Tom Yum Mah Banyak di Indonesia! Nih, Makanan Khas Thailand Lainnya yang Bisa Kamu Cobain di Thailand

Tom Yum Mah Banyak di Indonesia! Nih, Makanan Khas Thailand Lainnya yang Bisa Kamu Cobain di Thailand

Ke Thailand Masa Cuma Makan Tom Yum? Itu Mah Bisa Kamu Cicip di Indonesia!

Jika membicarakan makanan memang tidak ada abisnya, ya Medizen! Banyak banget makanan-makanan khas dari mancanegara yang pastinya kamu mau cobain kalau punya kesempatan pergi ke restoran yang memang menyediakan makanan yang ingin kamu coba. Namun, apakah rasanya akan sama seperti aslinya? Terkadang, makanan khas mancanegara yang sudah terjual bebas di Indonesia cita rasanya sudah diformulasikan agar sesuai dengan lidah masyarakat dalam negeri. Begitu pula dengan makanan khas Thailand yang sudah banyak terjual di pasaran dalam negeri. Rasa aslinya sudah berubah karena telah tercampur dengan bumbu-bumbu lain demi menyamakan dengan selera orang Indonesia. Maka dari itu, untuk mencoba rasa asli dari makanan khas Thailand kamu juga harus mencoba untuk datang langsung ke Negeri Gajah Putih tersebut.

Free Soup With Vegetables and Shrimp in Brown Ceramic Bowl Stock Photo

By Pexels

Profil Negara Thailand

Sebelum mengetahui apa saja makanan-makanan khas Thailand, kamu harus tau nih profil negara Thailand.

Thailand adalah sebuah negara Monarki Konstitusional yang letaknya berada di Asia Tenggara. Luas wilayah Thailand adalah 513.120 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 69.480.520 jiwa (2021). Kepala Negara Thailand adalah seorang Raja dan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri. Ibu kota Thailand adalah Bangkok atau yang sekarang bernama Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Italia

Makanan Khas Thailand

Thailand adalah salah satu negara yang merupakan surganya para wisatawan. Mulai dari destinasi wisata yang melimpah sampai dengan makanan khasnya yang lezat dan sayang untuk kamu lewatkan. Pada dasarnya, karena Thailand berada di wilayah Asia Tenggara, menjadikan rasa makanannya juga cocok di lidah masyarakat Indonesia. Ini karena Thailand juga menggunakan rempah-rempah yang sama dengan masakan Indonesia. Cita rasa yang pedas, asam, serta manis dan gurih menjadikan makanan Thailand banyak digilai oleh pelancong mancanegara.

Gimana? Kamu udah gak sabar mau tau makanan-makanan khas yang berasal dari Thailand? Tenang aja! Sekarang Mediamaz akan kasih tau kamu 10 makanan khas Thailand yang wajib banget kamu cobain kalau kamu ke sana. Tentunya, biar rasanya lebih otentik dan original! Yuk kita simak bareng-bareng!

1. Mango Sticky Rice

Hidangan khas Thailan yang pertama adalah Mango Sticky Rice. Makanan khas asal Thailand ini terbuat dari beras ketan yang dikukus lalu diberikan campuran santan kelapa, gula aren, serta garam. Setelah selesai, ketan yang telah terkusus disajikan dengan mangga manis khas Thailand.

yellow and green vegetable salad on white ceramic plate

By Unsplash

Hidangan ini merupakan dessert yang bercita rasa manis, gurih, dan asam serta segar karena buah mangganya. Selain mangga, ada juga yang menggantinya menjadi durian. Tidak hanya itu, beras ketannya juga bisa divariasikan, loh! Masyarakat Thailand terkadang menyampurkan beras ketan putih dan beras ketan hitam.

2. Kari Massaman

makanan thailand

By Pixabay

Makanan khas Thailand yang satu ini sudah terkenal sejak abad ke-17. Dengan berbahan dasar kari dan biasanya Massaman tersaji dengan irisan daging sapi atau ayam membuat hidangan ini lezat, apalagi jika kamu menyantapnya bareng nasi hangat. Sudah pasti rasanya akan makin lezat! Hidangan ini akan memberikan cita rasa gurih, lembut, dan juga kaya akan rempah-rempah. Pasti bikin kamu gak bisa berhenti mengunyah makanan khas Thailand yang satu ini!

3. Pad Thai

Jika Indonesia punya Bakmi Jawa, Thailand juga punya mie goreng khasnya, loh! Ini dia Pad Thai, mie goreng khas Thailand yang bisa kamu jumpai dengan mudah di pinggir jalan Negara Gajah Putih, karena makanan ini termasuk ke dalam street food di Thailand. Pad Thai adalah makanan yang melegenda karena sudah ada pada zaman kerajaan Ayutthaya.

Foto gratis dari Thai

By Pixabay

Hidangan yang mengunggah selera ini terdiri dari mie yang terbuat dari beras. Lalu dimasak dengan mencampurkan telur, asam, bawang putih, tahu, cabai, kacang kedelai, saus ikan, dan gula. Namun, kamu juga bisa menambahkan irisan ayam, daging sapi, dan seafood ke dalam Pad Thai.

4. Kaeng Khiao Wan

Makanan yang berbahan dasar dari kari ini bercita rasa pedas. Hal yang membuat makanan ini spesial adalah kuah karinya yang berwarna hijau. Warna hijau ini dihasilkan dari cabai hijau yang digunakan. Selain menjadikan warnanya dari kuahnya hijau, cabai hijau juga menjadikan rasa dari makanan khas Thailand yang satu ini bercita rasa lebih pedas.

makanan khas thailand

By Freepik

Selain itu, isian dari kari ini bisa kamu pilih sendiri, loh! Mulai dari sayur-sayuran dan daging ayam. Lalu, bahan-bahan lain yang digunakan dalam proses pembuatan Kaeng Khiao Wan ini antara lain: Pasta kari hijau, santan, gula aren, saus ikan, dan kadang dicampur dengan terong. Kaeng Khiao Wan biasa dimakan berssamaan dengan nasi, mie, roti, daging ayam maupun sapi.

5. Tod Man Pla

Tod man pla thai fish cakes on a plate

By Freepik

Makanan khas Thailand yang satu ini mirip banget sama kroket dari segi bentuknya. Sama seperti kroket, adonannya dibuat dengan kentang lalu isiannya menggunakan daging ikan. Biasanya, ikan yang digunakan adalah ikan salmon, ikan kod, dan ikan haddock. Setelah memberikan isian, adonan tersebut akan digulingkan pada remahan tepung roti lalu digoreng. Tod Man Pla bisa kamu makan dengan saus cabai manis dan pasta kari merah yang rasanya pedas, manis, serta segar khas Thailand.

6. Guay Teow Rhua

makanan khas thailand

By Freepik

Hidangan mie yang satu ini biasa disebut sebagai bakmie perahu oleh orang Thailand. Guay Teow Rhua cukup populer di Thailand. Dikatakan sebagai bakmie perahu karena pada zaman dulu, banyak yang menjualnya di atas perahu. Bahan dasar dari Guay Teow Rhua ini adalah darah babi. Bukan cuma darah dari hewan itu, makanan yang satu ini juga pastinya menggunakan mie dan campuran jeroan (babi, sapi, dan ayam) dalam penyajiannya.

7. Kalamae

9 Makanan Khas Thailand Terpopuler yang Wajib Kamu Cicipi

By Traveloka

 

Kalamae adalah makanan yang rasanya manis dan lengket seperti dodol dari Garut, Indonesia. Sama seperti dodol, dalam pengolahannya, Kalamae harus terus teraduk agar tidak cepat gosong. Bahan-bahan untuk membuat Kalamae adalah, santan kelapa, gula, serta tepung ketan. Setelah matang, Kalamae dipotong dengan ukuran yang kecil, lalu ditaburi biji wijen dan dibungkus menggunakan plastik.

8. Khao Pad

makanan khas thailand

By Pinterest

Khao Pad adalah nasi goreng khas Thailand yang dimasak dengan campuran nasi, telur, bawang putih, saus tiram, garam, gula, serta kecap manis. Setelah matang, irisan ketimun tomat, jeruk, dan selada bisa kamu berikan di hidangan ini. Selain campuran-campuran tersebut, makanan khas Thailand yang berbahan dasar nasi ini juga bisa menggunakan daging ayam, sapi, babi, maupun seafood.

9. Khao Soi

Khao soi kai or khao soi gai northern thai cuisine egg noodles with spicy yellow curry and chicken

By Freepik

Makanan khas asal Thailand yang satu ini memang belum terkenal di kalangan wisatawan. Hidangan ini berasal dari Thailand Utara. Khao Soi adalah hidangan mie kuning dengan kuah kari kuning dan santan yang nikmat. Kamu bisa pilih varian isian dengan daging ayam, sapi, maupun daging babi. Kamu juga bisa banget tambahin cabai dan bawang merah agar rasanya lebih mantap!

10. Gai Yang

Kalau kamu pecinta ayam bakar dan sedang berada di Thailand, kamu wajib banget cobain makanan khas Thailand yang satu ini, yaitu Gai Yang. Gai Yang adalah ayam yang dibakar dengan bumbu khas Thailand yang akan membuat air liur menetes saking menggodanya hidangan yang satu ini.

makanan khas thailand

By Pinterest

Gai Yang dibakar secara utuh barulah setelah matang akan dipotong dengan potongan yang lebih kecil. Cocok banget buat makan bareng nasi dan ketan. Kamu bisa menemui Gai Yang di Chiang Mai, Thailand.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Turki

Cobain Makanan Khas Thailand Langsung ke Negara Asalnya Bareng Mediamaz!

Banyak sekali bukan makanan khas Thailand yang bisa kamu cobain di Negara Gajah Putih tersebut? Kamu tertarik untuk berangkat ke Thailand dan mencicipi ke 10 makanan khasnya agar rasanya lebih otentik? Sebelum itu, terjemahkan dulu yuk berkas dan dokumen untuk keperluan kamu selama di Thailand.

Kamu perlu menerjemahkan dokumen seperti passport, KTP, sertikat, dan hal-hal lain yang memang kamu butuhkan untuk menetap sementara di luar negeri. Tunggu apa lagi? Segera terjemahkan serta legalisasikan dokumen kamu di Mediamaz Translation Services biar bisa langsung terbang ke Thailand!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.