Universitas dengan Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Dunia!

Universitas dengan Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Dunia!

Dengan pesatnya perubahan teknologi saat ini, lulusan jurusan ilmu komputer sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang dan industri. Ilmu komputer dan teknik informatika merupakan salah satu jurusan populer di kalangan pelajar ketika melanjutkan kuliah S1 maupun S2. Artikel ini akan membahas mengenak 5 universitas dengan jurusan Ilmu Komputer terbaik di dunia.

 

Seperti apa Jurusan Ilmu Komputer?

Ilmu Komputer merupakan sebuah ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (Hardware) maupun perangkat lunak (Software) dan tentu identik dengan Computer Programming. Yang mana program komputer tersebut seperti analisis, abstrak, algoritma sampai subjek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak dan perangkat keras. 

Jadi, pada dasarnya kamu akan belajar bagaimana cara agar komputer mampu melakukan berbagai hal yang diinginkan penggunanya. Di jurusan ini pun ide – ide kreatifmu bisa diwujudkan apalagi didunia informasi digital yang semakin tak terbatas ini.

 

5 Kampus dengan Jurusan IT Terbaik di Dunia

  1. Massachusetts Institute of Technology

MIT merupakan salah satu universitas di dunia dengan reputasi yang sudah tidak diragukan lagi. MIT berlokasi di Massachusetts, Amerika Serikat dan dibangun pada tahun 1861 yang berfokus pada pendidikan tentang teknologi dan science.

Sudah banyak penghargaan yang diterima oleh MIT, salah satunya sebagai universitas dengan peringkat nomor 1 di dunia dalam bidang teknologi. Namun, MIT nggak hanya membuka program studi yang berkaitan dengan teknologi dan sains saja.

      2. Stanford University

Posisi kedua yaitu Stanford University yang berlokasi di Amerika Serikat dan dibangun pada tahun 1885. Saat ini menjadi salah satu acuan dalam pengembangan ilmu di bidang Arts and Humanities, Engineering & Technology, Life Science and Medicine, Natural Science and Social Science and Management. 

      3. Carnegie Mellon University

Carnegie Mellon University atau CMU merupakan universitas riset swasta yang terletak di Pittsburgh, Pennsylvania pada tahun 1900. Dengan menduduki peringkat ketiga terbaik di dunia untuk jurusan ilmu komputer, namun pada awalnya kampus ini merupakan sebuah institut teknologi yang unggul di program studi teknik saja.

Kampus 140-acre Universitas Carnegie Mellon memiliki kebanggaan tersendiri terhadap fasilitas mutakhir tertentu termasuk institut robotika dan institut interaksi manusia – komputer. 

      4. University of California Berkeley

Peringkat keempat dengan memiliki jurusan ilmu komputer terbaik di dunia yaitu University of California Berkeley. Kampus yang terletak di Teluk San Francisco, California ini menghadap langsung ke Golden Gate yang sangat ikonik.

University of California Berkeley juga dikenal sebagai pusat riset yang terus melahirkan profesor – profesor ahli di bidangnya.

      5. University of Cambridge

Dan universitas terakhir, adalah University of Cambridge. Memperoleh gelar ilmu komputer dari salah satu institusi paling terkenal di dunia dapat membantu lulusan mendapatkan pekerjaan di perusahaan seperti Apple, Google, Microsoft, Facebook atau Amazon.

Universitas ini juga terkenal dengan seleksi masuk paling ketat se- Britania Raya dan telah melahirkan banyak alumni penting, beberapa di antaranya berhasil meraih nobel loh.

 

Biaya Kuliah Untuk Jurusan Ilmu Komputer di 5 Universitas Tersebut

Sebagai universitas pertama yang terkenal memiliki jurusan ilmu komputer terbaik di dunia, MIT menyediakan bantuan keuangan untuk memenuhi pendidikan di universitas tersebut yang berdasarkan pada kebutuhan keluarga yang dihitung. Untuk biaya kuliahnya sendiri sendiri sebesar US$ 53,450 atau sekitar Rp. 729.675.347.

Kemudian, untuk Stanford University memiliki biaya kuliah sekitar US$ 50,703 atau sekitar Rp.700jt namun karena di Stanford University memiliki program bantuan keuangan, sebagian besar mahasiswa harus membayar kurang dari nominal tersebut. Lanjut lagi dari Carnegie Mellon University dengan biaya kuliah sebesar US$ 41,000 atau sekitar Rp.500jt. 

Untuk University of California Berkeley memiliki besaran biaya kuliah untuk mahasiswa sarjana adalah sekitar US$ 14,184 atau setara dengan Rp.200jt dan terdapat peluang beasiswa untuk mahasiswa internasional. Dan yang terakhir University of Cambridge dengan biaya kuliah sekitar £ 9,250 untuk semua kursus atau sekitar Rp.185jt.

 

Peluang Kerja untuk Jurusan Ilmu Komputer

Peluang kerja yang menanti untuk lulusan ilmu komputer ada banyak sekali, teman – teman. Seluruh sektor membutuhkan lulusan ilmu komputer agar dapat bertahan dan bersaing di era revolusi industri 4.0. 

Dengan gaji di atas rata – rata atau sekitar Rp.5.000.000, kamu bisa berada di posisi seperti berikut:

  1. Web Designer

Profesi yang dijalankan oleh orang – orang yang pekerjaannya membuat desain untuk sebuah website. Desain tersebut nantinya bisa dibuka dan dinikmati pada sebuah layar monitor baik melalui komputer, handphone ataupun tablet.

      2. Game Developer 

Pekerjaan ini menciptakan video game. Seorang game developer sehari – hari menggeluti pekerjaan yang berkaitan dengan pembuatan game. Area pekerjaannya mencakup pembuatan audio, desain grafis permainannya, seni visual juga produk aplikasinya.

      3. Application Engineer

Mungkin profesi ini masih cukup asing untuk sebagian orang dibanding dengan profesi insinyur yang lain. Namun, profesi ini juga nggak kalah menggiurkan nih. Application Engineer merupakan pekerjaan yang bertugas merancang, mengembangkan dan menguji aplikasi perangkat lunak.

     4. Software Engineering

Software Engineer merupakan salah satu profesi di bidang teknologi informasi. Seorang software engineer bertugas melakukan analisa, membuat rekayasa, menyusun spesifikasi, mengimplementasikan dan memvalidasi suatu rancangan sistem perangkat lunak untuk menjawab suatu permasalahan.

 

Layanan Mediamaz Translation Service

Bagaimana teman – teman Meddy, mau lanjut kuliah dengan jurusan ilmu komputer di luar negeri? Tentu itu sudah menjadi keinginan setiap kalangan yah terlebih dengan prospek kerja yang menjanjikan.

Nah, untuk kamu yang bingung ingin mengurus dokumen – dokumen untuk pendaftaran kuliah kamu ke universitas yang dituju, seperti menerjemah dokumen atau legalisasi. Kamu bisa langsung menghubungi kami, sebagai solusi kebingungan kamu. Kami akan melayani kamu selama 24 jam.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *