Tips Menentukan Jasa Penerjemah Tersumpah Bahasa Asing

Tips Menentukan Jasa Penerjemah Tersumpah Bahasa Asing

Tips Menentukan Jasa Penerjemah Tersumpah Bahasa Asing

Ketika kamu membaca beberapa persyaratan dokumen untuk beasiswa ke luar negeri, biasanya mereka meminta agar dokumen yang diminta ditulis kedalam bahasa negara tujuan. Namun, faktanya dokumen seperti ijazah asli dan transkrip nilai kita menggunakan bahasa Indonesia. Artikel ini akan membahas tips menentukan jasa penerjemahg tersumpah bahasa asing.

Apa sih penerjemah tersumpah itu?

Ternyata masih banyak orang yang tidak mengetahui apa definisi dari penerjemah tersumpah, lantaran di tengah masyarakat seorang yang memiliki kemampuan menerjemahkan suatu Bahasa disebut sebagai translator.

Lalu, apakah definisi dari penerjemah tersumpah? jika dilihat dari definisi kata penerjemah tersumpah, maka dapat diartikan sebagai penerjemah yang dinyatakan lolos kualifikasi UKP atau Ujian Kualifikasi Penerjemahan. Setelah mereka dinyatakan berhak mendapatkan sertifikat, para penerjemah tersebut diambil sumpahnya oleh Gubernur atau pejabat yang dipercaya atau ditunjuk untuk melakukan sumpah tersebut.

Ujian yang harus mereka lalui diselenggarakan oleh fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, dan syarat kelulusan mereka harus dinyatakan dengan nilai A atau minimal mendapatkan akumulasi penilaian 80. Biasanya para penerjemah ini dibutuhkan untuk pengurusan dokumen yang berhubungan dengan keimigrasian dari dalam maupun luar negeri. 

Apa bedanya dengan penerjemah biasa?

Adapun perbedaan dari penerjemah biasa dengan penerjemah tersumpah terletak pada aspek legalitas untuk dokumen tertentu. Sebagai contoh penerjemah biasa adalah penerjemah freelance yang biasa kamu temui di sekitar kampus – kampus besar.

Sebenarnya, semua penerjemah merupakan orang yang memiliki kemampuan hebat dan sangat dibutuhkan oleh orang lain. Namun, penerjemah lepas biasanya tidak mengikuti pendidikan maupun tes. Mereka memang terlahir dengan kemampuan menerjemahkan suatu Bahasa, dimana ditunjang dengan kemampuan mereka untuk meningkatkan keahlian mereka dalam bidang terjemahan.

Keuntungan menggunakan jasa penerjemah tersumpah

Dengan kamu menggunakan jasa penerjemah tersumpah untuk menerjemahkan dokumen – dokumen untuk pendidikan di luar negeri, tentu akan ada keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan penerjemah tersumpah.

Keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan menggunakan jasa penerjemah tersumpah untuk segala urusan maupun dokumen seperti kualitas hasil terjemahan, legalitas terjamin, jika kamu memerlukan penerjemah bersertifikat yang dapat melegalkan dokumen kamu secara hukum seperti akta, surat tanah, sertifikat dan lain sebagainya. 

Kemudian, spesialisasi penerjemah. Kamu dapat dengan mudah menyesuaikan kebutuhan dokumen kamu dengan rekomendasi penerjemah, misalkan kamu ingin menerjemahkan tugas sekolah atau kuliah, dokumen penelitian, kesehatan atau dokumen teknis sekalipun. Terjemahan yang akurat, dan tentu kerahasiaan dokumen terjaga.

Tips menentukan jasa penerjemah tersumpah
  1. Profesionalisme

Tolak ukur pertama yang menjadi penilaian apakah penyedia jasa penerjemah tersumpah bisa dipercaya atau tidak adalah tingkat profesionalisme mereka. Penerjemah terpercaya selalu memiliki desain website profesional yang bisa menjadi acuan bagi calon klien untuk mengenalnya lebih lanjut.

Website profesional ditandai dengan informasi daftar kontak, alamat kantor, portfolio, daftar klien, testimoni, dan profil singkat perusahaan.

     2. Sertfikasi

Jasa penerjemah tersumpah yang terpercaya bukan hanya sekedar memiliki website profesional dan pelayanan yang baik. Melainkan juga mengantongi sertifikasi dari pemerintah. 

Ini merupakan salah satu syarat wajib untuk diperhatikan. Harap waspada apabila jasa penerjemah belum mengantongi sertifikasi resmi. Sebab untuk mendapatkan sertifikasi tidaklah mudah. Seorang ahli bahasa harus melalui ujian kualifikasi penerjemah dan disumpah oleh pemerintah daerah.

     3. Testimoni konsumen

Ulasan konsumen juga sangat membantu kamu dalam mengenal jasa penerjemah. Dari sini kamu bisa mengetahui tingkat kepuasan dan bukti nyata orang – orang yang pernah mencoba layanannya. Semakin banyak testimoni positif dari klien, makan semakin layak untuk dijadikan pilihan utama.

     4. Contoh terjemahan

Penerjemah profesional senantiasa melampirkan contoh dokumen asli dan hasil terjemahan yang dikerjakan. Tujuannya adalah supaya calon klien bisa mengetahui apakah layanan yang diberikan sesuai kriteria atau tidak. Sehingga tidak ada kekecewaan di akhir transaksi, karena klien bisa melihat langsung kualitasnya di awal – awal.

     5. Jaminan kerahasiaan dokumen

Yang terakhir, seorang penerjemah harus menjamin kerahasiaan dokumen klien. Karena percuma saja hasil akhir berkualitas baik, namun kerahasiaan dokumen kamu tidak terjaga.

Begitulah yang dilakukan oleh Mediamaz Translation Service dalam melayani jasa penerjemah tersumpah. Memastikan setiap klien mendapatkan perlindungan informasi dengan tingkat tertinggi.  Dokumen dijamin aman dan informasi penting didalamnya tidak tersebar ke pihak manapun.

Jika Anda membutuhkan jasa penerjemah tersumpah untuk menerjemahkan dokumen ataupun legalisasi, jangan khawatir! kamu bisa menggunakan langsung menghubungi kami untuk solusi kebingungan Anda. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *