Mengenal Universitas Oxford di Inggris Raya

Mengenal Universitas Oxford di Inggris Raya

universitas oxford

pinterest.com

Kabar menikahnya Maudy Ayunda dengan Jesse Choi menjadi topik perbincangan yang hangat belakangan ini. Bahkan netizen menyebutnya sebagai hari patah hati se-Indonesia, lho! Bagaimana tidak, Maudy Ayunda merupakan aktris tanah air yang terkenal karena kecintaannya terhadap pendidikan. Selain menjadi seorang penyanyi, Maudy juga sering membintangi berbagai iklan dan film layar lebar. Namun dengan semua hal yang telah Maudy Ayunda miliki, aktris cantik ini tetap mengutamakan pendidikan di atas segalanya. Maudy Ayunda Unicontoh public figure yang bisa banget untuk kamu jadikan panutan. Ia baru saja selesai menempuh pendidikan magisternya di Stanford University. Sedangkan untuk pendidikan S1, Maudy memilih untuk berkuliah di Universitas Oxford. Nah, untuk kamu yang juga tertarik mengikuti jejak Maudy Ayunda dan berkuliah di Universitas Oxford, simak artikel berikut untuk mengenal lebih jauh tentang salah satu kampus terbaik di dunia ini!

Universitas Oxford

oxford

pinterest.com

Menjadi salah satu kampus internasional tertua di dunia, kira-kira kapan ya Universitas Oxford didirikan? Informasi mengenai kapan Universitas Oxford didirikan tidak pernah jelas, namun untuk perkuliahan di kampus ini diperkirakan sudah berlangsung sejak tahun 1906. Kampus ini bersaing ketat dengan Universitas Cambridge yang juga merupakan universitas yang sudah lama berdiri di kota Cambridge, Inggris Raya. Universitas Oxford memiliki motto Dominus Illuminatio Mea yang berartikan Tuhanku, Cahayaku.

Berdasarkan sejarahnya, awal mula kampus ini merupakan satu-satunya perguruan tinggi berbahasa Inggris. Namun terjadi sebuah kerusuhan antara mahasiswa dengan penduduk di kota tersebut pada tahun 1209. Kerusuhan ini menyebabkan mahasiswa Oxford terpecah menjadi dua kubu. Salah satu kubu tersebut tetap bertahan menjadi di Oxford, sedangkan kubu yang lain melarikan diri ke kota Cambridge dan mengamankan diri di sana. Mahasiswa yang melarikan diri ke kota Cambridge ini membuat ruang belajar yang terus menerus berkembang dan menjadi Universitas Cambridge.

Penghargaan dan Pencapaian Universitas Oxford

pinterest.com

Kampus yang terletak di Inggris Raya ini merupakan universitas tertua berbahasa Inggris di dunia. Oleh karena itu, kontribusi Universitas Oxford untuk dunia kita sudah sangat banyak dan tidak terhitung. Beragam pencapaian dan penghargaan telah diraih demi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia. Universitas Oxford menduduki peringkat pertama sebagai universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education (THE) World University Rankings pada tahun 2017, 2018, 2019, 2020, 2021, dan 2022.

Mahasiswa yang berkuliah dan menempuh pendidikan di Universitas Oxford juga berasal dari berbagai negara di dunia ini. Tentunya, lulusan-lulusan terbaik Oxford merupakan tangan sambung untuk mengembangkan ilmu pengetahuan secara nasional maupun internasional. Menurut Research Excellence Framework 2014, penilaian resmi di seluruh Inggris untuk semua penelitian universitas, Oxford memiliki volume penelitian terkemuka dunia terbesar di Inggris. Universitas ini telah menduduki peringkat nomor satu di dunia untuk kedokteran selama lima tahun berturut-turut oleh Times Higher Education Supplement (2011, 2012, 2013, 2014, 2015, dan 2016). Oxford juga berada di peringkat enam teratas secara global dalam bidang teknik, ilmu kehidupan, ilmu sosial, serta seni dan humaniora.

Fasilitas Universitas Oxford

Oxford University

Menjadi kampus terbaik dan tertua di dunia tentu saja membuat Universitas ini selalu mengalami perkembangan. Tidak terkecuali dalam menyediakan fasilitas yang lengkap dan memadai agar para mahasiswanya merasa nyaman untuk belajar di kampus. Beberapa fasilitas yang Universitas Oxford sediakan antara lain sebagai berikut.

Layanan Informasi dan Perpustakaan

Universitas Oxford memenuhi kebutuhan mahasiswa, akademisi, dan komunitas riset internasionalnya dengan berbagai layanan perpustakaan yang disediakan oleh lebih dari 100 perpustakaan. Hal ini menjadikannya sistem perpustakaan terbesar di Inggris. Perpustakaan Bodleian di Universitas Oxford adalah sistem perpustakaan universitas terbesar di Inggris yang telah menjadi perpustakaan deposit legal selama 400 tahun; serta 30 perpustakaan di Oxford termasuk perpustakaan penelitian utama dan perpustakaan fakultas, departemen dan institut. Secara keseluruhan, perpustakaan Universitas Oxford telah menyimpan lebih dari 12 juta barang cetakan, lebih dari 80.000 e-journal dan koleksi khusus yang luar biasa termasuk buku dan manuskrip langka, papirus klasik, peta, musik, seni, dan ephemera tercetak.

Apabila kamu ingin menjadi mahasiswa di Universitas Oxford, perlu kamu tahu untuk menyelesaikan gelar kamu, kamu tidak harus membeli satu buku pun karena eksistensi perpustakaan Oxford ini. Bahkan kamu juga tidak diizinkan untuk bekerja sambil kuliah meskipun kamu merasa waktumu cukup banyak untuk melakukan keduanya. Namun apabila kamu berkeinginan untuk bekerja sambil kuliah, maka kamu harus meminta izin dari tutor kamu di kampus.

Layanan Museum dan Tempat Menarik Lainnya

Merupakan universitas terbaik di dunia tentu saja memiliki beragam tempat menarik dan indah yang tersedia untuk umum. Dilansir dari situs resminya, terdapat beberapa tempat yang menarik dan mengedukasi para pengunjung di wilayah Universitas Oxford, antara lain yaitu Museum Ashmolean, Museum Sejarah Alam Universitas Oxford, Museum Sejarah Sains, Museum Sungai Pitt, Koleksi Alat Musik Bate, Perpustakaan Bodleian, Perpustakaan Weston, Gereja Kristus, Christ Church Meadow, Botanic Garden Oxford, Harcourt Arboretum, Taman Universitas, Teater Sheldonian, dan Gereja Universitas St Mary the Virgin.

Divisi dan Departemen di Universitas Oxford

Oxford University

Hal yang wajib kamu perhatikan dalam memilih universitas adalah divisi dan departemen yang tersedia. Kamu harus menentukan dengan pemikiran yang matang karena sebagian besar nantinya akan memengaruhi masa depanmu. Pilihlah divisi yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Di Oxford University, terdapat 4 divisi akademik dengan penjelasan sebagai berikut:

Divisi Humaniora

Terdapat 14 fakultas dan jurusan pada divisi humaniora yaitu Rothermere American Institute, Ruskin School of Art, Faculty of Classics, Faculty of English Language and Literature, Faculty of History, History of Art department, Faculty of Linguistics, Philology & Phonetics, Faculty of Medieval and Modern Languages, Faculty of Music, Faculty of Oriental Studies, Faculty of Philosophy, Faculty of Theology and Religion, TORCH | The Oxford Research Centre in the Humanities, dan Voltaire Foundation.

Divisi Matematika, Fisika, dan Ilmu Hayati

Tersedia 12 fakultas dan jurusan di divisi matematika, fisika, dan ilmu hayati di Universitas Oxford antara lain Begbroke Science Park, Department of Chemistry, Department of Computer Science, Doctoral Training Centre, Department of Earth Sciences, Department of Engineering Science, Department of Materials, Mathematical Institute, Department of Physics, Department of Plant Sciences, Department of Statistics, dan Department of Zoology.

Divisi Ilmu Kedokteran

Terdapat 16 fakultas dan jurusan pada divisi ilmu kedokteran yaitu Department of Biochemistry, Nuffield Department of Clinical Medicine, Nuffield Department of Clinical Neurosciences, Department of Experimental Psychology, Radcliffe Department of Medicine, Department of Oncology, Nuffield Department of Orthopaedics, Rheumatology and Musculoskeletal Sciences, Department of Paediatrics, Sir William Dunn School of Pathology, Department of Pharmacology, Department of Physiology, Anatomy & Genetics, Nuffield Department of Population Health, Department of Primary Care Health Sciences, Department of Psychiatry, Nuffield Department of Surgical Sciences, dan Nuffield Department of Women’s & Reproductive Health.

Divisi Ilmu Sosial

Tersedia 15 fakultas dan jurusan di Universitas Oxford pada divisi ilmu sosial. Fakultas dan jurusan tersebut antara lain School of Anthropology and Museum Ethnography, School of Archaeology, Saïd Business School, Department of Economics, Department of Education, School of Geography and the Environment, Oxford School of Global and Area Studies, Blavatnik School of Government, Department of International Development, Oxford Internet Institute, Faculty of Law, Oxford Martin School, Department of Politics and International Relations, Department of Social Policy and Intervention, dan Department of Sociology.

Rekomendasi Jasa Penerjemahan dan Legalisasi

universitas oxford

Mediamaz TS

Apabila kamu sudah memantapkan niat untuk berkuliah di Universitas Oxford seperti Maudy Ayunda, kamu dapat menggunakan jalur beasiswa maupun non-beasiswa. Perlu kamu ketahui, bahwa keduanya memerlukan jasa penerjemah dan legalisasi untuk mengurus beberapa dokumen sebagai persyaratan wajib. Nah, untuk itu kamu tidak perlu khawatir. Kami merekomendasikan Mediamaz Translation Service sebagai penyedia layanan penerjemahan tersumpah, penerjemahan non-tersumpah, dan legalisasi untuk membantu kamu dalam mempersiapkan berkas-berkas kuliah.

Mediamaz Translation Service merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penerjemahan. Selain dapat membantumu dalam menerjemahkan dokumen penting yang akan kamu gunakan untuk persyaratan kuliah, perusahaan ini juga melayani legalisasi dan legalisir. Kami memiliki tim yang mumpuni di bidangnya untuk membantumu mendapatkan hasil terjemahan dan legalisasi yang baik dan berkualitas. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat menghubungi perusahaan kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.