Tips Mendapatkan Pekerjaan Di Luar Negeri, Perhatikan ya!

Tips Mendapatkan Pekerjaan Di Luar Negeri, Perhatikan ya!

Tips Mendapatkan Pekerjaan Di Luar Negeri, Perhatikan ya!

Tips Mendapatkan Pekerjaan Di Luar Negeri, Perhatikan ya! Sudah sejak lama, memiliki pekerjaan di luar negeri menjadi incaran banyak orang dengan berbagai alasan. Seperti ada yang ingin mendapatkan gaji yang lebih besar, ada pula yang ingin menambah pengalaman dengan tinggal di negara asing. 

Keuntungan berkarir di luar negeri

Penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 50% lulusan perguruan tinggi di Indonesia memiliki keinginan bekerja di luar negeri. Artinya masyarakat di kalangan muda Indonesia yang berpendidikan setelah mereka lulus dari perguruan tinggi, memiliki impian untuk bekerja di luar negeri.

Kerja di luar negeri memang memberikan beberapa keuntungan yang belum tentu bisa didapatkan dengan bekerja di negara asal, seperti pendapatan atau gaji yang diperoleh lebih tinggi, fasilitas yang menarik, tantangan yang lebih ekstrim, kondisi kerja yang nyaman dan bahkan prestise. 

Jadi, tidak heran jika tidak sedikit orang yang memiliki cita – cita untuk bekerja di luar negeri. Selain keuntungan yang akan kamu dapatkan seperti yang sebelumnya disebutkan, dengan kamu bekerja di luar negeri juga dapat mengasah kemampuan bahasa asing, menjadi lebih mandiri serta lebih mengenal kebudayaan lain di negara tujuanmu.

Tips jika ingin kerja di luar negeri

Dengan segudang hal menggiurkan yang ditawarkan, bekerja di luar negeri memang dapat menjanjikan kesuksesan bagi mereka yang memiliki tekad yang kuat. Berikut tips jika kamu ingin kerja di luar negeri.

1.Mengenal negara tujuan

Tips pertama ketika kamu memiliki keinginan untuk bekerja di luar negeri, tentu kamu akan tinggal bersama orang asing dengan latar belakang yang berbeda, terutama di negeri dengan seribu budaya seperti Amerika Serikat.

Karena itu, penting untuk kamu mengetahui dan mempelajari budaya – budaya tersebut agar tidak mengalami culture shock yang disebabkan karena adanya perubahan budaya serta latar belakang yang berbeda jauh dengan negara asal. 

2.Mempersiapkan wawancara

Saat hendak melamar pekerjaan di luar negeri, perusahaan tujuan tidak akan langsung menentukan hari wawancara secara face-to-face. Biasanya, tahap pertama yang akan kamu lalui adalah wawancara melalui Skype.

3.Cek legalitas lembaga perantara

Apabila kamu menggunakan jasa penyalur tenaga kerja di luar negeri, pastikan lembaga yang kamu gunakan sudah resmi. Jasa penyalur tenaga kerja ini akan menjadi perantara bagi perusahaan yang membutuhkan karyawan di luar negeri. Oleh karena itu, pastikan validitas dan pengalaman lembaga tersebut.

4.Persiapan dokumen 

Sebagai calon pekerja di luar negeri, tentu tidak bisa seenaknya langsung pergi tanpa harus mempersiapkan dan mengurus dokumen – dokumen wajib. Dokumen – dokumen ini guna untuk membantu dan mempermudah kamu dalam proses pendaftaran, jalur hukum, perlindungan dan lain -lain. 

5.Jaga kesehatan

Dan tips terakhir Untuk dapat bekerja dengan baik saat di luar negeri, kondisi kesehatan menjadi salah satu faktor penting. Kesehatan merupakan faktor utama yang mendukung performa kerja kita.

Dengan kondisi badan yang fit, akan siap menghadapi segala macam proses dan tes yang dibutuhkan dengan serius tanpa adanya distraksi. Terlebih lagi, saat berada di negara asing, kita berada jauh dari sanak keluarga sehingga kita dituntut untuk lebih mandiri. 

Daftar negara rekomendasi untuk kerja di luar negeri

Ada cukup banyak negara yang membuka untuk tenaga kerja asing. Bahkan Indonesia termasuk salah satunya. Namun kamu juga harus pintar dalam memilih negara tujuan dengan berbagai pertimbangan termasuk kenyamanan hingga tingkat upah yang ditawarkan. Berikut negara yang menjadi rekomendasi untuk kerja di luar negeri.

1.Singapura

Sebagai salah satu negara tetangga, Singapura memang kerap menjadi negara tujuan untuk kerja di luar negeri bagi penduduk Indonesia. Beberapa perusahaan bahkan membuka kesempatan khusus bagi pekerja yang berasal dari Indonesia.

Mulai dari bulan September 2016, pemerintah Singapura juga telah menetapkan nilai upah minimum yakni sebesar SGD 1,100. Dan perlu menjadi catatan juga, jika biaya hidup di Singapura cukup tinggi.

2.Hong kong

Diantara negara – negara lain, Hong kong merupakan negara yang sangat ramah terhadap para pendatang. Saking ramahnya, kamu bisa dengan mudah menemukan TKI asal Indonesia di sini.

Sama seperti Singapura, bekerja di Hong Kong juga menjanjikan penghasilan yang cukup menggiurkan. Sayangnya hal ini juga dibarengi dengan biaya hidup yang tinggi. Hong Kong bahkan menempati posisi kedua setelah Jepang sebagai negara dengan  biaya hidup termahal di Asia. 

3.Inggris

Selain menjadi negara tujuan belajar, Inggris juga menyambut baik tenaga kerja asing dari Indonesia. Tidak seperti Jepang, atmosfer kerja di Inggris jauh lebih sehat. Banyak perusahaan disana bahkan tidak memberlakukan kerja lembur.

Dengan gaji yang cukup tinggi, biaya hidup yang harus dikeluarkan pun cukup lumayan tinggi juga. kamu juga perlu mempertimbangkan secara matang sebelum memutuskan untuk memilih Inggris sebagai negara tujuan kerja. 

4.Korea Selatan

Negara yang terakhir adalah Korea Selatan, Korsel beberapa tahun belakangan semakin populer dijadikan sebagai tujuan kerja ke luar negeri. Ini terjadi karena adanya hubungan bilateral yang semakin membaik antara Korsel dengan pemerintah Indonesia.

Selain itu, perusahaan – perusahaan di negeri gingseng ini menawarkan upah yang cukup tinggi hingga Rp.31 juta perbulan. 

Dokumen yang dibutuhkan untuk kerja di luar negeri

Salah satu dari sekian banyak persyaratan yang harus kamu persiapkan bagi calon pekerja adalah dokumen. Dilansir dari Robjobs, sebelum jadwal keberangkatan pastikan kamu memiliki berkas – berkas seperti Paspor yang dikeluarkan oleh kantor imigrasi setempat, Visa kerja, KTP (asli dan fotokopi), Ijazah pendidikan terakhir, Akte kelahiran, KTKLN (Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri), Surat keterangan sehat dan Surat perjanjian kerja.

Pada era saat ini, ternyata masih banyak yang cukup bingung dalam persiapan dokumen – dokumen untuk mendaftar pekerjaan di luar negeri, belum lagi dokumen untuk keberangkatan ke negara yang dituju.

Nah, untuk kamu yang bingung ingin mengurus dokumen – dokumen untuk persiapan mendaftar pekerjaan serta perjalanan ke luar negeri, seperti menerjemah dokumen atau legalisasi. Kamu bisa langsung menghubungi kami, sebagai solusi kebingungan kamu. Kami akan melayani kamu selama 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *