Tertarik untuk Jadi Penerjemah Profesional? Intip Tipsnya di sini!

Tertarik untuk Jadi Penerjemah Profesional? Intip Tipsnya di sini!

Untuk jadi penerjemah profesional, menguasai bahasa asing saja tidaklah cukup. Ada beberapa hal yang Anda perlu perhatikan apabila Anda berminat terjun ke dalam dunia industri kebahasaan terutama penerjemahan. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui tips selengkapnya!

Profesi Seorang Penerjemah

jadi penerjemah profesional

source freepik

Di era globalisasi ini, karena semakin pesatnya kemajuan internet dan teknologi, maka penyebaran bahasa asing akan semakin luas. Kepentingan untuk menguasai bahasa asing juga sangat dibutuhkan sekarang. Sehingga, untuk jadi seorang penerjemah yang profesional adalah yang paling banyak peminatnya. Karena, banyak sekali kebutuhan-kebutuhan yang memerlukan penerjemahan dari bahasa Indonesia ke bahasa Asing atau sebaliknya. Oleh karena itu, apabila Anda berminat untuk jadi penerjemah profesional, Anda harus menguasai dua bahasa sekaligus (bahasa sumber dan bahasa asing).

Memilih profesi untuk jadi penerjemah profesional tidaklah mudah, karena mereka tidak hanya menerjemahkan sebuah teks dari bahasa sumber ke dalam bahasa sasaran saja. Mereka harus memahami secara mendalam akan bahasa asing dan juga budaya dari bahasa tersebut. Oleh karena itu, Anda juga harus menguasai beberapa hal-hal penting lain  penunjang untuk menjadi penerjemah profesional.

Tips Untuk Jadi Penerjemah Profesional

Untuk menjadi seorang penerjemah yang profesional membutuhkan proses dan waktu yang tidak instan. Karena, mereka akan selalu diandalkan para kliennya untuk menerjemahkan berbagai teks atau dokumen penting dengan hasil yang terbaik, akurat, dan tepat. Penerjemah yang profesional berarti mereka memiliki kualitas diri dalam mengerjakan penerjemahannya. Karena mereka akan melayani klien-klien yang memiliki latar belakang yang berbeda. Oleh karena itu, untuk jadi penerjemah profesional, ada beberapa tips yang harus kamu ketahui sebagai berikut :

1. Menguasai Bahasa Sumber dan Bahasa Sasaran dengan Baik

Tips pertama untuk jadi penerjemah profesional adalah kamu wajib menguasai bahasa sumber dan bahasa sasaran dengan baik. Karena, seorang penerjemah akan menerjemahkan dokumen-dokumen penting dari para klien, sehingga mereka bertanggung jawab penuh atas hasil penerjemahannya. Anda juga harus mempunyai keahlian menulis yang baik, karena untuk menghasilkan hasil terjemahan yang berkualitas.

2. Memiliki Pengetahuan yang Banyak dan Luas

Penerjemahan pada dasarnya memerlukan pemahaman yang baik dan benar dari segi bahasa suatu teks, maupun pengetahuan khusus di bidang ilmu tertentu. Karena Anda akan menghadapi klien dari segala bidang. Karenanya, seorang penerjemah profesional perlu memiliki pengetahuan yang banyak dan luas untuk mempermudah pekerjaan kedepannya.

3. Kemampuan Memahami Teks dengan Cepat dan Tepat

Seorang penerjemah profesional juga dituntut untuk memahami teks dengan cepat dan tepat. Selain proses pengerjaan dari dokumen tersebut, Anda juga harus memperhatikan ketepatan dari hasil terjemahan. Karena seluruh hasil dari penerjemahan, merupakan tanggung jawab seorang penerjemah sepenuhnya.

4. Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Baik

Ketika Anda menjadi penerjemah, Anda harus dapat menyampaikan ide dari bahasa sumber kedalam bahasa sasaran dengan tepat. Selain itu, Anda juga akan berhadapan langsung dengan klien Anda. Sehingga, skill komunikasi yang baik juga akan menjadi nilai lebih agar tidak ada miskomunikasi antara penerjemah dan klien. Maka dari itu, memiliki kemampuan komunikasi yang baik akan sangat menunjang profesi Anda kedepannya.

5. Manajemen Waktu yang Baik

Kemampuan bekerja dengan deadline adalah hal yang tidak bisa lepas ketika anda jadi seorang penerjemah. Karena, seorang penerjemah profesional pasti memiliki lebih dari satu dokumen yang harus mereka kerjakan dari klien yang berbeda. Maka dari itu, untuk jadi penerjemah profesional, Anda harus bisa membagi waktu sesuai dengan ketepatan deadline. Sehingga para klien akan merasa puas dan percaya atas hasil kerja anda.

6. Kemampuan Menggunakan Komputer dan Alat Bantu Penerjemahan

Ketika anda jadi penerjemah profesional, Anda akan mendapatkan banyak klien dan jenis-jenis dokumen dari beberapa format teks yang akan Anda terjemahkan. Seorang penerjemah wajib menguasai komputer dan juga alat bantu penerjemahan untuk membantu mengerjakan terjemahan secara cepat dan efisien. Karena bantuan komputer serta alat bantu penerjemahan (CAT ) dapat memudahkan kamu ketika bekerja.

7. Mengikuti Kursus dan Bootcamp Penerjemah

Apabila Anda berniat untuk jadi seorang penerjemah profesional, atau hendak mengasah skill kebahasaan anda. Mengikuti kursus atau bootcamp penerjemah adalah jawaban yang tepat. Karena, dengan mengikuti kursus atau bootcamp, Anda akan mempelajari beberapa hal-hal yang berkaitan dengan penerjemahan. Sehingga akan menambah pengetahuan anda untuk mendukung anda menjadi penerjemah profesional.

Bergabung Menjadi Penerjemah Profesional bersama Mediamaz TS

university of glasgow

Mediamaz Translation Services adalah salah satu perusahaan penerjemahan terbesar di Indonesia yang melayani penerjemahaninterpreting, legalisasi, proofreading, dan lain-lain. Perusahaan kami menyediakan penerjemah tersumpah, professional dan berpengalaman di bidangnya. Bagi Anda lulusan Sastra dan berminat untuk jadi seorang penerjemah profesional, kesempatan terbuka lebar untuk anda bergabung bersama Mediamaz TS!

Selain itu, Mediamaz TS juga telah membuka batch 1 untuk pendaftaran bootcamp penerjemah bagi Anda yang ingin mendapatkan sertifikasi keahlian bahasa secara profesional. Program bootcamp di Mediamaz TS akan berlangsung selama 3 bulan dengan berbagai kategori mulai dari Pelajar, Mahasiswa, Pemula, hingga Profesional. Dengan mengikuti bootcamp penerjemah di Mediamaz TS, Anda akan mendapatkan sertifikat resmi yang berguna untuk karir Anda menjadi seorang penerjemah kedepannya. Pembukaan Batch 1 berlangsung pada 1-31 Agustus 2022, Segera daftarkan diri Anda untuk program bootcamp penerjemah, disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.