Tokoh Inspiratif Indonesia dengan Prestasi Mendunia

Tokoh Inspiratif Indonesia dengan Prestasi Mendunia

Indonesia boleh saja tidak termasuk ke dalam kategori 10 negara terpintar di dunia, sebagaimana dirangkum Business Insider beberapa waktu lalu. Namun, tidak berarti kecerdasan warganya tertinggal dari mereka yang berada di Korea Selatan, Jerman, ataupun Swedia, yang notabene masuk ke dalam 3 besar negara terpintar di dunia. Terbukti dengan tidak sedikitnya karya anak bangsa yang mendunia. Dalam artian tak hanya dikenal atau diakui di dalam negeri, tetapi juga dikenal di dunia internasional. Artikel ini membahas tentang tokoh inspiratif Indonesia dengan prestasi mendunia.

 

Tokoh Inspirasional Indonesia yang Mendunia

Beberapa tahun terakhir, Indonesia mengalami kemajuan teknologi yang pesat. Adanya pembaharuan tersebut dimanfaatkan bagi beberapa orang untuk dijadikan sebuah usaha yang menghasilkan karya. Tidak hanya di Indonesia, namun sukses juga di dunia.

Namun, apakah kalian tahu ilmuwan Indonesia yang mendunia? yang karya – karyanya diakui oleh dunia? Kamu perlu mengetahui hal – hal tersebut loh. Nah, berikut 4 tokoh inspiratif Indonesia yang karyanya mendunia.

 

Dr. Khoirul Anwar, Penemu Konsep Dua FFT, yang Dipakai Dalam Teknologi 4G LTE

Dr. Prof. Khoirul Anwar merupakan tokoh inspiratif pertama yang merupakan seorang ilmuwan asal Kediri Jawa Timur yang menempuh Pendidikan di Teknik Elektro ITB dan Nara Institute of Science and Technology, NAIST. Beliau dikenal sebagai pemilik paten teknologi broadband yang menjadi standar International Telecommunication Union (ITU).

Pada tahun 2010 Dr .Eng Khoirul Anwar tengah menemukan konsep dua Fast Fourier Transform (FFT) yang kemudian menjadi standar International Telecommunication Union (ITU). Temuannya ini, berhasil meningkatkan kecepatan transmisi data. 

ITU merupakan salah satu pembentuk komponen teknologi LTE. Hingga saat ini, Dr. Eng Khoirul Anwar telah memiliki tiga paten dalam dunia telekomunikasi. Selama ini, beliau memang dikenal sebagai penemu 4G LTE, namun ternyata beliau meluruskan saat wawancara detikNET di tahun 2016 lalu, bahwa Khoirul mengaku tidak tahu siapa yang memulai panggilannya sebagai penemu 4G LTE. Yang pasti, beliau selalu menyebutkan bahwa dirinya menemukan konsep dua FFT.

Patennya tersebut berhasil meningkatkan kecepatan transmisi data loh, teman – teman Meddy.

 

Dr. Joe Hin Tjio, Penemu Fakta Jumlah Kromosom Manusia

Dr. Joe Hin Tjio merupakan ahli genetika kelahiran Pekalongan yang menemukan fakta bahwa jumlah kromosom manusia sebanyak 46 buah, bukan 48 buah. Penemuannya ini mematahkan asumsi yang sudah ada di dunia selama lebih dari 50 tahun yang percaya bahwa manusia normal memiliki 46 buah.

Penelitian dilakukan di laboratorium Institute of Genetics of Sweden’s University of Lund dan dipublikasikan di Hereditas, jurnal ilmiah Denmark, Norwegia, dan Swedia, jurnal genetika yang terkemuka saat itu. Ini menjadi penemuan yang sangat penting karena merupakan perhitungan yang pertama dan definitif, terkandung gen yang menentukan garis keturunan seseorang.

 

Prof. Josaphat ‘Josh’ Tetuko Sri Sumantyo, Ph.D

Prof. Josaphat T.S. Sumantyo merupakan tokoh inspiratif ketiga yang merupakan seorang ilmuwan asal Bandung yang menempuh Pendidikan di Universitas Kanazawa. Jepang dan Universitas Chiba, Jepang. Beliau menemukan radar 3 dimensi yang sangat membantu dalam mengirim informasi untuk navigasi pesawat. 

Beliau merupakan salah satu pemegang paten antena mikrostrip (antena berbentuk cakram berdiameter 12 sentimeter dan tebal 1.6 milimeter) yang dapat digunakan untuk berkomunikasi langsung dengan satelit, penemu circularly polarized synthetic aperture untuk pesawat tanpa awak dan small satellite, serta penemu radar peramal cuaca 3 dimensi.

Penemuannya ini tersebar di beberapa negara di dunia dan sering digunakan untuk memprediksi cuaca. Banyak penghargaan sudah diraihnya berkat dedikasinya di bidang antena, sensor, dan radar, di antaranya adalah Nanohana Venture Competition Award, Nanohana Competition Award hingga Chiba University President Award.

 

Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie FREng

Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie FREng, tokoh inspiratif yang sudah tidak asing lagi ditelinga  terlepas sebagai presiden ketiga, Habibie menyumbangkan banyak inovasi yang mendunia dan diakui secara internasional. Banyak karya beliau berkutat pada bidang penerbangan, khususnya desain dan teori pesawat.

Beliau merupakan seorang ilmuwan asal pare – pare yang menjadi penemu Teori Crack untuk mengetes kualitas pesawat terbang.

Selain, penemuan teori Crack – nya, beliau juga menghitung crack propagation on random sampai ke atom – atom pesawat terbang untuk mengetes kualitas pesawat terbang. Tidak hanya itu, ia juga menciptakan pesawat terbang sendiri berjenis CN – 235 dan N-250 serta membantu dalam produksi pesawat Eropa berjenis A-300.

Nah, sekarang sudah tahu kan bahwa Indonesia juga memiliki orang – orang hebat yang dikenal dan diakui oleh dunia? Semoga kamu terinspirasi ya dan dapat melahirkan karya – karya lainnya sehingga dapat dikenal pula hingga internasional, jangan berhenti berkarya ya!

 

Informasi layanan

Para tokoh tersebut juga pernah mengenyam pendidikan di luar negeri loh, gimana apakah kalian juga memiliki rencana atau keinginan untuk melanjutkan studi di luar negeri? Dengan segala kemudahan yang ada seperti tersedianya beasiswa – beasiswa yang dikeluarkan dari universitas bahkan pemerintah negara asing. 

Kamu jadi tidak perlu untuk pusing mikirin, bagaimana cara untuk bisa kuliah di luar negeri. Kamu tinggal mempersiapkan kualitas dirimu saja dari jauh – jauh hari! Tenang, konsultasikan kekhawatiran kamu tentang beasiswa ke Mediamaz Translation Service. Universitas yang kamu tuju memerlukan resume/CV ke dalam “Mother Language”nya? Jangan khawatir! Hubungi Meddy dan Meddy akan menjawab kesulitan kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *