Tips Untuk Kamu Memilih Universitas di Luar Negeri

Tips Untuk Kamu Memilih Universitas di Luar Negeri

Tips Untuk Kamu Memilih Universitas di Luar Negeri

Tips untuk kamu memilih universitas di luar negeri

Tidak sedikit pertanyaan yang terlontar di kalangan pelajar yang punya keinginan untuk melanjutkan studinya ke luar negeri, “bagaimana sih cara kuliah di luar negeri? Dan adakah tips untuk memilih universitas yang tepat?” Okay, disini kita akan membantu kamu untuk ngasih beberapa tips memilih universitas di luar negeri.

Sebelumnya, perlu kamu ketahui bahwa kamu nggak sendirian lho! Karena ternyata cukup banyak yang masih bingung untuk memilih universitas tujuan mereka di luar negeri, meskipun mereka sudah memiliki keinginan bahkan cita – cita untuk lanjut studi di luar negeri sejak kecil. Berbeda dengan Indonesia, negara lain seperti Amerika, Inggris, Australia bahkan negara Eropa yang menurut survey Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) memiliki peminat terbanyak pelajar dari Asia, serta memiliki universitas dengan jurusan terbanyak yang sudah pasti masuk dalam kategori kelas dunia.

Tentu juga, kamu nggak bisa sembarangan memilih universitas ataupun jurusan secara asal, kamu juga harus bijak dalam memilih universitas di luar negeri dengan penuh pertimbangan. Yuk, simak 5 tips memilih universitas di luar negeri sesuai dengan tujuan masa depan kamu! Keep scrolling.

  1.     Sesuaikan dengan apa yang kita minati

Tentu demi masa depan kita dalam berkarir, kita pasti memiliki minat dan tujuan yang ada didalam diri dan apa yang ingin kita tuju untuk kedepannya. Namun nampaknya masih banyak pelajar yang justru kehilangan kesempatan dalam mengikuti minatnya tersebut, dan lebih memilih untuk menentukan program yang lebih dapat menjamin karir mereka.

Seperti contoh nyata, tidak sedikit orang yang memiliki keahlian atau minat dalam bermusik atau memasak. Namun, belum tentu ketika mereka ingin melanjutkan studinya ketika lulus dari sekolah menengah, mereka akan memilih jurusan musik atau jurusan memasak (tata boga) sebagai pilihan jurusan kuliahnya. Walaupun, cukup banyak jurusan tersebut tersebar di beberapa universitas ternama.

 Namun, tetap kita harus berada dijalur diri sendiri sesuai dengan minat yang kita miliki, pilih program yang masih kamu yakini bahwa kamu sanggup menjalani selama masa studi mu dan menjadi bekal untuk karir mu di kemudian hari. Jangan pernah memaksakan diri untuk memilih program yang tidak sesuai dengan minat dan menjadi beban selama belajar di universitas. Karena tidak jarang, banyak yang gagal di pertengahan jalan karena mereka merasa tidak cocok dengan program yang mereka pilih ketika tidak sesuai dengan keinginan mereka.

 

  1.     Galilah lebih dalam dan lakukan penelitian

Setelah kita menentukan minat apa yang kita inginkan dalam memilih program studi selanjutnya, langkah berikutnya adalah menggali informasi tentang program yang kita tuju. Banyak pelajar yang baru saja menyelesaikan studi di sekolah menengah, pasti akan menemukan jurusan atau program yang masih asing bagi mereka. Bahkan kita bisa juga menjumpai mata kuliah yang benar – benar berbeda dari apa yang pernah kita pikirkan.

Cara terbaik untuk kita dapat mengatasi masalah seperti ini adalah dengan melakukan penelitian dan mengenal lebih tentang program yang akan kita ambil. Cari tahu mengenai mata kuliah apa yang akan kita pelajari selama masa studi, durasi pembelajaran untuk mendapat gelar tersebut, lihat modul tercangkup dalam setiap program yang akan kita ambil dan identifikasi program yang kita minati.

Semakin kamu sering menggali informasi mengenai program yang dipilih, semakin siap ketika kamu akan menjalani masa kuliahmu karena kamu sudah mengetahui informasi – informasi mengenai mata kuliah yang akan kamu terima dan dapat mengatur waktu untuk menyelesaikan masa studi kamu secara tepat waktu.

 

  1.     Bahasa

Kalau kamu ingin lanjut studi keluar negeri, tentu kamu harus dapat menyesuaikan bahasa yang mereka gunakan sehari – sehari. Bahasa yang sudah mendunia, dan yang paling mudah kita gunakan dan temui ketika kita berada di luar negeri yaitu bahasa inggris. Tiga negara teratas, mungkin bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin kuliah di luar negeri adalah Amerika Serikat, Inggris, dan Australia. Karena, mereka menggunakan bahasa sehari – harinya adalah bahasa inggris dan yang mungkin bisa kamu gunakan untuk memperlancar kemampuan bahasa inggrismu.

Selain ketiga negara diatas yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa sehari – hari, kamu bisa memilih 2 negara dengan negara destinasi kuliah terpopuler yang tidak menggunakan bahasa inggris alias mereka memakai bahasa negara masing – masing seperti Jerman dan Prancis. Dua negara ini juga memiliki peminat yang cukup banyak dari pelajar internasional termasuk Indonesia.

 

  1.     Persyaratan masuk yang dibutuhkan

Setelah kamu mengimplementasikan 3 tips di atas, kemudian kamu harus mencari tahu persyaratan apa saja yang harus kamu siapkan dan penuhi ketika kamu memilih tempat kuliah tujuanmu. Tiap universitas tentu memiliki standar atau persyaratan yang berbeda – beda. Ada universitas yang mensyaratkan untuk melampirkan tes kemampuan bahasa inggris atau yang kita ketahui TOEFL/IELTS dengan skor agak rendah sampai skor yang lebih tinggi.

Kalau kamu memilih melanjutkan studi ke negara yang nggak menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa resmi, kamu bisa coba mencari persyaratannya bahasa apa yang mereka minta, apakah kamu harus menguasai bahasa lokal negara tersebut atau tidak?

Banyak universitas yang memiliki persyaratan satu sampai tiga surat rekomendasi untuk melengkapi tahap administrasi, namun nggak jarang juga beberapa universitas yang tidak membutuhkan surat rekomendasi. Sebagai contoh, jika kamu ingin kuliah di Amerika Serikat dan Singapura, kamu harus memiliki sertifikat hasil tes GRE atau GMAT karena pada umumnya mereka memiliki persyaratan dengan sertifikat hasil tes tersebut.

Oleh karena itu, sangat penting sekali kamu harus menggali informasi ke universitas yang kamu inginkan sehingga kamu dapat menyesuaikan dan mempersiapkan dengan matang persyaratan yang diminta. Kalau kamu ingin masuk universitas terbaik dunia tapi skor bahasa inggrismu masih kurang, kamu masih dapat mempertimbangkan universitas lain yang memiliki syarat skor kemampuan bahasa inggris lebih rendah.

 

  1.     Biaya

Tips terakhir yang mesti kamu perhatikan untuk memilih universitas di luar negeri yaitu perihal biaya. Besarnya biaya hidup sehari – hari dan biaya kuliah di setiap negara tentu berbeda – beda. Selain kamu harus mencari informasi mengenai universitas yang dituju, kamu juga harus mencari informasi mengenai biaya hidup selama kamu tinggal di daerah tujuanmu ketika menjalani kuliah.

Saat ini negara yang memiliki biaya kuliah dan biaya hidup sehari – hari tinggi yaitu Amerika Serikat dan Inggris. Dilihat dari biaya untuk tempat tinggal dan kebutuhan lainnya, kedua negara inilah yang memiliki cost tertinggi dibanding negara lainnya. Namun, jangan khawatir jika kamu memiliki dana yang terbatas untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, kamu bisa memilih negara lain sebagai negara pilihanmu seperti Malaysia dan Singapura, negara tetangga yang dikenal dengan program kuliah yang berkualitas tinggi dengan cost tidak tinggi.

Karena seperti kita ketahui, setiap orang memiliki perekonomian yang berbeda – beda. Oleh karena itu, sebelum kamu akhirnya memutuskan untuk stay di negara tujuan kamu ada baiknya untuk kamu mengulas dan mencari informasi tentang biaya hidup di negara tersebut, mungkin bisa melalui blogspot yang banyak kamu temui di internet tentang pengalaman mereka selama tinggal di negara tujuanmu.

 

Itulah 5 tips yang mungkin bisa kamu persiapkan sebelum kamu kuliah di luar negeri, sehingga kamu tidak akan mengalami kesulitan di tengah perjalanan pendidikanmu.

Jika kamu butuh jasa untuk mengatur dan menerjemah dokumen ke bahasa negara yang akan kamu tuju, kamu bisa menggunakan layanan jasa dari Mediamaz Translation Service. Perusahaan kami melayani selama 24 jam, untuk informasi lebih lanjut kamu bisa kunjungi website kami https://mediamaz.co.id/

Penerjemah | Interpreter | Legalisasi | Lihat Perusahaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *