Tips Persiapan Kuliah di Luar Negeri Saat Pandemi

Tips Persiapan Kuliah di Luar Negeri Saat Pandemi

Tips Persiapan Kuliah di Luar Negeri Saat Pandemi

Ada banyak sekali cara untuk memperluas perspektif, meningkatkan pengetahuan, dan value personal serta kemampuan yang kita miliki. Salah satu contohnya, menentukan pilihan untuk berkuliah di luar negeri. Belajar hingga di negeri luar nggak hanya memberikan pengalaman biasa loh! Kamu bisa mendapatkan pengalaman studi sekaligus hidup yang akan memberikan dampak besar di kehidupan selanjutnya. Namun, sebelum melangkah lebih jauh, kamu harus memperhatikan persiapan kuliah di luar negeri terutama di saat pandemi seperti saat ini. Artikel ini akan membahas mengenai tips persiapan kuliah di luar negeri saat pandemi.

 

Mungkinkah Belajar di Luar Negeri saat Pandemi?

Seperti yang kita ketahui, penyebaran global COVID-19 menimbulkan imbas besar di setiap sektor. Mulai dari pariwisata, ekonomi, hingga pendidikan seperti yang tengah dihadapi para siswa di seluruh dunia. Tahun 2020 yang lalu memang menjadi tantangan yang cukup terlihat dalam perjalanan internasional.

Namun, di tahun 2021 ini kesempatan kamu yang ingin melanjutkan studi di luar negeri semakin terbuka dan disambut loh! Beberapa negara mulai ‘membuka’ kembali gerbang mereka dalam menyambut pelajar internasional. Tentunya dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Mulai dari New Zealand, beberapa negara Eropa seperti Jerman dan Prancis hingga Amerika bisa menjadi destinasi kuliah bagi kamu yang berencana kuliah di luar negeri. Apalagi, negara – negara tersebut merupakan negara yang termasuk terkemuka dalam pendidikan world class.

Sudah sangat terjamin kualitas pendidikannya. Nah, untuk siap menerjang dunia sekaligus beradaptasi dengan situasi yang harus dihadapi, Meddy punya tips nya nih!

 

Fokus Pada Persiapan Tes Bahasa (TOEFL/IELTS) 

Selama masa pandemi seperti saat ini, memang yang harus kita lakukan adalah menunggu. Namun, menunggu bukan berarti kamu harus diam ya sahabat Meddy. Sambil menunggu pendaftaran beasiswa atau universitas tujuan dibuka, kamu bisa loh melatih kemampuan bahasa Inggris kamu.

Kamu bisa belajar secara mandiri atau otodidak di rumah, sehingga kamu bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan kamu pada saat mengerjakan salah satu tes kemampuan bahasa Inggris tersebut. Mungkin, kamu bisa mengatur jadwal belajar kamu dalam sehari, dan melakukan simulasi mandiri ketika kamu rasa cukup dengan latihan yang kamu lakukan sehari – hari.

Sehingga pada saat pendaftaran beasiswa dan universitas dibuka, kamu tidak perlu khawatir perihal kemampuan bahasa Inggris kamu. Dan kamu bisa memilih tes TOEFL/IELTS untuk keperluan pendaftaran kamu.

 

Pelajari Setiap Peraturan yang Diberikan

Mungkin terbilang sulit di masa pandemi seperti ini, kamu harus selalu up-to-date mengenai segala peraturan yang diberikan oleh penyelenggara beasiswa atau universitas. Karena mungkin setiap program beasiswa memiliki peraturan dan ketentuan masing-masing untuk menghadapi masa pandemi saat ini.

Oleh karena itu, kamu harus mengecek secara berkala mengenai informasi program beasiswa yang ingin kamu daftar atau universitas yang kamu tuju. Sehingga kamu tidak akan ketinggalan informasi, jika secara mendadak ada perubahan mengenai pembukaan atau penutupan pendaftaran, atau mungkin keberangkatan.

 

Adaptasi Cara Berkomunikasi

Pasti sudah terbayang banget kan ketika harus menyesuaikan cara berkomunikasi yang baru saat ini dengan teman – teman kampus kamu nantinya. Tentu saja, kalian akan lebih sering menghabiskan waktu berdiskusi menggunakan platform messaging ataupun video call. Meskipun praktis, terkadang beberapa dari kita bisa kesal karena koneksi ataupun sulit berbicara secara langsung.

Di sana kamu harus bisa memulai belajar bagaimana cara berkomunikasi yang nyaman dan mungkin bisa mengubah cara baru belajar. Kamu bisa membuat kelompok studi melalui video call sekaligus seru – seruan! Selain belajar, kamu juga punya kesempatan untuk sekalian refreshing dengan berbicara random bersama teman – teman baru.

 

Dokumen yang Harus Kamu Persiapkan

Meskipun di masa pandemi seperti saat ini, kamu harus tetap memperhatikan dan mempersiapkan segala dokumen untuk pendaftaran loh sahabat Meddy! Itu kenapa kamu harus selalu memperhatikan situs program beasiswa atau universitas yang kamu tuju, supaya tidak ada dokumen yang tertinggal. Dokumen yang harus kamu persiapkan, yakni:

    1. Paspor dan Visa
    2. Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris
    3. Resume/ CV
    4. Ijazah dan Transkrip Nilai pendidikan terakhir
    5. Surat Rekomendasi
    6. Motivation Letter


Demikian, tips supaya kamu tetap bisa kuliah di luar negeri dari persiapan hingga hal yang bisa kamu manfaat kan. Untuk masalah pengurusan dokumen, seperti membutuhkan jasa penerjemah atau legalisasi. Jangan khawatir! Kami dapat membantu kamu, Lebih lanjut, kamu bisa langsung hubungi kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *