Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Rekomendasi Makanan Korea Halal di Korea Selatan untuk Para Muslim Traveler

Korea Selatan belakangan ini menjadi salah satu destinasi wisata impian untuk masyarakat Indonesia, karena hadirnya pengaruh budaya Korea yang sangat masif. Namun, terdapat satu hal yang mereka khawatirkan jika berkunjung ke negara tersebut terutama bagi para wisatawan muslim. Mengingat Indonesia yang mayoritas penduduknya menganut agama Muslim dan Korea Selatan yang berbeda. Membuat hal tersebut cukup sulit untuk para pelancong muslim ketika berkunjung untuk mencari makanan halal. Sehingga baca artikel di bawah ini yang membahas seputar makanan Korea halal sehingga bisa menjadi guide Anda saat berlibur di negara tersebut!

Makanan Korea Halal

Sumber: iStock

Label Halal Korea Selatan

Tentu selaku muslim traveler, Anda akan sedikit khawatir akan makanan yang Anda konsumsi jika mendatangi negara dengan mayoritas non muslim. Namun, satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menemukan restoran atau jenis makanan yang terdapat label halal agar merasa aman saat mengkonsumsi makanan tersebut. 

Meskipun Korea Selatan bukanlah negara dengan mayoritas muslim. Namun, negara ini memiliki otoritas tersendiri untuk mengeluarkan sertifikat halal. Di Korea Selatan, label halal tersebut diterbitkan oleh lembaga bernama Korean Muslim Federation (KMF). Di mana mereka adalah lembaga yang dapat menerbitkan sertifikat halal untuk produk makanan, restoran, maupun hotel yang ada di Korea Selatan. 

Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi jika makanan, restoran, atau hotel tersebut sudah memiliki label halal dari KMF. Meskipun Korea merupakan negara mayoritas non muslim tetapi hal tersebut sudah pasti aman karena mereka memperhatikan kebutuhan turis muslim. Bahkan pemerintah Korea Selatan sendiri melakukan kerja sama dengan otoritas sertifikasi halal dari negara muslim lainnya seperti Uni Emirat Arab, Indonesia, dan Malaysia. Dengan tujuan untuk belajar akan proses pengeluaran sertifikasi halal dan memahami acuan standarisasi halal negara-negara muslim. 

Maka dari itu, Anda sebagai muslim traveler tidak perlu khawatir lagi untuk berkunjung ke Korea. Dikarenakan Korea memperhatikan akan kebutuhan para turis muslim yang berkunjung. Sehingga kedepannya Anda hanya perlu lebih teliti melakukan pengecekan akan produk makanan yang Anda konsumsi apakah makanan tersebut halal atau tidak. Termasuk dengan mengunjungi restoran yang sudah memiliki sertifikasi halal agar Anda bisa merasa lebih aman saat mengkonsumsi makanan tersebut. 

Baca Juga: “Budaya Korea Selatan, Sejarah yang Perlu Diketahui!

Tips Mencari Makanan Korea Halal

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika ingin mencari makanan halal di Korea Selatan:

1. Memperhatikan Kualifikasi Restoran

Satu-satunya organisasi pariwisata Korea yaitu Korea Tourism Organization (KTO) mengklasifikasikan restoran ramah muslim sejak tahun 2016 yang terbagi menjadi empat kategori restoran muslim-friendly. Dengan harapan bahwa hal ini bisa memberi keyakinan kepada para muslim traveler untuk berwisata ke Korea.

  • Kategori Pertama: Restoran Halal Certified yang sudah mendapat label sertifikasi halal oleh KMF (Korea Muslim Federation). 
  • Kategori Kedua: Self Certified, diartikan sebagai semua makanan di restoran ini halal karena pemiliknya merupakan muslim. Serta biasanya akan tertera kata halal, muslim food atau muslim restaurant meskipun tidak ada label sertifikasi halal dari KMF. 
  • Kategori Ketiga: Muslim friendly, tempat makan ini biasanya menyediakan menu makanan halal. Namun, mereka juga masih menjual alkohol dan babi di tempat yang sama. Sehingga Anda harus lebih teliti jika ingin makan di tempat seperti ini.
  • Kategori Keempat: Pork free, tempat makan ini tidak menawarkan menu halal namun bebas dari penggunaan babi. Tetapi Anda juga harus teliti karena biasanya alkohol dijual di restoran ini

Keempat kategori tersebut bisa Anda jadikan acuan untuk memilih restoran atau tempat makan saat berkunjung di Korea Selatan.

2. Tempat Makan Dekat Masjid

Hal yang bisa Anda lakukan lainnya adalah dengan mencari tempat makan yang berada di sekitar masjid. Meskipun merupakan negara non muslim, tetapi nyatanya Korea Selatan sendiri sekarang ini berdiri banyak masjid. Salah satu masjid terbesar di Korea Selatan sendiri adalah Seoul Central Mosque yang terletak di daerah Itaewon. 

Daerah sekitar masjid tersebut terkenal menjadi salah satu pusat makanan halal terutama di Usadan 10-gil yang menjadi lokasi favorit untuk para muslim traveler karena banyaknya restoran halal di sana. Biasanya pemilik restoran-restoran tersebut adalah mereka yang berasal dari Timur Tengah atau negara muslim lainnya. Bahkan juga ada restoran Indonesia di jalan tersebut. Sehingga lokasi ini bisa menjadi tempat yang Anda kunjungi jika ingin mencari makanan halal selama berada di Korea Selatan.

3. Bertanya

Orang mengatakan bahwa malu bertanya akan sesat di jalan, hal tersebut nyata terjadi. Di saat Anda berada di negara yang mayoritas non-muslim tentu akan sulit bagi Anda menemukan makanan halal. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk bertanya terlebih dahulu kepada sanak saudara yang mungkin sudah pernah ke Korea terlebih dahulu. Selain itu juga Anda sekarang ini bisa menggunakan mesin pencarian untuk mencari tempat tersebut. Namun, hal yang akan lebih memudahkan tentunya adalah dengan bertanya kepada masyarakat setempat. Bahkan Korea Selatan sendiri menyediakan tempat sebagai pusat informasi untuk turis dan di situlah para petugas akan membantu untuk menunjukkan kepada Anda terkait dengan restoran halal yang ada di daerah tersebut. 

Baca Juga: “7 Hal yang Bisa Anda Tonton Saat Musim Gugur di Jepang

Rekomendasi Makanan Korea Halal 

Seperti yang sudah Anda baca sebelumnya bahwa di Korea sendiri terdapat empat sertifikasi akan makanan muslim-friendly. Di mana salah duanya adalah tempat makan yang tidak mengandung babi dan menyediakan menu makanan halal meskipun tidak mempunyai label sertifikasi halal dari KMF atau tulisan muslim food. Dilansir dari IDN Times, berikut beberapa menu makanan halal yang bisa Anda konsumsi selaku muslim traveler di Korea Selatan:

1. Kimchi Bokkeumbap

Kimchi Bokkeumbap - Makanan Korea Halal

Jenis makanan satu ini adalah nasi goreng yang dibuat dengan campuran kimchi di dalamnya. Terkadang diberi tambahan daging seperti sapi atau ayam. Namun, hal ini adalah salah satu menu makanan yang aman untuk Anda konsumsi karena tidak ada menggunakan daging non halal di dalamnya.

2. Doenjang-jjigae

Doenjang Jjigae

Doenjang-jjigae menggunakan bahan utama sayuran, tahu serta pasta kacang yang membuat rasa makanan ini terasa enak dan unik. Sehingga tidak heran jika jenis makanan satu ini menjadi salah satu favorit sebagian turis. Tentunya makanan ini halal untuk para muslim traveler konsumsi karena tidak menggunakan daging sama sekali dalam pembuatannya. Sehingga tidak perlu khawatir akan adanya penggunaan daging non-halal dalam jenis makanan satu ini.

3. Cikin

Cikin - Makanan Korea Halal

Orang Korea menyebutkan ayam goreng dengan sebutan Cikin. Jenis makanan satu ini merupakan salah satu yang terpopuler di Korea. Terdapat banyak sekali merek restoran ayam di Korea Selatan yang dapat Anda coba. Tentunya jenis makanan ini sudah pasti halal untuk Anda selaku muslim traveler konsumsi.

4. Bulgogi

Korean Bulgogi - Makanan Korea Halal

Bulgogi sudah pasti menjadi makanan yang sangat aman untuk para muslim traveler konsumsi ketika berkunjung ke Korea. Jenis makanan satu ini menggunakan bahan utama daging sapi yang dimarinasi serta dipanggang seperti barbeque sehingga sudah pasti aman untuk Anda konsumsi.

5. Dakgalbi

Dakgalbi

Dakgalbi atau biasa disebut Korean Chicken Stir Fry ini menjadi salah satu menu makanan Korea halal yang wajib untuk Anda coba,  Menggunakan bahan utama ayam, sayuran dan saus gochujang (Korean red chili paste) sudah pasti aman bagi Anda para muslim traveler.

6. Dakkochi

Dakkochi - Makanan Korea Halal

Jajanan street food Korea satu ini menggunakan bahan utama ayam dalam pembuatannya. Daging ayam yang telah dibumbui dan daun bawang yang ditusuk dalam satu tusukan tersebut sudah pasti aman untuk Anda konsumsi. 

7. Gamjajeon

Gamjajjeon

Gamjajeon atau panekuk yang terbuat dari kentang ini sudah pasti aman untuk Anda konsumsi dan menjadi salah satu menu makanan Korea halal. Menggunakan bahan utama kentang serta tepung dan bawang putih membuat jenis makanan satu ini termasuk makanan halal yang patut untuk Anda coba ketika berlibur.

Setelah melihat beberapa jenis makanan tersebut ternyata Anda tetap bisa menikmati makanan khas Korea bukan? Maka dari itu, tidak ada alasan lagi untuk Anda khawatir akan makanan yang bisa Anda konsumsi di sana. Sebab Korea sendiri juga memperhatikan akan para wisatawan muslim yang berkunjung ke negara tersebut.

Baca Juga: “Wisata Myeongdong Korea: Surga Berbelanja di Seoul

Ingin Segera Mengunjungi Korea Selatan?

Itulah beberapa rekomendasi menu makanan Korea halal serta tips yang bisa Anda coba dan terapkan saat berkunjung ke Korea. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Sebelum itu mari urus dokumen perjalanan Anda terlebih dahulu jika ingin mengunjungi negara tersebut. 

Jika Anda merasa kesulitan dalam pengurusan dokumen perjalanan tersebut, Mediamaz Translation Service hadir untuk membantu Anda. Tepatnya kami membuka jasa permohonan visa untuk membantu Anda mengurus hal tersebut. Pembuatan visa lebih mudah dan cepat hanya dengan layanan visa Mediamaz. 

Kami menyediakan pengurusan berbagai visa dari business visa, visa on arrival, single visit visa, multiple visit visa, dan juga Indonesia spouse visa. Mediamaz dapat membantu Anda untuk membuat permohonan visa ke beberapa negara lainnya juga seperti Korea, Inggris, Amerika, dan masih banyak lain. 

Sehingga tunggu apalagi? Jika ada hal yang cepat dan mudah mengapa tidak? Segera hubungi kami di nomor Whatsapp 082123335003 atau mengunjungi website kami di sini untuk informasi lebih lanjut.

Baca Juga: “Busan Korea Selatan, 7 Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Whatsapp 24 Jam