Universitas Terbaik di Taiwan untuk Mahasiswa Internasional

Universitas Terbaik di Taiwan untuk Mahasiswa Internasional

Universitas Terbaik di Taiwan untuk Mahasiswa Internasional

Kamu berniat melanjutkan kuliah di luar negeri tapi bingung mau ke negara mana? Taiwan mungkin saja bisa menjadi negara tujuan yang perlu untuk kamu pertimbangkan. Meskipun banyak orang yang belum menyadarinya, Taiwan adalah fasilitator besar pendidikan tinggi dengan lebih dari 100 lembaga publik dan swasta. Yuk kita bahas bersama, kenapa harus kuliah di Taiwan hingga universitas terbaik di Taiwan.

 

Mengapa Memilih Kuliah di Taiwan

Taiwan merupakan salah satu negara di Asia yang menawarkan beasiswa bagi mahasiswa Indonesia. Jenis beasiswa yang ditawarkan pun bermacam-macam, mulai dari beasiswa untuk sekolah bahasa maupun beasiswa untuk jenjang pendidikan S1, S2 dan S3. Salah satu beasiswa tersebut, akan dibahas pada bahasan selanjutnya.

Meskipun Taiwan merupakan negara yang masuk ke dalam daftar negara maju, biaya hidup negara ini tergolong tidak jauh berbeda dengan biaya hidup di sebagian kota besar di Indonesia loh. Keunggulan lain dari Taiwan adalah budayanya. Salah satu budaya orang Taiwan yang patut diacungi  jempol adalah budaya mengantrenya.

Dengan kamu kuliah di Taiwan, kamu juga bisa sekalian belajar bahasa Mandarin, siapa yang tidak kenal dengan salah satu bahasa internasional tersebut? Bahasa yang termasuk salah satu dari enam bahasa resmi PBB seperti bahasa Arab, Inggris, Prancis, Spanyol dan Rusia. Di Taiwan pun, kamu juga bisa kerja sambil kuliah. Di sana kamu bisa menemukan banyak tawaran kerja part – time untuk pelajar dari SMA hingga kuliah.

 

Beasiswa Ministry of Education (MoE) Scholarship

Beasiswa pendidikan dari pemerintah Taiwan ini untuk jenjang pendidikan Strata 1, 2, dan 3 pada Jurusan Biologi, Administrasi Bisnis, Ekonomi, Desain Industri Kreatif, Informatika, Energi, Lingkungan, Kesehatan, Pariwisata, Manajemen, Sosial, Pertanian, Teknik, Telekomunikasi, dan lain-lain.

Cakupan yang diberikan berupa biaya kuliah dan biaya hidup di Taiwan. Pada tahun 2018, tunjangan biaya hidup per bulan untuk mahasiswa S1 sebesar NT$ 15.000 dan subsidi biaya kuliah per semester sebesar NT$ 40.000. Biaya administrasi, internet, konsultasi penelitian, biaya akomodasi, dan premi asuransi tidak ditanggung beasiswa.

Kamu berminat pada beasiswa Kementerian Pendidikan Taiwan? Jadwal pendaftaran tiap tahunnya berkisar antara 1 Februari dan 31 Maret. Pastikan kamu memeriksa daftar perguruan tinggi yang ditawarkan oleh beasiswa ini, kemudian mendaftar langsung pada perguruan tinggi yang bersangkutan.

 

National Taiwan University (NTU)

National Taiwan University merupakan salah satu universitas nasional yang berada di Taipei, Taiwan. NTU merupakan universitas paling prestisius di Taiwan dan menjadi salah satu universitas terbaik di Asia. Awalnya, NTU terdiri dari dua kampus, yakni College of Liberal Arts and Law and College of Science and Agriculture.

Namun, seiring dengan perkembangan yang ada banyak sekali program yang kemudian diadopsi oleh NTU. Berdasarkan pemeringkatan dari QS World University Rankings 2021, NTU menduduki peringkat ke-66. Hal tersebut menjadikan NTU sebagai universitas terbaik di Taiwan.

Sejumlah jurusan terbaik di NTU sebagai berikut:

    1. Hukum
    2. Sosiologi
    3. Linguistik
  • Development Studies
  1. Teknik Sipil

 

National Cheng Kung University (NCKU)

National Cheng Kung University merupakan salah satu universitas negeri yang berada di Tainan, Taiwan. NCKU juga dikenal sebagai salah satu universitas paling komprehensif di Taiwan dan merupakan pemimpin di bidang kerja sama antara akademisi dan industri.

Berdasarkan pemeringkatan dari QS World University Rankings 2021, NCKU berhasil menduduki peringkat ke-3 di Taiwan dan menjadi salah satu universitas terbaik di Asia. Salah satu tujuan dari NCKU adalah membekali para mahasiswanya untuk bersiap dalam berkarir. Tidak hanya itu, NCKU juga memberikan pembekalan supaya lulusan dapat hidup dengan layak di masyarakat.

Sejumlah jurusan terbaik di NCKU sebagai berikut:

  1. Teknik Elektro
  2. Seni dan Desain
  3. Akuntansi dan Keuangan
  4. Teknik Kimia
  5. Arsitektur

 

National Tsing Hua University

Tsing Hua University memang terletak di China. Namun, kalau kita membicarakan National Tsing Hua University, maka kita akan membahas universitas yang berada di Hsinchu, Taiwan. Awalnya, universitas satu ini didirikan di Beijing. Setelah adanya Perang Sipil China terjadi, universitas ini akhirnya dipindahkan dan didirikan kembali di Hsinchu City pada tahun 1956.

Sejak relokasi, NTHU telah berkembang menjadi sebuah universitas yang komprehensif untuk berbagai program. Seperti dari Sains, Teknologi, Teknik, Ilmu Sosial, Humaniora, dan Manajemen. Secara konsisten, NTHU menjadi salah satu universitas terbaik di Asia Timur. Berdasarkan pemeringkatan QS, NTHU berhasil menduduki peringkat ke-168 dunia dan peringkat kedua di Taiwan.

Jurusan terbaik di NTHU:

  1. Kimia
  2. Linguistik
  3. Ilmu Material
  4. Statistik
  5. Teknik Kimia

 

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai studi di Taiwan dari mengapa harus kuliah di Taiwan hingga universitas terbaik. Sebelum mendaftar beasiswa luar negeri, alangkah baiknya kamu persiapkan dari sekarang ya! Kami bisa membantu kamu dalam menerjemahkan dokumen ke dalam bahasa Inggris atau bahasa lainnya. Lebih lanjut, hubungi kami di sini.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.