Tips Mencegah Culture Shock

Tips Mencegah Culture Shock

Tips Mencegah Culture Shock

Tips mencegah Culture Shock buat kamu yang mau pergi ke luar negeri. Culture shock dianggap sebagai sesuatu hal yang wajar bagi sebagian pelajar internasional. Namun, hal tersebut jangan dianggap remeh karena dapat menimbulkan salah satu penyakit kejiwaan seperti depresi akut. Untuk itu bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, sebaiknya kamu baca artikel ini sebagai tips mencegah culture shock saat kuliah di luar negeri.

Sebelum masuk ke tips mencegah culture shock, apakah kamu sudah mengetahui arti dari culture shock itu sendiri? Culture shock dalam arti sempit adalah mereka yang masih labil dalam beradaptasi, namun jika dalam arti luas merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan perasaan gelisah, terkejut, bahkan keliru yang dirasakan seseorang apabila dia menghadapi kebudayaan yang berbeda sama sekali seperti saat berada di negara asing. Keadaan lingkungan terutama kampus ataupun kelas yang tidak sesuai harapan dikenal menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya gejala culture shock. Dalam artikel ini, akan membahas mengenai tips mencegah culture shock saat kuliah di luar negeri.

Mengapa Bisa Terjadi ‘Culture Shock’ Saat Kuliah Di Luar

Negeri

Culture shock mencangkup aspek yang ada di kehidupan sehari – sehari seperti makanan, cara berpakaian, harga barang dan lain sebagainya. Semakin berbeda kebudayaannya, semakin parah efek yang dirasakan. Namun, untuk orang yang sering berpergian cenderung lebih baik dalam menghadapi culture shock. Lalu, kenapa orang bisa terkena culture shock?

Ketika kita berpergian ke negara asing pasti kita akan menghadapi namanya kebudayaan baru, kebiasaan baru, aturan baru bahkan bahasa baru. Tentu tidak semua orang akan menerima segala sesuatu dengan mudah, butuh waktu yang cukup lama seseorang untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan baru yang memiliki kebudayaan yang sangat berbeda dari negara asal. Oleh karena itu, seseorang seringkali mengalami culture shock karena mereka tidak terbiasa dengan sesuatu yang berbeda dari kebiasaannya alias mereka masih belum bisa keluar dari zona nyamannya.

Tips Mencegah ‘Culture Shock’ Saat Kuliah Di Luar Negeri

Namun, semua itu dapat kamu persiapkan kok guys sebelum kamu tinggal di luar negeri. Tips ini mungkin akan sangat bermanfaat untuk kamu para pelajar yang akan melanjutkan kuliah ke luar negeri. Karena jika tidak diantisipasi dan diatasi, kamu bisa jadi disorientasi, tidak betah hingga stres yang selanjutnya pasti akan mengganggu proses kuliah kamu. Agar hal itu tidak terjadi, kamu wajib mengikuti tips mencegah culture shock saat kuliah di luar negeri. Keep scrolling!

1.Mencari tahu segala informasi mengenai aturan, budaya dan gaya hidup di negara tujuan

Sebelum menentukan untuk kuliah di luar negeri, baiknya kamu untuk lebih aktif mencari informasi mengenai aturan, budaya, gaya hidup hingga sistem perkuliahan di negara tujuan kamu baik di kampus maupun di masyarakat.

Banyak membaca buku panduan yang sudah bisa kamu akses di internet tentang negara tujuan. Jangan kamu memiliki pikiran, bahwasanya tinggal di negara asing sama halnya seperti kamu sedang menonton drama di televisi atau film – film ya, guys! karena jika kamu sudah menanamkan pikiran tersebut, kamu akan tenggelam dalam halusinasi ataupun bahkan kekecewaan ketika tidak sesuai dengan ekspetasi kamu. 

Selalu belajar untuk mempersiapkan skenario terburuk dalam kehidupan karena kamu akan menemukan banyak ketidakpastian di hari esok dan selanjutnya. Selalu berusaha untuk mencari tahu mengenai do & don’t di negara tujuan kamu, sehingga kamu tidak mengalami kesulitan jika kamu sudah berada disana.

2.Open minded dan belajar melihat dari perspektif warga negara asal

Segala sesuatu jika kamu selalu memiliki pikiran yang terbuka akan mempermudah kamu dalam melakukan sesuatu hal terutama beradaptasi di lingkungan baru. Saat kamu mengalami culture shock, pasti kamu akan merasa asing, bingung dan muncul perasaan atau pemikiran yang mungkin cenderung negatif seperti adanya penolakkan atau menganggap kebiasaan tersebut aneh. 

Nah, karena hal seperti inilah yang berpotensi akan terjadi saat kamu tinggal di luar negeri, maka wajib sekali kamu memiliki bekal kuat yakni open minded sebagai tips mencegah culture shock.

Memiliki pemikiran yang terbuka, akan membuat kamu terbiasa untuk melihat berbagai sudut pandang, tidak akan langsung berpikir negatif, menolak, bahkan menghindari saat kamu menemukan budaya yang benar – benar asing bagimu. Lain hal, jika kamu memiliki pemikiran yang tertutup, tidak mau menerima dan melihatnya dengan berpikir negatif maka kamu tidak akan pernah beradaptasi dengan baik, ini justru akan membuat kamu jadi stres dan akhirnya mengganggu perkuliahanmu.

3. Pastikan kamu lancar berbicara bahasanya dalam percakapan sehari – hari

Tip mencegah culture shock lainnya yaitu, sebagai pelajar asing kamu pasti akan lebih banyak mengikuti kelas dengan menggunakan bahasa inggris di kelas internasional. Namun, jika kamu memilih negara yang memiliki bahasa tersendiri, kamu juga diharuskan untuk mempelajari bahasa asli dari negara tersebut dengan baik, bukan hanya sekedar untuk mendapatkan sertifikat saja sebagai guna melengkapi persyaratan pendaftaran.

Memperdalam bahasa asli dari negara asing tersebut mempermudah kamu untuk bergaul dengan orang – orang disana, baik itu dalam kehidupan di kampus ataupun sosial di masyarakat. Hal ini juga akan membuat kamu lebih mudah untuk memahami peraturan dan budaya setempat, khususnya norma – norma tidak tertulis dalam masyarakat. Dengan begitu, masyarakat asli sana pun akan lebih welcome dan kamu juga akan beradaptasi dengan cepat. 

4. Memperbanyak bergaul dan meng-explore lingkungan setempat

Hindari membatasi pergaulan hanya dengan pelajar dari negara yang sama. Kamu harus memiliki pergaulan yang luas dan teman yang banyak untuk mempermudah kamu untuk cepat beradaptasi dengan budaya di sana sehingga kamu akan merasa nyaman. Bergaul dengan sesama pelajar asing dari negara lain juga baik, kamu jadi memiliki banyak teman untuk saling sharing dan yang sedang sama – sama belajar beradaptasi.

Berkenalan dan dekatkanlah diri dengan warga lokal, baik itu teman sesama pelajar, teman satu asrama atau tetangga, dosen, konselor, pedagang atau siapa pun. Dengan bergaul dengan warga lokal, tentu akan membuat kamu menjadi terbiasa dalam menggunakan bahasa setempat dan lebih banyak tahu budaya serta kehidupan  sehari – hari warga setempat. 

Setelah kamu sampai di negara tujuan, segera kenali kehidupan setempat dan ketahui tempat – tempat penting seperti dokter, toko, kantor pelayanan pelajar internasional. Semua itu tentu saja tidak akan berjalan dengan mulus, jika kamu terus menerus memiliki rasa takut ataupun khawatir terhadap lingkungan baru. 

Jadi, tidak ada salahnya jika kamu memiliki keberanian untuk bertanya setiap kali kamu merasa bingung mungkin dengan pengertian bahasa ketika berkomunikasi, atau lokasi tempat tujuan kamu. Selain itu, kamu juga bisa dengan rajin membaca koran atau berita lokal sehingga kamu juga tidak ketinggalan dengan berita – berita terbaru di negara tersebut. 

Sebelum kamu memutuskan untuk melanjutkan studi kamu ke luar negeri, kamu wajib banget untuk melatih diri kamu agar bisa mengontrol diri agar terhindar dari culture shock tersebut. Kalau kamu masih bingung gimana sih untuk persiapan diri sebelum kamu kuliah di luar negeri, mungkin dari segi dokumen, atau mungkin kamu ingin konsultasi dokumen – dokumen apa yang diperlukan dan bagaimana jika dokumen tersebut harus diterjemahkan. Mediamaz Translation Service bisa membantu kamu dalam kepengurusan tersebut, kami melayani selama 24 jam dan terbukti menghasilkan terjemahan dengan baik sesuai ulasan dari klien kami.

Lihat Perusahaan | Tentang Kami | Promo Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *