Universitas-universitas Terbaik di Inggris

Universitas-universitas Terbaik di Inggris

via pixabay.com

Inggris selain dikenal sebagai negara biru di benua Eropa yang maju juga terkenal memiliki sistem pendidikan yang bagus dan telah banyak mencetak banyak lulusan terbaik dunia. Itu disebabkan pendidikan di Inggris memiliki kualitas yang sangat baik dengan pendekatan yang inovatif serta orang – orang cerdas yang menyampaikannya. Dengan alasan tersebut, sejumlah cendekiawan terkemuka di dunia banyak memilih universitas di Inggris sebagai pilihan utamanya untuk mengenyam pendidikan. Bahkan beberapa artis terkenal Indonesia seperti Cinta Laura, Maudy Ayunda, dan Gita Gutawa juga merupakan lulusan dari universitas yang berada di benua Eropa tersebut. Oleh sebab itu banyak dari kalangan siswa di Indonesia yang kemudian tertarik untuk merasakan pendidikan universitas di Inggris. 

Berikut beberapa daftar universitas terbaik di Inggris :

1. Universitas Oxford

Universitas Oxford merupakan universitas tertua di Inggris yang paling banyak diminati oleh banyak siswa di Indonesia selain karena beberapa artis tanah air yang pernah mengenyam pendidikan di universitas tersebut juga karena Universitas Oxford telah mencetak banyak alumni terkemuka di dunia dan telah melahirkan 58 penerima Hadiah Nobel. Selain itu Universitas Oxford menyediakan banyak beasiswa bagi mahasiswa internasional seperti mahasiswa Asia yang ingin berkuliah di universitas tersebut. 

Adapun Jardine Foundation yang menawarkan beasiswa penuh S1 bagi pelajar Asia di bawah 25 tahun untuk melanjutkan kuliah di Universitas Oxford. Jardine Scholarship memberikan beasiswa penuh, meliputi tanggungan penuh biaya perkuliahan yang dibayarkan langsung ke pihak universitas, biaya kuliah lainnya, tunjangan pertahun untuk biaya tempat tinggal, akomodasi, makanan, dan biaya insidentil lainnya, serta tiket pesawat kelas ekonomi PP pada awal dan akhir masa studi. Program undergraduate (S1) yang akan dilaksanakan pada Universitas Oxford, berikut ; Exeter, Oriel, Queen’s, dan Trinity.  

2. Universitas Cambridge

Universitas Cambridge merupakan universitas tertua di Inggris kedua yang telah lama bersaing dengan Universitas Oxford sejak lama. Universitas ini terkenal sebagai universitas paling elit dan bergengsi di Inggris. Afiliasi dari universitas Cambridge ini juga telah meraih banyak penghargaan Nobel. Cambridge juga merupakan anggota dari Russell Group (sebuah jaringan besar, universitas Britania yang berorientasi pada riset) sehingga universitas ini sering dijadikan acuan banyak siswa yang ingin berkuliah di universitas Inggris.

Jurusan terfavorit di Universitas Cambridge, diantaranya ; engineering and technology yang menempati ranking top 3 dunia, Life Sciences and Medicine yang menempati peringkat top 2 dunia, Natural Sciences, Art and Humanities, serta Social Sciences and Management.

3. London School of Economics and Political Science

London School of Economics and Political Science atau LSE adalah sebuah universitas riset negeri khusus dalam ilmu sosial yang terletak di London, Inggris. Universitas ini memiliki mahasiswa internasional paling banyak, kurang lebih 70 persen. LSE ini unggul pada bidang hukum, ekonomi, sejarah, filsafat, dan politik, sehingga cocok untuk mahasiswa yang ingin mengambil jurusan tersebut di universitas Inggris. 

LSE membantu para pelajar internasional yang kesusahan secara finansial membiayai pendidikan mereka melalui LSE Undergraduate Support Scheme (USS). Sejauh ini, skema LSE USS ini tersedia untuk seluruh studi S1 di LSE. Terdapat lebih dari 40 program yang tersedia di LSE, diantaranya ; Antropologi, Geografi, Sejarah, Akuntansi dan keuangan, Aktuaria, Ekonomi, Ilmu lingkungan dan pembangunan,, Ilmu hubungan internasional, Manajemen, dan Ilmu Politik.   

4. Universitas Edinburgh

Universitas Edinburgh merupakan universitas paling populer dan terbaik di Britania Raya, Inggris. Universitas ini memainkan peranan penting dalam menjadikan Edinburgh sebagai salah satu pusat intelektual pada abadnya dikarenakan banyak dari bangunan di Kota Tua Edinburgh yang merupakan bangunan Universitas Edinburgh itu sendiri.

Universitas Edinburgh juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa internasional khususnya jurusan matematika S1, pelamar beasiswa ini harus sudah terdaftar di Universitas Edinburgh melalui University and Colleges Admissions Service (UCAS).  

5. Imperial College London

Imperial College London merupakan pusat utama untuk penelitian biomedis dan merupakan anggota pendiri institute Francis Crick dan Imperial College Healthcare, pusat ilmu kesehatan akademik. Imperial College London ini didirikan dengan tujuan untuk mendukung pelatihan guru sains. Jika Anda berminat untuk melanjutkan kuliah di Inggris dan mengambil jurusan kesehatan Imperial College London ini adalah pilihan tepat bagi Anda. 

Imperial College London dibagi menjadi empat fakultas, yakni fakultas sains, fakultas teknik, fakultas kedokteran, dan fakultas bisnis. 

6. Universitas Manchester

Kata “Manchester” selama ini sangat melekat dengan dunia persepakbolaan, akan tetapi yang akan kita bahas disini bukan tentang persepakbolaannya, melainkan universitasnya, yakni Universitas Manchester yang merupakan universitas negeri riset di Manchester, Inggris.

Universitas Manchester sendiri merupakan bentuk penggabungan dari Institute Sains dan Teknologi dan Universitas Victoria di Manchester serta merupakan anggota dari Universities Research Association, Russell Group.

berikut beberapa jurusan yang terdapat di Universitas Manchester, diantaranya ; Accounting, Architecture, Biology, Computer Science, Drama and Film Studies, serta Criminology.   

7. King’s College London

King’s College London merupakan Universitas berbasis penelitian yang terletak di London, Inggris. Universitas ini adalah salah satu dari 10 universitas terbaik di Inggris versi Peringkat universitas dunia QS 2020.

King’s College London memiliki 9 fakultas dan 30 departemen. Fakultas tersebut antara lain : seni dan humaniora, bisnis, ilmu kedokteran gigi, oral dan kraniofasial, hukum, ilmu kesehatan dan kedokteran, ilmu alam dan matematika, keperawatan, kebidanan dan paliatif, psikiatri, psikologi dan ilmu saraf, ilmu sosial dan kebijakan publik. 

8. University College London

Universitas College London dianggap sebagai salah satu universitas bergengsi di dunia. Universitas College London menjadi yang terdepan dalam memandang kesetaraan gender antara perempuan dan juga laki-laki. Universitas ini Juga sangat ramah dengan pemeluk berbagai agama karena Universitas College London ini adalah lembaga universitas pertama yang menerima mahasiswa tanpa mengenal agama sehingga cocok untuk mahasiswa Indonesia dengan mayoritas warga negara Indonesia yang beragama muslim dan ingin melanjutkan kuliah ke Inggris. 

Adapun fakultas yang terdapat di University College London, diantaranya ; art and humanities, bartlett, brain sciences, engineering sciences, IOE, laws, life sciences, mathematical and physical sciences, medical sciences, population health sciences, dan social and historical sciences

9. Universitas Lancaster

Universitas Lancaster adalah universitas riset publik di Lancaster, Lancashire, Britania Raya, Inggris. Universitas Lancaster menempati peringkat sepuluh universitas terbaik di Inggris menurut Guardian University Guide 2021. 

Universitas Lancaster juga menyediakan beasiswa untuk mahasiswa internasional yang ditujukan untuk siswa luar biasa dari sekelompok negara dengan kriteria yang sudah ditentukan.

Adapun beberapa fakultas di Universitas Lancaster, diantaranya ; art and social sciences, health and medicine, management school, and science and technology.

10. Universitas Warwick

Universitas Warwick adalah salah satu universitas terbaik di Inggris dan berada pada peringkat 48 di dunia menurut QS TOP University, peringkat ini diberikan dengan alasan universitas ini memberikan kepuasan pengajaran, fasilitas terhadap mahasiswanya. Universitas Warwick termasuk universitas yang masih tergolong muda karena baru berumur 57 tahun pada tahun ini. 

Banyak orang yang ingin berkuliah di Universitas Warwick karena universitas ini merupakan salah satu kampus multikultural yang sangat terbuka dengan para mahasiswa internasional.  

Adapun program jurusan yang populer di Universitas Warwick, seperti ; bisnis manajemen, bahasa, ilmu sains, ilmu komputer, ilmu ekonomi, pendidikan, teknik, sastra inggris, kajian film dan TV, ilmu sejarah, ilmu hukum, matematika, ilmu filsafat, ilmu politik, psikologi, sosiologi, statistika, dan kajian tester. 

Dengan ini kami telah merangkum sejumlah universitas-universitas terbaik di Inggris yang mana jika Anda berminat serta tertarik berkuliah di salah satu universitas yang telah disebutkan diatas dan masuk dalam kriteria yang telah ditentukan oleh masing-masing kampus, ada baiknya untuk mempelajari bahasa serta budaya Inggris terlebih dahulu untuk mempermudah Anda beradaptasi di tempat yang memiliki banyak perbedaan kultur serta budaya tersebut.

Jika Anda ingin mengejar tujuan Anda, Mediamaz Translation Service akan siap membantu Anda dalam mengurus berbagai bentuk dokumen ke bahasa asing yang akan kamu tuju sebagai persyaratan yang dibutuhkan untuk melanjutkan studi di Inggris termasuk paspor.

Mediamaz Translation Service merupakan perusahaan penerjemah Nomor 1 di Indonesia yang melayani jasa Legalisasi dokumen kuliah maupun bisnis ke bahasa asing. 

Segera hubungi tim marketing kami melalui website resmi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Jasa Legalisasi Dokumen Terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.