Wajib Tahu! 7 Negara Ini Menjadi Penghasil Kopi Terbesar di Dunia

Wajib Tahu! 7 Negara Ini Menjadi Penghasil Kopi Terbesar di Dunia

Tahukah kalian, ternyata Idonesia menjadi salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia loh! Tren minum kopi menjadi sangat ramai belakangan ini, terutama bagi para anak muda. Terbukti dengan banyaknya kedai kopi yang menjamur di pusat ibu kota. Bagi para pecinta kopi, tentunya sudah paham jenis-jenis kopi yang mereka gemari. Namun, sudah tahukah kalian negara mana saja yang menjadi penghasil kopi terbesar di dunia? Yuk simak artikel ini selengkapnya!

Sejarah Masuknya Kopi di Indonesia

negara penghasil kopi

source pinterest

Sebagai penikmat kopi rasanya perlu juga mengetahui sejarah dan asal usul masuknya kopi di Indonesia. Kamu bisa sambil menyediakan kopi sambil menyimak artikel ini loh!

Sejarah Awal

source nescafe

Proses masuknya kopi hingga bisa ada di Indonesia berlangsung saat masa kolonialisme Belanda. Pada tahun 1696, Belanda ketika memasuki wilayah Indonesia membawa bibit kopi pertama dari Malabar, India menuju Pulau Jawa. Bibit kopi yang berasal dari Yaman itu kemudian diterima oleh seorang Gubernur Belanda yang bertugas di Malabar, India yang kemudian memerintahkan untuk mengirim bibit kopi berjenis arabika. Ia hendak mengirimkan bibit kopi tersebut kepada Gubernur Belanda lain yang sedang bertugas di Batavia (sekarang bernama Jakarta).

Namun sayangnya percobaan pertama ini tidak mendapat hasil atau gagal total karena seluruh tanamannya hancur akibat gempa bumi dan banjir. Tetapi, mereka tidak menyerah begitu saja dan melakukan usaha selanjutnya pada tahun 1699. Mereka mengirim bibit stek kopi dari Malabar, India. Hingga pada tahun 1706 tanaman kopi di Pulau Jawa tersebut membuahkan hasil. Kemudian mereka mengirimkan hasil tanaman kopi tersebut ke Kebun Raya Amsterdam untuk penelitian. Menurut hasil penelitian, kopi tersebut memiliki kualitas sangat baik dan memiliki potensi untuk bisa diperdagangkan di seluruh dunia.

Kopi Menjadi Bisnis di Indonesia

Sejak itu pula Belanda memutuskan untuk mempeluas perkebunan kopi ke berbagai daerah di Indonsia. Selain Jawa, perkebunan kopi tersebut berada di Aceh, Sumatera Utara, Sulawesi, Bali, hingga di Papua. Namun, pada tahun 1878 tanaman kopi tersebut mengalami masa-masa krisisnya. Perkebunan kopi itu terkena penyakit karat daun atau hemileia vastatrix. Hampir seluruh perkebunan kopi di dataran rendah terserang penyakit ini. Rata-rata jenis kopi yang ada pada saat itu adalah jenis kopi arabika.  Kemudian Belanda mempunyai ide agar hama in tidak menghancurkan bisnis kopi, Mereka mendatangkan jenis kopi liberika yang lebih tangguh dan tahan terhadap hama karat daun.

Indonesia Menjadi Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia

Jenis kopi liberika sempat menjadi primadona karena mampu menggantikan arabika yang terserang hama. Jenis kopi ini juga memiliki kualitas harga yang sama bagusnya dengan arabika di pasar Eropa. Namun, tidak lama dari masa itu, liberika tiba-tiba terserang hama karat daun dan mengalami gagal panen besar-besaran. Kemudian pada tahun 1907 Belanda kembali mendatangkan jenis kopi lainnya yaitu kopi robusta. Kopi jenis ini memiliki daya tahan dari hama karat daun terlebih di perkebunan kopi dataran rendah. Dan akhirnya pada tahun 1945 pemerintah Republik Indonesia mengambil alih seluruh perkebunan kopi dan berhasil menjadi salah satu komoditas terbesar di Indonesia.

Lantas, negara mana saja yang berhasil menjadi penghasil kopi terbesar di dunia? Dan juga jenis kopi apa saja yang paling banyak peminatnya?

Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia

Memiliki tanah yang subur menjadikan negara-negara ini cocok dan menjadi penghasil kopi terbaik dan terbesar di Dunia. Negara-negara penghasil kopi terbesar di dunia di antaranya aadalah:

1. Brasil (Brazil)

brazil negara penghasil kopi

source brazilianfarmers

Brasil menduduki posisi pertama dan menjadi negara penghasil kopi terbesar di dunia. Sejak tahun 1840-an, negara ini sudah menjadi produsen kopi. Brasil mampu menghasilkan kopi hingga 63,4 juta karung pada tahun 2020. 1 karung kopi memiliki berat 60 kilogram (kg). Jumlah tersebut bahkan melebihi sepertiga produksi kopi di dunia. Brasil memiliki luas perkebunan kopi sekitar 27.000 kilometer persegi dan tersebar di beberapa daerah seperti Parana, Sao Paulo, dan Minas Gerais.

Brasil mempunyai beberapa perbedaan dalam mengolah kopi dibanding dengan negara produsen kopi lainnya. Orang Brasil mengeringkan kopi secara langsung di bawah matahari tanpa dicuci. Sehingga, hal tersebut yang membuat ciri khas dari cita rasa kopi Brasil sendiri. Selain menjadi negara penghasil kopi terbanyak, Brasil juga berhasil menjadi negara dengan konsumsi kopi terbanyak di dunia. Organisasi Kopi Internasional menyebut bahwa tahun 2015/2016 jumlah konsumsi kopi di negara Brasil sebanyak 20,5 juta karung berukuran 60 kg.

2. Vietnam

vietnam negara penghasil kopi

source theculturetrip

Vietnam berhasil menduduki urutan kedua sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia. Negara ini sebenarnya termasuk negara yang terbilang baru dalam merintis perdagangan kopi internasional. Namun, negara ini mampu bersaing secara cepat dan menjadi salah satu produsen kopi terbesar di dunia. Hal tersebut karena pada tahun 1980-an, Partai Komunis Vietnam mempertaruhkan ekonomi negara pada kopi. Sehingga, mereka melakukan produksi kopi secara besar-besaran.

Pada 2020, Vietnam mampu menghasilkan hingga 29 juta karung kopi. Produksi kopinya terus meningkat setiap tahun. Jenis kopi yang banyak dihasilkan negara ini adalah biji kopi jenis robusta yang memiliki harga tergolong murah. Kopi jenis ini mengandung kafein sebanyak dua kali lipat lebih banyak daripada jenis kopi jenis arabika. Oleh karena itu, Vietnam menjadi penghasil kopi robusta nomor satu di dunia, di mana produksinya mencapai 40 persen pada periode 2019-2020.

3. Kolombia

kolombia negara penghasil kopi

source theculturetrip

Pada posisi ketiga, terdapat negara Kolombia yang menjadi negara penghasil kopi terbesar di dunia. Berdasarkan data yang ada, Pada tahun 2020. Kolombia berhasil memproduksi kopi hingga 14,3 juta dengan berat karung 60 kg per karung. Melalui kampanye iklan petani kopi fiksi Juan Valdez, Kolombia menjadi terkenal dengan kopi khasnya yaitu arabika. Jenis kopi ini yang paling banyak diproduksi di Kolombia dengan ciri khas rasa yang lembut dan berkulitas serta memiliki aroma khas fruital maupun floral dan rasa yang unik dari kopi jenis lain.

Wilayah kopi di Kolombia tersebar di 60 persen daratan khususnya di empat wilayah aksis kopi atau eje cafetero yaitu Cauca, Santander, Huila dan Antioquia, Kolombia memproduksi secara menyeluruh kopi arabika karena memiliki tanah dan iklim yang sangat cocok untuk kopi jenis ini. Di Kolombia, kopi ditanam pada ketinggian 1.200–1.800 meter di atas permukaan laut, dengan rata-rata suhu udara 17-23 derajat celcius dan curah hujan mendekati 2.000 mm per tahun.

4. Indonesia

indonesia negara penghasil kopi

source thephrase.id

Indonesia berhasil menempati posisi ke empat sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia. Sebagai warga negara Indonesia, kita wajib berbangga hati. Pada tahun 2020, Indonesia sendiri mampu menghasilkan kopi sebanyak 11,95 juta karung. Selain itu, Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2021 mencatat bahwa jumlah produksi kopi di Indonesia mencapai 774,60 ribu ton. BPS juga menyebut Sumatra Selatan menjadi provinsi dengan produksi kopi terbesar sepanjang tahun 2021. Jumlah kopi yang berhasil diproduksi provinsi ini mencapai 201,40 ribu ton. Kopi tersebut dihasilkan dari 1,2 juta hektar tanaman kopi yang tersebar dan dikelola oleh pertanian kecil dan industri mandiri.

Sama seperti Brasil, negara kita juga termasuk konsumen kopi terbanyak di dunia. Jumlah konsumsi kopi di negara kita terus bertambah hingga periode 2018-2019. Tidak hanya memproduksi dan mengkonsumsi, Indonesia juga berperan untuk menjual kopi ke negara lain (ekspor). Bahkan Indonesia disebut sebagai negara pengekspor kopi terbesar. Beberapa negara yang tercatat sebagai tujuan ekspor kopi Indonesia pada tahun 2021 adalah Amerika Serikat, Mesir, Spanyol, Malaysia dan Jepang. Selain kopi jenis robusta dan arabika, Indonesia juga memproduksi kopi unik bernama luwak yang memiliki banyak peminat dan menjadi biji kopi termahal di dunia.

5. Eithopia

source majalah.ottenstati

Negara selanjutnya yang menjadi negara penghasil kopi terbesar di dunia adalah Eithopia. Pada tahun 2019-2020, total produksi kopi di negara ini mencapai 7,37 juta karung seberat 60 kg per karung. Ethiopia memproduksi beragaram variasi dan jenis tanaman kopi dengan ciri khas masing-masing. Sehingga, Ethiopia berhasil menjadi negara penghasil kopi terbesar di Benua Afrika. Tidak heran jika kopi yang berasal dari negara Ethiopian ini kerap dijumpai di belahan dunia, termasuk Indonesia.

Kopi di negara ini tersebar karena jalur perdagangan oleh pedagang muslim jaman dulu. Mereka menjual kopi ke negara seperti Sudan hingga ke timur tengah. Sehingga, pertanian kopi menjadi salah satu penghasilan utama bagi negara ini. Di hutan pada daerah Kaffa terdapat kopi jenis arabika tumbuh secara liar. Di sana mereka menyebut kopi “Bun” atau “Buna. Jika Kamu pernah mendengar coffee bean, sebenarnya itu mengarah ke Kaffa Bun dalam bahasa Ethiopia. Uniknya, di Ethiopia tidak terdapat kopi robusta dan kopi arabika menguasai hutan di sana.

6. Honduras

source thecoffeemaven

Setelah Ethiopia, urutan selanjutnya ada Honduras sebagai penghasil kopi terbesar di dunia. Pada tahun 2020 lalu, Honduras berhasil menghasilkan 6,1 juta karung. Sebagian besar kopi dari negara ini berasal dari pegunungan kecil yang sering disebut “Fincas”. Daerah tersebut memiliki ketinggian sekitar 1400-1700 meter. Kopi dari negara ini dikenal dengan karakter lightly fruited, caramel-like, dan tingkat keasaman yang seimbang. Kualitas kopi yang baik di Honduras karena petani yang sudah teredukasi dengan baik, sehingga mereka mengetahui bagaimana supaya hasil produksi kopi maksimal, pohon-pohon kopi bebas dari hama, proses pengeringan saat paska panen, dan lain-lain. Selain itu juga iklim yang bagus serta faktor lingkungan seperti kandungan tanah dan ketinggian tanam.

Untuk produksi kopi sendiri, Honduras diminta menekan produksi supaya harganya tidak turun. Karena kualitas kopi yang baik, permintaan ekspor kopi dari Honduras amat berlimpah. Namun, di tengah permintaan tinggi terhadap kopi ini, mereka hanya fokus pada konsumen. Beberapa tidak memerhatikan kualitas kopi yang mereka jual, melainkan hanya menjadikan sebagai kopi komersial bukan kopi spesial. Karena ini juga mereka terkenal sebagai sumber dari kopi komersil. Kopi yang mereka jual memiliki harga murah kepada perusahaan besar.

7. Meksiko

source cdn.buttercms

Negara selanjutnya yang menjadi penghasil kopi terbesar di dunia yaitu Meksiko. Selama tahun 2020, negara ini mampu menghasilkan kopi sebanyak 4 juta karung. Selain mampu memproduksi kopi dalam jumlah yang besar, negara ini juga termasuk konsumen kopi terbanyak di dunia seperti Brasil dan Indonesia. Organisasi Kopi Internasional pada tahun 2019 menyebut negara ini berada di posisi keempat sebagai negara konsumen kopi terbanyak di dunia.

Kopi dari negara ini terkenal kental dengan rasa kopinya yang khas. Perkebunan kopi Meksiko tergolong lebih kecil daripada perkebunan besar lainnya.  Namun terdapat lebih dari 100.000 petani kopi. Secangkir kopi Meksiko umumnya menawarkan aroma dan rasa yang indah, seringkali dengan ketajaman yang jelas. Sebuah kopi Meksiko yang diberi nama Altura berarti ditanam di tempat yang tinggi. Ciri khas jenis kopi dari Meksiko ialah single origin karena Meksiko menjadi salah satu negara pengekspor arabika terbaik di dunia.

Urus Dokumen Persyaratan ke Luar Negeri di Mediamaz!

Kamu pecinta kopi dan berkeinginan untuk mencoba kopi langsung di negara asalnya? Yuk urus seluruh dokumen persyaratan untuk ke luar negeri hanya di Mediamaz!

universitas yale

Mediamaz TS sebagai salah satu perusahaan penerjemah terbesar di Indonesia menyediakan jasa penerjemah tersumpah, serta legalisasi dokumen ke kedutaan seperti visa, paspor, imigrasi, serta ekspatriat yang cepat, aman, mudah, dan pastinya terpercaya. Dengan menawarkan harga yang terjangkau, proses legalisasi dokumen tanpa ribet! Untuk mengurus proses pengajuan serta legalisasi dokumen untuk pengajuan VISA Kamu sebelum mengunjungi luar negeri,  menggunakan jasa legalisasi dokumen dari kami adalah pilihan yang sangat tepat!

Untuk infomasi selengkapnya, kamu dapat langsung menghubungi tim marketing kami, disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.