Ya Kali ke Italia Cuma Makan Mie Instan, Inilah 10 Makanan Khas Italia

Ya Kali ke Italia Cuma Makan Mie Instan, Inilah 10 Makanan Khas Italia

Masa Iya Cuma Pizza? Ada 9 Makanan Khas Italia Lainnya di Bawah Ini, Cepetan Scroll!

Italia adalah salah satu negara yang banyak menyimpan sejarah salah satunya adalah Menara Pisa dan Koleseum. Tidak hanya itu, Italia juga terkenal sebagai negara tempat kelahiran opera. Ini karena banyak sekali rumah opera (Opera House) di Italia, seperti La Scala di Milan dan Teatro dell’Opera di Roma. Selain situs bersejarah dan rumah opera, Italia juga terkenal dengan makanan khasnya yang beragam. Mulai dari pizza yang sudah sering kamu kenal bahkan mungkin sering kamu konsumsi. Pada artikel kali ini, Mediamaz akan memberitahu ciri khas dan daftar makanan Italia, khusus untuk Medizen. Yuk kita simak bareng-bareng!

makanan khas italia

By Unsplash

Ciri Khas Makanan Italia

Menurut cairofood, makanan Italia dipengaruhi oleh faktor geografi, topografi, iklim, serta skill memasak dari masing-masing individu. Bahkan, seringkali terpengaruh dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah keluarga orang Italia. Selain itu, masih banyak lagi ciri khas makanan Italia dan akan dibahas di bawah ini:

1. Sederhana dengan Porsi Kecil

Hidangan yang berasal dari Italia terkenal dengan kesederhanaannya, karena kebanyakan makanan khas asal Italia tercipta dari dapur msyarakat asal negara tersebut yang menggunakan bahan-bahan yang sedikit. Seperti penduduk negara Eropa kebanyakan, orang Italia sarapan dengan menggunakan roti dan secangkir kopi. Untuk makanan pokoknya, mereka mengkonsumsi nasi, roti, dan pasta yang tersaji bersamaan dengan ikan tuna, teri, buah zaitun hitam, jamur, dan lobak. Tentunya hidangan tersebut disajikan dengan porsi yang terbilang sedikit.

2. Minyak Zaitun Adalah Hal Wajib

Makanan khas Italia identik dengan penggunaan minyak zaitun. Ini karena hampir semua makanan asal negara Menara Pisa tersebut menggunakan minyak zaitun sebagai campuran. Misalnya seperti pasta, salad, serta makanan yang ditumis semuanya menggunakan minya zaitun sebagai pengganti minyak goreng biasa. Hal ini karena masyarakat Italia menganggap bahwa minyak zaitun lebih sehat dan rasa makanan akan lebih lezat ketika bercampur dengan minyak tersebut.

3. Pasta is Number 1

Italia adalah surga pasta. Ini karena banyak sekali jenis-jenis pasta dan karena bahan dasarnya adalah gandum, menjadikan pasta sebagai salah satu makanan pokok orang-orang Italia. Bahkan di bagian Italia Selatan, pasta bertekstur lebih tebal dan juga keras jika kamu membandingkannya dengan pasta yang berasal dari wilayah Italia Utara.

4. Basil (Kemangi) dan Tomat Sebagai Pelengkap

Bahan yang menjadi suatu hal wajib sebagai pelengkap di makanan khas Italia adalah daun kemangi dan tomat. Masyarakat Italia menggunakan tomat sebagai pewarna alami untuk makanan. Sementara itu, daun kemangi atau basil digunakan oleh masyarakat Italia sebagai bahan utama saus pesto yang dihidangkan bersamaan dengan hidangan dari olahan ikan, pasta, salad, dan pizza. Selain memberikan aroma dan rasa segar, daun kemangi juga memiliki antioksidan yang tinggi dan berguna untuk kesehatan tubuh.

Daftar Makanan Khas Italia

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Italia adalah sebuah negara yang memiliki berbagai macam makanan khas yang pastinya bisa kamu coba di Indonesia ataupun jika kamu memiliki kesempatan untuk berkunjung ke sana, kamu juga bisa mencoba makanan-makanan ini agar rasanya lebih otentik karena koki asal Italia asli akan membuatkannya untuk kamu. Berikut ini Mediamaz akan menyebutkan 10 makanan khas Italia khusus untuk para Medizen, kamu harus simak baik-baik ya!

1. Pizza

pizza with berries

By Unsplash

Siapa yang tidak tau makanan khas Italia yang satu ini? Pizza adalah makanan khas Italia yang terkenal di dunia, salah satunya di Indonesia. Sudah banyak sekali, loh restoran pizza terkenal di Indonesia yang menyediakan banyak sekali jenis-jenis pizza dengan berbagai macam topping. Di Italia sendiri topping yang biasanya banyak dijumpai pada pizza adalah tomat, pasta tomat, keju mozzarella, dan daun basil atau kemangi. Ada juga yang menggunakan minyak zaitun pada topping pizza.

2. Lasagna

makanan khas italia

By Unsplash

Hidangan yang satu ini adalah sebuah makanan tradisional asal Italia yang berbahan dasar pasta yang dipanggang di oven. Selain dari pasta, lasagna juga memiliki campuran dagimg dan sayuran. Bahkan ada yang menggunakan makanan laut sebagai campuran lasagna dan semua itu tergantung dari selera masing-masing.

3. Pasta

cooked noodles with shrimps

By Unsplash

Hidangan khas Italia yang satu ini memang sudah tidak terasa asing di telinga kamu sebagai penikmat kuliner. Ini karena banyak sekali restoran-restoran di Indonesia yang menyediakan pasta sebagai menunya. Banyak sekali jenis-jenis pasta, sebagai berikut; Spaghetti, Fettucicne, Capellini, Ravioli, Tortellini, Fusilli, Farfalle, Gnocchi, dan masih banyak lainnya. Masyarakat Italia memasak pasta biasanya dengan saus bolognese, carbonara, pesto, marinara, dan saus-saus khas Italia lainnya.

4. Polenta

makanan khas italia

By Unsplash

Hidangan yang satu ini bisa dijumpai di bagian utara negara Italia. Polenta berbahan dasar tepung jagung kuning yang dimasak bersama dengan keju permesan dan mentega. Makanan khas ini biasanya di hidangkan saat musim dingin tiba karena polenta akan menjadi bubur hangat dan bisa menjadi kue dengan membiarkannya dingin dan mengeras sendiri.

5. Panini

sandwich with vegetable on brown wooden table

By Unsplash

Panini bisa disebut sebagai sandwich atau roti lapis khas Italia. Jika biasanya roti lapis kebanyakan dipanggang dengan dipotong terlebih dahulu, berbeda dengan panini yang dipanggang dengan roti yang masih utuh. Jenis roti yang biasanya digunakan adalah baguette, rosetta, ciabatta, dan michetta.

6. Tiramisu

italia

By Unsplash

Tiramisu merupakan makanan manis khas Italia yang cukup populer bagi masyarakat Indonesia. Hidangan ini terbuat dari keju dan taburan bubuk cokelat di atasnya dan makanan ini adalah makanan yang tidak memerlukan oven untuk memanggangnya. Jika kamu ke Italia, wajib loh mencoba dessert manis yang satu ini, apalagi jika kamu penyuka keju dan cokelat. Karena kamu akan menemukan rasa otentik khas Italia di dalamnya.

7. Panzanella

Panzanella Recipe | Ina Garten | Food Network

By Food Fnr

Hidangan khas Italia yang satu ini terbuat dari roti basi basah, selada cincang Toscana, bawang, serta tomat dan makanan ini biasanya terdapat pada saat musim panas. Selain bahan-bahan tersebut, panzanella juga bisa dicampur dengan basil dan minyak zaitun dan panzanella biasanya terdapat saat musim panas tiba.

8. Saltimbocca

makan khas

By Saveur

Jika ada kesempatan untuk berkunjung ke Italia, jangan lupa mencicip makanan khas yang satu ini. Walaupun hidangan ini tidak begitu populer di dalam negeri, tetapi ini adalah salah satu makanan khas Italia yang wajib kamu cobain. Saltimbocca adalah daging sapi dengan potongan yang tipis yang dimasak bersama prosciutto yang asin dan bersamaan menggunakan tusuk gigi. Saat ingin mencicip makanan ini, kamu perlu effort lebih loh. Ini karena bahan-bahannya terbatas. Kamu bisa memesannya di restoran terkenal di Italia ataupun mengikuti kelas memasak yang terdapat di Kota Roma.

9. Gelato

Free Assorted Ice Creams Stock Photo

By Pexels

Dessert khas Italia ini adalah salah satu yang terpopuler di kalangan masyarakat Indonesia. Gelato terbuat dari adonan susu dan cream yang diolah secara lebih lambat sehingga teksturnya bisa lebih pada daripada es krim pada umumnya. Selain itu, gula juga akan ditambahkan pada adonan gelato dan diberikan berbagai macam perisa.

10. Bistecca Fiorentina

makanan khas italia

By Saveur

Untuk kamu yang pecinta steak, kamu wajib mencoba makanan khas yang satu ini jika berkunjung ke Italia. Bistecca Fiorentina terbuat dari bagian tulang sapi yaitu T-Bone. Steak yang satu ini memiliki ciri daging yang tebal dengan bagian luar yang super matang dan bagian dalam yang masih rare atau tidak matang. Menggiurkan gak sih? Jadi pengen coba langsung kan?

Tertarik Mencoba Makanan Khas Italia Langsung ke Negaranya? Jangan Lupa Terjemahkan Dulu Berkasnya di Mediamaz!

Banyak sekali bukan makanan khas Italia yang bisa kamu cobain di negara bersejarah tersebut? Kamu tertarik untuk berangkat ke Italia dan mencicip ke 10 makanan khasnya agar rasanya lebih otentik? Sebelum itu, terjemahkan dulu yuk berkas dan dokumen untuk keperluan selama di Italia.

Kamu perlu menerjemahkan dokumen seperti passport, KTP, sertikat, dan hal-hal lain yang memang dibutuhkan untuk menetap sementara di luar negeri. Tunggu apalagi? Segera terjemahkan serta legalisasikan dokumen kamu di Mediamaz Translation Services biar bisa langsung terbang ke Italia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.