Tokoh – Tokoh Indonesia yang Menjadi Nama Jalan di Luar Negeri

Tokoh – Tokoh Indonesia yang Menjadi Nama Jalan di Luar Negeri

Tokoh – Tokoh Indonesia yang Menjadi Nama Jalan di Luar Negeri

Ternyata ada banyak tokoh asal Indonesia yang namanya harum hingga ke luar negeri. Para tokoh ini dikagumi karena keberanian dan semangatnya untuk memajukan rakyat Indonesia. Hal yang lebih membanggakan, nama mereka sampai dijadikan nama jalan untuk mengenang jasanya. Tak hanya di dalam negeri, sejumlah nama tokoh Indonesia juga ada yang sampai diabadikan menjadi nama jalan di luar negeri. Siapa saja tokoh tersebut? Yuk, baca artikel ini sampai habis.

 

Soekarno

Nama besar presiden pertama Indonesia, Soekarno, memang telah diakui hingga ke penjuru dunia. Saking hebatnya, nama sang Bapak Proklamator diabadikan di lebih dari satu negara. Pertama Avenue Soekarno di Rabat, Maroko. Tepat di depan Bank Al Maghreb, nama presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno tertulis sebagai nama jalan. 

Kemudian jalan Ahmed Soekarno di Kairo, Mesir, dan Soekarno Road di Peshawar, Pakistan. Konferensi Asia Afrika 1955 yang diselenggarakan di Bandung, Indonesia, tampaknya memang begitu membekas di negara-negara anggotanya, sehingga membuat nama Soekarno begitu dikenang oleh para pemimpin negara tersebut.

 

Mohammad Hatta

Nama Mohammad Hatta dijadikan sebuah nama jalan di Belanda. Jalan bernama Mohammed Hattastraat itu diresmikan pada 1987 sebagai bentuk penghormatan Bung Hatta dalam memerdekakan Indonesia.

Bung Hatta dikenal sebagai bapak koperasi Indonesia, juga berperan penting bersama Soekarno dalam kemerdekaan Indonesia. Ia juga pernah mengenyam pendidikan di Belanda saat era kolonialisme.

Selama belajar di Belanda, ia aktif dalam perkumpulan pelajar Indonesia bernama Indische Vereeniging (IV). Bersama teman-temannya seperti Suwardi Suryaningrat, Douwes Dekker, dan Cipto Mangunkusumo, menjadi pelopor pergerakan kemerdekaan Indonesia.

 

Kartini

Perempuan penulis buku ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ itu diabadikan namanya di Belanda sebagai nama jalan. Pahlawan yang memperjuangkan hak dan kesetaraan perempuan tersebut harum namanya hingga ke Negara Kincir Angin.

Atas jasanya tersebut, pemerintah Belanda memberikan apresiasi dengan mengabadikan namanya menjadi nama jalan di empat kota di Belanda.

Marka jalan bertuliskan R A Kartinistraat, terletak di kawasan Amsterdam Zuidoost atau yang dikenal dengan sebutan Bijlmer. Nama RA Kartini juga dijadikan jalan di Harlem, Utrecht dan Kota Venlo.

 

Sutan Sjahrir

Tokoh perintis kemerdekaan, seorang intelektual, dan revolusioner kemerdekaan Indonesia ini diabadikan namanya sebagai nama jalan di tiga tempat berbeda di Belanda.

Sjahrir merupakan Perdana Menteri pertama Indonesia yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada April 1966. Ia juga pernah kuliah hukum di Universitas Amsterdam sebelum pindah ke Leiden School of Indology.

Nama jalannya, yaitu Sjahrirstraat di Kota Leiden, Sjahrir Single di Kota Gouda, dan Sutan Sjahrirstraat di Harlem. Lokasinya tidak jauh dari Kartinistraat dan Hattastraat.

 

Joko Widodo

Presiden Joko Widodo menambah deretan nama tokoh Indonesia yang diabadikan sebagai nama jalan di luar negeri. Joko Widodo Street resmi menjadi nama jalan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada November 2020.

Jalan Presiden Joko Widodo terletak di salah satu ruas jalan utama yang membelah Abu Dhabi National Exhibition Center (ADNEC) dengan kawasan kedutaan besar yang ditempati sejumlah Kantor Perwakilan Diplomatik. Sebelumnya, jalan ini bernama Al Ma’arij Street yang menghubungkan jalan Ramdan dengan jalan Tub Al Kubra.

Penamaan Joko Widodo Street disebut sebagai refleksi hubungan erat Indonesia dengan UEA, sekaligus bentuk penghormatan Pemerintah UEA kepada Jokowi dalam memajukan hubungan bilateral kedua negara.

 

Apresiasi internasional terhadap pahlawan Tanah Air tentu sangat membanggakan rakyat Indonesia. 

Bagi kamu yang membutuhkan jasa penerjemah tersumpah untuk menerjemahkan dokumen ataupun jurnal internasional. Pas banget nih! Kami menyediakan berbagai layanan jasa seperti jasa penerjemah, legalisasi hingga interpreter. Dan tentu dengan harga yang sangat terjangkau. Langsung hubungi kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.