Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Ternyata Begini Tradisi Perayaan serta Kostum Halloween Party di Tiap Negara!

Perayaan halloween setiap tahunnya tidak pernah lepas dari kostum-kostum dengan tambahan makeup unik dan menyeramkan . Setiap negara pada hari halloween selalu mempunyai tradisi sendiri untuk merayakannya. Lantas, sebenarnya apa sih hari halloween itu? Lalu, bagaimana setiap negara merayakan serta kostum yang mereka gunakan? Yuk simak artikel ini selengkapnya!

Apa itu Halloween?

kostum halloween

source istockphoto

Kata ‘Halloween’ merupakan arti dari All Hallows ‘Eve yang selalu orang rayakan pada malam sebelum All Saints pada tanggal 31 Oktober. Perayaan tersebut menjadi tanda hari dari pesta Kristen Barat All Saints untuk menyambut sebelum musim Allhallowtide yang berlangsung selama tiga hari. Pada sebagian besar wilayah Eropa dan Amerika Utara perayaan Halloween merupakan kegiatan yang non-religius.

Konon kataya, asal mula perayaan Halloween merupakan festival dari Samhain pada tanggal 1 November. Menurut kalender kontemporer, tanggal tersebut mereka anggap sebagai awal periode musim dingin, yang mana tanggal kembalinya ternak dari padang rumput, dan pembaharuan kepemilkian tanah. Selama festival Samhain, mereka meyakini bahwa jiwa-jiwa yang telah meninggal  akan kembali mengunjungi rumah mereka. Selain itu, mereka yang telah meninggal selama tahun itu diyakini melakukan perjalanannya ke dunia lain.

Sejarah Halloween

kostum halloween

source realmofhistory

Di puncak bukit, orang-orang akan menyalakan api unggun untuk menakuti roh-roh jahat serta menyalakan perapian milik mereka pula selama musim dingin. Mereka akan mengenakan topeng untuk menyamar dan menakut-nakuti roh jahat supaya hantu yang berada di sekitar situ tidak mengenalinya. Dengan cara itulah makhluk seperti penyihir, hobglobin, peri, dan iblis disatukan pada hari itu. Mereka juga menganggap pada periode itu sangat menguntungkan untuk ramalan pada hal-hal tertentu.

Paus Boniface IV menetapkan Hari Semua Orang Kudus pada abad ke-7 M. Berawal pada 13 Mei yang kemudian pindah ke 1 November, pada malam sebelum hari All Saints. Awalnya, pada awal para penjajah Amerika melarang perayaan halloween. Namun, pada tahun 1800-an berkembang dan sebagai cara untuk menandai panen dan kemudian memasukan tema Halloween. Lalu, saat sejumlah besar imigran pergi ke Amerika Serikat mulai pertengahan abad ke-19, mereka membawa kebiasaan Halloween mereka. Sehingga, akhirnya Halloween menjadi salah satu hari libur utama di AS pada abad ke-20, dan kerap dirayakan.

Baca Juga: 7 Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia

Perayaan Kostum Halloween di Berbagai Negara

Tanggal 31 Oktober sebentar lagi! Perayaan halloween sudah di depan mata. Apabila Kamu hendak merayakannya namun masih butuh referensi untuk kegiatan dan juga kostum halloween, yuk simak tradisi di setiap negara!

1. Amerika Serikat

kostum halloween amerika

source pentucketnews.com

Negara satu ini yang memiliki peran penting dalam penyebaran perayaan Halloween sebagai budaya pop. Di Amerika, penyelenggaraan pesta Halloween secara megah dan besar-besaran. Bahkan masayarakat sudah ramai mempersiapkannya dari awal bulan Oktober. Salah satu tradisi yang sudah lama orang Amerika lakukan ialah memajang labu di sekitar rumah mereka selama perayaan Halloween berlangsung.

Selain itu, tradisi “trick or treat” juga sangat terkenal di Amerika Serikat hingga diadaptasi di berbagai belahan dunia lainnya. Saat halloween tiba, masyarakat akan mendekorasi rumah mereka dan berbagai penjuru kota dengan dekorasi khas Halloween. Selain itu, anak-anak juga akan mengenakan kostum halloween berupa hantu lalu berkeliling dari rumah ke rumah sambil membawa keranjang berbentuk lentera labu dan melakukan trick or treat. Apabila tuan rumah memilih untuk treat, maka mereka harus memberikannya permen. Jika tidak, anak-anak berkostum tersebut akan mengerjai mereka atau sebutannya trick.

2. Irlandia

kostum halloween

source telegraph.co.uk

Sama seperti di Inggris, Irlandia juga selalu merayakan Halloween dengan meriah. Beberapa permainan yang populer di sana ialah “Snap Apple” permainan ini mirip dengan apple bobbing di Amerika, “Knock-a-dolly” ini sejenis dengan trick or treat, namun lebih jail, karena anak-anak mengetuk pintu dan lari sebelum tuan rumah membuka pintu. Selain itu, hidangan spesial juga tersedia untuk menyambut Halloween seperti “Barnbrack” yaitu fruitcake tradisional yang memiliki isi di dalamnya. Konon, mereka mempercayai ramalam tersebut dapat memprediksikan masa depan.

Selain itu, terdapat Samhain Festival yang mungkin sudah tidak asing lagi. Karena festival ini telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Samhain Festival menjadi awal dari perayaan Halloween di seluruh dunia karena saat itu masyarakat Celtic mempercayai saat malam sebelum tanggal 1 November, roh-roh dari orang yang telah meninggal akan turun ke bumi. Sekarang, masyarakat Irlandia menyalakan api unggun sambil berkumpul dan makan bersama.

3. Australia

kostum halloween australia

source dailymail.co.uk

Berbeda dengan Amerika, masyarakat Australia justru belum sepenuhnya merayakan Halloween secara besar-besaran. Hal ini karena beberapa di antara mereka masih menganggap bahwa orang Amerika lah menyebarkan tradisi Halloween tersebut sebagai budaya pop. Meski begitu, perayaan Halloween di Australia tetaplah berlangsung. Salah satu tradisi perayaan Halloween yang unik di Australia Adanya penyelenggaraan pesta di tempat-tempat berhantu. Masyarakat Australia biasanya juga melakukan permainan trick or treat sambil mengenakan kostum halloween di lingkungan sekitar tempat tinggal.

4. Jepang

kostum halloween jepang

source tokyotreatblog

Jepang menjadi salah satu negara yang rutin merayakan Halloween tahunan di Asia. Biasanya mereka mendatangi Tower Halloween Night Fantasia dengan menggunakan kostum-kostum tertentu seperti kostum halloween degan tokoh animasi favoritnya.

Mereka juga menggelar Kawasaki Halloween Parade. Parade ini berlangsung di Kawasan Kawasaki Jepang. Karena masyarakat Jepang gemar melakukan cosplay, maka kostum Halloween yang mereka kenakan adalah kostum seram sambil mengelilingi kota. Tradisi ini telah berjalan secara rutin sejak tahun 1996 setiap akhir bulan Oktober. Masyarakata yang mengikuti parade ini wajib berdandan dengan tampilan karakter menyeramkan khas Halloween.

5. Hongkong

kostum halloween hongkong

source nextstophongkong.com

Perayaan Halloween selanjutnya adalah di negara Hongkong yang cukup menarik perhatian masyarakat sekitar. Salah satu tradisi Halloween di negara ini adalah adanya pertunjukkan atraksi hantu di jalanan atau di tempat hiburan. Sama seperti Amerika, penyambutan untuk perayaan Halloween sejak awal bulan Oktober. Masyarakat Hongkong menggelar Festival yang bernama Yue Lan’ pada hari ke 15 pada bulan ke 7 dalam kalender Tiongkok.

Tradisi yang mereka lakukan pada festival ini adalah memberikan sesaji berupa buah dan membakar uang kertas. Hal ini bertujuan agar roh-roh bisa menikmati buah-buahan dan juga uang kertas tersebut. Sehingga mereka tidak akan mengganggu masyarakat lain. Selain perayaan tradisional tersebut, mereka juga merayakan Halloween secara modern dengan kostum halloween dan parade seperti lainnya.

6. Meksiko

source ctvnews.ca

Meksiko juga memiliki tradisi unik dalam meyambut perayaan Halloween. Tradisi ini bernama “Day of Dead” yang memiliki tujuan untuk mengenang orang yang telah meniggal. Perayaan Day of the Dead tersebut biasanya diselenggarakan selama 3 hari mulai dari tanggal 31 Oktober. Setiap daerah di Meksiko juga memiliki ciri khas masing-masing untuk merayakan Halloween. Misalnya di Janitzio, yang selalu dimeriahkan dengan tarian budaya dan para nelayan yang mendayung sambil membawa obor serta berkunjung ke makam keluarga di malam hari. Satu hal yang menjadi khas dari acara Day of the Dead ini adalah kostum halloween dan atribut tengkorak yang ikonik.

7. Rumania

source smallcrazy

Terkenal dengan legenda drakula, negara Rumaia ini merayakan Halloween dengan membuat tradisi bernama “Day of Dracula”. Mereka juga menganggap tradisi ini merupakan salah satu tradisi unik Halloween di berbagai Negara yang cukup menarik perhatian.

Biasanya, masyarakat dari berbagai belahan dunia datang ke Rumania untuk merayakan Halloween dengan memakai kostum halloween di Bran Castle yang mereka katakan sebagai kastil Vlad dan Dracula. Mereka percaya bahwa kastil ini pernah didatangi oleh Vlad dan menjadi latar tempat dalam novel Dracula.

8. Italia

source lifeinitaly

Tradisi unik selanjutnya untuk merayakan Halloween dari negara Italia adalah acara Ognissanti. Perayaan ini biasanya dimulai beberapa hari sebelum tanggal 1 November yang menjadi hari libur Nasional di Italia.

Perayaan tersebut bermula saat masyarakat mulai meninggalkan bunga-bunga segar di makam orang-orang terkasih yang telah meninggal. Hingga mengubah pemakaman menjadi tampilan warna yang indah. Tak hanya itu, mereka akan memberikan upeti kepada orang yang meletakkan lilin merah di jendela saat matahari terbenam lalu meletakkannya di meja guna menyambut roh-roh yang akan datang.

Baca Juga: Makanan Khas Jeman yang Unik dan Lezat

9. Jerman

source germangirlinamerica

Tradisi unik Halloween di negara terakhir adalah Jerman. Ketika Halloween tiba, masyarakat Jerman biasanya mendekor rumah dan mendekor sudut-sudut kota lainya di sudut kota lainnya. Selain itu, mereka juga melakukan hal unik yaitu dengan menyembunyikan semua pisau yang ada di rumah. Hal tersebut karena kepercayaan masyarakat akan roh-roh jahat yang tidak akan bisa menyakiti mereka jika pisau disembunyikan.

Kamu tertarik untuk merasakan langsung suasana perayaan Halloween sembari mengenakan kostum halloween impian di luar negeri? Mediamaz Translation Services siap bantu untuk wujudkan impian Kamu!

penerjemah indonesia inggris

Mediamaz Translation Service adalah perusahaan penerjemah terbesar yang ada di Indonesia yang telah berpengalaman melayani klien dalam bidang penerjemahan, legalisasi, dan interpreter. Kami siap melayani berbagai macam kebutuhan seperti legalisasi dokumen bahasa asing, terjemahan dokumen-dokumen, hingga pengurusan paspor untuk Kamu yang ingin berlibur, bekerja, melanjutkan studi, atau berbisnis ke luar negeri.

Untuk informasi lebih lanjut, Kamu dapat langsung menghubungi tim marketing kami, di sini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Whatsapp 24 Jam