Tips Belajar dan Berlatih IELTS Secara Mandiri dan Otodidak

Tips Belajar dan Berlatih IELTS Secara Mandiri dan Otodidak

Jika kamu memiliki rencana melanjutkan studi di luar negeri, kemampuan berbahasa Inggris menjadi kunci utama. Ada beberapa parameter yang dijadikan alat ukur untuk melihat kemampuan bahasa Inggris seseorang. Selain dari TOEFL, ada pula IELTS, tes yang telah diakui secara global untuk menguji kemampuanmu dalam berbahasa Inggris. Yuk kita bahasa lebih dalam mengenai IELTS dan tips belajar dan berlatih soal IELTS.

 

Mengenal IELTS

IELTS (International English Language Testing System) merupakan sebuah tes kemahiran bahasa Inggris yang membuktikan kamu memiliki standar tertentu dalam bahasa Inggris, baik untuk tujuan belajar ataupun bekerja. Tes yang akan dijalani untuk mengetahui keterampilan berbahasa yaitu reading, listening, writing, dan speaking

Faktanya, IELTS pertama kali diperkenalkan sebagai standar dalam mengetahui kemampuan bahasa Inggris seseorang pada tahun 1989. Pengelola dan pemilik IELTS secara bersama – sama dikelola oleh tiga organisasi, yaitu Cambridge English Language Assessment, British Council and IDP IELTS Australia.

IELTS memiliki dua jenis yaitu General Training dan Academic. IELTS General Training diperuntukkan bagi individu yang ingin mengikuti pendidikan menengah atau mengambil program pelatihan kerja di mancanegara. Kemudian, IELTS Academic, diperuntukkan bagi pelajar yang ingin mengikuti perkuliahan di luar negeri.

 

Struktur Tes IELTS

Di dalam soal IELTS ada beberapa struktur yang harus kamu pelajari dan kuasai, karena bagian – bagian ini memiliki poin tersendiri loh. Berikut struktur tes IELTS:

  1. Listening

Tes listening akan berlangsung selama 30 menit dengan 4 bagian dan 40 pertanyaan. Dalam tes ini, kamu akan diuji mengenai pemahaman spesifik dari keseluruhan bahasa Inggris dalam berbagai konteks dan format. Keberhasilanmu bergantung pada kemampuan memahami gagasan utama, pendapat dan sikap pembicara.

     2. Reading

Tes ini berlangsung selama 60 menit. Peserta tes akan menjawab 3 bagian yang terdiri dari 40 pertanyaan. Nah, dalam tes reading ini, kamu perlu memahami teks secara rinci dan menunjukkan bahwa kamu memahami informasi rumit yang disediakan dalam bahasa Inggris.

     3. Writing

Tes menulis berlangsung selama 60 menit. Peserta tes akan mengerjakan 2 tugas. Untuk bisa menembus bagian ini, kamu diharapkan menggunakan bahasa Inggris untuk berbagai tujuan dan menunjukkan kemampuan kamu dalam menyesuaikan cara tulis untuk topik dan konteks yang berbeda. Struktur kalimat, kosa kata, penggunaan tata bahasa dan gaya akan masuk dalam penilaian.

    4. Speaking

Tes speaking berlangsung selama 11 – 14 menit dan terdiri dari 3 bagian. Kandidat untuk akademik dan pelatihan umum akan mendapatkan bentuk tes yang sama. Tes ini melibatkan wawancara individu dengan seorang guru dan mencakup berbagai topik dan konteks. Kamu harus dapat membicarakan topik pribadi, memberikan pembicaraan singkat tanpa bantuan pada topik yang dipilih dan berkontribusi pada diskusi dua arah mengenai isu – isu yang lebih abstrak.

 

Tips Belajar IELTS Secara Mandiri

  1. Komitmen

Hal paling utama dalam belajar secara mandiri atau otodidak adalah komitmen dan niat. Seberapa kuat niat kita untuk belajar sendiri, seberapa besar keinginan kita untuk belajar juga merupakan hal yang penting pula. Karena mau tidak mau kita sendirilah yang menjadi motivator.

     2. Kenali Kelebihan dan Kekuranganmu

Ketahui seberapa bagus kemampuan bahasa Inggris masing-masing. Hal pertama yang bisa dilakukan saat belajar IELTS adalah tes pribadi dari awal hingga akhir. Jadi, kamu bisa menemukan waktu tempat yang tepat dan mulai melakukan simulasi tes IELTS secara mandiri.

     3. Buat Study Plan

Setelah kamu mengetahui kekurangan dan kelebihan kamu dalam setiap bagian tes IELTS, selanjutnya buatlah study plan. Tentukan waktu setiap hari berapa jam untuk belajar. Tidak harus berlama – lama kok guys.

     4. Buku

Buku di dalam proses belajar mandiri IELTS sangat lah penting. Pilihlah buku yang disertai jawaban dan memang didesain untuk belajar mandiri. Seperti contoh buku yang bisa kamu miliki adalah Official Cambridge Guide to IELTS dan latihan – latihan dari Examination Papers Cambridge IELTS.

    5. Other Resources

Selain buku, siapkan sumber lain. Banyak buku dan hal – hal lain seperti audiobook, video, website belajar dan website yang berisi tips – tips untuk menunjang persiapan IELTS.

 

Estimasi Biaya untuk Tes IELTS

Untuk biaya IELTS sendiri setiap negara berbeda – beda. Di Indonesia, untuk biaya tes IELTS berkisar Rp.2.900.000,- untuk IELTS Academic and General Training (Paper-based Test) dan (Computer – Delivered Test). 

Untuk IELTS untuk Visa dan Imigrasi UK (Academic and General Training) sebesar Rp.3.317.000,- dan IELTS Life Skills (A1 dan B1) Sebesar RP.2.700.000,- Perlu diingat bahwa tiap harga tersebut, dapat berubah sewaktu – waktu atau setiap tahunnya ya guys!

 

Layanan Mediamaz Translation Service

Demikian, penjelasan singkat tentang IELTS serta tips belajar dan berlatih IELTS. Jika kamu ingin melanjutkan studi ke luar negeri dan bingung untuk mengurus dokumen, seperti menerjemahkan atau legalisasi. Tenang! Kamu bisa dikonsultasikan kepada kami, urusan dokumen kamu akan terselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Kamu bisa langsung hubungi kami di sini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *