Seperti yang kita ketahui, di dunia ini tidak ada yang diberi jumlah waktu yang berbeda. Semuanya sama – sama memiliki waktu selama 24 jam sehari semalam. Lalu, mengapa ada orang yang lebih bisa produktif setiap harinya dan saja juga yang sebaliknya? Yuk, kita bahas lebih dalam mengenai manajemen waktu yang baik di artikel ini.
Mengenal Apa itu Manajemen Waktu
Manajemen waktu merupakan proses perencanaan dan pengendalian secara sadar terhadap waktu yang dihabiskan untuk suatu kegiatan tertentu, terutama untuk meningkatkan efektivitas, produktivitas dan efisiensi.
Cara ini juga melibatkan tindakan dalam hal menyeimbangkan berbagai tuntutan terhadap seseorang yang berkaitan dengan pekerjaan, kehidupan sosial, hobi, keluarga serta komitmen dengan keterbatasan waktu.
Dengan kamu menggunakan waktu yang efektif dapat memberikan kelebihan juga pilihan untuk mengelola kegiatan menurut keputusan dan kebijaksanaan tersendiri. Manajemen waktu biasanya selalu didukung oleh berbagai keterampilan, alat serta teknik yang digunakan untuk mengatur waktu ketika menyelesaikan tugas, proyek dan tujuan tertentu sesuai dengan tenggat waktu.
Manfaat Memiliki Time Management yang Baik
Mengelola waktu dengan baik memungkinkan seseorang untuk melakukan pekerjaan yang benar dan waktu yang tepat. Manajemen waktu memiliki peran penting dalam kehidupan pribadi maupun profesional seseorang, berikut manfaat yang akan kamu dapatkan:
- Dengan memiliki manajemen waktu yang baik dapat menjadi lebih rapi atau terorganisir
- Dengan memiliki manajemen waktu yang baik dapat menjadi tepat waktu dan disiplin
- Manajemen waktu bisa mengurangi kadar stres dan kecemasan
- Manajemen waktu dapat meningkatkan moral seseorang dan menjadi lebih percaya diri
Tips Manajemen Waktu Ala Maudy Ayunda
Siapa yang tidak kenal dengan salah satu public figure yang sangat inspirasional untuk kalangan muda, Maudy Ayunda? Faktanya, Maudy Ayunda memiliki kebiasaan baik loh dalam memanajemen waktu. Sehingga ia dapat dengan baik dalam menyelesaikan segala pekerjaan atau tugas kuliahnya.
Maudy Ayunda menggunakan salah satu metode time untuk memanajemen waktu, yakni time management matrix. Metode ini membagi kegiatan ke dalam empat kategori, pertama adalah penting dan mendesak. Kedua tidak penting dan mendesak. Ketiga, tidak mendesak dan tidak penting. Dan keempat, tidak penting dan tidak mendesak. Berikut tips manajemen waktu ala Maudy Ayunda:
- Penting dan mendesak
Berlaku untuk project yang memiliki skala besar yang memiliki deadline. Seperti, tugas, krisis dan masalah yang harus diselesaikan.
2. Tidak penting dan mendesak
Memantau kegiatan yang sudah terjadwal agar terlaksana dengan baik. Contohnya seperti memeriksa email, melakukan telepon dan meeting (yang sudah dijadwalkan sebelumnya) untuk meminimalisir gangguan.
3. Penting dan tidak mendesak
Kegiatan yang harus dilakukan dengan kondisional. Seperti, hubungan dan networking, olahraga, personal growth dan long-term planning.
4. Tidak penting dan tidak mendesak
Kegiatan yang tidak menjadi prioritas sama sekali. Contohnya, hal – hal yang membuang waktu dan aktif media sosial.
Dampak Manajemen Waktu yang Buruk
Kelihatannya bagi manusia, waktu dalam sehari saja tidak cukup untuk mengerjakan berbagai macam tugas dalam sehari. Namun, sebenarnya dengan kemajuan teknologi saat ini malah seharusnya manusia menjadi lebih produktif secara umum. Nah, berikut adalah dampak jika seseorang tidak bisa memanajemen waktu dengan baik:
- Penundaaan
Apakah kamu termasuk orang yang sering menunda-nunda pekerjaan? Sebetulnya, hanya diperlukan langkah kecil untuk mendapatkan motivasi dalam menyelesaikan pekerjaan loh guys.
2. Kurang tidur
Ketika kamu tidak bisa memanajemen waktu dengan baik, kamu pasti akan mengalami jadwal tidur yang berantakan. Tentunya hal ini akan berdampak pada kesehatan kamu, sahabat Meddy.
3. Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan kurang berolahraga
Alasan umum bagi sebagian banyak orang untuk tidak berolahraga adalah tidak memiliki waktu yang cukup. Padahal sebetulnya itu hanyalah kesalahan dari manajemen waktu yang kurang baik.
4. Kurang berenergi
Jika kamu merasa tidak fokus dan tidak bersemangat, itu merupakan tanda – tanda kamu kurang memanfaatkan waktu dengan baik. Sehingga kamu perlu mengevaluasi apa saja kegiatan yang kamu lakukan dalam sehari.
5. Tidak tepat waktu
Tidak tepat waktu merupakan salah satu akibat dari buruknya manajemen waktu yang kamu miliki.
6. Terburu – buru
Dan dampak buruk yang terakhir, semua pekerjaan akan menjadi terburu – buru.
Layanan Mediamaz Translation Service
Demikian, informasi singkat mengenai manajemen waktu dan tips manajemen waktu ala Maudy Ayunda. So, sahabat Meddy yang ingin mengurus dokumen untuk mendaftar beasiswa. Jangan tunggu sampai mendekati tenggat waktu, kamu bisa langsung konsultasikan kepada kami sehingga kamu tidak perlu terburu – buru. Lebih lanjut, langsung hubungi kami di sini.