Mengenal University of Glasgow, Salah Satu Kampus Tertua & Terbaik di Inggris!

Mengenal University of Glasgow, Salah Satu Kampus Tertua & Terbaik di Inggris!

Dapat melanjutkan pendidikan di luar negeri merupakan cita-cita banyak pelajar di dunia ini. Tak tanggung-tanggung, beberapa universitas ternama langsung masuk ke daftar universitas yang pelajar targetkan. Di Amerika Serikat terdapat Universitas Harvard dan Universitas Stanford yang sudah menjadi kampus internasional. Begitu pun di Inggris, selain Universitas Oxford dan Universitas Cambridge, terdapat University of Glasgow yang juga telah bereputasi internasional. Untuk kamu yang tertarik melanjutkan pendidikanmu di luar negeri, khususnya Universitas Glasgow, artikel berikut ini memuat informasi mengenai University of Glasgow.

Profil Universitas Glasgow

university of glasgow

pexels.com

University of Glasgow atau biasa dikenal dengan Universitas Glasgow merupakan perguruan tinggi negeri yang berdiri sejak tahun 1451. Sama seperti namanya, kampus ini berlokasi di Glasgow, Skotlandia. Universitas ini merupakan kampus tertua ke empat di dunia berbahasa Inggris setelah Universitas Oxford, Universitas Cambridge, dan Universitas St Andrews. Usianya yang sudah mencapai 571 di tahun ini tentunya membuat kampus ini memiliki banyak perkembangan dan menjadikannya kampus terbaik dengan reputasi internasional. University of Glasgow juga termasuk ke dalam 100 universitas terbaik di dunia. Kampus ini juga telah beberapa kali menerima penghargaan Scottish University of the Year dari Good University Guide. Motto kampus ini adalah “The Way, The Truth, The Life”.

Orang-orang Hebat University of Glasgow

glasgow

pexels.com

University of Glasgow telah lebih dari lima abad melangsungkan pendidikan perguruan tinggi. Kampus ini berfokus pada riset yang nantinya akan mengubah dunia. Sejumlah alumni ternama merupakan lulusan Universitas Glasgow. Universitas ini bahkan pernah mengundang Albert Einstein untuk memberikan kuliah tentang teori relativitas di tahun 1933. Banyak sekali yang University of Glasgow lakukan untuk perubahan dunia. Mulai dari USG, televisi, antiseptik, helium, skala koma, beta blcoker, penemuan isotop, hingga gelombang gravitasi. Lulusan University of Glasgow telah memberikan dunia mesin-mesin revolusi industri yang juga membuat kemajuan yang signifikan khususnya pada bidang kesehatan seperti diabetes, gangguan kardiovaskular, dan kanker.

Diketahui kini peneliti Universitas Glasgow sedang berfokus untuk mencari solusi dari berbagai permasalahan dunia. Permasalahan tersebut antara lain teknologi kuantum, masa depan kota, pembangunan internasional, HAM, keamanan global, pembangunan berkelanjutan, dan obat presisi. Berikut ini beberapa nama alumni dan peneliti University of Glasgow yang telah mengubah dunia.

1. Joseph Lister

glasgow

pinterest.com

Bapak Bedah Modern merupakan gelar yang pantas disematkan untuk Joseph Lister. Beliau merupakan dokter bedah Inggris yang terkenal atas gagasannya mengenai strelisasi. Strelisasi menurutnya harus dilaksanakan sebelum operasi pembedahan dimulai. Ia hidup pada 5 April 1827 hingga 10 Februari 1912.  Kejeniusan Lister telah mendorong ia untuk mengambil karya Pasteur tentang etiologi fermentasi dan membayangkan proses ini sebagai penyebab infeksi dan gangren. Dalam menghadapi gerakan untuk menghapuskan semua operasi di rumah sakit karena tingkat kematian yang tinggi akibat infeksi. Pada usia 33 tahun, ia diangkat menjadi Profesor Regius Bedah di Universitas Glasgow.

2. Frederick Soddy

frederick soddy

pinterest.com

Salah satu dosen di University of Glasgow ini juga merupakan peneliti hebat yang berada di Universitas Glasgow sejak 1904-1914. Dia menerima Hadiah Nobel Kimia pada tahun 1921 dan pada tahun yang sama dia terpilih sebagai anggota Komite Bobot Atom Internasional. Sebuah kawah kecil di sisi jauh Bulan serta mineral uranium radioaktif soddyite dinamai menurut namanya. Frederick Soddy adalah seorang ahli radiokimia Inggris yang menjelaskan bahwa radioaktivitas disebabkan oleh transmutasi unsur yang sekarang diketahui melibatkan reaksi nuklir. Soddy menyatakan hasil temuannya bersama dengan Ernest Rutherford (Bapak Fisika Nuklir). Selain itu, Soddy juga membuktikan bahwa keberadaan isotop unsur radioaktif unsur radioaktif tertentu. Dia menemukan kembali teorema Descartes pada tahun 1936 dan menerbitkannya sebagai puisi, “The Kiss Precise”, dikutip di Problem of Apollonius. Lingkaran ini dikenal sebagai Lingkaran Soddy.

3. Adam Smith

adam smith

pinterest.com

Untuk beberapa dari kamu mungkin sudah pernah mendengar nama ini. Adam Smith merupakan seorang ekonom sekaligus filsuf Skotlandia. Beliau juga merupakan pelopor ekonomi politik dan tokoh kunci selama masa Pencerahan Skotlandia. Kita mengenal Adam Smith sebagai “Bapak Ekonomi” atau “Bapak Kapitalisme” yang menulis dua karya klasik berjudul The Theory of Moral Sentiments (1759) dan The Wealth of Nations (1776). Karya keduanya ini dianggap sebagai karya agung (magnum opusnya).

Selain menjadi karya agung, The Wealth of Nations juga merupakan karya ekonomi modern pertama yang di dalamnya memperkenalkan teori keunggulan absolut. Smith belajar filsafat sosial di Universitas Glasgow dan di Balliol College, Oxford. Setelah lulus, ia menyampaikan serangkaian kuliah umum yang sukses di Universitas Edinburgh. Smith memperoleh jabatan profesor di Glasgow, mengajar filsafat moral dan selama waktu ini, menulis dan menerbitkan The Theory of Moral Sentiments. Di kemudian hari, dia mengambil posisi les yang memungkinkan dia melakukan perjalanan ke seluruh Eropa, di mana dia bertemu dengan para pemimpin intelektual lainnya pada zamannya.

4. Gerard Butler

gerard butler

pinterest.com

Kalau alumni University of Glasgow yang satu ini pasti kamu sudah sering dengar namanya, bukan? Gerard James Butler adalah seorang aktor dan produser film Skotlandia. Ia juga merupakan alumni Universitas Glasgow. Pada saat berkuliah, ia mengambil jurusan hukum. Namun dalam berkarir, ia putar haluan menjadi seorang aktor dan produser film. Beberapa film yang sukses ia bintangi antara lain Dracula 2000, Greenland, Hunter Killer, Angel Has Fallen, dan masih banyak lagi. Tidak hanya menjadi aktor dan produsen dari berbagai film, ia juga membintangi televisi. Bahkan, sejumlah penghargaan dan nominasi juga telah ia menangkan.

5. John Logie Baird

glasgow

pinterest.com

Dewasa ini, segala hal mengenai informasi tersalurkan melalui televisi. Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya siapa yang mendemonstrasikan televisi jaman dahulu hingga pada akhirnya kita dapat menggunakan televisi? John Logie Baird adalah seorang penemu, insinyur listrik, dan inovator Skotlandia yang mendemonstrasikan sistem televisi kerja langsung pertama di dunia pada 26 Januari 1926. Beliau kemudian menemukan sistem televisi berwarna pertama yang didemonstrasikan secara publik dan tabung gambar televisi berwarna murni elektronik yang pertama.

Pada tahun 1928 Perusahaan Pengembangan Televisi Baird mencapai transmisi televisi transatlantik pertama. Keberhasilan teknologi awal Baird dan perannya dalam pengenalan praktis siaran televisi untuk hiburan rumah telah membuatnya mendapatkan tempat yang menonjol dalam sejarah televisi. Pada tahun 2006, Baird dinobatkan sebagai salah satu dari 10 ilmuwan Skotlandia terbesar dalam sejarah, yang telah terdaftar di Perpustakaan Nasional Skotlandia ‘Scottish Science Hall of Fame’. Pada tahun 2021 ‘The Royal Mint’ dari Inggris Raya telah merayakan kehidupan dan karya salah satu penemu paling inovatif di Inggris, dengan peluncuran peringatan John Logie Baird berupa koin 50p brilian yang tidak diedarkan.

Jurusan di University of Glasgow

universitas glasgow

pinterest.com

University of Glasgow menawarkan lebih dari 600 program studi. Kampus ini memiliki 4 fakultas (lebih lanjut disebut dengan ‘sekolah’) yang masing-masing berfokus pada riset penelitian yang lengkap dengan keahlian pengajaran efektif dan inovatif. Keempat sekolah tersebut antara lain sebagai berikut:

College of Arts (Sekolah Tinggi Seni), University of Glasgow

Universitas Glasgow terbukti memiliki fakultas atau sekolah seni yang terdepan dalam proses belajar mengajar dan penelitian di bidang seni dan sastra dunia. Kampus ini bahkan masuk ke dalam 70 besar universitas terbaik dunia untuk bidang seni dan sastra. Untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah ke Universitas Glasgow tidak perlu khawatir akan kualitas kampus terbaik ini. Berikut ini beberapa jurusan terkait sekolah tinggi seni yang dapat kamu pilih di Universitas Glasgow.

  1. Penulisan Kreatif
  2. Bahasa dan Linguistik Inggris
  3. Studi Film & Televisi
  4. Musik
  5. Studi Teater
  6. Arkeologi
  7. Filsafat
  8. Bahasa & Budaya Modern
  9. Studi Penerjemahan
  10. Sastra Perbandingan

College of Medical Veterinary & Life Sciences (Sekolah Kedokteran, Hewan, dan Ilmu Hayati)

Fakultas atau sekolah yang satu ini telah berdiri sejak tahun 2010. Fakultas ini terdiri dari para ahli akademik yang terkenal secara global dan beragam fasilitas modern. Semuanya bertujuan untuk meningkatkan kesehatan seluruh makhluk hidup yang ada di dunia ini. Tentunya, fakultas ini merupakan pendidikan dengan reputasi pengajaran yang berbasis penelitian yang unggul. Fakultas ini selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik agar mahasiswa lulusan University of Glasgow memiliki ragam karir profesional. Beberapa jurusan yang dapat menjadi pilihan kamu antara lain sebagai berikut.

  1. Keanekaragama Hayati
  2. Ilmu Kanker
  3. Farmakologi
  4. Kesehatan dan Kesejahteraan
  5. Infeksi & Kekebalan
  6. Parasitologi
  7. Kedokteran Gigi
  8. Psikologi & Ilmu Saraf
  9. Kedokteran Hewan
  10. Obat-obatan

College of Science & Engineering (Fakultas Sains dan Teknologi)

Fakultas sains dan teknologi sangat berjasa bagi perkembangan dunia. Tanpa adanya disiplin ilmu akademik yang diterapkan di fakultas ini, maka perkembangan dunia akan sangat lama untuk mencapai titik stabil. Tidak hanya menemukan teori dasar, namun penelitian yang dilakukan sudah berada pada tahap untuk dapat menemukan solusi terhadap tantangan-tantangan besar dunia dan perkembangan berbagai teknologi baru yang nantinya akan menunjang kehidupan manusia. Beberapa jurusan pada fakultas sains dan teknologi yang dapat kamu pilih antara lain sebagai berikut.

  1. Kimia
  2. Ilmu Komputer
  3. Ilmu Data & Kecerdasan Buatan
  4. Rekayasa
  5. Elektronik & Teknik Elektro
  6. Teknik Mesin
  7. Matematika
  8. Fisika & Astronomi
  9. Teknik Sipil
  10. Teknik Biomedis

College of Social Sciences (Fakultas Ilmu Sosial), University of Glasgow

Menjadi universitas bereputasi internasional tentunya memberikan kontribusi yang besar bagi kampus ini sebagai kampus penelitian. Bahkan, secara khusus, fakultas ini menaungi Adam Smith Business School yang memiliki tiga akreditasi, menjadikannya salah satu dari 1% fakultas bisnis elit di dunia. Jurusan yang dapat kamu pilih pada fakultas ini antara lain sebagai berikut.

  1. Bisnis
  2. Akuntansi & Keuangan
  3. Ekonomi
  4. Pendidikan
  5. Pariwisata
  6. Hukum
  7. Sejarah Ekonomi & Sosial
  8. Politik & Hubungan Internasional
  9. Sosiologi
  10. Studi Perkotaan

Fasilitas di Universitas Glasgow

universitas glasgow

pinterest.com

Untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di University of Glasgow, tidak perlu khawatir mengenai fasilitasnya. Kampus ini telah menyediakan fasilitas lengkap untuk menunjang pendidikan di perguruan tinggi ini. Beberapa fasilitas yang tersedia di kampus ini antara lain sebagai berikut:

Elektronik di University of Glasgow

Universitas Glasgow telah menyediakan fasilitas elektronik yang memadai. Beberapa fasilitas elektronik di universitas ini yaitu komputer berperforma tinggi untuk desain dan simulasi dan juga perangkat lunak desan/simulasi seperti Cadence, Lumerical, Tempest, Agilent ADS, dan Synopsys. Selain itu, University of Glasgow juga memfasilitasi mahasiswanya dengan The Glasgow Laboratory for Advanced Detector Development (GLADD) atau fasilitas pembuatan dan pengujian alat elektronik.

Fasilitas Belajar di Universitas Glasgow

Selain fasilitas elektronik, University of Glasgow juga menyediakan beberapa tempat sebagai fasilitas yang menunjang kegiatan belajar para mahasiswanya. UofG (University of Glasgow) menyediakan perpustakaan yang merupakan salah satu perpustakaan terbesar di Eropa dengan akses online 24 jam. Perpustakaan ini terdiri dari 12 lantai dengan koneksi Wi-fi dan juga koleksi lebih dari 2,5 juta buku dan jurnal, serta 800.000 buku dan jurnal elektronik. Selain perpustakaan, terdapat juga The Hunterian di Kelvin Hall. Tempat ini merupakan salah satu museum universitas terdepan di dunia dan sebuah pusat keunggulan penelitian, pengajaran, dan keterlibatan masyarakat.

Universitas Glasgow juga memiliki Queen Elizabeth Teaching and Learning Centre senilai 27 juta Poundsterling. Tempat ini adalah tempat pelatihan bagi mahasiswa sarjana dan pascasarjana kedokteran dan keperawatan bersama dengan para dokter, perawat, dan ahli kesehatan NHS lainnya. Terdapat juga James Watt Nanofabrication Centre yang memiliki fasilitas-fasilitas mikro dan nanofabrikasi yang lengkap di ruang bersih seluas 750m². JWNC ini termasuk salah satu area besar dengan alat litografi pemancar elektron beresolusi tinggi paling canggih di dunia.

Fasilitas Olahraga di University of Glasgow

Beberapa fasilitas olahraga yang tersedia di kampus antara lain yaitu kolam renang 6 lajur sepanjang 25 meter, ruang-ruang sauna dan uap, ruang kebugaran, ruang kardio, ruang aktivitas, ruang olahraga kompetisi, studio latihan, lapangan skuas, lapangan tenis, dan lapangan oval kriket.

Mediamaz Translation Service

university of glasgow

Mediamaz TS

Kamu telah membaca artikel yang memuat informasi umum mengenai University of Glasgow. Apakah kamu berminat untuk melanjutkan pendidikan ke kampus tertua ke empat di Inggris ini? Jika berminat, maka kamu harus mulai mencari informasi mengenai perkuliahan luar negeri ke Universitas Glasgow. Untuk meringankan biaya hidupmu, gunakanlah bantuan beasiswa yang ada di Indonesia. Perlu juga kamu ketahui bahwa apabila kamu mendaftarkan kuliah secara beasiswa maupun non-beasiswa, kamu perlu mengurus beberapa berkas yang telah kamu terjemahkan dan legalisasikan. Nah, di sinilah peran perusahaan kami akan kamu butuhkan.

Mediamaz Translation Service merupakan perusahaan yang berfokus pada bidang penerjemahan maupun legalisasi. Sehingga, kamu dapat menggunakan jasa dan layanan kami untuk menerjemahkan dan melegalisasikan dokumen resmi kamu. Kamu dapat memesan layanan secara online maupun offline. Kamu jadi bisa menghemat waktu dan tenaga untuk mengurus persyaratan masuk kampus yang lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, hubungilah tim marketing kami di sini. Semangat berkuliah di University of Glasgow!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.