Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

TOEFL vs IELTS, Manakah yang Lebih Penting?

TOEFL vs IELTS, Manakah yang Lebih Penting?

Kalau kamu ingin melanjutkan studi ke luar negeri, maka kamu akan diminta untuk memberi nilai tes kemampuan Bahasa Inggris. Tes tersebut bisa berupa TOEFL ataupun IELTS.  Biasanya hal ini digunakan untuk memastikan bahwa kemampuan bahasa Inggris kamu, baik dalam membaca, berbicara dan menulis cukup untuk mengikuti kuliah di kampus tujuan. Kali ini, Meddy akan membahas manakah yang lebih penting atau banyak dibutuhkan antara TOEFL vs IELTS.

Kunjungi website mediamaz.co.id atau kunjungi website blog mediamaz.co.id/artikel

Apa itu TOEFL dan IELTS dalam Bahasa Inggris

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) merupakan tes yang bertujuan menguji dalam berkomunikasi Bahasa Inggris khususnya dibidang akademik dan institusi pendidikan. Ujian ini pun diselenggarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat untuk semua peserta tes di seluruh dunia.

Tes TOEFL terdiri dari dua tipe, yaitu TOEFL ITP dan TOEFL iBT. TOEFL ITP (Institutional Testing Program) biasanya digunakan untuk wilayah Asia, dengan skornya yang bersifat institusional, atau hanya digunakan untuk institusi dan wilayah lokal tertentu dan tidak berlaku di seluruh negara di dunia. Pada umumnya, tes TOEFL yang digunakan adalah tes TOEFL iBT (Internet Based Test) dimana kalian akan diminta untuk merekam semua jawaban kamu di komputer yang telah terhubung langsung dengan internet. Dan jawaban akan dikirim langsung ke ETS. 

Sewa Alat Interpreter Terbaik

Sedangkan, IELTS (International English Language Test System) merupakan tes berbahasa Inggris yang digunakan untuk tujuan akademik, imigrasi dan rekrutmen tenaga kerja dari negara lain. Pada umumnya tes IELTS diterima oleh institusi di negara Australia, Inggris dan Selandia Baru. IELTS merupakan uji coba kemampuan bahasa Inggris yang diselenggarakan bersama oleh Universitas Cambridge, British Council dan IDP Education Australia. Berbeda dengan TOEFL, IELTS lebih berorientasi pada British English dan sedikit Australian English.

Jasa Penerjemah Tersumpah

Sistem Penilaian Kedua Test Bahasa Inggris

Tes TOEFL ITP terbagi menjadi tiga sesi ujian, yaitu Listening, Structure and Written Expression, dan Reading Comprehension. Untuk sistem penilaiannya pun, TOEFL menggunakan sistem poin TOEFL menggunakan sistem poin 310-677 untuk ITP dan 0-120 untuk IBT dengan rata-rata nilai yang diminta adalah 80 atau 90.Untuk minimal skor TOEFL, tergantung universitas namun biasanya nilai skor TOEFL minimal yang harus diperoleh untuk bisa mengikuti program sarjana adalah 550 (IBT).

Sedangkan sistem penilaian dari IELTS adalah menggunakan sistem band dengan menilai setiap bagian dengan skor 0-9, yang kemudian akan diratakan untuk skor akhir dalam skala 0-9. Minimal skor yang harus didapat pun adalah 5.5 atau 6. Berbeda halnya dengan tes TOEFL, tes IELTS semua jawaban akan ditulis tangan. Terdapat empat bagian, yaitu Speaking, Writing, Listening dan Reading.

 

BACA JUGA: 5 Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Ada Sampai Ratusan Juta!

Jasa Penerjemah Tersumpah

Tips Belajar cepat TOEFL dan IELTS

Jasa Penerjemah Profesional

Buat kamu yang berminat untuk mengikuti test TOEFL vs IELTS sebagai persiapan masuk kuliah keluar negeri ataupun sekedar untuk mengetahui kemampuan. Kamu dapat mengikuti beberapa cara cepat ini.

  1. Meluangkan waktu belajar

Tes kemampuan Bahasa Inggris selalu memerlukan waktu belajar karena tes ini memiliki beberapa materi yang perlu kamu pahami. Jika kamu berstatus sebagai pelajar, cobalah untuk meluangkan waktu tersebut. 

Mungkin kedengarannya bukan hal yang sulit, namun terkadang banyak yang lupa untuk mengikuti rutinitas ini. Kalau kamu sedang sekolah atau bekerja maka buatlah jadwal belajar sesuai mood terbaikmu (pagi, siang atau malam). Luangkanlah waktu per-hari 2 jam untuk belajar. 

       2. Menonton film berbahasa Inggris

Menonton film berbahasa Inggris merupakan cara ampuh untuk meningkatkan kemampuan listening lho! Kamu dapat mendengarkan percakapannya secara langsung dan hal tersebut justru juga dapat meningkatkan kemampuan vocab.

Ketika kamu tidak memahami sebuah kata atau kalimat yang diucapkan, kamu bisa melihatnya melalui subtitle Bahasa Inggris dan cobalah untuk mengetahui arti melalui kamus.

       3. Memahami kelas kata

Hal ini sebenarnya merupakan sesuatu yang mudah untuk meningkatkan nilai structure dalam tes. Kamu perlu mengetahui serta memahami pembagian kata yang ada dalam satu kalimat di soal structure, seperti subject dan verbnya.

Kamu pun bisa mencari contoh soal belajar TOEFL atau IELTS gratis di internet atau melalui media lain. Jika sudah memahami kelas kata, kamu akan lebih mudah mengerjakan bagian structure nantinya. 

Sewa Alat Interpreter Terbaik

Layanan Mediamaz Translation Service

Demikian, perbedaan antara TOEFL vs IELTS yang bisa kamu jadikan pertimbangan nih untuk kamu yang ingin kuliah di luar negeri.

Nah, untuk kamu yang bingung ingin mengurus dokumen – dokumen untuk persiapan mendaftar kuliah ataupun beasiswa, seperti menerjemah dokumen atau legalisasi. Kamu bisa langsung menghubungi kami, sebagai solusi kebingungan kamu. Kami akan melayani kamu selama 24 jam.

Jasa Penerjemah Profesional

Mediamaz Translation Service telah berdiri sejak tahun 1998 di bawah PT Mediamaz Solusindo Nusantara dan sudah melayani berbagai jenis klien lebih dari 20 tahun. Dengan pengalaman dan konsistensi Kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada klien, sampai saat ini Kami dipercaya dan diakui sebagai penyedia jasa penerjemah tersumpah.

Kualitas merupakan prioritas utama Kami dalam memberikan pelayanan jasa yang perusahaan Kami tawarkan. Sesuai dengan Sertifikasi ISO 9000 : 2015 yang merupakan dasar kontrol kualitas yang digunakan oleh perusahaan kami, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas layanan yang Kami berikan.

Tim penerjemah kami tergabung dari beberapa organisasi besar, yakni Penerjemah Tersumpah, Penerjemah HPI, dan Penerjemah Freelance.

Profesional & Berpengalaman

Tim interpreter kami terdiri dari tim ahli bahasa yang sudah berpengalaman dalam mengerjakan berbagai macam proyek terkait bahasa.

Akurat

Hasil terjemahan oleh tim interpreter kami dijamin 100% akurat dan sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Konsultasi Kapanpun

Sebelum melakukan pemesanan jadwal, Kamu bisa berkonsultasi dengan tim interpreter kami perihal kebutuhan acara. Karena tim kami akan selalu siap melayani Kamu kapanpun dan dimanapun.

Tanpa Biaya Tambahan

Kamu tidak perlu pusing lagi soal biaya, karena Kamu hanya perlu membayar jasa kami dan tidak perlu membayar biaya tambahan.

Menjadi Translator:

Hire Translator: 

  • Outsourcing Translator & Interpreter
  • Headhunter Translator & Interpreter
  • Freelance Translator & Interpreter

Temukan 500+ Pekerjaan & Proyek Terjemahan:

  • Job Search Translator & Interpreter
  • Recruitment Translator & Interpreter
  • Consultant Translator & Interpreter
  • Join Our Translator & Interpreter Team 
Sewa Alat Interpreter Terbaik
Jasa Penerjemah Tersumpah
Jasa Penerjemah Profesional

Navigasi Website :
Website Utama
Blog Mediamaz TS
Kontak
Cara Menjadi Translator
Cara Menjadi Interpreter
Sertifikasi Translator
Sertifikasi Interpreter
Hire Penerjemah
Outsourcing Penerjemah

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *