Universitas di Dunia Dengan Jurusan Ilmu Hukum Terbaik!

Universitas di Dunia Dengan Jurusan Ilmu Hukum Terbaik!

Universitas di Dunia Dengan Jurusan Ilmu Hukum Terbaik!

Saat mendengar kata hukum pasti yang terngiang – ngiang di otak kita adalah pasal dari Undang – Undang yang amat banyak dan tumpukan dari buku – buku yang tebal dan penuh dengan kata – kata, tidak ada gambar di dalamnya, tidak ada rumus begitu pun tidak akan ditemui sebuah ilustrasi, lalu bagaimana sih kuliah Jurusan Hukum? Artikel ini akan membahas mengenai universitas di dunia dengan Jurusan Ilmu Hukum terbaik.

 

Apa itu Jurusan Ilmu Hukum?

Di jurusan Ilmu Hukum, kamu akan mempelajari segala sesuatu tentang hukum baik praktik maupun teorinya. Jurusan Hukum juga mempelajari berbagai sistem hukum yang berkaitan dengan kehidupan kemasyarakatan maupun kegiatan bisnis.

Hukum mengatur bagaimana manusia bertindak dan bertingkah laku supaya tidak merugikan orang lain. Belajar tentang hukum memang lebih banyak mendalami konsep dan teori, juga beberapa kasus hukum yang terjadi. Namun, pada akhir masa perkuliahan biasanya para mahasiswa jurusan Ilmu Hukum mendapatkan kesempatan untuk praktik di berbagai firma hukum, kejaksaan, atau pengadilan, sehingga teori yang telah dipelajari selama ini bisa dipahami relevansinya.

 

Konsentrasi yang Dapat Diambil

Jurusan Ilmu Hukum membagi bidang hukumnya sesuai dengan konsentrasinya, berikut konsentrasi yang dapat kamu ambil ketika memilih kuliah di jurusan Ilmu Hukum. Seperti:

  1. Hukum Perdata

Konsentrasi ini bisa dipilih jika kamu ingin menjadi notaris. Pada konsentrasi ini, kamu akan belajar tentang hukum yang mengikat kontrak dan perjanjian. Karenanya, kamu akan bertemu dengan mata kuliah Hukum Adat dalam perkembangan, Perbandingan Hukum Perdata, Hukum Perselisihan, Hukum Perkawinan, Hukum Keluarga dan Waris, dan lain sebagainya.

     2. Hukum Pidana

Jika kamu memiliki cita – cita menjadi seorang advokat, oditur militer, polisi, atau jaksa. Kamu bisa memilih konsentrasi Hukum Pidana. Meskipun pasal – pasal KUHP – nya berderet tak habis – habis, namun di sinilah kamu belajar mengenai penanganan kasus – kasus kriminal.

Mata kuliahnya pun kental dengan nuansa kriminal seperti Kriminologi, Hukum Pidana, Viktimologi, Kejahatan Korporasi, Penologi, Kriminalistik, Hukum Pidana Internasional dan lain – lain.

     3. Hukum Tata Negara

Jika kamu ingin menjadi anggota DPR atau menjadi ketua Mahkamah Konstitusi, konsentrasi Hukum Tata Negara wajib kamu pilih. Di sini kamu belajar tentang pokok – pokok aturan kenegaraan, lembaga kenegaraan, termasuk pembuatan Undang – Undang.

     4. Hukum Administrasi Negara

Masih berhubungan dengan Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara juga mengatur tentang seluk beluk negara. Ibarat saudara jauh, Hukum Tata Negara lebih berfokus pada administrasi dan birokrasi aparatur negara, termasuk juga pembangunan.

      5. Hukum Internasional

Kamu juga bisa belajar tentang Hukum Internasional meskipun bukan dari jurusan Hubungan Internasional. Justru saat ini penting banget untuk mengetahui aspek hukum antar wilayah negara yang disebabkan oleh pengaruh globalisasi.

 

5 Universitas dengan Jurusan Ilmu Hukum Terbaik di Dunia

  1. Harvard Law School (Harvard University)

Harvard Law School merupakan sekolah atau Fakultas Hukum Harvard University yang terletak di Cambridge, Massachusetts. Fakultas ini telah ada sejak tahun 1817 dan termasuk salah satu Fakultas Hukum tertua dan terkemuka di dunia.

     2. Faculty of Law, University of Oxford

Faculty of Law, University of Oxford merupakan salah satu sekolah hukum bersejarah di dunia yang usia telah menyentuh usia 800 tahun. Sekolah ini menawarkan 13 program studi di mana 4 di antaranya di level sarjana dan sisanya di level pascasarjana hingga doktor.

     3. Yale Law School

Sekolah Hukum Yale yang merupakan bagian dari Yale University juga memiliki sekolah hukum yang terbaik di dunia. Terletak di Connecticut, Amerika Serikat, Sekolah Hukum Yale dikatakan sebagai sekolah yang sangat ketat dalam menyeleksi mahasiswanya.

     4. London School Economy and Political Science (LSE)

Sebagai salah satu yang terbesar di kampus ini, fakultas hukum di LSE merupakan tempat belajar yang tidak hanya mengajarkan ilmu hukum saja, akan tetapi juga merupakan tempat yang agak ‘istimewa’ di bidang ilmu sosial karena karakter interdisiplinernya. 

Yang dimaksud interdisipliner adalah gabungan dari dua keilmuan atau lebih, yang berarti Fakultas Hukum LSE siap untuk membantu mahasiswa menjadi seorang yang tidak hanya memandang sesuatu dari sisi hukum, namun juga sisi lain yang berkaitan. 

     5. Melbourne Law School – University of Melbourne

Universitas di dunia yang terakhir, didirikan pada 1857, Melbourne Law School merupakan sekolah hukum tertua di Australia. Selain yang tertua, sekolah hukum ini juga merupakan salah satu yang terbaik di dunia. 

Sekolah Hukum Melbourne beberapa kali pernah menjadi tuan rumah dari konferensi-konferensi hukum di tingkat Internasional. Sekolah ini juga pernah meluluskan petinggi-petinggi negara setingkat perdana menteri, menteri, hakim dan juga walikota. 

 

Peluang Kerja Jurusan Ilmu Hukum
  1. Hakim

Profesi yang sangat menjanjikan bagi seorang sarjana hukum adalah menjadi hakim. Seperti yang kamu ketahui bahwa dalam sistem hukum Indonesia, hakim bertugas memimpin jalannya persidangan sekaligus mengambil keputusan akhir tentang hukuman bagi pihak yang dituntut.

      2. Jaksa

Mungkin masih banyak yang belum tahu secara jelas mengenai perbedaan jaksa dengan pengacara. Yang pasti, jaksa merupakan pengacara negara, yang berarti statusnya adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS), berbeda dengan pengacara yang merupakan pegawai swasta. 

Dalam ranah pidana, jaksa bertugas sebagai penuntut (Jaksa Penuntut Hukum) dan pelaksana putusan pengadilan yang sudah berkekuatan tetap. Sedangkan, dalam ranah perdata, jaksa akan diberi kekuasaan untuk  mewakili lembaga atau perusahaan negara yang terlibat dalam masalah tersebut.

      3. Pengacara

Pengacara biasanya bekerja di sebuah lembaga hukum, namun bisa juga perseorangan. Tugasnya adalah memberikan pelayanan jasa hukum dalam bentuk konsultasi, sesuai sistem hukum di negara tersebut makanya dalam praktik dikenal juga sebagai konsultan hukum.

      4. Notaris

Untuk bisa menjadi notaris, seorang sarjana Hukum perlu menempuh pendidikan lagi di program Magister Kenotariatan. Serunya menjadi notaris adalah kamu bisa membuka praktik sendiri, baik itu di rumah ataupun membuat kantor sendiri. Jadi, tidak perlu terikat dalam suatu firma atau lembaga hukum.

 

Itulah ulasan singkat mengenai jurusan Ilmu Hukum hingga rekomendasi universitas di dunia, menarik bukan? dengan prospek kerja yang cukup luas dan tentu banyak dibutuhkan di sebuah perusahaan dalam hal legal dan lain sebagainya.

Layanan Mediamaz Translation Service

Untuk teman – teman Meddy, yang ingin lanjut kuliah Hukum di luar negeri. Jangan khawatir dan bingung dalam mengurus dokumen – dokumen untuk pendaftaran ke universitas dan negara yang dituju, seperti menerjemah dokumen atau legalisasi. Kamu bisa langsung menghubungi kami, sebagai solusi kebingungan kamu. Kami akan melayani kamu selama 24 jam.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.