Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Universitas Terbaik di Korea: Fakta, Syarat, Tips, dan Rekomendasi

Apakah Anda tahu akan sebuah fakta bahwa sistem pendidikan di Korea Selatan menembus peringkat dunia? Dilansir dari salah satu artikel MBC Times berjudul “20 Best Education System In The World” menyatakan bahwa Korea Selatan menempati peringkat 5 besar dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Mulai dari sistem pendidikan hingga fasilitasnya, mereka selalu memberikan yang terbaik untuk pelajar atau mahasiswa yang menempuh pendidikan di negara tersebut. Sehingga tidaklah heran bahwa banyak pelajar asing yang ingin menempuh pendidikan mereka di Korea Selatan. Berikut merupakan beberapa fakta, syarat, dan tips yang dapat Anda perhatikan sebelum memantapkan diri untuk berkuliah pada salah satu universitas terbaik di Korea tersebut!

Universitas Terbaik di Korea

Sumber: iStock

Fakta Terkait Universitas di Korea

Berikut beberapa fakta terkait dengan universitas yang ada di Korea:

1. World University Ranking

Beberapa kampus di Korea Selatan bahkan berhasil masuk kedalam TOP 100 QS World University Ranking 2023. Di mana total 41 universitas di Korea yang berhasil masuk dalam daftar tersebut. Membuktikan bahwa memang sistem pendidikan di Korea adalah salah satu yang terbaik di dunia. Sehingga Anda tidak salah pilih jika memang ingin berkuliah di Korea nantinya. 

Berikut beberapa kampus di Korea Selatan dengan peringkatnya:

  • Peringkat 29 – SNU (Seoul National University) 
  • Peringkat 42 – KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technology)
  • Peringkat 71 – POSTECH (Pohang University of Science and Technology) 
  • Peringkat 73 – Yonsei University 
  • Peringkat 74 – Korea University 

2. Sistem Belajar Praktikum

Universitas di korea Selatan mengutamakan praktikum dalam pengajarannya. Mereka menganggap bahwa dengan pelajar melakukan kegiatan ini, hal tersebut akan meningkatkan kreativitas serta membuat mereka lebih inovatif. Tentunya hal tersebut didukung dengan fasilitas atau sarana dan prasarana yang lengkap sehingga kegiatan praktikum tersebut dapat berjalan dengan baik.

3. Beasiswa untuk Mahasiswa Internasional

Di Korea sendiri banyak sekali program beasiswa yang dibuka dan bisa Anda apply selaku pelajar internasional. Berbagai jenis beasiswa tersedia baik itu dari pemerintah atau dari universitas itu sendiri sehingga Anda bisa bebas memilih. Namun satu hal yang harus Anda pastikan juga adalah kemampuan berbahasa Anda, terutama dalam berbahasa Korea dan Inggris. Jika hal tersebut sudah cukup baik, akan ada sangat banyak universitas di Korea yang siap memberikan beasiswa kepada Anda dalam jumlah besar.

4. Gelar Internasional

Sebagai seorang mahasiswa tentu tujuan akhir yang mereka harapkan adalah mendapat gelar dan dapat bekerja di mana saja. Anda tidak perlu khawatir jika ingin berkuliah di Korea Selatan, karena negara ini diakui secara global sebagai negara dengan kampus-kampus unggulan. Bahkan negara ini juga berhasil masuk dalam daftar negara OECD untuk prestasi akademik serta daya saing. Sehingga jika Anda merupakan lulusan dari universitas yang ada di negara ini, Anda mendapat peluang yang besar untuk bekerja di mana saja maupun di negara lain sekalipun. Karena para mahasiswa yang merupakan lulusan dari negara ini, telah diakui secara internasional.

Baca Juga: “Busan Korea Selatan, 7 Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi!

Tips Kuliah di Korea Selatan 

Berikut terdapat beberapa tips yang bisa Anda terapkan sebelum memantapkan diri untuk berkuliah di Korea Selatan.

1. Mencari Universitas yang Sesuai

Mencari universitas sepertinya menjadi hal yang krusial bagi setiap orang ketika memutuskan untuk melanjutkan pendidikan. Karena inilah merupakan momen di saat Anda dihadangkan oleh berbagai pilihan yang akan menentukan masa depan Anda kedepannya. Maka dari itu, Anda perlu melakukan riset yang mendalam terkait dengan program studi serta kurikulum yang sesuai dengan minat Anda. Namun, tidak sampai situ saja apabila Anda ingin menempuh pendidikan di luar negeri. Hal seperti fasilitas, proses seleksi, acceptance rate dan lainnya juga perlu Anda perhatikan untuk mengukur persentase Anda akan di terima nantinya. Hal tersebut dilakukan guna Anda bisa melakukan plan lainnya jika hal tersebut tidak berhasil agar tidak membuang banyak waktu. Serta tidak hanya fokus kepada satu peluang saja dan mencoba membuka peluang lainnya.

2. Daftar Beasiswa

Menempuh pendidikan di luar negeri tentu tidak akan murah karena ada biaya hidup yang akan berkali-kali lipat Anda tanggung nantinya. Maka dari itu, Anda tidak boleh terlewat dengan informasi beasiswa yang ada. Setidaknya hal tersebut akan meringankan jika memang Anda memiliki impian untuk berkuliah di luar negeri.

Biasanya setiap tahun pemerintah atau lembaga akan membuka peluang beasiswa tersebut. Termasuk dengan beasiswa di Korea ini di mana pemerintah Korea, pemerintah Indonesia, serta lembaga pendidikannya sendiri membuka peluang untuk beasiswa tersebut. Serta kebanyakan beasiswa ini memberikan tunjangan berupa biaya kuliah, biaya hidup, biaya penelitian, hingga asusransi kesehatan sehingga sudah all in untuk Anda jika ingin berkuliah di sana.

3. Belajar Bahasa Korea

Mempelajari bahasa dari negara yang akan menjadi tempat sementara untuk Anda menempuh pendidikan tentu adalah hal yang penting. Meskipun saat belajar akan lebih banyak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Tetapi alangkah baiknya untuk mempelajari bahasa Korea tersebut. Setidaknya hal itu akan memudahkan Anda untuk menyesuaikan diri di negara tersebut dan mudah dalam berinteraksi atau berkomunikasi sehari-hari di sana.

4. Siapkan dokumen

Menyiapkan dokumen menjadi hal yang wajib untuk Anda perhatikan jika ingin berkuliah di Korea. Pihak universitas biasa memberikan beberapa syarat yang harus Amda penuhi jika ingin menjadi mahasiswa di universitas tersebut. Sehingga perhatikan akan dokumen yang Anda butuhkan agar proses pendaftaran kuliah Anda bisa berjalan dengan lancar karena persiapan yang telah Anda lakukan sebelumnya.

5. Persiapkan Mental

Mempersiapkan mental menjadi tips yang penting untuk Anda siapkan ketika memutuskan untuk berkuliah di negara lain atau merantau. Perasaan seperti homesick, culture shock, kesepian sudah pasti akan terjadi kepada Anda setelah meninggalkan rumah. Di mana Anda mungkin harus serba mandiri dan berdiri di kaki Anda sendiri jika terjadi kesulitan atau masalah. Namun, Anda perlu untuk beradaptasi secepat mungkin.

Adaptasi tersebut dapat Anda lakukan dengan mencoba explore negara tersebut dan membuka diri untuk berteman dengan lingkungan baru tersebut. Jika hal itu terjadi, perlahan mental Anda akan lebih terbuka terhadap perbedaan yang ada. Setidaknya akan meminimalisir rasa kesepian Anda dan dapat membantu untuk lebih fokus pada saat menempuh pendidikan.

Baca Juga: “Lotte World Korea: Taman Hiburan Terbesar di Korea

Syarat Kuliah di Korea Selatan

Sebagai mahasiswa internasional tentu Anda harus mengetahui terlebih dahulu akan syarat-syarat yang perlu Anda ketahui agar bisa menempuh pendidikan di negara tersebut. Berikut adalah syarat-syarat kuliah di Korea Selatan yang perlu untuk Anda pahami:

1. Menguasai Bahasa Korea

Syarat pertama untuk dapat berkuliah di Korea Selatan adalah dengan mampu untuk menguasai bahasa Korea. Hal tersebut akan lebih baik apabila Anda sudah mempelajari bahasa Korea terlebih dahulu sebelum berkuliah di negara tersebut. Meskipun terdapat beberapa universitas yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam pembelajarannya. Namun, juga terdapat beberapa mata kuliah yang menggunakan bahasa Korea. Sehingga ada baiknya jika Anda mempersiapkan diri dengan menguasai bahasa Korea terlebih dahulu agar bisa mengikuti proses pembelajaran yang ada. 

2. Menyiapkan Sertifikat Bahasa Inggris

Kita semua tahu bahwa bahasa Inggris sekarang ini menjadi bahasa internasional yang digunakan oleh banyak orang untuk berkomunikasi. Sehingga bahasa Inggris sekarang ini menjadi hal yang wajib untuk masyarakat kuasai. Termasuk saat Anda ingin meng-apply untuk berkuliah di negara lainnya meskipun bahasa utama mereka bukanlah bahasa Inggris. Korea menjadi salah satu negara yang melakukan hal tersebut. Di mana bagi mahasiswa internasional, mereka harus menyiapkan sertifikasi bahasa Inggris mereka dari beberapa tes yang dapat mereka ikuti. Biasanya dari pihak universitas akan meminta hasil tes bahasa Inggris dari TOEFL, TOEIC, atau IELTS yang telah Anda lakukan.

3. Mengikuti Ujian TOPIK

Setelah nilai tes bahasa Inggris menjadi syarat wajib dari pihak universitas kepada mahasiswa internasional. Nyatanya hal itu masih belum cukup bagi mereka untuk menerima Anda sebagai calon mahasiswanya. Di mana Anda wajib untuk mengikuti ujian TOPIK atau Test of Proficiency in Korea untuk menjadi bahan pertimbangan mereka terkait diterima atau tidaknya Anda menjadi calon mahasiswa mereka. Ujian TOPIK tersebut dilakukan guna menguji tingkat kemahiran Anda dalam berbahasa Korea. Sehingga jika lulus dari tes tersebut, Anda memungkinkan untuk bergabung dengan mereka.

4. Menyiapkan Visa

Menjadi mahasiswa internasional membuat Anda harus menyiapkan visa sebagai salah satu syarat administrasi yang harus Anda penuhi. Tentunya visa yang perlu Anda persiapkan adalah visa pelajar atau D-2. Terdapat banyak sekali ketentuan yang diperlukan agar visa pelajar tersebut dapat keluar sehingga pastikan bahwa Anda menyiapkan hal tersebut dari jauh-jauh hari.

Baca Juga: “Wisata Jeju Island Korea: Keindahan Alam Yang Mempesona

Daftar Universitas Terbaik di Korea 

Berikut daftar 3 universitas terbaik dan bergengsi di Korea Selatan yang menjadi tempat incaran bagi calon mahasiswa untuk menempuh pendidikan:

1. SNU (Seoul National University)

Seoul National University - Universitas Terbaik di Korea

Sumber: SNU Website

Seoul National University atau yang dikenal dengan singkatan SNU merupakan universitas nasional pertama yang berdiri di Korea Selatan dan menjadi salah satu universitas terbaik di Korea. Terletak di pusat kota Seoul dan memiliki tiga kampus utama yang berada di Gwanak-gu dan dua kampus tambahan di Daehangno dan Pyeongchang. SNU sendiri tediri dari 16 perguruan tinggi, 1 sekolah pascasarjana dan 12 fakultas profesi. Tentunya selaku universitas terkemuka di Korea ini, SNU memiliki banyak sekali program studi terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan untuk berkuliah di sini. Terkait dengan informasi program studi dapat Anda baca di sini untuk lebih lengkapnya.

2. Korea University

Korea University - Universitas Terbaik di Korea

Sumber: gettyimages

Korea University juga menjadi salah satu dari ketiga universitas terbaik di Korea. Didirikan sejak tahun 1905, universitas ini terletak di Anam-dong, Seongbuk-gu, Seoul, Korea Selatan. Korea University ini memiliki 2 program utama mereka yaitu undergraduate dan graduate program. Serta program pertukaran pelajar dan program kelas bahasa sebagai program tambahan mereka. Terdapat banyak sekali program studi terbaik yang tentu mereka hadirkan untuk para mahasiswa agar mereka dapat memilih. Informasi lengkap tersebut dapat Anda baca di sini.

 

3. Yonsei University

Yonsei University - Universitas Terbaik di Korea

Sumber: 10mag.com

Yonsei University menjadi salah satu institusi pendidikan tertua yang ada di Korea Selatan. Kampus yang telah berdiri sejak tahun 1885 ini dikenal sebagai salah satu dari tiga kampus bergengsi di Korea Selatan dna universitas terbaik di Korea. Selain itu, Yonsei University ini juga diakui secara internasional karena terakdreditasi oleh AACSB, EQUIS, dan KABEA. Menyediakan berbagai program studi terbaik, seperti kedokteran, biologi, onologi, teknik kimia, dan masih banyak lainnya yang menjadi program studi unggulan dari Yonsei University. Berikut informasi lebih lengkap terkait dengan program studi tersebut.

Baca Juga: “Yokohama wisata menarik di Jepang”

Ingin Melanjutkan Pendidikan di Korea Selatan?

Jika Anda benar-benar memantapkan diri untuk mendaftar berkuliah di Korea Selatan. Pastikan dokumen yang Anda perlukan sudah lengkap agar memudahkan Anda dalam prosesnya. Jika Anda membutuhkan jasa penerjemah tersumpah serta legalisasi dokumen, Mediamaz Translation Service bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda.

Anda tidak perlu khawatir akan hasil penerjemahan serta legalisasi dokumen kami karena kepuasa pelanggan adalah tujuan utama kami. Sehingga kami tentu tidak akan mengecewakan Anda selaku klien kami. Selain dari pada itu, penerjemah tersumpah kami adalah para profesional di bidangnya dan telah diakui sehingga dokumen hasil penerjemahan yang kami lakukan akan aman untuk digunakan oleh Anda sangat mengurus dokumen.

Sehingga tunggu apalagi? Segera hubungi kami di nomor Whatsapp 082123335003 atau mengunjungi website kami di sini untuk informasi lebih lanjut terkait dengan layanan kami.

Baca Juga: “11 Stadion Sepak Bola Terindah dan Venue Piala Dunia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *