olahraga, terutama pertandingan sepak bola. Pasalnya karena sepak bola merupakan salah satu olahraga paling populer di dunia maka setiap pertandingannya pasti akan mendatangkan banyak penonton untuk menyaksikan. Bahkan tercatat penggemar sepak bola berjumlah hingga 3,5 miliar. Oleh karena itu, pembangunan stadion juga harus menyesuaikan dengan kapasitas tampungan jumlah penonton yang akan hadir dan menyaksikan acara di stadion.

Di seluruh Dunia, telah banyak stadion besar yang mampu memampung kapasitas penonton hingga ratusan ribu penonton. Kira-kira negara mana sajakah yang berhasil membangun stadion terbesar di dunia?

10 Stadion Terbesar di Dunia Berdasarkan Kapasitas Penonton :

1. Rungrado 1st of May Stadium, Pyongyang,

stadion terbesar di dunia

source pinterest

Stadion ini menjadi stadion terbesar di dunia yang terkenal sebagai Stadion Rungrado May Day, dengan kapasitas 150.000 penonton. Meskipun kapasitas keseluruhan mendapat banyak perdebatan, namun Stadion Rungrado 1st of May umumnya menjadi yang terbesar di dunia, bahkan dengan perkiraan kapasitas yang paling konservatif menggantikan para pesaingnya. Kabarnya Pemerintah Korea Utara membangun stadion besar ini karena persaingan dua negara sekaligus menyaingi stadion Olimpiade Korea Selatan, di Seoul.

Melansir laman web stadiumdb.com, Pembangunan dari stadion ini memakan waktu sekitar 2,5 tahun, termasuk cepat untuk bangunan yang sangat besar. Peresmian dari stadion ini sesuai dengan namanya yang berlangsung pada May Day sebelum Festival Pemuda dan Pelajar Sedunia ke-13. Memiliki banyak keunikan, stadion ini terletak di sebuah pulau yang hanya memiliki dua jalur menju ke sana. Elemen yang paling unik dari stadion ini juga berasal dari atapnya yang berbentuk seperti parasut. Mencakup 94.000 meter persegi dan 11.000 baja menopang lembaran luar, membentuk 16 segmen berbentuk kelopak. Mereka membentang 60 meter di dalam stadion dan 40 meter di luar. Seluruh struktur bangunan setinggi 60m. Stadion Rungrado 1st of May berfungsi sebagai pertandingan sepak bola karena stadion ini merupakan kandang tim sepak bola nasional Korea Utara. Selain itu, stadion ini juga menjadi tuan rumah dari beberapa olahraga lain termasuk atletik.

2. Stadion Narendra Modi, Ahmedabad

stadion terbesar di dunia

source gujaratcricketassociation.com

Yang menjadi stadion terbesar nomer 2 di dunia adalah Stadion Narendra Modi yang terletak didekat tepi sungai Sabarmati, Ahmedabad, India, yang juga menjadi Stadion Kriket Terbesar di dunia. Jumlah kapasitas penonton di dalam stadion ini mencapai hingga 132.000. Proses pembangunan stadion ini dimulai pada tahun 1982 untuk mengembangkan bakat kriket di provinsi tersebut. Sebelumnya, stadion ini memiliki kapasitas tempat duduk yang menampung 49.000 penggemar kriket.

Terlepas dari kapasitasnya yang besar, Stadion Narendra Modi memiliki empat ruang ganti, dua gym, dan area pemanasan. Sistem saluran air yang baru dapat menyiram tanah lapangan hanya dalam 30 menit dan juga memiliki lampu LED sebagai pengganti lampu sorot untuk pertandingan siang-malam. Tempat ini juga memiliki fasilitas canggih seperti clubhouse 55 kamar, kolam renang ukuran Olimpiade, gymnasium, sauna, dan lapangan squash. Membutuhkan waktu empat tahun untuk merenovasi fasilitas dan memperluas kapasitasnya sebelum menjadi stadion terbesar nomer 2 di dunia.

3. Stadion Michigan, Ann Arbor

stadion michigan

source mgoblue.com

Terletak di Amerika Serikat, tepatnya di Ann Arbor, Michigan, stadion ini menjadi stadion terbesar nomer 3 di dunia dan terbesar nomer 1 di Amerika Serikat. Dibangun pada tahun 1927, stadion ini menjadi simbol bagi kampus Universitas Michigan dan stadion dalam dunia olahraga di Amerika Serikat. Pada awalnya stadion Michigan memiliki kapasitas sebanyak 72.000 penonton, tetapi setelah mengalami beberapa renovasi hingga mencapai kapasitas 107,601 penonton saat ini. Jumlah tersebut membuat stadion ini mendapat julukan “The Big House” karena ukuran stadion yang sangat besar. Bahkan, Michigan pernah mendapat rekor nasional jumlah penonton dalam satu pertandingan universitas. Pada bulan September 2013, lebih dari 115.00 penonton hadir dalam pertandingan sepak bola antara Amerika menghadapi Notre Dame.

Salah satu fasilitas olahraga paling klasik di Amerik Serikat, Stadion Michigan telah menjadi simbol kebanggaan, tradisi, dan keunggulan Universitas Michigan. Stadion Michigan tidak terbuka untuk umum seperti berolahraga, tur jalan-jalan, kunjungan foto, dll. Biasanya, akan ada paket tur bersama pemandu pada hari kerja yang bisa kamu pesan melalui Bill Austin di Departemen Atletik mengenai biaya dan lainnya. Pemesanan paket tur stadion setidaknya dua minggu sebelumnya. Tarif diskon berlaku untuk kelompok pendidikan atau kelompok tertentu. Untuk informasi lebih lanjut tentang harga tur, lokasi, dan kebijakan, kunjungi situs Acara Khusus.

4. Stadion Beaver, State College, Pennsylvania

stadion beaver

source venuecoalition.com

Pada urutan stadion terbesar ke tiga di dunia, terdapat Stadion Beaver yang dibangun ketika Beaver Field dibongkar pada tahun 1960 dan pindah dari timur laut aula Rec ke lokasi saat ini yaitu University Park, Amerika Serikat. Pihak menejemen Beaver telah melakukan renovasi sebanyak enam kali hingga saat ini kapasitas menjadi 106.572. Saat ini stadion ini menjadi yang terbesar kedua di negara ini dan terbesar keempat di dunia.

Nama dari Stadion Beaver ini untuk menghormati James A. Beaver yaitu seorang pengacara yang tinggal di Bellefonte pada pecahnya Perang Saudara. Ia telah terdaftar di Union Army dan naik ke pangkat Brigadir Jenderal sebelum keluar pada tahun 1864. Beaver menjabat sebagai hakim pengadilan tinggi, gubernur Pennsylvania dan presiden Universitas Dewan Pembina.

5. Stadion Ohio, Colombus

Ohio Stadium

source news.osu.edu

Selanjutnya adalah stadion terbesar ke 5 di dunia yaitu Stadion Ohio yang terletak di Colombus, Amerika Serikat, telah menjadi salah satu landmark paling terkenal di semua olahraga. Dibangun pada tahun 1922 dengan biaya $1,3 juta atau sekitar 19 milliar rupiah. Pada tahun 2001, melakukan renovasi dengan biaya kurang lebih $194 juta atau sekitar 2,9 trilliun dan bentuk stadion ini menyerupai tapak kuda. Sebagai bagian dari renovasi, Stand Selatan yang dulunya portabel menjadi perlengkapan permanen.

Dengan kapasitas tempat duduk saat ini 102.780, Stadion Ohio menjadi fasilitas kampus terbesar keempat di negara ini. Sejak pertandingan pembukaan melawan Ohio Wesleyan pada 7 Oktober 1922, lebih dari 36 juta penggemar datang dan menyaksikan melalui melalui portal stadion. Menghadiri pertandingan di Stadion Ohio telah menjadi ritual Sabtu sore bagi para penggemar Negara Bagian Ohio. Mereka datang berduyun-duyun menuju tempat parkir lebih awal untuk menikmati suasana gala dan arak-arakan yang mengelilingi setiap pertandingan. Keunikan desain tapak kuda ini menjadikan kedekatan tempat duduk dengan lapangan pertandingan. Sehingga pada saat yang sama memungkinkan penggemar untuk melihat permainan dari sudut pandang yang tidak terhalang.

6. Stadion Kyle Field, College Station, Texas

source today.tamu.edu

Berlokasi  di Universitas Texas A&M, Texas, Amerika Serikat, Stadion ini menjadi stadion terbesar nomer 6 di dunia. Lapangan Stadion Kyle telah menjadi rumah bagi tim sepak bola Aggie sejak 1905. Selama kurun waktu 2014-2015 stadion ini telah mengalami renovasi terbesar dan terluas sepanjang sejarah atletik di perguruan tinggi. Pembangunan kembali senilai $ 485 juta  atau sekitar 7,2 trilliun dan selesai dalam dua fase dan memulai debutnya untuk musim 2015.

The Aggies telah menyambut lebih dari 100.000 penggemar dalam setiap pertandingan mendatangi Kyle Field sejak awal musim 2014. Termasuk rekor stadion 110.633 untuk pertandingan Ole Miss pada 11 Oktober 2014. Kini, Stadion Kyle Field dapat menampung penonton dengan kapasitas 102.780. Sejarah nama dari Stadion Kyle Field berasal dari nama Edwin Jackson Kyle yang menjabat sebagai dekan pertanian dan presiden dewan atletik di Texas A&M University.

7. Stadion Neyland, Knoxville

source utsports.com

Stadion Neyland terletak tepat di selatan pusat kota Knoxville, Tennessee, Amerika Serikat, dan tak kalah mempesona karena terletak di tepi Sungai Tennessee, di sebelah selatan pusat kota Knoxville. Saat ini menjadi stadion terbesar nomer 7 di dunia dengan kapasitas resmi 102.455. Ini juga menjadikannya stadion terbesar ke-5 di Amerika Serikat, yang cukup luar biasa. Stadion ini menjadi kandang bagi tim sepak bola relawan Tenneessee dan terkadang juga menjadi tempat untuk berbagai acara, termasuk konser, rapat umum, atau bahkan permainan pameran.

Versi pertama stadion ini sangat sederhana dan tidak terlihat semegah saat ini. Alasan utamanya karena kurangnya pendaaan yang mana stadion ini telah menghabiskan biaya sekitar $45.000 (sekitar $575.000 hari ini) pada tahun 1921. Salah satu fakta paling menakjubkan tentang sejarah Stadion Neyland adalah awalnya stadion ini sebagai Lapangan Shields-Watkins, karena pasangan yang menyumbangkan dana untuk pembangunan stadion yaitu Kolonel W.S. Shields dan istrinya Alice Watkins-Shield. Kemudian berganti nama menjadi “Lapangan Perisai-Watkins”.

8. Stadion Tiger, Baton Rouge

source tripadvisor

Dibangun pada awal 1920-an dan resmi buka pada 25 November 1924 ketika LSU melawan Tulane, stadion ini menjadi stadion terbesar nomer 8 di dunia. Stadion asli mempunyai kapasitas 24.000 penonton, dengan tribun di kedua sisi lapangan hijau. Enam kali renovasi besar telah selesai di stadion ini selama hampir sembilan dekade keberadaannya. Dua kali renovasi selesai pada tahun 1930-an, dan yang pertama pada tahun 1931, ketika kapasitas meningkat sebesar 10.000. Kemudian yang kedua selesai pada tahun 1936, ketika zona ujung utara tutup guna meningkatkan kapasitas tempat duduk menjadi 46.000. Zona ujung selatan tutup pada tahun 1953 dan yang pertama dari dua dek atas bertambah pada tahun 1978 sehingga kapasitas bertambah menjadi lebih dari 78.000. Penambahan 11.600 kursi pada tahun 2000 memungkinkan Tiger untuk terisi lebih banyak penonton datang ke Stadion Tiger.

Sepanjang musim 2005, menejemen Stadion Tiger terus memperluas dengan perluasan sisi barat. Ekspansi senilai $60 juta ini menambahkan 3.255 kursi klub, kotak pers baru, dan dek atas di sisi barat stadion. Selesai pada musim 2006, perluasan ini meningkatkan kapasitas tempat duduk Stadion Tiger menjadi 92.400. Penambahan ini memungkinkan LSU untuk terus memiliki rata-rata lebih dari 90.000 penonton per pertandingan. Pada bulan Februari 2012, LSU mengumumkan rencana untuk lebih memperluas Stadion Tiger pada musim 2014. Proyek perluasan ini menghubungkan dek atas yang ada di sisi selatan stadion, menambahkan tingkat yang lebih rendah yang berisi 4.000 kursi klub, dua tingkat suite mewah dan dek atas 1.500 kursi yang meningkatkan kapasitas tempat duduk menjadi lebih dari 102.321. Sekarang stadion ini menjadi salah satu tempat paling menarik untuk menonton pertandingan sepak bola di negara ini.

9. Stadion Darrell K Royal -Texas Memorial, Austin

source texassports.com

Sejak awal berdiri, stadion ini didedikasikan untuk veteran perang pertama mereka dari Perang Dunia I, ketika Texas memberikan hampir 200.000 tentara kepada Angkatan Darat AS (1 dari 40 tidak kembali). Akhirnya dedikasi peringatan tumbuh sebagai Perang Dunia II, Vietnam dan kemudian konflik militer lainnya menyusul. Bahkan pelatih Longhorns legendaris Darrell K. Royal (yang namanya ditambahkan ke stadion) adalah seorang prajurit.

Tampilan stadion saat pertama buka pada tahun 1924 berupa dua tribun yang dapat menampung 27.000 penonton dan lapangan sepak bola dengan lintasan lari di antara keduanya.  Stadion ini merupakan salah satu stadion akademik terbaik di AS dan tumbuh secara signifikan setelah dua tahun, ketika kurva utara memberikannya bentuk tapal kuda dan mempunyai kapasitas lebih dari 40.000 penonton. Hingga kini, stadion ini dapat menampung hingga 100,119 penonton dan menjadi stadion terbesar nomer 9 di Dunia.

10. Stadion Bryant-Denny, Tuscaloosa

source pinterest

Nama dari StadionBryant-Denny ialah berasal dari mantan presiden Universitas Alabama, George Denny dan pelatih sepak bola legendaris Paul “Bear”. Terletak di tepi barat daya Universitas Alabama, Tuscaloosa, stadion ini menjadi salah satu lapangan sepak bola perguruan tinggi yang paling menonjol di negaranya. Dengan kapasitas 100,077 penonton, stadion ini menjadi stadion terbesar kedelapan di Amerika Serikat, dan stadion terbesar ke-10 di Dunia.

Pengganti Denny Field, Stadion Bryant-Denny resmi buka pada tahun 1929 , dengan 6.000 penonton untuk kemenangan 55-0 atas Mississippi College pada tanggal 28 September. Awalnya, stadion ini memiliki kapasitas 12.000 pada bagian bawah tribun timur stadion. Namun, Presiden Denny awalnya mempunyai impian tentang stadion full bowl yang mampu menampung 66.000 tempat duduk. Pada bulan September 1995, Dewan Pengawas Sistem Universitas Alabama menyetujui pembangunan dek atas timur. Dengan menggandeng arsitek Heery Chambless Adams, pembanguna yang mendapat biaya dari pihak  universitas sekitar $4,65 juta dari kota Tuscaloosa, kota Northport , dan Tuscaloosa County.

Itulah deretan urutan 10 stadion terbesar yang ada di dunia berdasarkan dari perbandingan kapasitas jumlah penonton. Apabila kamu seorang penggemar olahraga khususnya sepak bola, kamu wajib mengunjungi salah satu dari 10 stadion terbesar di dunia lho! Selain karena sejarahnya yang luar biasa, tampilan dan bentuk bangunan dari stadion tersebut juga pastinya menarik untuk kamu kunjungi!

Jangan Lupa Urus Dokumen Persyaratan ke Luar Negeri di Mediamaz Translation Services!

Jika kamu hendak pergi ke luar negeri untuk mengunjungi stadion-stadion megah di atas, kamu wajib untuk mengurus seluruh dokumen-dokumen persyaratan sebelum kamu mengajukan VISA ke negara tujuan kamu sebagai berikut :

  1. Paspor baru (asli)
  2. Paspor lama yang terdapat cap visa negara tujuan
  3. Formulir pengisian data yang telah bertanda tangan
  4. Surat kuasa asli di atas materai bertanda tangan
  5. Pas foto berwarna ukuran 5 x 5 terbaru

Dalam proses mengurus segala kebutuhan dokumen-dokumen di atas, Mediamaz Translation Service merupakan pilihan yang tepat! Karena Mediamaz TS menyediakan jasa penerjemah tersumpah, serta legalisasi dokumen ke kedutaan seperti visa, paspor, imigrasi, serta ekspatriat yang pastinya terpercaya, cepat dan mudah!

Untuk syarat dan informasi selengkapnya dapat kamu temukan disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *