Wajib Kamu Coba! 8 Makanan Khas Jerman yang Unik dan Lezat

Wajib Kamu Coba! 8 Makanan Khas Jerman yang Unik dan Lezat

Mencicipi makanan khas ketika mengunjungi suatu negara merupakan hal wajib, termasuk negara Jerman satu ini. Bagi Kamu para pecinta kuliner, wajib hukumnya untuk mencoba makanan khas jerman jika sedang mengunjungi negara satu ini! Karena negara ini memiliki background history tentang dunia kuliner yang panjang serta mencerminkan masyarakat dan wilayah geografisnya. Ciri khas makanan khas Jerman ini terdiri dari banyak hidangan yang berbeda dengan daerah masing-masin.  Tiap makanannya memiliki spesialisasi dan rasa yang berbeda. Penasaran apa saja makanan khas Jerman yang memiliki cita rasa yang unik dan lezat? Simak artikel ini selengkapnya ya!

Sejarah Kuliner Jerman

jerman

source by studying-in-germany.org

Berbeda dengan Eropa Mediterania, makanan khas Jerman pada zaman prasejarah terbilang hambar. Pada musim tanam, hanya sedikit orang Jerman yang memakan bentuk awal gandum, dan tanah penggembalaan untuk ternak. Sedangkan sapi, domba, dan kambing telah mereka pakai untuk susu, mentega, dan keju. Hewan-hewan tersebut juga terkadang akan disembelih untuk mereka ambil dagingnya, sebagai menu utama untuk sajian ketika pesta. Rempah-rempah dari Jerman yang masih terus mereka gunakan di antaranya adalah peterseli, seledri, dan dill.

Kemudiaan setelah Romawi yang menyerang, diperkenalkanlah budidaya buah. Metode pertanian menjadi lebih mutakhir, lalu kemudian oat dan rye pun juga mereka budidaya. Seiring berjalannya waktu, masakan Jerman terus berkembang dan bertambah. Berbagai daging, produk susu, makanan panggang, dan rempah-rempah terus berkembang.

Olahan Makanan Pokok

makanan khas jerman

source bbc.com

Masakan Jerman (Deutsche Küche) memiliki beragam variasi dari setiap daerah. Daerah Bayern dan Swabia mempunyai tradisi kuliner yang serupa dengan tetangga mereka di Swiss dan Austria. Hewan babi, sapi dan unggas adalah daging utama yang orang Jerman konsumsi. Sementara untuk unggas, yang paling umum mereka konsumsi adalah ayam tetapi bebek, angsa dan kalkun juga mereka makan.

Masakan dari Jerman menjadi semakin beragam karena menyesuaikan dengan tren kesehatan modern dan cita rasa pendatang. Mereka juga terkenal dengan produk susu, keju, sosis ( atau wurst), kue-kue, pangsit, serta beragam jenis produk minuman bir, anggur. Minuman lainnya seperti Hacker-Pschorr dan Lowenbrau (bir), Asbach Uralt (brandy), Joseph Freiderich (anggur), dan Fuerst Metternich Sekt (sampanye).

Baca Juga: Dubai dan Pesonanya, Mengapa Bisa Menjadi Kota Termewah?

8 Makanan Lezat Khas Jerman yang Harus Kamu Coba!

Untuk Kamu yang gemar traveling, jangan lewatkan kesempatan untuk berkuliner. Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah riset sebanyak mungkin mengenai infomasi tempat makan yang menjual makanan khas di Jerman. Berikut ini adalah deretan 7 makanan khas Jerman yang wajib untuk Kamu coba!

1. Bratwust

makanan khas jerman

source lacademie.com

Kalian pasti tidak asing dengan makanan yang satu ini. Bratwurst yaitu sosis khas Jerman yang biasa terbuat dari daging babi ataupun sapi dengan proses pengolahan dipanggang. Selain itu, ada juga penyajian bratwurst dengan menambahkan taburan keju atau bawang. Bratwurst juga memiliki beragam varian lain, ada yang terbuat dari daging sapi, babi, ayam, maupun kalkun. Bahkan, terdapat kurang lebih 1.500 jenis sosis yang ada di negara ini. Salah satu jenis sosis panggang yang terkenal yaitu currywust. Proses pengolahan sosis ini yaitu dengan memberikan tambahan saus tomat dan bumbu kari. Konon katanya, pada tahun 1949, seorang warga Jerman yang bernama Herta Heuwer yang menemukan sosis ini pertama kalinya.

2. Falscher Hase

source edeka.de

Hampir mirip dengan makanan steak, falscher hase adalah makanan khas Jerman yang terbuat dari daging cincang dengan campuran telur, tepung, dan bawang. Penyajian dagingnya yaitu dengan cara diiris pipih dengan memberi tambahan bumbu saus di atasnya. Tambahan kentang juga sangat cocok seperti memakan steak. Ternyata nama falscher hase ini memiliki makna kelinci palsu. Walaupun tidak menggunakan bahan dasar daging kelinci, namun nama tersebut karena bentuknya mirip punggung kelinci.

3. Schnitzel

makanan khas jerman

source foodie.sysco.com

Makanan khas Jerman selanjutnya adalah Schnitzel. Schnitzel merupakan makanan khas tradisional yang sangat terkenal dengan cara memasak yang bervariasi. Salah satu yang terkenal adalah Vienna schnitzel yang terbuat dari daging babi yang tidak bertulang. Prpses penyajiannya yaitu potongan daging tipis dengan lapisan remah roti dan tambahan irisan lemon segar, potongan kentang goreng, dan peterseli. Potongan daging tipis ini menjadi bagian ikonik dari makanan ini. Kamu bisa memilih antara Wiener Schnitzel (gaya Wina) yang terbuat dari daging sapi muda, atau Schnitzel Wiener Art, dengan daging babi (Schwein). Jika Kamu memesan schnitzel ala Hamburg, maka penyajiannya dengan telur goreng di atasnya, sementara schnitzel ala Holsten yaitu dengan penambahan telur, ikan teri, dan caper. Semua jenis schnitzel yang berbeda-beda ini termasuk hidangan otentik sehingga kamu bisa memilih yang sesuai dengan keinginan.

4. Apfelstrudel

makanan khas jerman

source germanculture.com.ua

Apfelstrudel ini sebenarnya adalah salah satu makanan penutup di Austria, namun Jerman telah mengadopsinya sebagai makanan lokal sehingga menjadi salah satu makanan khas Jerman. Makanan ini terdiri dari kue mentega dengan isian apel yang dicampur dengan gula, kayu manis, dan kismis. Pada abad ke-18, makanan ini menjadi populer di bawah kekaisaran Habsburg. Cara pembuatan makanan khas jerman ini adalah dengan menyiapkan adonan lembut yang elastis lalu Kamu uleni hingga tipis, kemudian olesi lapisan pastry ini, dan selanjutnya kamu masukkan isian apel, dan terakhir Kamu bisa langsung memanggangnya di dalam oven.

5. Bretzel

makanan khas jerman

source pinterest

Bretzel ini merupakan makanan khas Jerman yang berbentuk kue. Kita pasti sudah sering melihat atau bahkan mencicipi makanan satu ini di Indonesia. Namun, tentu berbeda dengan bentuk yang asli dari Jerman. Bentuk kue ini seperti pita berwarna coklat lalu di iatasnya terdapat taburan garam kasar, biji wijen, atau biji bunga matahari. Bahan dasar dari kue ini adalah tepung gandum, garam, ragi, air dan malt. Kue ini memiliki tekstur yang sedikit keras namun justru itulah yang menjadi daya tarik. Pada setiap acara Oktoberfest, kue ini menjadi camilan wajib di Jerman. Varian dari kue bretzel ini juga sangat beragam. Ada yang berbentuk pita, stick, atau bola – bola kecil. Taburan di atasnya pun semakin beragam, mulai dari keju, gula, bubuk kayu manis, irisan sosis dan lain sebagainya.

6. Kartoffelpuffer

source daringgourmet.com

Kartoffelpuffer merupakan makanan yang terbuat dari kentang mentah yang telah diparut halus agar cepat matang merata. Setelah itu, kentang diperas dengan handuk bersih dan tambahan telur, bawang bombay, dan tepung. Penyajian gorengan ini bisa dengan menambahkan berbagai bumbu manis atau gurih, seperti krim asam, keju cottage, saus apel, atau kayu manis. Kamu akan sering menemukan makanan khas Jerman yang lezat ini di pasar saat musim dingin atau Festival Natal.

7. Kartoffelsalat

source images.lecker.de

Kartoffelsalat ini mirip dengan salad sayur, isi dari makanan ini terdiri dari kentang, tomat, cuka, mayonaise, bawang bombay, susu, telur, dan daging sapi. Makanan khas Jerman ini sudah sangat terkenal di seluruh Eropa. Menu yang satu ini biasanya menjadi menu pendamping dari menu utama.

8. Bienenstich

source kuchenfee.de

Makanan khas Jerman yang terakhir ini dapat menjadi pilihan sebagai makanan penutup. Bienenstich adalah kue manis dengan adonan yang terbuat dari krim vanilla, kacang almond dan madu sebagai pelapis di toppingnya. Makna dari nama bienenstich sendiri adalah sengatan lebah. Karena adanya kandungan madu di dalam kue ini. Selain itu sejarah pembuatan kue ini juga berhubungan dengan sengatan lebah. Konon, pada abad ke-15 ada beberapa pembuat roti di kota Andernach yang sedang mengumpulkan madu. Kemudian datang pasukan Linz menyerang dan pembuat roti tersebut melemparkan sarang lebah kearah pasukan Linz. Hingga akhirnya, pasukan tersebut pergi untuk merayakan kemenangan mereka memanggang bienenstich dan menikmati bersama-sama.

Apakah Kamu tertarik untuk mencoba makanan-makanan di atas atau memiliki rencana untuk berlibur ke Jerman dan mencobanya secara langsung? Mediamaz Translation Service siap membantu untuk mewujudkan impian Kamu!

penerjemah indonesia inggris

Mediamaz Translation Service sebagai perusahaan penerjemah terbesar di Indonesia yang melayani berbagai macam layanan seperti legalisasi dokumen bahasa asing, terjemahan dokumen-dokumen, hingga pengurusan paspor untuk Kamu yang ingin berlibur, bekerja, melanjutkan studi, atau berbisnis ke Jerman.

Kami siap untuk membantu proses pengurusan dokumen dan paspor Kamu sesuai dengan negara tujuan Kamu. Kamu bisa langsung menghubungi tim marketing kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.